10+ Tips Belajar Web Design Paling Mudah untuk Pemula

belajar web design

Bagi kamu yang ingin membuat website dari 0 dan tidak tahu bagaimana caranya, alangkah lebih baik jika belajar web design terlebih dahulu. Sebab, web design merupakan salah satu tahapan penting ketika seseorang membuat website.

Web, website, atau situs web adalah kumpulan halaman yang berisi tulisan, gambar, video, dan sebagainya di internet. Website bisa milik pribadi maupun kelompok.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara belajar membuat web design, kamu harus tahu terlebih dahulu apa arti sesungguhnya dari web design.

Pengertian Web Design

Maksud dari web design adalah seni membuat tampilan website menjadi lebih indah. Biasanya, proses pembuatannya berhubungan langsung dengan gambar, teks, ruang, warna, dan sebagainya. 

Orang yang bekerja pada bidang ini disebut juga web designer. Ibaratnya website itu adalah rumah, maka web design adalah proses membuat rumah tersebut dari proses awal sampai rumah tersebut dicat. Apakah mungkin web tanpa desain?

Jawabannya, mungkin-mungkin saja. Hanya saja tampilannya bakal tidak menarik, ibarat rumah yang masih berupa batu-bata.

Tujuan Web Design

Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa sih harus ada desain web itu? Ternyata adanya web design ini bukan tanpa tujuan. 

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa orang sampai memberikan perhatian khusus terhadap tampilan websitenya:

1. Supaya Tampilan Website Semakin Cantik

Setiap orang yang memiliki website tentu saja ingin websitenya banyak pengunjung bukan? Nah, salah satu caranya yaitu dengan mempercantik tampilannya.

Web design adalah jalan untuk membuat tampilan website menjadi bagus. Pengunjung pun menjadi betah berlama-lama berkunjung ke website tersebut.

2. Mempermudah Proses Transaksi

Untuk website-website tertentu seperti website jualan online, tentu saja harus menyediakan fitur khusus untuk order sehingga calon pembeli atau pelanggan bisa melakukan pembelian. 

Supaya web bisa ada tombol order, disinilah web design berperan. Desain web dapat mempermudah fungsi transaksi pada suatu web. Mulai dari memilih barang, jenis pembayaran, hingga mendownload bukti pembayarannya.

3. Memberikan Informasi

Tujuan desain web selanjutnya adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung. 

Sebagai contoh, jika di web ada sebuah tulisan ‘kontak’ berwarna putih yang bisa kamu klik, maka tampilan tersebut bertujuan memberitahu secara tidak langsung mengenai informasi kontak.

Terkadang web designer juga memberikan gambar-gambar atau grafik untuk mendukung informasi yang akan disampaikan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Agile? Manfaat, Jenis dan Prinsipnya

Belajar Web Design Paling Mudah untuk Pemula

belajar web design pemula

Setelah kamu memahami apa itu desain web dan apa tujuannya, sekarang kamu boleh mulai mempelajarinya. Setidaknya ada beberapa tahapan belajar design web untuk pemula yang harus kamu lakukan:

1. Memahami Konsep Desain Visual

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus mengetahui tentang konsep desain visual terlebih dahulu. Karena desain visual adalah konsep paling dasar yang harus kamu pelajari saat memutuskan terjun di dunia desain.

Desain visual terdiri atas garis, bentuk, tekstur, dan warna. Masing-masing memiliki arti yang berbeda-beda:

  • Garis adalah salah satu unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa dibentuk gambar, baik berupa garis lurus atau garis melengkung.
  • Bentuk adalah segala sesuatu yang mempunyai panjang, tinggi, lebar, dan diameter. Contohnya yaitu lingkaran, persegi, segitiga, dan lainnya.
  • Tekstur adalah nilai halus atau kasarnya suatu benda. Karena website bukanlah benda nyata, maka untuk mengetahui teksturnya cukup dengan melihat tampilannya saja.
  • Warna adalah kualitas rupa yang membedakan kedua objek atau bentuk identik, ukuran dan nilai gelap terangnya. Beberapa contoh warna yaitu hitam, putih, biru, hijau, kuning, ungu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Memahami HTML

Setelah itu, kamu harus belajar web design dengan HTML. Sebab, HTML atau HyperText Markup Language  adalah bahasa dasar untuk membuat website.

Jika mengibaratkan membangun rumah, maka HTML ini adalah kerangka atau fondasi dasarnya. Web tidak mungkin bisa terbentuk tanpa adanya HTML.

Jadi, sebelum website dibuat dengan bahasa pemrograman lainnya, terlebih dahulu dibuat dengan bahasa HTML sebagai struktur dasarnya. Setelah kamu berhasil menguasai HTML, maka bisa melangkah ke materi selanjutnya yaitu CSS.

3. Mempelajari CSS

Belajar mendesain sebuah website tidak cukup memahami HTML saja, tapi juga CSS. Bahasa programer berupa Cascading Style Sheet. Bekal yang bagus bagi kamu sebagai pemula yang ingin menjadi seorang web designer handal.

Fitur ini dapat membantu kamu menentukan elemen yang nantinya akan ditampilkan pada website. Itulah pentingnya belajar web design dengan CSS, menentukan bentuk posisi, warna dari setiap elemen situs web menjadi lebih mudah.

4. Memahami WordPress

WordPress merupakan salah satu cara paling mudah dan cepat untuk belajar membuat website bagi pemula. Kamu cukup menerapkan beberapa langkah untuk mulai membuat desain web.

hosting mudah

Beli domain dan berlangganan hosting. Kemudian, manfaatkan fitur One Click Installer untuk instalasi dan konfigurasi WordPress.

Berbagai fitur yang ditawarkan bermanfaat untuk membuat desain web. Tidak hanya itu, ada banyak lagi fitur yang sangat mendukung pengelolaan blog maupun web secara produktif. 

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu sebagai pemula untuk belajar web design dengan WordPress.

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Daftar Google News & Tips agar Diterima

5. Mempelajari Konsep UI dan UX

Prioritas dalam membuat desain web salah satunya lebih menonjolkan sisi menarik dari website bukan? Hal ini diupayakan supaya pengunjung tidak bosan membuka website tersebut.

Membuat website yang bagus tentunya kamu harus melibatkan prinsip User Interface (UI) dan User Experience (UX). Pelajari dan pahami agar dapat mengoptimalkan hasil desain web sesuai keinginan pelanggan.

UI merupakan tampilan yang nantinya akan dinikmati oleh pengunjung situs. Sedangkan UX merupakan pengalaman yang dirasakan viewer saat membuka website.

Makanya dari itu, mempelajari kedua konsep pemrograman web ini menjadi bagian penting dalam belajar web design. Visual website menjadi lebih menarik dan memberikan kesan positif bagi pengunjung.

6. Mendalami Penggunaan Software Desain

Prioritas utama yang tidak boleh kamu lewatkan saat belajar desain website adalah memahami software pendukungnya. Fungsi software desain sebagai penunjang kebutuhan pekerjaan ini.

Langkah awal untuk mempercantik website tentu saja perlu modifikasi. Maka diperlukan untuk membuat prototype terlebih dulu. Kamu membutuhkan software tertentu seperti Mockplus.

Jika sudah banyak mempelajari mengenai software tersebut, segera aplikasikan untuk sebuah project. Cara ini, termasuk kegiatan belajar untuk melatih skill sekaligus menambah pengalaman dalam dunia web designer.

7. Mengenal JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang pastinya sudah cukup familiar dalam desain website. 

Fitur ini membuat halaman website menjadi lebih dinamis dan pastinya memberikan efek tidak monoton sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengalaman terbaik selama menjelajahinya.

Tak heran kalau, seorang desainer tidak melewatkan untuk mempelajari JavaScript untuk pengembangan websitenya. 

Terbukti, 67 persen responden dalam survei yang dilakukan oleh Stack Overflow, programmer menggunakan JavaScript untuk kebutuhan desain web.

Belajar web design dengan memahami peran JavaScript, butuh mendalami bahasa coding lain yang dipakai untuk pengembangan situs seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu HTML dan CSS. 

Dua bahasa pemrograman ini berguna untuk membuat halaman menjadi lebih interaktif.

JavaScript dapat kamu andalkan untuk memerintahkan elemen website melakukan segala hal secara otomatis. Jadi, kamu memungkinkan membuat website dengan menampilkan jumlah pengunjung secara real time.

Update tiap pengunjungan bisa terus dipantau oleh pemilik website berkat perintah dari JavaScript. Kamu bisa memperoleh tampilan website yang lebih interaktif dengan fitur-fitur terbaiknya.

Selain itu, kamu juga memungkinkan untuk belajar membuat game dan aplikasi mobile lainnya yang dibangun dari kode pemrograman ini.

Kamu juga bisa memaksimalkannya lagi dengan back end. Jadi, sebagai development website tidak hanya mengoptimalkan visualnya saja tetapi lebih daripada itu.

8. Kursus Bahasa Pemrograman Secara Online

Jika kamu kesulitan mempelajari secara otodidak berbagai bahasa pemrograman, mencari tempat kursus bahasa pemrograman tentu menjadi solusi yang bagus. Apalagi yang sebelumnya masih belum banyak gambaran terkait pemrograman.

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Blog Bisnis Terbaik untuk Jadi Inspirasi

Kamu tidak akan kesulitan menemukan tempat belajar bahkan secara online. Sekarang, sudah banyak yang menawarkan jasa belajar desain website lebih praktis dari skill mereka.

Melalui tempat kursus tersebut berbagai bahasa pemrograman lewat aktivitas interaksi sampai permainan menarik. 

Pilihan topik mulai dari programming, pengembangan web, data science, atau fokus di bahasa pemrograman HTML, CSS maupun Python.

9. Memahami SEO

Tidak hanya fokus dalam memahami bahasa pemrograman saat ingin menggali potensi menjadi seorang web designer. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan terkait SEO.

Mengapa penting? Sebab, ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan Search Engine Optimization

Mudahnya, dengan mempelajari SEO kamu akan lebih gampang menentukan gambar website atau menulis data deskripsi pada situs yang sedang kamu desain.

Bekerja sebagai desainer lepas, perlu sangat mendalaminya. Tak jarang, klien langsung meminta desain website yang ramah SEO. 

Tak heran, sebab dengan optimasi ini, kamu dapat meningkatkan ranking website yang pastinya sangat menguntungkan klien.

10. Mencari Mentor

Belajar web design secara mandiri dengan berbagai hal yang perlu kamu pahami mulai dari fitur bahasa pemrograman hingga SEO nih, Sob. 

Tidak masalah kalau kamu memilih untuk mencari mentor profesional langsung yang secara intensif membimbing mempelajari desain web.

Cara ini menarik bagi kamu yang sudah memiliki kenalan ahli di bidang desain web. Tapi jika tidak, coba mencari informasi dari teman-teman barangkali ada yang bisa mentoring kamu softskill ini.

Banyak sekali mereka yang bahkan dengan sukarela membagikan pengetahuannya pada orang lain. 

Apalagi kalau kamu bisa membayarnya, tentu saja akan banyak peluang untuk menemukan mentor profesional dari sebuah forum atau komunitas online tempat harus mencari.

11. Kuasai Tools Web Design

Setelah kamu menemukan mentor atau tempat kursus desain website, selain mendalami terkait bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS, tools desain web tidak kalah penting untuk dikuasai.

Jika sudah memahami penggunaan beberapa tools, maka alat-alat ini bisa membantu meringankan pekerjaan kamu nantinya untuk mendesain website.

Kamu perlu mempelajari beberapa tools wajib untuk mendukung hasil desain website nantinya seperti InVision Studio, Sketch, Balsamiq, dan MockFlow. 

Menguasai beberapa tools ini tentu efektivitas dan efisiensi menjalankan project desain web akan lebih maksimal.Begitu banyak hal yang perlu kamu pelajari untuk menjadi seorang web designer.

Namun, kompleksnya belajar web design nantinya akan terbayar dengan kesuksesan kamu menjadi seorang desainer profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
website builder
Read More
10+ Rekomendasi Website Builder Terbaik untuk Bikin Web!
Sob, apakah kamu sedang mencari cara membuat website sendiri namun masih sangat awam di dunia perkodingan? Jika iya,…
contoh website restoran
Read More
14+ Contoh Website Restoran Terbaik untuk Referensi Design
Membuat website restoran yang menarik dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Akan tetapi, mungkin…