Inilah 10+ Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

kelebihan kekurangan shared hosting

Apakah kamu masih pemula dalam platform digital, Sob? Jika iya, mungkin kata shared hosting masih terdengar asing. Padahal, layanan web hosting ini banyak menjadi incaran. Bahkan, tidak jarang orang yang menanyakan kelebihan shared hosting.

Shared hosting sendiri merupakan layanan yang mana dalam satu servernya digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain. Sehingga, shared hosting ini memiliki ketentuan tersendiri.

Tujuannya untuk mencegah kerugian yang dirasakan oleh pengguna lain sebab pemakaian resource, bandwidth dan database yang berlebihan. Jika kamu masih awam, kali ini kami akan bahas lengkap kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Kelebihan Shared Hosting

Sebelum kamu beranjak untuk membeli paket shared hosting, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja kelebihan yang dimilikinya. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik sesuai dengan porsinya.

Berikut beberapa kelebihan dari shared hosting yang wajib kamu pertimbangkan, antara lain:

1. Memiliki Harga Layanan Lebih Terjangkau

Apabila kamu bandingkan dengan layanan lainnya, maka shared hosting termasuk layanan yang masih jauh lebih murah daripada server website lainnya. 

Hal ini dikarenakan pada shared hosting, server bisa menampung beberapa website sekaligus.

Jika kamu merupakan perintis atau pengelola website baru dan masih bingung dengan tata letak serta penanganannya secara tepat, maka layanan ini akan sangat memberikan manfaat.

Cek Konten Lainnya:
10+ Tips Memilih Layanan Email Hosting Terbaik

Selain itu, pemilik website dengan traffic yang masih rendah dan ingin mengembangkan kembali websitenya. Maka, layanan shared hosting adalah jawaban paling tepat.

2. Pemakaiannya Lebih Mudah

Berikutnya, layanan dari shared hosting ini cenderung lebih mudah dan cocok untuk pemula sebab seluruh proses operasional servernya akan dikelola langsung oleh provider hosting itu sendiri.

Oleh karena itu, pemula yang masih awam dengan pemrograman sebuah website wajib menggunakan layanan ini dalam mengelola website lebih baik lagi. Kecuali, jika kamu sudah memiliki traffic yang lumayan tinggi.

Maka, kamu harus mempertimbangkan pemakaian layanan hosting ke level lebih tinggi lagi seperti dedicated hosting atau VPS. Karena VPS ini cukup rumit, maka kamu harus belajar sedikit demi sedikit.

3. Memiliki Akses ke Control Panel

Kelebihan selanjutnya adalah diberikan akses untuk masuk ke control panel. Hal ini sangat memudahkan pengguna sehingga dapat melakukan pengelolaan lebih mudah pada website ataupun alamat blog.

Melalui control panel, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur menarik yang sudah ada. 

Contohnya seperti fitur pengelolaan email, upload file, hingga install CMS sekalipun. Namun, tidak hanya itu. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lengkap lainnya.

4. Cocok untuk Website Bisnis

Selanjutnya, kelebihan shared hosting paling cocok untuk pengguna yang masih pemula dan ingin memulai website bisnis. Pasalnya, layanan ini dari segi harga pun terjangkau, dan proses penggunaannya pun mudah.

Selain itu, anggaran untuk shared hosting pun sudah seimbang dengan bisnis skala kecil yang sedang kamu jalankan. Sehingga, dalam pengelolaan website bisnis kamu wajib mencoba shared hosting jika ingin berbisnis secara online.

5. Penggunaannya Mudah

Dilihat dari sisi pemanfaatan, maka shared hosting ini sangat memudahkan pengguna karena segala operasional servernya akan ditangani langsung oleh provider hosting.

Cek Konten Lainnya:
Hosting Lokal Indonesia Terbaik dengan Infrastruktur Canggih

Sehingga, layanan ini cocok untuk pemula dan ingin mulai pemrograman tetapi bingung dalam hal pengelolaan website pribadi.

Nantinya, jika dengan pemakaian layanan ini traffic website mengalami peningkatan. Maka, kamu bisa mempertimbangkana untuk meningkatkan ke level berikutnya seperti di VPS dan dedicated server.

6. Fitur Lengkap

Kamu bisa merasakan sensasi lengkapnya fitur dari shared hosting sehingga dapat dimanfaatkan dengan mudah. Pasalnya, kamu diberikan akses ke menu cPanel untuk melakukan pengelolaan.

Sehingga, sedikit banyak kamu jadi mengerti mengenai shared hosting dan juga seluk beluknya di dalam website.

Kekurangan Shared Hosting

Meskipun hadir dengan banyak kelebihan, tetapi server tetap buatan manusia dan punya kekurangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli pertimbangkan aspeknya terlebih dahulu seperti kekurangan shared hosting berikut:

1. Kurang Cocok untuk Website Traffic Tinggi

Kekurangan paling menonjol dari shared hosting adalah kurang cocok jika diperuntukkan website dengan trafik tinggi. Jika dipaksakan, nantinya website bisa terkena suspend sebab melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Sehingga, jika kamu memiliki website dengan layanan trafik tinggi maka gunakan saja layanan dari dedicated server atau VPS. Harganya pun tidak melonjak terlalu jauh.

2. Bertabrakan dengan Pengguna Lain

Mengalami crash bisa saja terjadi sewaktu-waktu sebab ada beberapa pengguna dalam satu server. Overload merupakan jawaban tepat untuk permasalahan tersebut, karena bisa jadi pengguna lainnya juga sedang menjalankan website.

3. Sisi Keamanan kurang Terjamin Maksimal

Pemakaian shared hosting memiliki ruang yang sangat luas dari sisi server. Sehingga, sangat besar potensi penyalahgunaan akses pada fitur lainnya. Namun, apabila hal tersebut terjadi, maka akan berpengaruh besar pada server yang ada.

Karena dari sisi keamanannya pun sangat kurang dan tidak maksimal. Hal tersebut menurunkan tingkat kepercayaan pengguna.

4. Memberikan Akses Aplikasi Lain Terbatas

Apabila kamu sedang menggunakan shared hosting, maka untuk menjalankan software ataupun aplikasi lain secara bersamaan tentu tidak bisa. Kecuali jika aplikasi tersebut sudah ditawarkan oleh provider hosting.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Meskipun terkesan sederhana, tetapi bagi pemula hal ini cukup menyulitkan sekali loh, Sob.

5. Kurang Fleksibel

Kelemahan dari shared hosting terletak dari sisi kurangnya fleksibilitasnya. Pasalnya, apabila kamu memiliki banyak trafik tiba-tiba, maka website otomatis langsung suspend sebab bisa memicu dampak pada website lainnya.

Parahnya, kamu juga tidak bisa menambahkan prosesor, disk space, dan juga RAM kecuali membeli paket shared hosting. Namun, bagi pemula kurang kami sarankan karena harganya terbilang mahal.

Kelebihan Shared Hosting dari Jagoan Hosting

kelebihan shared hosting dari jagoan hosting

Jagoan Hosting merupakan salah satu penyedia layanan terlengkap untuk segala jenis hosting termasuk shared hosting. Kenapa demikian? Sebab kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

1. Paket Hosting Termurah

paket hosting murah

Dengan layanan berteknologi cloud generasi terbaru, kamu bisa mendapatkan Paket Shared Hosting Murah di Jagoan Hosting. Mulai dari Rp15.000 saja per bulan kamu sudah bisa menikmati paket lengkapnya.

2. Menyesuaikan Kebutuhan Website

website yang cocok pakai shared hosting

Sob, menemukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan website tidak mudah. Melalui Jagoan Hosting kamu bisa memilih layanan untuk website blog ataupun company profile.

3. Shared Hosting Jagoan Hosting Mudah Digunakan

Menggunakan shared hosting dari Jagoan Hosting, kamu bisa mendapatkan banyak layanan yang mudah seperti cPanel dikelola, fitur komplit, memiliki tim support world-class certified, dan juga keamanan terjamin.

4. Unlimited Hosting

Aktivitas online kamu jadi lebih bebas karena Jagoan Hosting memberikan kapasitas resources yang tidak terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara mengonlinekan website
Read More
Ini Cara Mudah Mengonlinekan Website dan Tipsnya
Dalam beberapa keadaan, seorang pengembang web mungkin ingin mempublikasikan atau mengekspor server lokal (localhost) ke internet. Tujuannya untuk…
VPS gratis dari Jagoan Hosting
Read More
Kapan VPS Diperlukan? Bonus Feature: Info VPS Gratis dari Jagoan Hosting
VPS Gratis dari Jagoan Hosting — Virtual Private Server atau yang biasa disebut VPS adalah versi lebih besar…