Jaminan dan keamanan penyimpanan data adalah hal vital bagi semua orang, terutama bagi perusahaan yang menyimpan banyak data penting. Kehilangan data akan menjadi sebuah kerugian besar. Oleh karena itu, teknologi kini memperkenalkan teknologi cloud server sebagai media penyimpanan praktis dan bisa diakses dimana saja.

Pada dasarnya, cloud server adalah sebuah ruang penyimpanan virtual dimana pengguna bisa mengolah dan menyimpan data mereka secara praktis, mudah, serta jaminan penyimpanan lebih baik daripada penyimpanan fisik. Lantas sebenarnya, apa itu cloud server dan apa saja kelebihan cloud server? Simak pembahasannya di artikel ini ya, Sob!

Pengertian cloud server

Cloud server adalah sebuah teknologi penyimpanan virtual yang beroperasi di lingkungan cloud computing. Teknologi cloud computing (komputasi awan) ini sendiri merupakan sebuah inovasi untuk penyimpanan dan pengolahan data yang memanfaatkan sumber daya internet. 

Secara sederhana, kebanyakan orang menyimpan data mereka pada perangkat fisik, seperti hard disk atau flashdisk. Namun, risiko kehilangan data terbilang besar karena perangkat bisa saja hilang atau rusak. Oleh karena itu, cloud server adalah solusi yang menawarkan keamanan data dari risiko hilang atau rusak. 

Data yang di dalam penyimpanan awan ini akan tersimpan di server virtual. Tidak ada suatu perangkat fisik khusus yang dibutuhkan pada penyimpanan awan ini.  Dengan demikian, kamu bisa mengakses data tersebut secara praktis dan lebih mudah di mana saja dan kapan saja. 

Setiap data yang tersimpan dalam penyimpanan cloud ini merupakan gabungan dari server dan komputer yang kemudian membentuk sebuah satuan bernama cluster. Layanan cloud server adalah teknologi yang cocok untuk digunakan semua jenis kebutuhan, terutama jika kamu membutuhkan server yang handal, performa tinggi, dan akses mudah. 

Fungsi cloud server

Fungsi utama dari cloud server adalah menyediakan layanan penyimpanan virtual yang bisa diakses dimana saja dan perlindungan data dari kehilangan atau kerusakan. Pengguna bahkan tidak membutuhkan perangkat khusus untuk mengakses atau mengolah data mereka.

Berikut beberapa fungsinya:

  • Mengurangi risiko kehilangan dan kerusakan data seperti pada penyimpanan fisik.
  • Memberikan aksesibilitas tak terbatas karena data yang disimpan dapat diakses dengan praktis dan mudah.
  • Ruang penyimpanan data secara virtual, baik berupa data pribadi, data aplikasi, dan web hosting.
  • Penggunaan penyimpanan awan ini tidak akan mengurangi performa dari perangkat lain atau memori yang digunakan.

Jenis-jenis cloud server

Terdapat beberapa jenis dari penyimpanan cloud dan berikut adalah penjelasannya:

Private Cloud

Sesuai namanya, private cloud adalah layanan yang hanya terbatas untuk lingkungan internal saja. Beberapa pihak yang sering menggunakan private cloud adalah perusahaan. 

Kelebihan private cloud adalah sistem keamanan yang lebih ketat jika dibandingkan dengan lainnya. Contoh: Cloud VPS dan Cloud Hosting.

Baca juga: Prinsip dan Cara Kerja VPS yang Perlu kamu Ketahui Sebelum jadi Anak IT

Public Cloud

Seluruh informasi yang tersimpan dalam public cloud server adalah data yang bisa diakses secara publik. Contoh: YouTube, Instagram, dan lainnya.

Community Cloud

Hampir sama seperti private cloud, community cloud adalah layanan penyimpanan virtual yang aksesnya hanya terbuka untuk sekelompok organisasi saja. Mereka akan melakukan pengolahan datanya secara internal. 

Hybrid Cloud

Teknologi hybrid adalah sebuah kombinasi antara public cloud dan private cloud. Dengan kata lain, sejumlah informasi dapat diakses secara publik oleh masyarakat umum sedangkan informasi pribadi hanya bisa diakses oleh jaringan internal saja.

Kelebihan cloud server

Pembahasan mengenai apa itu cloud server di atas sudah memberikan gambaran kelebihan yang ditawarkan. Berikut beberapa penjelasan kelebihan cloud server adalah:

Kemudahan akses data dan lebih fleksibel

Tidak diperlukannya perangkat fisik secara khusus pada penyimpanan awan ini memberikan kemudahan akses kepada pengguna. Data yang tersimpan dapat diakses dimana saja selama terdapat koneksi internet. Selain itu, kau juga bisa mengolah data dari beragam jenis perangkat, seperti tablet, laptop, dan smartphone.

Hal ini tentu berbeda jika kamu menyimpan data pada hard drive komputer dimana kamu perlu membawa perangkat lain (flash disk) untuk membawa data dari komputer.

Keamanan penyimpanan data

Selain itu, penggunaan penyimpanan secara virtual memberikan jaminan terhadap keamanan data dari risiko kehilangan dan kerusakan. Hal ini menjadi kelebihan cloud server dari penyimpanan fisik yang rentan terhadap risiko kerusakan bahkan kehilangan.

Selain itu, data yang tersimpan pada penyimpanan awan akan lebih aman dari risiko virus. Bahkan, sejumlah fakta menyebutkan bahwa penggunaan penyimpanan cloud meningkatkan keamanan sampai 94%.

Lebih handal

Performa pada penyimpanan cloud juga dianggap sangat handal dan ringan. Penggunaan media virtual membuatnya tidak menyita penggunaan memori pada hardware. Misalnya, kamu mungkin sering kali merasa performa laptop semakin lambat ketika memori penyimpanan semakin penuh. Penyimpanan cloud ini menggunakan memori virtual tanpa mempengaruhi performa dari memori hardware itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Saas, Paas, dan Iaas dalam Cloud Computing

Meningkatkan kolaborasi tim

Dalam sebuah tim, akses terhadap data pasti dibutuhkan oleh semua orang pada kapan saja. Penggunaan penyimpanan cloud akan membantu untuk mengoptimalkan proses tersebut. Setiap data dan informasi penting perusahaan akan terintegrasi di satu tempat dan bisa diakses oleh siapapun yang memiliki akses.

Dengan demikian, jika suatu saat diperlukan proses penyerahan atau ambil alih data, pengguna tidak perlu menggunakan banyak perangkat untuk memindahkan data. Hal ini tentu akan meningkatkan kolaborasi dalam tim.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu cloud server. Kehadiran inovasi teknologi penyimpanan ini telah memberi kemudahan kepada pengguna untuk menghindari kehilangan data. 

Selain itu, kelebihan cloud server yang memberikan kemudahan akses dimana saja juga menjadi faktor semakin populernya penyimpanan ini. Jadi, apakah kamu tertarik untuk beralih ke penyimpanan cloud ini, Sob?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like