Apa itu Dedicated Server? Ini Manfaat dan Kelebihannya

dedicated server

Searching atau browsing merupakan kegiatan teratas yang paling sering dilakukan seseorang ketika membuka smartphone. Kemudian, apa hubungannya dedicated server dengan berbagai aktivitas tersebut?

Jika dianalogikan dengan tubuh manusia, server bisa disamakan dengan makanan. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia untuk menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh.

Server berfungsi untuk menjaga sistem komputer agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Terutama, ketika pengguna membutuhkan data yang diinginkannya. Server yang bagus memungkinkan untuk menyimpan informasi dengan baik.

Adapun pembahasan yang akan diulas kali ini adalah dedicated server. Server yang mempunyai jangkauan penyimpanan jauh lebih luas dan besar daripada hosting.

Apa yang Dimaksud Dedicated Server?

dedicated server adalah

Berkecimpung di dunia teknologi informasi, mau tidak mau membuat kamu mempelajari banyak hal salah satunya tentang server. 

Terlebih, jika kamu bermaksud untuk membuat website dengan jaringan pengguna yang menyebar luas di Indonesia.

Dedicated server adalah suatu server yang sengaja dibuat secara khusus untuk hosting. Jenis server ini biasanya hanya dipergunakan dan dimanfaatkan oleh seorang pengguna saja.

Pengguna memanfaatkan fungsi server tersebut untuk memfasilitasi website yang dimilikinya. Website yang pengguna miliki juga bukan jenis website biasa, melainkan sebuah situs dengan trafik kunjungan yang tinggi.

Semakin tinggi trafik kunjungan tentunya semakin banyak pula informasi dan data yang tersalurkan.

Namun, jika dalam proses kerjanya server tidak mampu menjalankan tugas dengan baik maka pengguna akan mengalami kegagalan saat mengelola informasi.

Manfaat Dedicated Server

manfaat dedicated server

Sejauh ini, apa sobat sudah memahami pengertian dari dedicated server? Pemahaman mengenai dasarnya akan sangat mempengaruhi praktek pemanfaatan server di masa depan.

Berikut ini sejumlah manfaat menggunakan server yang didedikasikan.

1. Mempunyai Kontrol Penuh pada Data yang Tersimpan

Manfaat utama yang akan kamu sadari jika memilih untuk menggunakan server jenis ini adalah kontrol sepenuhnya. Kamu tidak hanya dapat mengontrol ruang penyimpanan saja tapi juga memilih perangkat teknologi yang kamu perlukan.

Hebatnya lagi nih sob, server memungkinkan kamu menggunakan beberapa perangkat dalam satu kesempatan. Tidak perlu khawatir pengelolaan dan penyimpanan data akan bermasalah terlebih jika kamu mengelola server dengan seapik mungkin.

2. Performa Tinggi

Rasanya sangat kesal bukan ketika menemukan website yang hendak kamu kunjungi dalam kondisi ‘’downtime.’’ Kondisi tak menyenangkan tersebut tidak akan terjadi pada website kamu berkat pemakaian dedicated server.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Redis, Fungsi dan Penggunannya

Kondisi tersebut terjadi mengingat jumlah pengguna hanya satu. Sehingga, fungsi dan kinerja server tidak perlu terbagi dengan pengguna lainnya.

3. Kapasitas Penyimpanan Khusus untuk Satu Pengguna

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, manfaat utama yang akan kamu peroleh saat menggunakan server yang didedikasi adalah kapasitas penyimpanan khusus.

Yang mana, ruang penyimpanan besar tersebut hanya dapat kamu akses dan kamu gunakan secara mandiri. Orang lain yang juga membutuhkan server tidak dapat menggunakannya juga secara sembarangan.

Kemampuan seperti ini, tentu saja amat kamu butuhkan jika berminat untuk menjalankan bisnis secara online. Bisnis tidak hanya berjalan lancar tapi juga minim hambatan terutama masalah-masalah yang berkaitan dengan informasi atau data.

Segera dapatkan server eksklusif per server untuk satu pelanggan di Dedicated Hosting Indonesia dari Jagoan Hosting.

4. Tingkat Keamanan Tinggi

Proses penyimpanan data secara online tentu saja tidak aman 100%. Apalagi di dunia bisnis, di mana banyak orang yang mencari keuntungan dengan mencuri data para pesaing.

Belum lagi, kemungkinan hacking oleh hacker yang bisa saja membuat data bocor ke publik. 

Bocornya data akan memberikan impact negatif pada perusahaan. Namun, kondisi tersebut dapat kamu hindari dengan menggunakan dedicated server.

5. Kapasitas Penyimpanan Melebihi Hosting

Apakah saat ini kamu memakai hosting? Jika jawabannya iya, baiknya mengubahnya dengan memakai server yang didedikasi. 

Jangkauan penyimpanan yang lebih banyak akan membuat pengelolaan data dan informasi menjadi lebih aman. Data atau informasi baru akan tersimpan dengan baik sepanjang server tersebut kamu gunakan.

6. Meningkatkan Peringkat SERP Website

Kemampuan mengakses website yang bagus akan memberikan dampak positif terhadap kedua belah pihak entah itu pemilik website maupun pengunjungnya. Bagi pemilik website, kemudahan akses akan membantu meningkatkan peringkat SERP.

Secara otomatis, server ini membantu sistem algoritma menilai website kamu sebagai situs yang bagus, berkualitas dan valid. Alhasil, kamu juga membantu optimasi SEO berjalan secara natural.

Kelebihan Dedicated Server

kelebihan dedicated server

Dilihat dari banyaknya manfaat server yang didedikasi, kamu mungkin sudah bisa menerka-nerka apa saja kelebihan dari jenis server ini. Yuk simak semua kelebihan dan kekurangan dedicated server berikut.

1. Performa Optimal yang Memuaskan

Cara kerja dedicated server cukup unik. Server tersebut sudah dapat kamu manfaatkan ketika proses pembelian server selesai. Nantinya, server dapat kamu jalankan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Namun yang paling penting adalah performa server yang sangat optimal dan memuaskan. Jarang sekali terjadi koneksi lambat atau downtime ketika kamu menjalankan perintah apa pun dengan server ini.

performa dedicated server

Dan seperti yang sobat ketahui, server yang bebas hambatan akan membantu pengunjung membuka website tanpa kesulitan. Kemudahan yang kamu berikan ini, akan membuat pengunjung tidak ragu menjadi visitor setia.

Segera dapatkan performa optimal yang memuaskan untuk websitemu dengan Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting!

2. Jaminan Privasi Terjaga

keamanan tinggi

Keamanan adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu kelola dengan baik sebagai pemilik website. Jangan sampai rahasia perusahaan atau konten-konten website yang harus kamu jaga bocor ke publik.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Server Teamspeak 3 Sendiri di Windows & CentOs

Contoh dedicated server yang baik adalah mampu menjaga privasi pengguna dengan maksimal seperti layanan Dedicated Hosting milik Jagoan Hosting. Sehingga, sebanyak apapun data yang pengguna tambahkan dan simpan tidak akan terjadi kebocoran data.

3. Hemat Waktu

Saat membuka suatu website, coba hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya situs tersebut menampilkan informasi yang kamu butuhkan?

Memilih server dedicated memungkinkan pengunjung website kamu menghemat waktu searching.

Mengapa bisa demikian? Tentu saja karena proses pengelolaan informasi di server yang berjalan dengan sangat lancar. Otomatis, data yang pengunjung butuhkan muncul dengan mudah dan cepat di halaman website.

Kelebihan ini akan sangat membantu para pengunjung yang ingin memperoleh data atau informasi dalam waktu singkat. 

Coba, bayangkan jika kamu tetap menggunakan server yang lambat. Bisa jadi pengunjung situs kabur karena loading lama lho sob.

Kekurangan Dedicated Server

1. Dibutuhkan Keterampilan Tinggi untuk Mengelola Server

Sebelumnya, telah dijelaskan ketiga kelebihan dari server yang didedikasi. Selanjutnya, kamu juga perlu tahu apa saja kekurangan dari server tersebut. 

Server ini memiliki berbagai kelebihan yang secara tidak langsung dapat menjadi hambatan. Terlebih, jika kamu belum menguasai dengan baik teknik pemakaian server. Sehingga, server tidak digunakan sebagaimana mestinya atau maksimal.

Akibatnya, kamu harus membayar jasa orang lain untuk memastikan server tetap berjalan dan berfungsi.

2. Biaya Relatif Mahal

Dan kekurangan lain yang server jenis ini miliki adalah harga sewa yang relatif mahal. Kamu harus menyewa atau membeli server dari penyedia server berkualitas. Dan tidak selesai di situ saja, kamu juga harus membayar biaya lainnya.

Belum lagi jika ternyata dalam prakteknya, kamu melakukan kesalahan. Tentu saja, kamu harus melakukan sesuatu agar server kembali dapat berjalan sempurna.

3. Membutuhkan Bantuan Penyedia Layanan

Server yang didedikasi mungkin dapat berdiri sendiri dan menopang data-data yang jumlahnya besar dengan baik. Namun, sebagai pengguna server kamu tidak bisa melepaskan diri dari bantuan penyedia layanan.

Mengapa demikian? Karena kamu tetap memerlukan sumber daya server dan juga support maintenance. Terutama, jika server mengalami kendala tertentu yang tak bisa kamu selesaikan masalahnya secara mandiri.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari server yang didedikasi dan VPS, kamu harus mengenal dengan baik kelebihan dan masing-masing sistemnya. Secara garis besar, inilah perbedaan dari keduanya.

1. Performa dan Sumber Daya VPS Rendah

Apakah yang kamu cari adalah performa dan sumber daya yang besar dan baik? Maka, alih-alih menggunakan VPS maka alangkah baiknya memilih server khusus untuk seorang pengguna.

Mengingat, dari segi sumber daya dan performa VPS jauh lebih rendah nilainya. Kemampuan ini akan sangat mendukung jika kamu memiliki website trafik tinggi yang membutuhkan server bagus untuk mengelola dan menyimpan data.

2. Anggaran VPS Murah

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya,  biaya yang kamu perlukan untuk menyewa server yang didedikasi sangatlah mahal. Belum lagi, besarnya biaya yang harus keluarkan untuk perawatan dan perbaikan.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Server Bimbingan Belajar Online

Jikalau masalah biaya menjadi salah satu perhatianmu, maka pilih VPS yang harganya jauh lebih terjangkau. 

Namun, jangan mengharapkan performa yang bagus dan cepat jikalau kamu memutuskan untuk menggunakan VPS daripada server dedikasi.

3. Pengaturan VPS Sederhana

Dan kelebihan lain VPS yang juga membuatnya berbeda dari server dedikasi adalah pengaturan atau penggunaannya yang jauh lebih sederhana.

Bila kamu ingin menggunakan server dedikasi, kamu harus mahir IT. Penggunaan server ini tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan apalagi orang awam. 

Akibatnya, kamu perlu membayar tenaga IT yang ahli untuk menjalankan fungsi server tersebut.

Sementara itu, VPS justru memiliki tingkat kesulitan penggunaan yang rendah. Pengelolaannya juga jauh lebih simpel. Menariknya, kondisi seperti ini juga bisa kamu temukan saat memakai dedicated hosting.

Perbedaan dedicated server dan dedicated hosting umumnya terletak pada layanan yang tersedia. Penyedia dedicated hosting menawarkan ekslusifitas perlindungan keamanan data termasuk backup data dan sebagainya.

Dapatkan Dedicated Hosting, 1 Server 1 Pelanggan!

dedicated hosting

Dengan Server Prioritas 1 Pelanggan per Server, kami memberikan pengalaman hosting yang tak tertandingi. Bayangkan, server eksklusif hanya untukmu

Akses Penuh Resource CPU, RAM, STORAGE memberikan kebebasan untuk mengoptimalkan performa website sesuai kebutuhan.

Dan bukan hanya itu, Layanan Komprehensif dengan Jalur Eksklusif menjadikan kami mitra terpercaya untuk kebutuhan hostingmu. Kami hadir untuk memastikan website berjalan dengan optimal, dapatkan segera di Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting.

FAQ

1. Kapan saatnya harus menggunakan dedicated server?

Waktu paling bagus menggunakan server ini ketika website yang kamu jalankan perlu perhatian atau kebutuhan lebih dan trafik yang tinggi dari pengunjung.

2. Bagaimana cara memilih dedicated server?

Kamu bisa memilih server ini sesuai kebutuhanmu. Selain memenuhi kebutuhan sistem komputer, pastikan juga budget yang kamu miliki memungkinkanmu untuk menyewa server.

Dukungan ahli IT juga kamu perlukan apalagi jika kamu adalah pemula dalam bidang ini. 
Dengan dukungan ahli seperti tim Customer Support dari Jagoan Hosting kamu dapat menggunakan server secara maksimal sesuai harga yang kamu keluarkan untuk mendapatkan fasilitas yang hebat tersebut.support dedicated server

3. Apa perbedaan server dedicated dan server non dedicated?

Perbedaan paling mencolok adalah fungsinya. Server dedikasi sangat berguna untuk website dengan trafik bagus sementara server non dedicated lebih bagus bila kamu alokasikan untuk jaringan dengan ruang yang lebih minim.

Penutup

Apa pendapat kamu mengenai server dedikasi? Setelah menyimak artikel tersebut, apakah kamu berencana untuk menggunakan server dedikasi, VPS atau justru memilih jenis server lainnya.Terlepas dengan pilihanmu, gunakan server dengan sebaik mungkin dan pada tempatnya.

Dedicated server cocok untuk website dengan kapasitas besar maka manfaatkanlah kelebihan tersebut dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
managed server hosting
Read More
Managed Server Hosting Indonesia Terbaik
Dedicated server hosting merupakan tipe web hosting service di mana sebuah server fisik terpakai pada sebuah website, baik…
Read More
Apa Sih Server Monitoring Itu? dan Toolsnya
Server Monitoring Itu Adalah : Seperti namanya, Server Monitoring adalah alat untuk memantau seluruh kinerja yang sedang berlangsung…