10+ Tips Memilih Layanan Email Hosting Terbaik

memilih layanan email hosting

Penting sekali bagi perusahaan memiliki e-mail resminya sendiri. Tujuannya supaya bisnis lebih dipercaya oleh klien maupun audiens secara umum. Maka dari itu, sob kamu butuh yang namanya email hosting. Masalahnya sekarang penyedia hosting sudah sangat banyak, harus pilih yang mana?

Tips Memilih Layanan Email Hosting Terbaik

memilih layanan email hosting

Dengan banyaknya provider email hosting, artikel ini hadir untuk membagikan beberapa cara memilih layanan email hosting

1. Memahami Seperti Apa Email Hosting yang Kamu Butuhkan

Langkah pertama sekaligus yang terpenting  dalam cara memilih layanan email hosting adalah mengerti seperti apa kebutuhanmu. Disebut penting karena jika dari awal kamu sudah memahaminya dengan baik maka akan lebih mudah menemukan spesifikasi yang paling cocok. 

Oleh karena itu, mari pelajari berbagai spesifikasi email hosting berikut sesuai penjelasan scalahosting

  • Shared Hosting

Shared hosting sangat sesuai dipakai buat kamu yang taraf bisnisnya  belum terlalu besar. Ini karena biasanya bisnis kecil  masih berada dalam 2 kondisi yaitu : 

  • Dijalankan dengan modal yang terbatas
  • Volume email yang harus dikelola masih belum terlalu banyak.  

Tapi jangan lupa kalau sebelum memilih shared hosting, pertimbangkan masalah keamanan. Alasannya karena di sini kamu harus berbagi sumber daya server dengan pengguna lainnya. 

  • Virtual Private Server Hosting

Virtual private server yang biasa disingkat VPS menyediakan akses yang lebih luas bagi user untuk mengontrol dan menggunakan sumber daya. Kamu tidak perlu berbagi dengan siapapun sehingga keamanannya pun lebih terjamin

Spesifikasi email hosting ini cocok bagi bisnis yang secara konstan mengelola email dalam jumlah yang sedang.  

  • Dedicated Server Hosting

Sebagaimana VPS, dedicated server pun menawarkan keleluasaan bagi user untuk mengatur sumber daya server sesuka hatinya. Namun level dari dedicated bisa dibilang di atas VPS karena jumlah email yang bisa kamu kelola dan fitur yang tersedia lebih banyak. Tidak mengherankan kalau harga juga lebih mahal.

Cek Konten Lainnya:
Web Hosting Terbaik di Indonesia 2024, Dapatkan Sekarang!

2. Perhatikan Layanan Administrasi dan Operasinya

Di era digitalisasi dalam bisnis ini, email merupakan salah satu tulang punggung bagi perusahaan. Media tersebutlah yang memampukan perusahaan membagikan informasi penting ke manapun secara cepat cukup dalam 1 klik. 

Terkait kondisi inilah, sob maka dalam poin berikutnya dari cara memilih layanan email hosting, perhatikan masalah layanan administrasi dan operasinya. Sehubungan dengan layanan tersebutlah,  I2K2 menyebutkan, developer email hosting yang ideal seharusnya akan : 

  • Memberikan arahan secara berkala untuk memastikan user dapat mengontrol sistem email mereka dengan optimal. Baik itu lewat chat maupun telepon.
  • Selalu siap menyediakan bantuan mulai dari proses pemasangan, pemeriksaan adanya error, sampai kepada perawatan server
  • Memberikan fitur “tiket komplain” yang interaktif dan user friendly. Tujuannya supaya user dapat segera melapor bila terjadi masalah teknis sehingga dapat semakin cepat juga pihak penyedia menyelesaikannya.  

3. Carilah Informasi Seberapa Besar Ukuran File yang Dapat Kamu Kirim

Konteksnya di sini merupakan email buat keperluan bisnis jadi kemungkinan besar suatu saat kamu butuh mengirimkan file berukuran besar. Dengan demikian sebagai pertimbangan tambahan cara memilih layanan email hosting, lihat developer mana yang memberikan kamu kelebihan tersebut. 

Customer-mu bisa tidak mau lagi bertransaksi lagi dengan bisnismu karena kendala dalam mengirim file berukuran besar. 

4. Perhatikan Aspek Keandalan 

infrastruktur email hosting

Tidak kalah pentingnya juga pada cara memilih layanan email hosting, kamu perlu menilai seberapa dapat diandalkan developer-nya. Secara lebih spesifik, keandalan di sini maksudnya adalah : 

  • Menjamin komunikasi email yang bisnismu lakukan tidak sering mengalami gangguan. Misalnya seperti gangguan yang terjadi akibat server down. Developer yang bagus seharusnya dapat meminimalkan hal tersebut.  
  • Memiliki infrastruktur yang baik untuk memastikan layanan yang optimal dapat dilakukan secara konsisten.
  • Mampu menawarkan kompensasi yang setimpal apabila ternyata dalam perjalanan, ada jaminan pada user yang tidak berjalan sempurna. 

5. Lihat Kemampuan Penyedia Dalam Menjamin Keamanan dan Privasi

kemanan email hosting

Maraknya kejahatan cyber seperti hacking membuat keamanan menjadi prioritas utama yang mutlak kamu wajib cermati. Apalagi ini menyangkut email yang merupakan salah satu data pribadi . Kamu  tidak mau bukan data customer-mu dibobol dan kemudian dipergunakan oleh pihak yang tidang bertanggung jawab?

Cek Konten Lainnya:
3 Alasan Penting Kenapa Kamu Perlu Email Hosting Terbaik Untuk Membangun Branding Bisnis

Maka dari itu, sob sebagai  cara memilih layanan email hosting, pilihlah developer yang mampu memberikan perlindungan berlapis. Tidak hanya pada pusat datanya tapi juga menambahkannya dengan firewall dan berbagai protokol keamanan lainnya. 

6. Pertimbangkan Masalah Fleksibilitasnya Saat Bisnismu Mulai Bertumbuh

Cara memilih layanan email hosting selanjutnya adalah berhubungan dengan masalah fleksibilitas. Maksudnya fleksibilitas di sini, saat usahamu semakin berkembang, mereka dapat menawarkan ruang buat kamu mengupgrade sesuai kebutuhan. Tidak kaku berpatokan pada paket yang mereka telah tentukan saja. 

7. Lihat Pada Adanya Dukungan Dari Customer Service Setiap Saat 

Memang baik kalau provider bisa memberikan layanan yang berkualitas seperti yang disebutkan dalam poin nomor 2 dan 3. Namun itu tidaklah lengkap jika user cuma bisa menjangkaumu saat jam operasional kantor saja.

support email hosting

Bisa jadi urusan bisnis konsumen sudah sampai luar negeri sehingga harus sesuaikan dengan jam klien di sana. Dengan demikian developer yang ideal pada kriteria cara memilih layanan email hosting mampu memberikan bantuan layanan setiap hari 24 jam nonstop seperti di Email Hosting dari Jagoan Hosting.

Di samping itu, user dapat diakses dari media komunikasi manapun. Baik itu dari smartphone, email, media sosial, dll. 

8. Cermati Soal Ada Tidaknya Fitur Backup Data

Pihak developer mungkin sudah berusaha menjaga server sebaik mungkin tapi namanya tertimpa musibah mana ada yang tahu. Detikinet sempat memberitakan 2 Desember 2021, server salah satu perusahaan game Indonesia yaitu Garena mengalami down karena kebakaran. 

Dalam kondisi seperti, data-data yang ada dalam server berpotensi lenyap. Untuk mengantisipasi kemungkinan itulah, developer seharusnya menyediakan fitur backup data dan mekanisme pemulihan dari kerusakan. Dengan demikian website bisnis yang berada di dalam server tidak sampai lumpuh total. 

9. Teliti Lagi Masalah Harga

Oleh karena dalam cara memilih layanan email hosting masih berhubungan dengan keputusan barang mana yang akan kamu pilih, jangan lupakan soal harga. Buatlah perbandingan dengan cara mengumpulkan berbagai jenis hosting developer. Lihat nominal yang mereka tetapkan beserta layanan yang ditawarkan.  

email hosting untuk bisnis

Dari situ tentukan mana yang menurutmu, developer yang paling worth untuk kamu ajak kerja sama. Sehubungan dengan kelayakan harga ini, kamu bisa dapatkan layanan Email Hosting Murah di Jagoan Hosting. 

Cek Konten Lainnya:
Hai, Sob! Cek Penawaran Hosting Murah Terbaik di Sini!

10. Membaca Penilaian Dari Testimoni User yang Pernah Memakai Jasa

Namanya juga iklan promosi, layanan hosting yang developer informasikan pasti yang baik-baiknya saja. Supaya kamu dapat memperoleh informasi yang lebih objektif, tidak ada salahnya kamu masuk ke halaman testimoni dalam website developer

testimoni email hosting

Kalau bisa baca secara lengkap mulai dari yang memberikan pujian sampai yang kritikan. Makin lengkap referensi penilaiannya, makin matang buat kamu membuat keputusan. Seperti di layanan Email Hosting dari Jagoan Hosting sudah dirasakan performanya lebih dari 70,000++ pengguna.

11. Periksa Seberapa Banyak Budget yang Dapat Kamu Alokasikan

Sebagai pebisnis yang baik tentu kamu pasti ingin mengusahakan segala sesuatunya berkualitas termasuk dalam email hosting. Masalahnya apa yang kamu impikan belum tentu dapat terlaksana, salah satunya karena faktor budget.

Itulah mengapa dalam melakukan cara memilih layanan email hosting yang benar adalah tetap realistis. Kalau memang budget-mu belum cukup maka jangan memaksakan diri. Percuma saja kamu di awal sudah memiliki email hosting yang bagus tapi bisnismu secara keseluruhan gembos di tengah jalan karena kehabisan modal. 

Sekali lagi yang terpenting dalam cara memilih layanan email hosting adalah tahu dulu kebutuhanmu sampai sejauh apa. Kalau yang itu sudah paham maka lebih mudah melangkah ke poin-poin berikutnya. 

FAQ

Apa saja tips memilih layanan email hosting?

  • Memahami Seperti Apa Email Hosting yang Kamu Butuhkan
  • Perhatikan Layanan Administrasi dan Operasinya
  • Carilah Informasi Seberapa Besar Ukuran File yang Dapat Kamu Kirim
  • Perhatikan Aspek Keandalan 
  • Lihat Kemampuan Developer Dalam Menjamin Keamanan dan Privasi
  • Pertimbangkan Masalah Fleksibilitasnya Saat Bisnismu Mulai Bertumbuh
  • Lihat Pada Adanya Dukungan Dari Customer Service Setiap Saat 
  • Cermati Soal Ada Tidaknya Fitur Backup Data. 
  • Teliti Lagi Masalah Harga
  • Membaca Penilaian Dari Testimoni User yang Pernah Memakai Jasa
  • Periksa Seberapa Banyak Budget yang Dapat Kamu Alokasikan
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Menentukan Web Hosting
Read More
Tips Menentukan Web Hosting yang Tepat untuk Kebutuhan Website
Bingung menentukan akan menggunakan web hosting seperti apa untuk website kamu? Terlalu banyak provider hosting membuat kamu pusing…
migrasi hosting
Read More
Ini Cara Migrasi atau Pindah Hosting (Mudah dan Cepat)
Mencari penyedia web hosting yang andal adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis online. Namun, tidak mudah memilih penyedia…