Apa itu Email Hosting? Ini Manfaat dan Kelebihannya

email hosting adalah

Email hosting adalah salah satu layanan yang makin banyak dibutuhkan seiring perkembangan pemasaran digital. Kamu juga pasti pernah menemui alamat email yang unik, bukan, Sob? Contohnya [email protected]

Masalahnya, masih banyak pengguna email yang memahami istilah hosting. Padahal manfaat pemakaian email tersebut cukup besar, lho!

Nah, untuk menggunakan alamat email khusus dengan nama domain sendiri seperti pada contoh, maka kamu perlu menggunakan email hosting. 

Apa itu Email Hosting?

Melansir dari Techopedia, email hosting adalah suatu layanan hosting web atau internet yang mana menyewakan dan mengoperasikan server email.

Layanan email hosting berbeda dari situs webmail gratis yang biasa kita gunakan, seperti Google atau Yahoo. Nah, tidak ada salahnya memang menggunakan layanan email gratis tersebut jika hanya untuk keperluan pribadi. 

Akan tetapi, saat kamu berkomunikasi sebagai pelaku bisnis, maka penggunaan layanan email gratis terbilang tidak sesuai.

Coba bandingkan, alamat email seperti [email protected] dengan [email protected]. Nah, terlihat jelas bukan mana yang lebih profesional?  

Dengan menggunakan layanan email hosting, maka kamu bisa mendapatkan alamat email dengan nama bisnis kamu sebagai domain. Sehingga memberikan kesan email lebih profesional.

Alasan lain banyak perusahaan yang memilih menggunakan layanan email hosting adalah adanya berbagai fitur premium yang tersedia. 

Banyak perusahaan yang memilih menggunakan email hosting profesional. Pasalnya, layanan tersebut memiliki banyak keunggulan dan pemakaiannya fleksibel. 

Terlebih lagi, layanan email hosting profesional termasuk management email dengan beragam solusi dan fitur inovatif. 

Manfaat Email Hosting

manfaat email hosting

Email hosting memberikan banyak manfaat untuk mendukung kesuksesan bisnis kamu, antara lain:

1. Meningkatkan Kredibilitas

email hosting untuk korporat

Salah satu hal paling penting dari manfaat email hosting adalah meningkatkan kredibilitas. Pasalnya, kredibilitas merupakan faktor krusial dalam bisnis. 

Cek Konten Lainnya:
5 Rekomendasi Control Panel untuk Web Hosting Terbaik

Penggunaan nama domain khusus sesuai brand atau nama bisnis kamu akan membuat email terkesan profesional. Hal tersebut juga berdampak pada peningkatan kredibilitas bisnis secara keseluruhan.

Pasalnya, tidak hanya kesan dari rekan atau klien dalam bisnis, namun para konsumen juga akan menganggap email dengan nama domain lebih terpercaya.

Terlebih lagi, sudah banyak kasus penipuan melalui email gratis. Sehingga sering kali pengguna menyangka email yang tidak dikenal sebagai spam. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerugian saat menyangkut bisnis.

Segera tingkatkan kredibilitas bisnismu dengan Email Hosting Murah dari Jagoan Hosting!

2. Membangun Branding

email hosting untuk profesional

Manfaat berikutnya dari email hosting adalah membantu bisnis kamu membangun branding.

Pada dasarnya, branding merupakan upaya untuk memperkenalkan brand atau nama bisnis. Maka, penggunaan nama bisnis pada email akan sangat menguntungkan untuk meningkatkan brand awareness. 

Pasalnya, dengan email profesional maka siapa saja bisa langsung tahu perusahaan pemilik email tersebut. Artinya, pelanggan dapat dengan mudah terhubung ke produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan. 

Keperluan profesional dalam bisnis akan meningkatkan kredibilitas dan sangat membantu branding bisnismu. Salah satu caranya adalah menggunakan email dengan nama domain sendiri yang bisa kamu dapatkan di Email Hosting Indonesia dari Jagoan Hosting.

3. Skalabilitas Tinggi

Bagi setiap bisnis, skalabilitas merupakan fitur penting. Faktor inilah yang menjadikan email hosting sebagai pilihan ideal bagi bisnis yang berkembang.

Pasalnya, email hosting menyediakan berbagai opsi peningkatan untuk mendukung kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari peningkatan kapasitas penyimpanan, tool kolaborasi, hingga customer support terdedikasi.

Maka email hosting berbayar mampu mendukung pertumbuhan bisnis kamu. Sebagai tambahan, kamu sebaiknya memilih provider yang memungkinkan proses transfer yang lebih mudah jika hendak memperluas bisnis.

4. Komunikasi yang Lancar

Penggunaan layanan email hosting berarti bahwa kamu menggunakan host yang berbeda untuk website dan email. 

Independensi ini memungkinkan komunikasi dapat berlangsung lancar. Misalnya, sebagai antisipasi saat terjadi masalah jaringan. Maka, penggunaan host yang berbeda menurunkan risiko website dan email terdampak secara bersamaan.

Cek Konten Lainnya:
15+ Strategi Marketing B2B untuk Maksimalkan Bisnis

Dengan begitu, kamu masih bisa berkomunikasi dengan klien melalui email meskipun terjadi gangguan pada website.

5. Efisiensi Anggaran 

Seiring tumbuh pesatnya bisnis, kamu dapat mulai mempertimbangkan mengadakan hosting email sendiri. Namun, hal tersebut memerlukan anggaran yang tidak sedikit. 

Pasalnya, kamu perlu membeli server dan merekrut ahli IT untuk mengelolanya. Belum lagi, adanya biaya maintenance.

Setelah memperhitungkannya, maka menggunakan layanan email hosting merupakan solusi yang lebih menguntungkan. Meskipun begitu, ada baiknya jika kamu tidak asal tergiur dengan tawaran email hosting murah.

Kelebihan Email Hosting

kelebihan email hosting

Selain memberikan berbagai manfaat untuk mendukung bisnis, email hosting juga memiliki banyak kelebihan daripada email yang gratis.

Berikut beberapa kelebihan dari email hosting:

1. Keamanan yang Baik

Mengingat maraknya kasus penyerangan dan pencurian data melalui internet, faktor keamanan wajib menjadi prioritas bagi perusahaan. 

Email hosting memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik daripada layanan email gratis. Pasalnya, email hosting terenkripsi menggunakan keamanan standar industri. 

Dalam standar tersebut, data yang terkirim maupun diterima pada server akan tetap terenkripsi. Dengan demikian, maka pihak luar tidak bisa mengakses ataupun mempengaruhi data tersebut. 

Untuk menjamin keamanan data, kamu perlu memastikan untuk memilih provider email hosting terbaik.

2. Bebas Spam dan Virus

Kelebihan selanjutnya dari email hosting yaitu kemampuannya yang sangat baik dalam memblokir email berbahaya sebelum masuk ke jaringan.

Melansir halaman Hosting, keunggulan tersebut berkat adanya pemindai anti virus yang terintegrasi dengan SMTP gateway. 

Selain itu, terdapat fitur filter yang memungkinkan penyimpanan email spam pada folder khusus untuk karantina secara otomatis. Fitur ini dapat membantu progres kerja berlangsung lebih efisien.

3. Pengaturan Akun yang Fleksibel

Beda dengan email gratis, penggunaan email hosting memungkinkan kamu melakukan pengaturan akun yang lebih fleksibel.

Kelebihan yang satu ini akan membantu pengelolaan karyawan berlangsung lebih efektif. Sebagai contoh, yaitu memudahkan pembuatan akun email untuk para karyawan.

Cek Konten Lainnya:
Produktivitas Bisnis Melejit Ala Rework

Selain itu, email hosting memiliki fitur broadcast email yang memungkinkan pengiriman email ke semua akun karyawan sekaligus.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar

email hosting untuk bisnis

Email hosting menyediakan ruang penyimpanan yang sangat besar. Ruang penyimpanan yang bisa kamu gunakan dari layanan email gratis memadai untuk keperluan bisnis.

Pasalnya, dalam kegiatan bisnis, terdapat email keluar masuk dalam jumlah besar, sehingga penyimpanan terbatas tidak mencukupi. 

Nah, hal tersebut bukan masalah untuk email hosting. Jagoan Hosting menyediakan opsi peningkatan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan yang bisa kamu dapatkan di Email Hosting Murah.

5. Uptime yang Lebih Baik

Keunggulan yang menguntungkan lainnya dari penggunaan email hosting yaitu jaminan uptime. Hal ini dapat menjadi faktor pembeda yang krusial antara email hosting dan email standar.

Apalagi, uptime dapat menjadi hal yang sangat vital untuk pengembangan bisnis yang berkaitan dengan layanan pelanggan dan komunikasi tim. 

Sebagai contoh, saat terdapat pengajuan keluhan dari pelanggan. Maka, email hosting memungkinkan kamu untuk dapat merespon secepat mungkin. 

Sedangkan email standar yang lebih sering mengalami downtime memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keterlambatan dalam penerimaan informasi penting. 

Dengan penggunaan email hosting, maka kamu dapat memastikan bahwa produktivitas perusahaan berada pada performa terbaiknya.

Dapatkan Email Hosting di Jagoan Hosting

email bisnis

Setelah kamu tahu manfaat dan kelebihan email untuk bisnis yang sangat penting, saatnya kamu juga menggunakan email yang profesional dan kredibel.

Kamu bisa dapatkan email dengan nama domain sendiri di Email Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting.

Penutup

Jadi, itulah pengertian email hosting serta manfaat dan kelebihannya. Sekarang tentunya kamu sudah paham mengapa email hosting adalah faktor yang memiliki peran penting untuk perkembangan bisnis kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tips manajemen project
Read More
Sob, Terapkan Tips Manajemen Project Ini Kalau Kamu Mau Sukses
Tips manajemen project – Pernah nggak kamu mikir Sob, proyek pemasangan jaringan internet yang melibatkan orang banyak, kok…
peluang blockchain di indonesia
Read More
Kenali Peluang Blockchain di Indonesia, Apakah Menguntungkan?
Blockchain di Indonesia – Blockchain adalah salah satu bentuk teknologi yang krusial dalam mendukung sebuah efisiensi dan transparansi.…