Tertarik mengetahui cara membuat blog di WordPress gratis bagi pemula? Hal tersebut merupakan ide bagus mengingat WordPress adalah platform website terpopuler saat ini. Ya, WordPress menawarkan sejumlah kemudahan dan kelengkapan fitur untuk kamu yang ingin memiliki sebuah website sendiri.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami ulas secara lengkap rangkaian cara membuat blog di WordPress bagi pemula beserta kelebihan-kelebihan WordPress yang patut Sobat Jagoan ketahui. Check this out!

Apa itu WordPress?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat blog di WordPress bagi pemula, mungkin Sobat Jagoan masih belum mengetahui sebetulnya apa itu WordPress. Secara umum, WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) atau yang biasa kita kenal sebagai platform pengolahan website maupun blog.

WordPress adalah salah satu sistem operasional terpopuler di dunia lantaran memiliki kemampuan memodifikasi yang dilengkapi dengan beragam fitur sesuai kebutuhan. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Oleh karena itu, jangan heran jika ternyata ada lebih dari 30% website di seluruh dunia dirancang melalui WordPress.

WordPress pada awalnya diciptakan oleh Matt Mullenweg bersama Mike Little di tahun 2003. Saat itu, keduanya sedang membutuhkan suatu media website dengan desain elok serta format dan struktur yang cukup baik untuk membagikan sesuatu secara online. Namun, kini WordPress berada dalam lisensi General Public License (GPLv2).

Mengapa Harus WordPress?

Tahukah kamu, WordPress adalah platform pengolahan website kepercayaan perusahaan-perusahaan besar, mulai dari Mercedes Benz, The Walt Disney, SONY Music, hingga The New York Times Company. Namun, hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan, mengapa harus menggunakan WordPress? Apa yang membuatnya populer?

Bila melihat secara keseluruhan, WordPress memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya:

  • Memiliki desain tampilan yang sangat mudah dipahami dan dapat disesuaikan.
  • Menyediakan ratusan tema desain gratis dan berbayar sesuai keinginan maupun kebutuhan.
  • Memiliki tingkat keamanan yang sudah terjamin.
  • Tergolong Mobile Sites yang responsif
  • Memiliki performa tinggi yang tak perlu diragukan.
  • Menawarkan CMS (Content Management System) yang komplit dan SEO Friendly.
  • Dapat dikelola dengan mudah kapanpun dan dimanapun.
  • User friendly, yakni akses penggunaan maupun pengelolaannya sangat mudah dan praktis.
  • Menyediakan manajemen media yang kuat, sehingga kamu bisa mengelola gambar dan foto apapun ke dalamnya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Ketika ingin mengetahui cara membuat blog di WordPress gratis dan mudah, penting bagi Anda memahami terlebih dahulu perbedaan antara WordPress.com dengan WordPress.org. Berikut penjelasannya.

WordPress.com

WordPress.com adalah platform WordPress yang dikhususkan untuk membuat blog secara gratis. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot membeli domain dan hosting, sebab keduanya telah disediakan tanpa biaya.

Akan tetapi, WordPress.com memiliki fasilitas terbatas, dimana Sobat Jagoan tidak dapat mengubah kustom domain wordpress.com di bagian belakang. Contohnya seperti www.(nama kamu).wordpress.com.

WordPress.org

Sementara, WordPress.org adalah platform yang menyediakan fasilitas lebih lengkap. Di sini, Sobat Jagoan bisa bebas melakukan kustom terhadap domain website kamu tanpa adanya akhiran wordpress.com, misalkan www.(nama kamu).com. Namun, tentu saja kamu harus membeli domain dan hosting terlebih dahulu.

Cara Membuat Blog di WordPress bagi Pemula

Lalu, bagaimana cara membuat blog di wordpress gratis bagi pemula? Setelah membahas secara lengkap pengertian, kelebihan, hingga jenis-jenisnya di atas, berikut ini terdapat sejumlah cara membuat blog di wordpress gratis dan mudah yang bisa Sobat Jagoan ikuti. Yuk, simak sampai habis!

1. Lakukan Pendaftaran Akun WordPress

Cara membuat blog di WordPress yang pertama ialah melakukan pendaftaran akun. Kamu bisa membuat WordPress di browser melalui id.wordpress.com, lalu klik kolom ‘Buat situs web Anda’. Setelah itu, kamu akan diminta melengkapi sejumlah data, seperti email, nama pengguna, dan password.

2. Buat Nama Domain

Setelahnya, kamu diminta membuat alamat blog (domain). Dalam tahap ini, tentukan sebuah nama domain yang sesuai dengan tujuan atau isi blog kamu nantinya. Jika kamu menggunakan cara membuat blog di wordpress gratis, maka klik saja ‘Start with a free site’. Nantinya, domain kamu akan memiliki akhiran wordpress.com.

Namun, jika kamu memakai cara membuat blog di wordpress menarik secara berbayar, Sobat Jagoan akan diminta memilih paket akun WordPress bulanan ataupun tahunan.

3. Buat Blog

Selanjutnya ialah inti dari cara membuat blog di wordpress bagi pemula, yakni merancangnya. Pada tahap ini, Sobat Jagoan dapat memulai dari pengaturan dasar, misalkan dengan mengisi kolom judul, memasukkan icon, hingga menuliskan tagline khusus. Berikut rinciannya.

  • Melengkapi pengaturan blog

Klik ‘Name your site’ yang tertera pada dashboard guna mengatur nama blog. Kemudian, tuliskan judul website, masukkan icon, dan buatlah tagline khusus website. Kamu juga dapat bebas mengatur bahasa maupun zona waktu di dalamnya.

  • Menata tampilan blog

WordPress juga menyediakan sejumlah template blog yang dapat kamu pakai secara gratis. Untuk mengaturnya, klik pilihan ‘Appearance’, nanti akan muncul beberapa tema pilihan. Bila ingin menggantinya, tinggal klik ‘Customize, lalu ubah sesuai keinginan.

  • Membuat custom menu

Sobat Jagoan juga dapat melakukan custom menu. Caranya, pilih ‘Quick links’, lalu ‘Edit menus’. Jika ingin menambahkan menu baru, pilih saja ‘Create new menu’. Kemudian, arahkan saja menu tersebut ke lokasi yang diinginkan.

  • Tambah widget

Sementara, untuk menambahkan widget, kamu bisa klik ‘Widgets’ pada kolom ‘Appearance’, lalu pilih ‘Add a Widget’ guna menentukan elemen yang diperlukan.

Baca juga: 8 Cara Buat Artikel yang Baik agar Menarik di Mata Pembaca

4. Buat Postingan

Cara membuat blog di wordpress berikutnya yang tak kalah penting adalah postingan. Untuk hal ini, kamu bisa klik kolom ‘Posts’, lalu ‘Add New’. Setelah itu, kamu akan berada di halaman mengedit guna menuliskan suatu konten. Berikut rinciannya.

  • Body copy box

Body copy box merupakan kolom untuk menuliskan postingan, memasukkan foto, video, ataupun informasi lain sesuai keinginan dan kebutuhan.

  • Featured image

Featured image berguna untuk menyematkan foto thumbnail pada blog.

  • Format box

Format box berguna untuk mengatur konten ke dalam bentuk video, audio,quote, link, gallery, atau standard.

  • Tags box

Tag box berguna untuk memberikan tagline pada blog.

  • Categories box

Category box berguna untuk mengatur kategori konten agar dapat memudahkan pengunjung mencari topik tertentu dari seluruh postingan yang ada.

  • Publish box

Publish box merupakan kolom yang meliputi pilihan-pilihan guna mengatur status konten. Misalkan, status ‘Draft’ artinya konten tersebut belum dibagikan ke blog, sementara ‘Published’ menandakan konten kamu telah berhasil ditampilkan dalam situs.

Dalam kolom ini, kamu juga akan menemukan sejumlah tombol, seperti:

  • Save as draft, untuk menyimpan konten sebelum dibagikan.
  • Revision, guna mengetahui perubahan-perubahan konten yang pernah dilakukan.
  • Preview, untuk memeriksa atau melihat kembali konten sebelum dipublikasikan.
  • Scheduling, guna melakukan penjadwalan terhadap konten.
  • Visibility, guna mengatur cara konten ditampilkan, entah itu dapat dilihat oleh semua pengunjung, perlu menggunakan password, atau bahkan hanya bisa diketahui diri sendiri.

5. Membuat dan Mengatur Halaman

Salah satu cara membuat blog di wordpress menarik ialah dengan mengatur halaman (page) sebaik mungkin. Caranya, klik bagian ‘Pages’ di dashboard, lalu pilih simbol titik tiga di sebelahnya untuk mengedit. Bila ingin menambahkan halaman baru, pilih opsi ‘Add new page’. Mudah sekali, bukan?

6. Publikasikan Blog

Cara membuat blog di wordpress yang terakhir ialah mempublikasikannya. Jika blog sudah siap, kamu bisa langsung memilih opsi ‘Visit site’ di bagian kanan atas, lalu klik ‘Launch site’. Setelah itu, blog pun berhasil di-upload.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat blog di wordpress bagi pemula yang patut kamu ketahui. Bila ingin memiliki sebuah situs, kamu bisa memilih antara WordPress.com atau WordPress.org sesuai keinginan dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like