Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
membuat blog di wordpress

Cara Membuat Blog di WordPress

Apakah kamu tertarik untuk membuat blog di WordPress sendiri? Apakah kamu berencana untuk membuat bisnis online yang menguntungkan?

Itu semua adalah ide yang bagus. Tapi, apakah kamu tahu cara mengatur website? Jika belum, kalian datang ke tempat yang tepat.

Pada kesempatan kali ini, Sobat Jagoan akan dibawa selangkah demi selangkah melalui proses cara membuat blog di WordPress.

Membuat Blog di WordPress: Kenapa Harus WordPress?

Ada banyak platform website yang bisa kamu gunakan untuk membangun website baru, biasanya disebut dengan Content Management System (CMS).

Kegunaan CMS adalah untuk memberi kalian tools yang memudahkan kamu dalam mengedit konten website tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang coding sekalipun.

Jika dilihat dari sudut pandang pengguna, CMS sangat mirip dengan interface pada Facebook atau Google Documents.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak CMS di luar sana yang menawarkan keunggulan masing-masing.

Untungnya, memilih CMS yang terbaik itu mudah dan yakinlah banyak orang yang akan setuju jika gelar CMS terbaik diberikan pada WordPress.

Tahukah kamu jika 32% dari website yang ada di Internet dibangun dengan WordPress?

Berikut adalah detail utama dari sebuah WordPress:

  • Open source;
  • Gratis;
  • Merupakan solusi DIY terbaik untuk membangun website;
  • Cepat, optimal, dan aman;
  • Sangat fleksibel, dapat menjalankan semua jenis website; dan
  • Sudah SEO-ready sehingga membuat promosi lebih mudah.

Pilih Nama Website dan Beli Domain Beserta Hosting-nya

Memilih nama website merupakan proses paling menyenangkan dari keseluruhan proses karena kamu punya kebebasan penuh di sini. Meskipun begitu, masih ada beberapa hal yang perlu kamu pahami.

Pertama, ada setidaknya 2 milyar website yang aktif di Internet. Pastikan kamu memilih nama website yang relevan dengan konten yang akan kamu bagikan atau frasa yang dikaitkan dengan niche yang ingin kamu bahas di website.

Singkatnya, nama website yang bagus harus:

  • Brandable atau terdengar unik;
  • Mudah diingat;
  • Singkat;
  • Mudah dieja; dan
  • Mengandung kata kunci yang berhubungan dengan niche yang kalian bahas di website.

Langkah selanjutnya setelah kamu tahu nama website yang kamu inginkan adalah mendaftarkannya sekaligus membeli paket hosting.

Hal-hal yang berbau ‘membeli’ mungkin terdengar menakutkan pada awalnya, namun, percayalah, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan.

Prosesnya sangat sederhana dan cepat. Kamu bahkan tidak perlu melakukan pekerjaan berat teknis lainnya.

Ada puluhan atau bahkan ratusan perusahaan yang menawarkan jasa untuk mendaftarkan nama domain baru untuk website kamu.

Ada juga perusahaan yang menjual paket hosting, misalnya JagoanHosting. Cari tahu kenapa kalian harus mempercayakan urusan hosting pada JagoanHosting.

Install dan Setup Tema WordPress-mu

Salah satu keunggulan WordPress adalah ia menyediakan desain yang bisa kamu ubah sesuka hati, biasa disebut dengan tema.

Artinya, kamu bisa mengubah tampilan website kamu hanya dengan satu klik.

Mau tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini.

Pilih Tema yang Kamu Suka

Ada banyak sekali tema yang disediakan oleh WordPress seperti yang bisa kamu lihat di direktori resmi WordPress.

Ada juga tema berbayar di situs-situs pihak ketiga yang bisa dengan mudah kamu akses. Meskipun ada berjuta tema berbayar di luar sana, untuk sebagian besar pengguna, tema gratis adalah pilihan yang tepat untuk memulai.

Install Tema

Jika tema yang kamu pilih tersedia di direktori resmi WordPress, maka satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah menginstalnya.

Caranya: Buka Appearance → Themes dari dashboard WordPress kamu lalu klik "Add New".

Sesuaikan Tema

Jika kamu belum puas dengan tema yang ada, kamu bisa melakukan beberapa penyesuaian supaya tema terlihat lebih menarik. Caranya: Buka Appearance → Customize. Setelah itu, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Buka "Homepage Settings";
  • Pilih opsi, “A Static Page” di bawah tampilan Homepage Settings;
  • Klik "Add New" untuk membuat halaman baru; dan
  • Masukkan nama untuk halaman, kemudian klik "Add".

Sebagai permulaan, kamu bisa mengganti headline pada halaman.

Untuk melakukannya, klik ikon pensil yang ada di sebelah headline.

Selanjutnya, panel customization akan muncul di sebelah kiri.

Pada panel tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Ubah gambar latar belakang;
  • Ganti headline;
  • Ubah teks di bawah headline; dan
  • Ubah teks tombol.

Ada banyak fitur kustomisasi lain yang bisa kamu eksplor sendiri di WordPress yang memungkinkan kamu untuk memilih tata letak default layout website kamu.

Install Plugin Tambahan untuk Mengembangkan Kemampuan Website

Untuk Sobat Jagoan yang masih baru dengan proses membuat blog di WordPress, kamu pasti bertanya-tanya apa sih guna plugin pada WordPress?

Singkatnya, plugin berfungsi untuk memperluas fungsionalitas standar website kamu dengan menambahkan beberapa fitur tambahan.

Berikut adalah plugin yang perlu kamu pertimbangkan untuk mendapatkan fitur yang optimal, dan tentunya gratis:

  • Yoast SEO: Membantu kamu dalam menganalisa skor Search Engine Optimization (SEO) dan membuat website kamu lebih mudah diakses oleh search engines;
  • Google Analytics for WordPress: Mengintegrasikan situs web Anda dengan solusi analisis lalu lintas paling populer di web;
  • Wordfence Security: Meningkatkan keamanan situs WordPress kamu;
  • UpdraftPlus: Melakukan backup otomatis website kamu;
  • Optimole: Mengoptimalkan gambar kamu;
  • WPForms: Memungkinkan kamu menambahkan formulir kontak interaktif yang dapat digunakan pengunjung untuk mengontak kamu secara langsung.

Untuk menginstal plugin, kamu hanya perlu pergi ke dashboard WordPress lalu klik PluginsAdd New. Masukkan nama plugin yang kamu inginkan ke dalam kolom pencarian dan kemudian klik “Install” dan “Activate”.

Buat Halaman Web Pertamamu

membuat blog di wordpress

Sobat Jagoan yang masih awam tentang dunia web pasti sering bertanya-tanya. Gimana sih caranya buat halaman web?

Caranya mudah. Kamu cukup buka dashboard WordPress lalu klik Pages Add New.

Atribut Page di WordPress

  1. Tempat untuk judul halaman;

  2. Body untuk konten utama halaman. Interface-nya sangat mirip dengan Ms. Word. Kamu bisa menggunakan semua fitur pemformatan teks dasar seperti cetak tebal, miring, menyelaraskan teks, membuat daftar, dan sebagainya;

  3. Icon untuk menambahkan gambar;

  4. Icon untuk beralih antara editor teks dan visual. Kamu dapat menggunakan opsi yang pertama jika kamu sudah akrab akrab dengan kode HTML;

  5. Tombol untuk publikasi konten;

  6. Panel diskusi, putuskan apakah kamu ingin mengizinkan komentar atau tidak;

  7. Sebagian besar tema WordPress menggunakan featured image itu dan menampilkannya di tempat yang menonjol di samping page kamu.

Setelah kamu mengedit konten halaman, klik “Publish”. Ada beberapa page yang perlu kamu pertimbangkan dalam pembuatan website. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

  1. About: Tempat untuk menulis informasi tentang website kamu. Page yang satu ini pada dasarnya harus dimiliki oleh semua website.

  2. Contact: Tempat untuk menampilkan beberapa info kontak di mana pengunjung dapat menghubungi kamu secara langsung.

  3. Privacy Policy: Page ini telah menjadi elemen yang sangat penting bagi website karena berhubungan dengan kebijakan-kebijakan pengelolaan website.

  4. Portfolio: Tempat untuk memamerkan karya yang pernah kamu buat.

  5. Store: Elemen penting jika kamu ingin menjual sesuatu di website kamu.

Cobalah untuk Memulai Menulis Blog

Sebuah blog adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan tidak hanya website kamu, tetapi juga produk apa pun yang mungkin ingin kamu jual melalui website.

Sebenarnya, mengelola blog adalah konsep yang mudah. Kamu hanya perlu mempublikasikan artikel yang berhubungan dengan niche website kamu.

Dari sudut pandang teknis, WordPress memiliki alat blogging yang merupakan tool bawaan. Bahkan WordPress awalnya dikenalkan sebagai platform blogging.

Untuk membuat blog baru, yang perlu kamu lakukan adalah membuka PostsAdd New. Proses pembuatan blog sendiri hampir sama dengan membuat page baru.

Panel editor dan sebagian besar opsi hampir sama. Salah satu perbedaannya adalah kamu bisa menetapkan postingan kamu ke category dan tag.

Tentu saja, bagian yang paling sulit dalam memulai blog adalah menulis konten secara teratur dan membuatnya menarik bagi pengunjung.

Tambahkan Navigasi di Website Kamu

Penyesuaian navigasi website dengan cara mengemasnya menjadi lebih sederhana akan memudahkan pengunjung untuk mengeksplor website kamu.

Ada dua elemen yang perlu kamu fokuskan untuk memaksimalkan navigasi di website kamu.

  1. Menu: Sarana utama di mana pengunjung akan menavigasi website kamu supaya bisa mengeksplor lebih jauh layanan atau konten yang kamu tawarkan di website. Menu yang bagus adalah menu yang di dalamnya mengandung beberapa page penting seperti About, Contact, dan sebagainya.

  2. Widget: Merupakan fitur lama di WordPress. Secara sederhana, widget adalah blok kecil berisikan konten yang dapat ditampilkan di berbagai tempat di area website. Penempatan paling tepat untuk widget adalah pada sidebar atau footer website. Caranya: Buka AppearanceWidgets pada dashboard WordPress kamu.

Closing Thoughts

Hal yang paling menakjubkan dari proses membuat blog di WordPress di atas adalah kamu bisa melakukan semuanya sendiri, tanpa perlu campur tangan orang lain.

Untuk itu, sah-sah saja rasanya jika kita mengklaim bahwa menggunakan WordPress sebagai platform website adalah solusi paling ramah kantong.

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +