5 Cara Membuat Website Gratis, Paling Mudah

cara buat website gratis

Saat ini internet sudah menjadi hal pokok untuk kehidupan sehari-hari, terutama dunia bisnis. Mungkin kalian terpikir bagaimana cara membuat website gratis dan mudah? Pastinya kalian juga tidak ingin repot dalam membuat website, bukan?

Benar, membuat sebuah website harus memerlukan pertimbangan yang benar-benar matang. Tanpa pertimbangan matang, maka website kamu tidak akan memiliki arah dan konsep. Kamu mungkin repot dengan menerapkan berbagai perubahan nantinya.

Selain itu, tidak perlu khawatir. Kami akan menjelaskan panduan cara pembuatan website secara gratis dan juga mudah. Kamu tidak perlu khawatir soal hal-hal teknis seperti coding. Dengan begitu, kamu sudah memiliki sebuah website gratis.

5 Platform untuk Membuat Website Gratis Terbaik

Salah satu langkah awal adalah menentukan aplikasi untuk buat website gratis. Lebih tepatnya, lima aplikasi yang menjadi pembahasan berikut adalah situs atau website pembuat web gratis.

Aplikasi pembuat website gratis berikut bisa kamu pakai karena memiliki fitur dan instruksi sederhana. Tidak perlu pusing soal coding, JavaScript, dan hal-hal teknis lainnya.

Berikut adalah lima aplikasi untuk bikin sebuah website gratis.

1. WordPress

website gratis wordpress

Kamu pasti sudah tidak asing dengan WordPress. WordPress merupakan aplikasi pembuat website terpopuler di dunia. Tercatat bahwa 43,3 persen dari semua situs di internet menggunakan aplikasi populer ini.

Kabar baiknya, WordPress merupakan aplikasi pembuatan website open source dan gratis. Aplikasi ini juga sangat fleksibel karena memiliki berbagai fitur menarik. Salah satunya melakukan kustomisasi template dan menambah plugin sendiri.

Tidak heran, banyak pengguna baik pemula dan profesional yang mengandalkan WordPress sebagai platform pembuatan website terbaik. Ini dapat menjadi andalan untuk melakukan cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula.

2. Google Sites

Seperti yang terlihat pada namanya, Google Sites merupakan aplikasi pembuat website gratis milik Google. Untuk menggunakannya juga cukup mudah berkat interface-nya yang sederhana dan ramah pemula.

Tidak perlu cemas bagi yang masih bingung dengan coding. Aplikasi ini sangat ramah bagi pemula yang ingin memiliki website sendiri. Kamu tidak usah risau dengan hal-hal teknis seperti HTML, JavaScript, dan CSS.

Cukup banyak yang mengatakan bahwa Google Sites menjadi aplikasi ideal untuk pemula. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat website gratis yang terlihat sangat profesional dalam beberapa menit.

3. Blogger

website gratis blogger

Bagi yang sering menerapkan cara membuat website gratis sendiri pasti sudah asing dengan Blogger. Aplikasi ini mungkin terkenal sebagai pembuat blog. Pada saat yang sama, kamu dapat mengandalkan untuk membuat website.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Mobile Friendly? Cara Buat & Pentingnya Bagi Website

Sama seperti Google Sites yang juga dimiliki Google, interface aplikasi ini sederhana dan ramah pemula. Ini memudahkan kamu yang tidak memiliki pengalaman coding untuk membuat sebuah website.

Selain itu, kamu dapat mengakses Blogger lewat smartphone. Tampilan versi mobile-nya bahkan lebih sederhana dan nyaman dilihat. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna yang ingin membuat website walau tidak sedang menggunakan PC.

4. Weebly

website gratis weebly

Tidak jauh berbeda dari tiga aplikasi sebelumnya, Weebly menjadi satu lagi aplikasi pembuatan website yang banyak dipakai pengguna. Fitur Weebly cukup lengkap untuk membuat website sendiri, termasuk adanya Content Management System

Tidak perlu berurusan dengan coding, cara menggunakan Weebly untuk membuat website gratis hanya drag and drop. Ini memudahkan kamu dalam menerapkan cara membuat website gratis.

Menariknya, Weebly juga memiliki lebih dari 200 aplikasi dan plugin berkualitas tinggi dan membuat pengembangan website lebih mudah. Selain terdapat berbagai template unik dan menarik, aplikasi ini memiliki fitur autosave lho.

5. Wix

wix website gratis

Tidak kalah populer dan menarik dari keempat aplikasi sebelumnya, Wix merupakan salah satu penyedia pembuat website yang ramah bagi pemula. Penggunaan Wix cukup mudah bagi siapapun yang baru belajar membuat website.

Wix memiliki ratusan template unik dan sangat beragam. Banyak di antaranya memiliki desain yang bagus. Banyak di antaranya tersedia secara gratis. Ini menjadi keuntungan jika kamu ingin membuat website yang terlihat profesional.

Wix juga menawarkan berbagai aplikasi, plugin, dan widget yang bisa kamu tambahkan untuk membuat website lebih menarik. Tentunya, kamu bisa menerapkan cara membuat website gratis di internet dengan Wix.

Kelemahan Website Gratis

Walau terdapat kemudahan, aplikasi pembuatan website gratis tidak lepas dari berbagai kekurangan. Jika dibandingkan dengan beberapa penyedia pembuat website berbayar, kelemahan dari layanan gratis mungkin tidak dapat terhindarkan.

Berikut adalah kelemahan yang sering terdapat pada website gratis.

1. Terdapat Kemungkinan Server Kurang Stabil

Sebenarnya ini menjadi kekurangan yang paling sering ditemui di website gratis dan berbayar, yaitu terjadinya down pada server. Apalagi peluang kejadian ini terjadi lebih besar jika memiliki website dari alat gratis.

Jika hal ini terjadi, pemilik website bisa saja mengalami kerugian, apalagi pemilik bisnis sekaligus. Server down akan memicu pengunjung tidak dapat mengakses website tersebut. Bisa saja, jumlah pengunjung menurun drastis karena itu.

Terlebih, aplikasi pembuatan website gratis biasanya hanya memiliki satu server untuk banyak website. Ini menjadi faktor pemicu performa server kurang stabil.

wordpress hosting

Performa server akan berpengaruh ke speed websitemu, jika dengan platform website gratis tidak akan ada jaminan performa server yang baik dan garansi load time yang cepat seperti di produk WordPress Hosting.

Cek Konten Lainnya:
6 Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kecepatan Website Untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung

Di WordPress Hosting Murah dari Jagoan Hosting memiliki keunggulan teroptimasi kecepatan servernya untuk CMS WordPress dan bergaransi load time 5 detik.

2. Tidak Bebas dalam Kustomisasi Domain

Umumnya, aplikasi pembuat website apapun menyediakan nama domain gratis. Kamu hanya tinggal memberi nama domain tersebut. Namun, ini hanya berlaku untuk nama third level domain, bukan domain utama.

Hal ini menyebabkan nama website menjadi panjang. Sering sekali situs gratis diakhiri oleh nama penyedia pembuatan website dan top level domain. Contoh paling umum adalah .wordpress.com dan .blogspot.com.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi solusi ini untuk menggunakan opsi berbayar, kamu bisa dapatkan berbagai ekstensi di produk Domain Murah dari Jagoan Hosting. Tentunya, mayoritas aplikasi untuk membuat website gratis juga menyediakan opsi seperti ini agar nama website dapat lebih singkat.

3. Kapasitas Terbatas

Penyedia pembuat website gratis umumnya memiliki kapasitas bandwidth dan disk space terbatas. Ini karena setiap data yang terunggah di situs buatan kamu akan tersimpan di server hosting.

Keterbatasan seperti ini menyebabkan kamu tidak dapat secara leluasa mengunggah data banyak, terutama multimedia seperti foto dan video. Jika melewati batas penyimpanan, kamu sudah tidak dapat lagi mengunggah.

Terlebih, jika traffic tinggi, situs kamu tidak akan berjalan begitu lancar karena terbatasnya bandwidth. Ini akan berdampak buruk bagi situs kamu karena berkurangnya impression.

4. Customer Service Minim

Terakhir, layanan customer service menjadi faktor penting dalam bisnis apapun. Aplikasi pembuatan website tentu bukanlah jadi pengecualian. Ironisnya, mayoritas dari aplikasi pembuatan website gratis tidak memiliki customer service khusus.

Hal ini menjadi sangat menyulitkan bagi yang memiliki kendala pada website-nya. Apalagi jika ada, customer service aplikasi pembuatan website gratis bisa saja memberi respon lambat.

Tidak hanya itu, kamu juga sering sekali harus membaca sendiri penyelesaian masalah tersebut. Ada juga forum yang menjelaskan sekaligus menjadi tempat keluh kesah. Itu saja belum cukup untuk mengatasi kendala pada website kamu.

Baca juga: Cara Membuat Website di WordPress dalam 9 Langkah

Cara Membuat Website Gratis

Setelah mengetahui aplikasi pembuatan website gratis, kini saatnya untuk mengetahui cara membuat website gratis. Tidak perlu cemas, pasalnya deretan cara ini sederhana dan mudah, apalagi bagi pemula.

Tidak perlu waktu terlalu lama untuk membuat website dengan cara berikut. Terlebih, kamu tidak memerlukan skill coding seperti HTML dan JavaScript. Oleh karena itu, inilah cara membuat website gratis dan cepat.

1. Tentukan Jenis dan Konsep Website

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat website harus memerlukan pertimbangan yang benar-benar matang. Salah satunya menentukan jenis website sekaligus konsepnya.

Misalnya, jika kamu ingin membuat toko online, kamu harus tahu cara membuat website gratis untuk jualan online. Kamu wajib fokus untuk membuat sekaligus merombak halaman katalog.

Cek Konten Lainnya:
Jadi Jagoan Developer, Penawaran Menarik untuk Para Freelance Developer Indonesia

Selain toko online, kamu juga bisa membuat sebuah blog pribadi, portal berita, situs resmi sebuah perusahaan atau organisasi, atau bahkan website untuk sekolah. Pikirkan matang-matang jenis website tersebut sekaligus sesuaikan konsepnya.

2. Pilih Platform Website yang Ingin Dipakai

Cara selanjutnya adalah memilih platform website atau aplikasi pembuat website. Kamu dapat memilih aplikasi gratis seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kamu juga dapat memilih aplikasi berbayar seperti GoDaddy atau SquareSpace.

Pilihlah paket sesuai anggaran dan keinginan jika ingin menggunakan opsi berbayar. Jika kamu tidak memiliki anggaran, tetaplah pada opsi gratis.

3. Atur Domain

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah mengatur domain. Kamu hanya harus memberi nama website kamu. Jika memilih opsi gratis, kamu hanya dapat mengubah nama third level domain.

Bagi kamu yang memilih opsi berbayar, nama top level domain seperti .blogspot.com dan .wordpress.com dapat terhapus. Selain itu, opsi berbayar memiliki fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO lebih banyak.

4. Kustomisasi Tema dan Gunakan Plugin

Tahap selanjutnya adalah melakukan kustomisasi tema sekaligus memasang plugin. Pertama, pilihlah tema atau template yang sesuai dengan konsep website. Kamu bisa memilih sesuai selera sekaligus menyesuaikannya dengan konsep.

Selanjutnya, rapikan dengan mengatur website kamu mengandalkan fitur yang ada. Setelah itu, pasanglah plugin terbaik sesuai kebutuhan untuk meningkatkan fitur dan fungsional dari skala teknis.

5. Optimasi Website

Terakhir, lakukanlah optimasi website. Ini menjadi faktor penting bagi website manapun agar total jumlah pengunjung banyak, terutama website gratis untuk jualan. Ini menjadi tahap penting dalam cara membuat website gratis.

Sebelum optimasi, website kamu sebenarnya sudah selesai secara teknis. Akan tetapi, ada baiknya kamu melakukan optimasi website terlebih dahulu. Tujuannya agar website kamu memiliki performa sesuai harapan.

Kamu harus pastikan loading time website kamu singkat dan cepat. Hal ini akan membuat pengunjung nyaman dalam membaca konten atau melihat-lihat katalog.

SEO atau Search Engine Optimization ikut menjadi faktor penting bagi website kamu. Hal itu akan memicu peluang konten kamu mudah ditemukan di sebuah search engine.

Kamu harus tentukan setiap kata kunci atau keyword utama pada sebuah konten. Lalu, sebar kata kunci itu dalam tulisan sesuai aturan SEO.

Ini akan menambah peluang website kamu berada di posisi teratas saat pencarian keyword di search engine. Semakin tinggi posisi website kamu di search engine, semakin besar pula pengunjung ingin mengunjungi website kamu. Itulah cara buat website gratis dan mudah. Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat website sendiri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ini Manfaat Object Storage yang Harus Diketahui oleh Semua Developer
Storage merupakan salah satu kunci dari sebuah sistem, storage merupakan tempat dimana data disimpan, seiring perkembangan jaman dan…
Cara Membuat Mockup Website
Read More
Apa itu Mockup? Fungsi, dan Contoh Aplikasi
Mockup adalah bentuk visualisasi yang merepresentasikan desain sebuah produk sebelum direalisasikan. Biasanya mockup digunakan saat melakukan presentasi atau…