8+ Saran Framework Golang Terbaik di 2024

framework golang

Membuat website atau aplikasi tertentu untuk sekarang jauh lebih mudah. Kamu tidak usah ribet belajar coding karena kini sudah tersedia bentuk yang siap pakai. Salah satunya adalah framework golang yang menyediakan kemudahan tersebut bagi para pebisnis digital yang awam soal website

Rekomendasi Framework Golang

Berikut merupakan 9 jenis rekomendasi framework golang terbaik versi bacancy technology yang patut kamu coba : 

Gin/Gin-Gonic

Gin termasuk dalam salah satu framework golang yang cukup tenar pada tahun 2024 ini. Ketenaran tersebut framework ini peroleh karena : 

  • Sangat ideal untuk menciptakan web maupun aplikasi dengan modular dan skalabilitas yang bagus. 
  • Mempermudah developer memakai sebanyak mungkin fitur-fitur dari python library yang diperlukan untuk dipindahkan menuju Golang.    
  • Mengizinkan pemakaian ulang dari code-code sebelumnya. 

Beego

Setelah Gin, pertimbangan framework golang berikutnya yang juga tidak kalah bagus adalah Beego. Performa yang bagus ini ditunjukkan dari kemampuannya dalam : 

  • Menjamin pengembangan REST APIs, web apps, dan  backend. I
  • Tidak terikat oleh instalasi pihak ketiga manapun 
  • Memiliki kerangka kerja MVC yang lengkap beserta dengan semua perpustakaannya.
  • Mempunyai tools bawaan yang akan membantu kamu menemukan perubahan yang telah dibuat pada kode.
  • Membuat sistem yang ideal untuk testing dan packing secara otomatis/ .
  • Memiliki modul bawaan seperti penanganan konteks dan dukungan ORM yang membentuk dasar yang kuat untuk sebuah aplikasi.
  • Mengintegrasikan ORM untuk mengatur database aplikasi, alat penanganan sesi, dan sistem logging
  • Melibatkan penanganan cache dan perpustakaan untuk mengoperasikan elemen-elemen HTTP. 

Bisa dibilang beego memiliki fitur yang cukup banyak tapi hal itu juga menjadi kekurangannya. Banyaknya fitur kemungkinan besar akan membuat orang yang baru pertama kali kenal dunia.  website  merasa kebingungan. 

Cek Konten Lainnya:
14+ Aplikasi Pembuat Website Gratis Terbaik Tanpa Coding

Echo

Rekomendasi ketiga dari framework golang yang juga layak masuk pertimbanganmu adalah echo. D

Developer membuatnya secara fleksibel dan minimalis tapi tetap fokus pada aspek performa kerjanya terutama untuk membangun layanan mikro. Aspek fleksibilitas paling terlihat di sini karena kamu bisa memakai echo sebagai framework tunggal ataupun dikombinasikan dengan framework lain seperti gin. 

Tidak sampai di situ Echo pun hebat untuk kamu manfaatkan dalam membuat APIs, JSON, dan RESTFUL APIs. 

Kelebihan-kelebihan di atas semakin terasa mantap karena framework satu ini dilengkapi dengan banyak fitur seperti : 

  • Data Binding and Rendering
  • Automatic TLS, Extensibility
  •  HTTP/2 support
  • Scalability
  •  Middlewares
  •  Optimized Router
  •  Templating, dll. 

Go Kit

Berikut merupakan beberapa kelebihan yang akan kamu nikmati saat memakai Go Kit menjadi pilihan framework golang dalam website-mu : 

  • Mampu menyajikan metode menyeluruh dan dapat diandalkan dalam membuat mikroservis tanpa memandang ukuran organisasi.  
  • Menyajikan kerangka kerja yang didasarkan pada selera user untuk membangun sistem pelayanan yang berorientasi secara skala  besar. Inilah yang turut menjadi salah satu alasan mengapa Go Kit ideal untuk merancang mikroservis.
  • Menjamin keamanan website  melalui Remote Procedure Calls (RPC).
  • Developer dapat memilih arsitektur, platform, database, dan komponen sesuai dengan kondisi yang ideal untuk mereka.

Fiber

Fitur-fitur yang ada di dalam “fiber” sebagai framework golang meliputi : 

  • Sistem yang memastikan memori yang terpakai dalam kapasitas yang rendah disertai dengan instalasi yang fleksibel. 
  • Dibangun dengan engine Fasthttp, hal yang membuatnya mempunyai kecepatan akses yang bagus.
  • Sistem yang berfokus pada minimalisme untuk menawarkan teknologi software yang sederhana tapi tetap efisien. Dengan begitu kamu bisa menciptakan sebuah website dengan cepat. 
  • Terdapat built-in rate limiter yang berguna mengurangi kepadatan traffic yang masuk.
  • Tools-tools yang ramah bagi para pemula. 
Cek Konten Lainnya:
Biaya Harga Hosting & Domain Website di 2024 (Terupdate)

Iris

Kamu sedang mencari framework golang yang bekerja cepat tapi tidak ribet dan tidak berat? Perkenalkan ada Iris yang dapat menjadi solusi buat kebutuhanmu tersebut karena menawarkan segala fitur yang kamu butuhkan dalam membangun website yang berkualitas. Fitur-fitur tersebut antara lain : 

  • API versioning web sockets
  • Dependency injection
  • MVC architecture 
  • Beraneka ragam library  seperti express-session, body-parser, Morgan, etc. Semuanya itu merupakan library internal sehingga kamu tidak perlu sampai mencari tools dari pihak eksternal. 
  • Sistem yang mengakomodasi aplikasi berukuran besar.
  • Performa yang pintar dengan kinerja yang cepat.  

Go-zero

Go-zero adalah kerangka kerja aplikasi web dengan beberapa praktik rekayasa bawaan terbaik. Go-zero memastikan stabilitas layanan walaupun dalam kondisi  sibuk sekalipun. Terbukti dari pengalamannya dalam melayani situs dengan lebih dari sepuluh juta pengguna selama bertahun-tahun.

Go-zero memiliki sintaks deskripsi API sederhana dan alat generasi kode bernama ‘goctl’. Alat yang memungkinkan kamu menghasilkan Dart, Go, Kotlin, TypeScript, iOS, Android, dan JavaScript dari file .api. 

Ini memiliki kontrol konkurensi bawaan, batasan laju, pemutus sirkuit adaptif, pemotongan beban adaptif, dan kontrol waktu yang tidak memerlukan konfigurasi. Satu perintah dapat menghasilkan beberapa bahasa yang berbeda, dan sintaks API-nya sederhana.

Kratos

Kratos adalah framework Golang yang berfokus pada pendekatan mikroservis. Dalam hal ini, kratos menawarkan fitur-fitur signifikan yang membantu mengembangkan aplikasi web yang kuat dari awal, dan bekerja dalam waktu singkat. 

Di sisi lain kratos juga menyediakan berbagai macam tools yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi web yang luas, kuat, dan mudah diakses.

Kratos meningkatkan efisiensi pemilik produk dan menghilangkan beberapa masalah yang kemungkinan besar terjadi dalam sistem dan rekayasa perangkat lunak. Hal itu dapat dilakukan berkat adanya bantuan sumber daya luar biasa dan dukungan tambahan.

Bantuan yang sangat mempermudah untuk memungkinkan kamu fokus  sepenuhnya pada peluncuran bisnis. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Cek Kecepatan Website dan 10 Tools Terbaiknya

Fast HTTP

Framework golang yang menyajikan server HTTP yang cepat dan API klien. Fast HTTP diperkenalkan sebagai alternatif untuk net/HTTP karena optimasi. 

Ini dioptimalkan untuk kecepatan dan dapat berinteraksi secara simultan dengan lebih dari 100 ribu kueri per detik dan lebih dari 1 juta koneksi keep-alive bersamaan pada perangkat keras modern. 

Di sisi lain Fast HTTP juga memiliki penggunaan memori yang rendah karena memperoleh dukungan ‘Connection Upgrade’ yang mudah melalui RequestCtx.

Silakan pilih rekomendasi-rekomendasi framework golang yang sudah artikel ini sebutkan, sob. Kualitasnya terjamin bagus jadi kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu seperti apa. 

Onlinekan Project Golang di Jagoan Hosting

Buat kamu yang sedang mencari layanan hosting Golang Indonesia, Jagoan Hosting menghadirkan berbagai paket hosting dengan infrastruktur terbaik.

Tersedia banyak pilihan paket yang bisa kamu beli menyesuaikan kebutuhan. Spesifikasi dan harganya pun beragam. Dapatkan Web Hosting dengan Dukungan Golang di Jagoan Hosting

FAQ

Apakah framework dari golang lebih cepat daripada python?

Menurut orientsoftware, secara keseluruhan dalam perbandingan antara keduanya, Golang lebih unggul dari sisi kecepatan. 

Golang paling baik dipakai untuk apa ?

Golang unggul dalam jaringan, pengembangan web, dan mikroservis. Dengan demikian sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk proyek-proyek yang sangat bergantung pada fitur-fitur tersebut.

Golang lebih bagus untuk front end atau back end?

Pemakaian golang lebih berfokus pada pengembangan backend. Bahasa ini sangat baik untuk membangun aplikasi server dengan skalabilitas yang bagus dan efisien. 

Meskipun biasanya tidak digunakan untuk pengembangan frontend seperti JavaScript atau TypeScript, Golang dapat digunakan untuk membangun API web dan layanan yang berinteraksi dengan aplikasi frontend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
vue js vs react js
Read More
Perbedaan Vue Js vs React, Pilih yang Mana?
Vue Js vs React adalah framework JavaScript untuk mengembangkan aplikasi web yang paling populer di dunia web. Namun,…
mvc adalah
Read More
Apa itu MVC? Manfaat & Contohnya pada Framework
Jika kamu sedang mempelajari bagaimana cara membuat website lebih efektif, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah MVC,…