30 Template WordPress Gratis yang Recommended dan Terbaik

template wordpress gratis

Sobat Jagoan pasti sering mendengar komentar di dunia WordPress bahwa template WordPress gratis berisiko dan kurang optimal.

Hal ini lantaran formatnya yang sering tidak mendukung atau kualitas yang biasa-biasa saja mengingat template gratis biasanya dirancang oleh desainer yang masih amatir.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memastikan bahwa template yang akan kamu unduh berkualitas dan bisa diaplikasikan pada WordPress dengan baik.

Namun, beberapa template gratis terkadang terlalu bagus untuk dilewatkan. Beberapa darinya tidak hanya tampak luar biasa, tetapi juga memberikan fungsionalitas yang lebih baik daripada template berbayar.

Keuntungan Template WordPress Gratis

Bukan hal baru jika ada beberapa tema gratis untuk WordPress yang bisa menawarkan keindahan, kesederhanaan, dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Namun, tidak hanya itu, ada banyak keunggulan lain yang bisa kamu nikmati dari template gratis ini antara lain:

  • Template berbayar bisa jadi terlalu rumit untuk pengguna WordPress biasa. Beberapa tema berbayar biasanya diisi dengan begitu banyak fitur yang mungkin tidak pernah kamu gunakan jika kamu ingin membuat website sederhana untuk bisnis online kamu. Nah, template WordPress gratis menawarkan kesederhanaan untuk Sobat Jagoan yang anti ribet dan lebih menyukai sesuatu yang praktis dan cepat.
  • Seperti yang sudah diutarakan di paragraf-paragraf sebelumnya, kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Jadi, kamu bisa membuat website kamu dengan anggaran yang terbatas.
  • Kualitas rendah ternyata hanyalah mitos. Nyatanya, template gratis lebih banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kualitas mereka tergolong baik mengingat banyaknya pemilik website untuk tujuan yang berbeda.

Sebenarnya, bagus atau tidaknya suatu desain bersifat subjektif. Oleh karena itu, sulit rasanya untuk mendefinisikan sesuatu sebagai yang terbaik secara objektif.

Rekomendasi Template WordPress Gratis

Namun, pada artikel ini, kami telah mencoba mengumpulkan 30 template WordPress gratis yang recommended dan terbaik.  So, without further ado, let’s check these out.

1. Allegiant

tema wordpress gratis
Source: athemes.com

Allegiant dinilai sebagai template gratis yang menonjol karena beberapa alasan. Pertama, Allegiant memiliki desain yang indah dan modern, dilengkapi dengan header yang besar dan ikon untuk menyoroti layanan atau produk terpopuler kamu.

Oleh karena itu, template ini bisa jadi alternatif terbaik untuk bisnis kecil, agen pemasaran, dan sebagainya. Ada banyak blok fitur yang tersedia sehingga kamu bisa menyisipkan informasi tentang bisnis online kamu ke beranda dengan cepat.

2. Hueman

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Hueman adalah tema gratis berperingkat tinggi yang bisa kamu temukan langsung di inventaris tema WordPress.

Tema ini tergolong responsif dan dapat digunakan untuk semua blog dan majalah, dan memiliki header dan footer untuk menempatkan widget dengan mudah. Warna aksen dan area widget yang variatif akan meningkatkan nilai estetik website kamu.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Website Statis? Ini Kelebihan, Kekurangan & Contohnya

3. Zerif Lite

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Zerif Lite adalah template yang berformat satu halaman. Website dengan satu halaman dianggap lebih cocok digunakan di era digital ini. Menempatkan sebagian besar konten pada satu layar akan memudahkan pengunjung untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya.

4. Rocked

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema WordPress Rocked adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai tampilan website yang modern. Tema ini sangat bagus untuk pengguna korporat, karena memiliki logo dan favicon unggahan, kontrol warna, dan sebagainya.

Dedicated Hosting

Bagian keren dari tema Rocked adalah bahwa ia hadir dengan beberapa widget untuk mengimplementasikan modul seperti testimonial, layanan, dan opsi lainnya.

5. Qi Theme

Qi Theme adalah suatu inovasi terbaru dari paket tema WordPress yang disediakan secara gratis dengan 100 template yang dibuat indah dan dapat Anda gunakan dengan mudah.

Setiap layout sangat responsif, dibuat dengan design praktis yang terbaik, dan secara keselurahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. S

alah satu kelebihannya, Qi Theme dapat digunakan pada website dengan berbagai bidang. Banyak fitur bermanfaat yang dikembangkan oleh pemenang penghargaan tim Qode Interactive dengan tujuan untuk meningkatkan tampilan dan nuansa situs website Anda.

Kabar baiknya lagi, tema ini terintegrasi dengan semua plugin WordPress yang penting termasuk WooCommerce dan pembuat halaman Elementor, sehingga Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis online Anda.

6. Bulan

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Template ini ditujukan untuk para profesional dan pemula yang ingin membuat blog atau majalah online yang memukau. Bulan menyediakan elemen responsif, beberapa template halaman, dan widget khusus untuk mendesain website dengan mudah.

7. Vega

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Vega WordPress memiliki tampilan premium meskipun bukan termasuk tema berbayar. Tema ini menyediakan desain yang indah dan minimalis, yang cocok digunakan untuk blog pribadi dan situs bisnis online.

Inti dari tema ini adalah untuk mengurangi chaos dan menyajikan informasi dalam format yang lebih teratur. Selain itu, kamu bisa menggunakan banner dengan tampilan layar penuh untuk mengunggah foto beresolusi tinggi.

8. Modern

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Seperti nama tema ini sendiri, tampilan yang ditawarkan adalah modern. Tema ini dirancang untuk website portofolio atau blog, dan sepenuhnya responsif jika diakses dari perangkat seluler seperti tablet dan ponsel.

Modern memiliki warna tema abu-abu dan hitam sebagai warna bawaan, tetapi kamu bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan kamu.

9. Radiate

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Radiate memiliki rating yang cukup bagus dari pengguna, dan memang seharusnya begitu, karena ia menyediakan tata letak yang ramping dengan banyak ruang putih untuk menempatkan sebagian besar fokus pada konten kamu.

Ada pula area header yang memungkinkan kamu untuk mengunggah gambar berukuran besar, sedangkan tata letak berbasis grid di bawah header sangat ideal untuk konten portofolio.

10. True North

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Template True North berhasil menggabungkan kerapihan dan modernisme, dibarengi dengan tools portofolio yang bagus. Ketika seseorang mengunjungi beranda kamu, mereka dapat melihat header yang indah dan area yang berisi tentang konten-konten yang kamu tulis.

Belum lagi, portofolio dirancang dalam format kisi dengan gambar mini yang menarik.

11. Simple Business

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Simple Business merupakan tema sederhana untuk semua jenis bisnis, solusi yang ramping dan kaya akan fitur. Tema ini menyediakan alat untuk optimasi foto. Kamu juga akan menerima beberapa ikon Font Awesome untuk menambahkan beberapa elemen visual ke dalam website kamu.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Navigasi Website? Contoh & Cara Buatnya

12. Perfetta

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Perfetta menawarkan platform yang bersih untuk bisnis atau blog foodie, dengan gambar besar dan feed yang menarik untuk memposting resep favorit kamu.

Tema ini memiliki tampilan tata letak satu kolom, sehingga pengunjung akan langsung melihat feed dari blog kamu. Perfetta juga memungkinkan mereka berbagi komentar atau mengklik konten tanpa harus mencari melalui website kamu.

13. Tracks

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tracks adalah tema feed blog yang indah, lengkap dengan header khusus yang kuat dan tipografi yang variatif sehingga sebagian besar perhatian akan difokuskan pada konten kamu.

Tracks adalah tema satu kolom, dengan feed blog yang bergulir di tengah-tengah halaman. Postingan terbaru akan ditempatkan di bagian atas sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya.

14. Ignite

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Ignite adalah pilihan yang tepat karena tidak hanya menyediakan beberapa tombol media sosial yang terlihat bagus, tetapi warna aksennya menyenangkan dan tata letaknya rapi dan profesional.

Ada peluang untuk memasukkan beberapa sidebar juga. Sidebar ini memiliki widget untuk kamu tempatkan di website kamu, termasuk modul untuk komentar terbaru, posting terbaru, dan bar pencarian.

15. Estelle

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Estelle adalah salah satu pilihan gratis yang lebih feminin, dan memiliki desain responsif yang mendukung tampilan ponsel dan tablet, seperti iPad.

Menu navigasi sangat rapi dan menyenangkan. Menu ini terletak di bagian atas halaman, sehingga seluruh feed blog dapat diakses langsung dari halaman utama.

16. StanleyWP

template wordpress gratis
Source: athemes.com

StanleyWP menawarkan tampilan yang sederhana. Meskipun gratis, fitur yang disediakan tidak kalah dengan tema yang berbayar.

StanleyWP adalah tema Twitter Bootstrap yang menyediakan desain lucu dan segar, cocok untuk membagikan pemikiran baru atau ide kreatif kamu.

17. InstantWP

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema InstantWP adalah salah satu tema trendi yang memanfaatkan area header yang luas, yang juga mencakup teks overlay untuk menjelaskan tentang bisnis online kamu. Tema ini sangat bagus jika digunakan untuk menampilkan item portofolio.

18. Ward

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Ward bukanlah tema yang semata-mata ditujukan untuk perusahaan yang ingin terlihat profesional, tetapi juga memberikan beberapa elemen menyenangkan untuk blog pribadi.

Kamu bisa menyesuaikan latar belakang dan lebar situs agar sesuai dengan apa yang ingin kamu representasikan. Format postingan yang ditawarkan mencakup tata letak video, kutipan, tautan, dan galeri.

19. JustWrite

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Opsi gratis ini memiliki alat dan pengaturan untuk membuat suasana pembuatan konten rapi dan mudah digunakan. Tema ini terlihat bagus untuk blog dan majalah. Layout-nya juga terlihat bagus di perangkat-perangkat kecil seperti ponsel dan tablet.

20. Patus

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Patus adalah tema gratis dengan popularitas yang sedikit kurang jika dibandingkan dengan beberapa pilihan lain. Tetapi, tidak berarti fitur yang ditawarkan sangat kurang. Patus memiliki banyak ruang putih untuk memasukkan konten kamu.

Tema ini sempurna untuk blogging, karena feed blog berada di sebelah kiri dan tidak sulit bagi orang untuk menemukan menu navigasi di bagian atas.

21. Magazine

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Magazine menawarkan solusi untuk membuat majalah online dalam kurun waktu hanya beberapa menit.

Banyak plugin yang kompatibel dengan tema dan kamu juga bisa menambahkan berbagai widget di area sidebar dan footer untuk menjejalkan semua konten yang kamu butuhkan ke dalam situs.

Cek Konten Lainnya:
15 Rekomendasi Template Website Rumah Sakit Terbaik

22. Pictorico

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema Pictorico adalah pilihan yang menarik bagi kamu yang mencoba membuat website portofolio.

Alih-alih menyisakan ruang kosong di antara item-item portofolio, tema Pictorico memberikan cara yang kreatif dan menyenangkan untuk memamerkan karya-karya kamu.

Tema ini memiliki tata letak portofolio berbasis grid, dengan elemen responsif sehingga semua thumbnail terlihat rapi pada perangkat seluler.

23. Ample

template wordpress gratis
Source: athemes,com

Tema WordPress Ample adalah tema multifungsi yang gratis. Tata letak responsif memastikan pengunjung leluasa ketika melihat tampilan website kamu pada perangkat seluler. Tampilan profesionalnya juga sangat ideal untuk bisnis pemasaran dan perusahaan teknologi.

24. Everal

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Everal adalah pilihan tema gratis yang tangguh karena menawarkan interface yang rapi dan modern. Keunggulannya ada pada tata letak keseluruhan, dengan area header yang luas dan slider lengkap dengan tombol yang memudahkan pengguna untuk mengklik dan melihat konten tambahan.

25. Pinnacle

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Pinnacle menyediakan tata letak yang terlihat profesional dengan pengaturan dan gaya serbaguna. Desainnya yang sederhana sangat responsif dan terlihat bagus di perangkat seluler seperti tablet dan telepon.

Belum lagi, integrasi WooCommerce memungkinkan webmaster untuk membuat toko eCommerce dan menjual barang dagangannya.

26. Delivery Lite

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Gunakan tema Delivery Lite jika kamu menginginkan website bergaya majalah yang dibuat untuk publikasi teknologi. Banyak pengaturan yang ditawarkan oleh Delivery Lite. Kamu bahkan bisa meningkatkan ke versi berbayar jika ingin membawa bisnis kamu ke tingkat selanjutnya.

27. MH Purity Lite

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Gunakan tema MH Purity Lite jika kamu ingin tema gratis yang fungsinya mirip dengan yang premium. Yang keren dari tema ini adalah jika kamu ingin membawa bisnis kamu ke tingkat berikutnya, kamu bisa beralih ke versi berbayarnya.

MH Purity Lite sangat bagus untuk majalah online, dengan modul yang rapi dan modern untuk memuat banyak konten di halaman utama.

28. Indie

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Indie menawarkan menu custom, header, warna, dan memiliki empat kolom untuk memuat banyak konten. Fitur terjemahan juga tersedia dan modul yang responsif dapat langsung terpasang ketika dilihat pada perangkat seluler.

29. GreatMag

template wordpress gratis
Source: athemes.com

GreatMag adalah solusi ideal bagi kamu yang mencoba membuat majalah yang ramah pengguna, terlepas dari seberapa berat topik yang kamu tulis.

GreatMag adalah template yang berfokus pada keindahan visual, komplit dengan desain yang responsif dan fitur-fitur menarik yang tersebar di beranda.

Template ini menampilkan beberapa widget yang dikemas untuk mengatur artikel di beranda, serta Google Font untuk membuat teks kamu terlihat bagus.

30. Hestia

template wordpress gratis
Source: athemes.com

Tema gratis dari Hestia terlihat sangat cantik di semua perangkat seluler. Fungsionalitas multigunanya juga memastikan bahwa semua jenis bisnis dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan.

Alasan utama yang banyak diutarakan oleh pengguna WordPress adalah karena tema WordPress gratis dari Hestia memiliki integrasi WooCommerce yang mampu menampilkan daftar produk secara elegan dan menarik, dengan fokus pada galeri.

Itulah daftar template WordPress gratis terbaik yang paling cantik, paling menarik, dan paling populer. Kami yakin Sobat Jagoan pasti ingin segera mencobanya. Enjoy and good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Plugin Optimasi Gambar Terbaik
Read More
6 Rekomendasi Plugin Optimasi Gambar di WordPress
Optimasi gambar sangat penting untuk membuat website lebih cepat diakses, Dalam optimasi gambar biasanya menggunakan bantuan plugin, Apa…
Read More
Tips dan Trik Mempercepat WordPress Website Toko Online
Memiliki website untuk kegiatan bisnis tentu membutuhkan kondisi yang prima. Bukan hanya dari segi management website, mulai dari…