Begini Cara Membuat Google Form, Mudah dan Praktis!

Murid membuka google form di ponsel
SAN FRANCISCO, US – 22 April 2019: Close up to female hands holding smartphone using Google Forms Service, San Francisco, California, USA. An illustrative editorial image.

Memahami cara membuat Google Form ternyata akan sangat berguna untuk kamu tahu lho Sob! Kegunaannya juga bermacam-macam. Dalam bisnis, kamu bisa melakukan survei melalui Google Form kepada para pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran yang tepat.

Tidak hanya itu, kegunaan Google Form juga sangat banyak dalam hal akademis, seperti pengisian kuesioner dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara membuat Google Form dan adakah alternatif layanan pembuat formulir online? Simak selengkapnya di dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Google Form?

Google Form adalah sebuah layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei kuesioner, tanya jawab, formulir dan semacamnya secara online atau digital.

Cara buat Google Form dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan kamu seperti membuat kuesioner, membuat quick count pendapat, membuat formulir online, hingga menghubungkannya dengan platform online Google lainnya seperti Google Spreadsheet.

Penggunaan Google Form banyak memberikan manfaat kepada individu maupun perusahaan karena penggunaannya yang lebih mudah.

Data respon dari Form yang dibagikan pun dapat dikumpulkan dengan baik serta telah dikelompokkan sesuai dengan kategori yang dibuat sehingga kamu hanya perlu mengekspor data hasilnya saja. 

Fungsi Google Form

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara buat Google Form, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi dari layanan satu ini, yaitu:

1. Quiz/Ujian

Keadaan pembelajaran di masa pandemi saat ini tentu akan membuat kuis pun mau tak mau harus dilakukan secara online.

Dalam hal ini, penggunaan Google Form akan mempermudah pengajar untuk melakukan pengecekan jawaban secara cepat karena jawaban sudah dikategorikan sesuai yang dikustomisasi.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Paling Mudah

Selain itu, pengajar akan mudah menyimpan lembar hasil kerja muridnya karena setiap data yang terinput di Google Form akan disimpan langsung ke database Google Drive tanpa perlu takut tercecer atau hilang.

2. Survei

Google Form juga dapat bermanfaat dalam bidang administrasi seperti memberikan kemudahan dalam pelaksanaan survei secara online.

Penggunaan program ini sangat mudah karena pembuat survei hanya perlu untuk mengirimkan sebuah link halaman form yang nantinya dapat diisi oleh audiens atau responden.

3. Kuesioner

Salah satu fungsi utama dari layanan Google Form adalah membuat formulir kuesioner online.

Pada pertanyaan atau pernyataan yang tertera di dalamnya, kamu dapat mengisinya dengan permintaan kritik saran, ulasan, umpan balik atau feedback, data evaluasi hingga kebutuhan untuk penelitian. 

Baca juga: Cara Membuat Linktree Paling Mudah & Pilihan Aplikasi Sejenisnya!

Cara Membuat Google Form

Cara membuat Google Form di laptop ataupun smartphone dapat dilakukan dengan masuk ke situs https://docs.google.com/forms. Berikut tahapan cara buat Google Form selengkapnya.

1. Mengedit Google Form

Perlu diketahui, selain pertanyaan, kamu juga bisa mengkustomisasi Google Form dengan visualisasi dan output setelan lainnya.

Sebagai catatan, cara membuat Google Form di HP dan di laptop pun sebenarnya tidak jauh berbeda karena simbol yang tertera juga sama, hanya letaknya saja yang mungkin berbeda. 

> Bagian Pertanyaan

Dengan Google Form, kamu dapat mengubah pertanyaan yang akan diajukan, menambah, ataupun mengurangi opsi jawaban.

Di samping itu, penerapan cara membuat Google Form juga bisa sempurnakan dengan menambahkan gambar atau video di pertanyaan serta mengubah jenis jawaban sesuai dengan yang dibutuhkan.

> Bagian Fitur

Penerapan cara membuat Google Form di laptop maupun smartphone bisa kamu lakukan dengan semakin mudah berkat beragam fitur yang telah disediakan oleh Google selaku penyedia.

Mulai dari menambah dan mengimpor pertanyaan, menambah judul hingga deskripsi, serta menambah gambar ataupun video serta menambah halaman baru.

2. Bagian Visualisasi Template Form

Cara membuat Google Form di HP ataupun laptop selanjutnya juga dapat kamu lanjutkan dengan mengatur visualisasinya.

Dalam hal ini, kamu dapat menyesuaikan tampilan Form sesuai kebutuhan dengan menekan “Sesuaikan tema”.

> Menambahkan Media Gambar/Video dalam Google Form

  1. Cara buat Google Form dengan menambahkan media atau gambar dapat kamu lakukan melalui fitur “tambahkan gambar”.
  2. Akan muncul pilihan untuk memasukkan gambar atau video yang dibutuhkan dalam formulir.
  3. Setelah foto atau video muncul di bagian pertanyaan, kamu dapat mengubah teks yang tertera sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan beberapa opsi jawaban yang dapat dipilih.
Cek Konten Lainnya:
7 Cara Membangun Brand yang Kuat dan Mudah Diingat

3. Menentukan Lokasi Penyimpanan Jawaban dari Isian Google Form

Ternyata, cara membuat Google Form di laptop ataupun HP juga dapat kamu pilih sendiri lho untuk lokasi penyimpanannya. Begini langkahnya.

  1. Kamu bisa menentukan lokasi penyimpanan jawaban dari isian Google Form dengan beralih ke menu ‘jawaban’ di bagian atas, lalu memilih logo spreadsheet yang ada.
  2. Setelahnya, kamu dapat memilih apakah akan membuat halaman Spreadsheet baru atau menyimpannya di halaman yang telah ada sebelumnya.
  3. Kamu juga bisa langsung mengubah nama dokumen hasil Form sehingga tidak perlu takut file tersebut akan tertukar dengan hasil Form lainnya di Google Drive.
  4. Setelah menekan opsi “buat”, maka file akan otomatis tersimpan pada lokasi yang telah kamu pilih. 

4. Melampirkan Dokumen di Google Form

Cara membuat Google Form di HP dan laptop dengan melampirkan dokumen dapat  kamu lakukan melalui pengaturan “Pilihan ganda” yang tersedia di tampilan layar.

Kemudian untuk memunculkan bagian yang berfungsi guna upload file, akan ada banyak pilihan jenis jawaban yang dapat kamu pilih. Sebagai catatan, untuk melampirkan dokumen maka kamu harus memilih “upload file”.

Setelahnya, muncullah halaman perizinan dalam akses file ke dalam Google Drive. Tekan lanjutkan untuk mengizinkan dan melanjutkan.

Ada beberapa pengaturan file yang dapat kamu atur sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk mengganti tulisan pertanyaan sesuai dengan perintah yang ingin kamu masukkan.

Sampai di sini, cara membuat Google Form di laptop dan HP pun telah usai.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram dan Syaratnya

Formulir Online Alternatif Dari Google Form

Nah selain Google Form, sebenarnya ada juga beberapa alternatif lain dengan fungsi serupa yang dapat kamu gunakan, yaitu:

1. Typeform

Merupakan situs formulir dan survei online buatan Spanyol dengan beragam fitur yang sedikit lebih rumit dari cara buat Google Form.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 7 Alasan Menggunakan Jagoan Hosting untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis Digital Kamu

Situs ini pada umumnya dapat disinkronkan dengan aplikasi Slack, Trello, Facebook dan lainnya. Penggunaan Typeform dapat digunakan secara gratis ataupun berlangganan dengan biaya mulai dari 35 Dollar AS.

2. SurveyMonkey

SurveyMonkey merupakan platform survey online yang cukup banyak menjadi pilihan pengguna. Hampir serupa dengan formulir online lainnya, ada banyak template yang dapat kamu gunakan serta fiturnya terbilang cukup simple.

Kamu dapat menggunakan SurveyMonkey secara gratis dan berbayar. Namun dalam versi gratis hanya memungkinkan untuk mengajukan sepuluh pertanyaan kepada responden dan menerima maksimal seratus responden saja.

Kelebihan SurveyMonkey dibandingkan dengan adalah ketersediaan aplikasinya di Google Playstore yang tentu saja lebih efisien.

3. Jotform

Dari segi penampilannya, dapat dikatakan situs Jotform lebih menarik dibandingkan dengan Google Form. Dalam versi gratis, kamu dapat membuat lebih dari lima formulir dan ruang penyimpanan yang ditawarkan mencapai 100 Mb.

Situs ini menyediakan berbagai template yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan seperti formulir untuk pemesanan, persetujuan, survei dan sebagainya.

Dibandingkan Google Form, Jotform selangkah lebih unggul karena memiliki aplikasi yang dapat diunduh para penggunanya melalui Google Play Store.

4. Wufoo

Situs ini menjadi salah satu formulir online yang cocok untuk bisnis UMKM maupun perusahaan besar.

Memiliki tampilan antarmuka pengguna UI yang ramah serta berbagai macam template yang dapat digunakan sesuai keinginan, tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif situs ini.

Fitur lainnya yang juga disediakan oleh Wufoo adalah pelacakan formulir Google Analytics, pengumpulan alamat IP responden, perlindungan spam captcha, dan integrasi dengan layanan pembayaran. 

Demikian ulasan seputar bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah yang dapat langsung kamu praktikkan. Eits, jangan lupa sebelumnya untuk membuat akun Google terlebih dahulu. Dengan begitu, pembuatan formulir dapat dilakukan secara lebih praktis.

Yuk pantau selalu blog Jagoan Hosting untuk mendapatkan pengetahuan menarik lainnya seputar teknologi dan bisnis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
freelancer online
Read More
Berniat Jadi Freelancer Online? Coba Cek 7 Website Ini
Menjadi pekerja lepas memang sangat digemari oleh anak muda zaman sekarang. Jam kerja yang fleksibel dan kemudahan sistem…
contoh website ecommerce
Read More
8+ Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!
Salah satu hal yang paling dibutuhkan saat mengaplikasikan strategi digital marketing adalah kreativitas. Namun, jangan khawatir, ketika membuka…