Apa itu Personal Branding? Tujuan, Manfaat & Cara Membangun

Personal Branding
Personal Branding

Apakah membangun personal branding itu perlu? Banyak orang berpikir jika personal branding adalah hal yang dibutuhkan oleh bisnis saja. Padahal faktanya, semua profesi termasuk influencer, freelancer, programmer, penulis, dan sebagainya dituntut untuk memiliki kemampuan berikut.

Kamu ingin dikenal sebagai apa? Personal branding adalah yang menentukan bagaimana orang lain menggambarkan kamu, apakah digambarkan sebagai seorang introvert, ekstrovert, pembicara paling menghibur, pemimpin yang sederhana, atau lainnya. Adapun salah satunya ialah dengan membuat website pribadi.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak pembahasan mengenai pengertian personal branding, tujuan, manfaat, hingga cara membangunnya di bawah ini!

Apa itu Personal Branding?

Pengertian personal branding adalah praktik untuk mempromosikan diri, karir dan pencapaiannya sebagai sebuah merek. Personal branding adalah proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi serta kesan individu.

Jadi bisa dikatakan jika personal branding adalah cara kamu dalam mempromosikan diri sendiri. Di sini kamu ingin dikenal sebagai apa menjadi sangat penting. Ingat branding diri sendiri ini menceritakan kisah kamu, dan kesan yang didapat orang dari reputasi kamu.

Dalam hal ini keterampilan, pengalaman, dan kepribadian menjadi hal dasar tentang bagaimana kamu membangun branding diri sendiri. Kamu harus mengkombinasikan diantara ketiga hal tersebut untuk membuat diri kamu dikenal orang.

Tujuan & Manfaat Personal Branding

Jika orang mengenal kamu, apa yang akan terjadi? Banyak orang yang lebih mempercayaimu kamu. Bukan hanya itu, branding personal yang kuat sangat membantu kamu untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru hingga lebih dikenal baik secara personal maupun profesional. 

Personal branding adalah hal yang bisa bantu kamu untuk meyakinkan siapapun bahwa kamu adalah yang terbaik di bidang yang kamu geluti. Sehingga sangat cocok buat kamu yang sedang mencari kerja.

Cek Konten Lainnya:
Digitalisasi Kesehatan, Peluang yang Nggak Pernah Terbayangkan!

Saat kamu melamar pekerjaan dan kamu memiliki citra diri yang kuat maka peluang kamu untuk dilirik dan diterima kerja sangat tinggi, Karena HRD akan lebih menemukan jejak digital kamu karena adanya branding tersebut.

Pentingnya Personal Branding

Personal Branding Strategi
Personal Branding Strategi

Di atas tadi sudah dijelaskan mengenai sedikit manfaat dalam membangun branding diri, Banyak hal yang bisa didapatkan ketika branding yang dibangun semakin kuat. Hal tersebut berbanding lurus terhadap pentingnya personal branding.

Ketika kamu secara konsisten mulai membangun branding yang melekat pada diri kamu dengan cara menceritakan kisah dan membagikan potongan kepribadian kamu dengan audiens di media sosial, Kamu akan melihat lebih banyak orang yang aktif terlibat, mengikuti, dan berbagi konten yang kamu buat.

Hal tersebut akan membuat kamu lebih dikenal dan mudah ditemukan oleh orang yang ideal bagi kamu. Misalnya investor yang akan membiayai project kamu atau seorang HRD yang mencari informasi kamu sebagai bahan penilaian diterima kerja.

Ketahui juga, Jika sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70-80% orang meneliti influencer atau merek sebelum melakukan bisnis dengan mereka. Itulah salah satu alasan pentingnya personal branding.

Karena media sosial telah menjadi tempat untuk mencari informasi yang sangat handal dan banyak akal tentang siapa pun, Sangat penting untuk selalu menunjukkan diri kita yang otentik. Hampir semua yang kamu lakukan dapat ditemukan online. Maka dari itu buatlah personal branding yang kuat dan pastikan jejak digital kamu baik.

Dedicated Hosting

Baca juga: Apa itu Influencer? Manfaat untuk Bisnis dan Tips Memilihnya

Cara Membangun Personal Branding

Membangun Personal Branding
Membangun Personal Branding

Banyak cara membangun personal branding, namun dalam artikel ini akan membahas beberapa langkah utama yang sangat penting untuk kamu terapkan dalam menciptakan sebuah kesan orang lain pada kamu.

Sebelumnya kamu harus mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Beberapa pertanyaan tentang personal branding adalah :

  1. Siapa Kamu?
  2. Apa keyakinan dan nilai utama pada diri kamu?
  3. Apa jenis budaya perusahaan yang kamu inginkan?
  4. Skill apa yang bisa kamu tawarkan?
  5. Bagaimana kamu berpengaruh pada lingkungan di sekitarmu?

Beberapa pertanyaan tersebut akan membantu kamu dalam mengetahui dasar dari diri dan menciptakan branding diri yang kuat. Setelah usai dengan pertanyaan tersebut, maka kamu bisa mulai tahapan selanjutnya yaitu cara membangung branding diri sendiri. Cara membangun personal branding adalah :

Cek Konten Lainnya:
Berniat Jadi Freelancer Online? Coba Cek 7 Website Ini

1. Tentukan Tujuan Brandingmu

Yang paling utama adalah kamu harus menentukan tujuan kamu dalam membangun branding personal. Ketika seseorang bertanya pada kamu “Apa tujuan kamu ingin dikenal orang lain?” maka pertanyaan tersebut bisa lebih mudah dijawab ketika kamu sudah memahami beberapa pertanyaan diatas.

Kamu pasti akan menggemari salah satu orang dengan branding personal yang sudah kuat. Kamu bisa jadikan tokoh tersebut sebagai inspirasimu. Kamu bisa melihat dan mempelajari bagaimana ia menampilkan diri mereka secara online dan menyampaikan idenya melalui tulisannya, videonya, hingga fotonya.

2. Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio

Ingat! Menentukan tujuan personal randing harus sesuai dengan portofolio kamu, Kamu pasti tidak ingin jika kamu dianggap orang yang hanya pencitraan saja. Walaupun pada dasarnya pencitraan itu bisa berarti positif ataupun negatif, tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Misalnya, Kamu ingin dikenal sebagai seorang penulis buku yang terkenal, Namun kamu tidak mempunyai buku yang best seller. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kesan jika kamu hanya mengada-ngada bahkan merupakan penulis buku terkenal.

Ketika branding kamu tidak sesuai dengan kenyataan, tentu itu menjadi pembohongan publik. Apakah kamu bangga dengan hal tersebut? Tentu tidak,  Apa yang kamu tampilkan, harus sesuai portofolio dan yang benar-benar kamu kerjakan.

3. Mulai Buat Website Pribadi

Bagaimana cara membangun personal branding yang mudah? Salah satu cara termudah dalam membangun citra diri adalah dengan mulai membuat website pribadi. Pasti kamu bertanya mengapa harus website?

Dengan website kamu bisa lebih mudah dikenal dengan dipercaya, Orang yang memiliki website pribadi dianggap lebih profesional terutama isi dari websitenya sesuai dengan tujuan membuat branding personal dan portfolionya.

Website pribadi punya banyak kelebihan tersendiri, Kamu bebas mengatur konten di dalamnya, menambahkan portfolio, berbagi informasi, dll. Dengan website inilah kamu bisa meningkatkan kredibilitas kamu.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Omni Channel? Strategi & Bedanya dengan Multi Channel

Tak perlu khawatir dalam membuat website, Saat ini banyak kemudahan dalam proses pembuatan website, Mulai dari tutorial cara membuat website, hingga pemilihan hosting yang sesuai.

Untuk Web Hosting kamu bisa memakai layanan Jagoan Hosting, Selain lebih murah kamu bisa mendapatkan hosting yang performanya sangat baik. Kamu bisa melihat paket layanan di sini.

4. Buat Konten yang Bernilai dan Optimasi Sosial Media

Konten sangat penting dalam hal ini, Konten menjadi alat untuk mengkomunikasikan dan memasarkan semua nilai dari personal brand kamu untuk lebih dikenal oleh orang lain baik melalui sosial media, website atau media yang lainnya.

Content marketing menjadi salah satu strategi yang sangat maksimal dalam membangun branding. Dengan content marketing kamu bisa lebih mudah untuk memasarkan konten dan membuat diri kamu lebih dikenal.

Selain itu, Optimasi sosial media sangat penting, Pastikan kamu telah melakukan riset pada audience kamu untuk mengetahui strategi yang terbaik dalam membangun branding. Dengan optimasi inilah kamu bisa memaksimalkan branding diri sendiri.

Baca juga: 8 Tempat Belajar Digital Marketing Terbaik bagi Pemula

5. Bangun Networking dan Saling Berkolaborasi

Membangun networking sangat penting dalam cara membangun personal branding yang cepat. Dengan membangun networking kamu bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik yang secara tidak langsung akan membantu kamu untuk mengembangkan branding diri.

Bukan hanya itu, kolaborasi sangat penting. Coba kamu lihat, youtuber yang sudah terkenal pun masih membutuhkan kolaborasi. Kamu bisa menemukan partner kolaborasi dengan membangun networking yang luas.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara membangun personal branding yang kuat. Bisa dibilang, personal branding adalah strategi penting untuk menunjang kesuksesan Kamu di masa depan. Maka dari itu, yuk mulai terapkan dan buat kesan baik yang menempel pada diri kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat email bisnis
Read More
Membuat Email Bisnis, Apakah Perlu?
Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah sebuah perusahaan atau badan usaha lainnya perlu membuat email bisnis? Apakah email bisnis benar-benar…
Read More
6 Elemen Rahasia Keberhasilan Email Marketing untuk Bisnis
Setelah tahu macam-macam email apa saja yang wajib dikirimkan ke pelanggan di artikel sebelumnya. Kini pasti kamu semakin…