Content Marketing menjadi salah satu strategi marketing yang mulai banyak digunakan, Namun masih banyak yang belum memahami tentang bagaimana teknik membuat sebuah konten sebagai strategi pemasaran. Lantas, Bagaimana membuat Content marketing ber-SEO agar jualan kamu laris manis? 

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran modern dimana kamu dapat merencanakan, membuat dan mendistribusikan content khusus. Konten yang dapat menarik audiens secara tepat sasaran, Sehingga dapat membuat mereka menjadi konsumen/pelanggan kamu.

Tujuan utama dari buat Content marketing yaitu tidak menjual produk secara langsung. Namun lebih ke memberikan informasi dan juga membangun minat atau awareness terhadap merek  atau produk kamu.

Jadi, Konten marketing merupakan strategi marketing dengan tujuan untuk meningkatkan awareness tentang merek atau produk. Sehingga dapat disimpulkan jika konten marketing adalah teknik pemasaran tidak langsung.

Tujuan Content Marketing sama halnya dengan Tujuan Pemasaran, Karena dua-duanya memiliki fokus dan goal yang hampir sama.

Jenis-Jenis Content untuk Marketing

Terdapat berbagai jenis dan bentuk konten marketing, Mau tahu Apa saja? Yuk simak informasinya dan gunakan sebagai strategi marketing kamu. Apapun yang diupload ke internet disebut Konten, Jadi semua media baik gambar, video, artikel adalah konten. Bahkan saat kamu mengupload foto ke sosial media juga disebut konten.

  • Blog Post, Artikel di blog merupakan salah satu jenis konten marketing. Kualitas sebuah situs web bukan hanya dilihat dari apa yang dijual atau diproduksi saja, tetapi juga apa isi “artikel” dari situs web tersebut. Artikel di blog tentunya berisi tentang informasi yang lengkap, edukatif, dan menarik bagi pengunjung. Sehingga kamu bisa menggunakan blog untuk memperkenalkan berbagai produk yang ingin kamu pasarkan. Tapi kamu harus tahu tentang penerapan SEO untuk Content MArketing, Mau tahu caranya? Baca lebih lanjut tentang Panduan Content Marketing Ber-SEO.
  • Video Post, Video menjadi salah satu Content Marketing yang banyak digunakan oleh orang. Karena dengan video produk yang dibuatkan kontennya akan lebih jelas informasinya. Jika kamu melihat video pengenalan produk milik apple pasti durasinya pendek, Namun dengan durasi pendek tersebut penonton video paham tentang produk yang dikenalkan. Itulah tujuan dari konten marketing, Kamu harus membuat konten marketing yang singkat jelas dan mudah dimengerti.
  • Infografis, Jika kamu melihat beberapa situs berita saat ini mulai menampilkan konten infografis. Karena saat ini minat baca orang mulai turun, Dengan adanya infografis ini sangat membantu. Konten infografik ini sifatnya harus sangat informatif, mudah dibaca, dan menarik. Bukan hanya singkat dan jelas, Infografis harus memperlihatkan visual yang eye catching sehingga bisa enak dan mudah dilihat.
  • Foto Post, Sama seperti Video, Foto Post merupakan salah satu jenis konten marketing. Kamu bisa menciptakan postingan instagram yang berkualitas dengan cukup memfoto produk kamu dan diupload di sosial media, cara ini akan membantu bisnis kamu menjangkau konsumen baru dan membina hubungan dengan pelanggan.

Manfaat Menggunakan Content Marketing

Content Strategi untuk Content Marketing
Content Strategi untuk Content Marketing

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan Content marketing.

Dengan memanfaatkan konten marketing, Kamu dapat memperoleh pelanggan potensial yang sesuai dengan target market kamu. Dengan adanya konten marketing kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan customer lama. 

Bukan hanya itu, Kamu juga dapat membuat orang lain yang belum mengetahui merek kamu menjadi tahu akan merek serta produk yang kamu miliki. Jika dilihat dari sedikit penjelasan tersebut, Berikut kelebihan content marketing :

  1. Memperlihatkan kelebihan dari produk kamu
  2. Membangun hubungan dengan audiens kamu
  3. Meningkatkan kesadaran dan pengakuan terhadap merek kamu
  4. Membangun loyalitas serta kepercayaan pelanggan kamu
  5. Memposisikan bisnis kamu sebagai ahli dalam industri kamu
  6. Mempercepat audiens kamu dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian.

Dibandingkan dengan beriklan Content Marketing jauh lebih efektif dan lebih baik, Apa alasannya? Berikut keuntungan content marketing dibandingkan dengan beriklan

1. Content memberikan sesuatu yang bernilai

Dengan konten yang disesuaikan dengan apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan, Hal tersebut akan memberikan sebuah nilai. Informasi yang dimuat di konten akan memperkuat nilai dan meyakinkan para pelanggan untuk menggunakan produk kamu. 

Saat pelanggan membaca konten yang dibuat, Secara tidak sadar mereka mulai terhubung dengan merek dan produk kamu. Jika pelanggan mulai mendapatkan nilai akan produk kamu, Kemungkinan besar suatu saat mereka akan membeli produk kamu.

2. Content Mendidik Pelanggan untuk Membeli Produk Kamu

Jika kamu paham tentang teknik dan panduan Content marketing ber-SEO, Kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan potensial ke website kamu. Content Marketing membantu kamu untuk mendidik pelanggan hingga siap membeli produk kamu.

Jika kamu menerapkan teknik pada konten yang dibuat, Kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Dengan sedikit dibumbui copywriting, Konten marketing kamu bisa saja mendapatkan pelanggan yang potensial untuk membeli produk kamu.

3. Content menciptakan rasa timbal balik dengan pelanggan

Percaya-Tidak Percaya saat kamu memberi orang semakin banyak konten gratis, pelanggan tiba pada titik di mana mereka ingin membalas manfaat yang telah mereka terima. Jika konten yang kamu buat membantu mereka dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan, Maka mereka akan sampai pada titik di mana mereka ingin membeli sesuatu pada kamu.

Buatlah konten yang memberikan dampak positif dan mulai menargetkan pada audience yang tepat sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan mengikuti Panduan content Marketing ber-SEO maka jualan kamu laris manis.

4. Content dapat Mendatangkan Pelanggan Secara Gratis

Tahukah kamu dengan memanfaatkan Content Marketing kamu bisa mendatangkan pelanggan secara gratis. Dibanding dengan beriklan yang harus mengeluarkan banyak biaya, Cukup dengan menggunakan konten yang strategis, Kamu dapat mendatangkan pelanggan secara gratis.

Kamu harus tahu bagaimana cara membuat konten yang berkualitas dan mulai belajar SEO. Dengan cara ini kamu bisa mendatangkan pelanggan potensial secara gratis dan tentunya sesuai dengan target pasar.

Setiap posting blog yang dibuat akan bertahan selama masa hidup bisnis kamu, dan kamu akan mendapatkan manfaatnya selama konten kamu masih ada. Cukup membutuhkan waktu dua hingga lima jam untuk membuat konten marketing, Dan kamu akan mendapatkan pelanggan secara gratis selama bertahun-tahun.

5. Content Dapat Meningkatkan Trafik dan SEO Website

Semakin banyak konten yang dibuat, Besar kemungkinan trafik akan meningkat. Bukan hanya meningkat dari segi trafik saja, Dari segi SEO pun akan meningkat. Sehingga website kamu lebih mudah berada di page one pencarian google.

Kamu bisa melakukan optimasi website cukup dengan update secara rutin, Karena saat ini algoritma google menilai kualitas konten dan seberapa rutin website melakukan update konten. 

Bahkan seandainya kamu belum tahu betul tentang teknik seo, setidaknya salah satu dari konten yang kamu buat pasti menghasilkan trafik. Jika kamu melakukan update postingan minimal 3-4 konten per minggu, Maka dalam setahun terdapat minimal 150 konten terdapat di website kamu. Dan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan tentang produk kamu.

Cara Pikir Agar Kamu Mendapatkan Banyak Traffic dengan Content Marketing

Dalam membuat Content marketing ber-SEO dan mendapatkan banyak trafik, Kamu bisa menggunakan beberapa cara pikir dalam menulis konten. Bagaimana cara agar konten berkualitas dan gaya yang konsisten,  kamu bisa menggunakan beberapa pedoman buat konten marketing ber-SEO agar jualan laris manis.

1. Gaya Penulisan Content

Gaya penulisan konten adalah tentang bagaimana konten yang kamu buat, Apakah berbeda dengan yang lain atau sama saja. Gaya penulisan konten yang unik akan membuat orang lebih aware terhadap konten kamu. Jika kamu melihat beberapa situs media besar antara tribun dan detik, Jelas mereka memiliki gaya penulisan yang berbeda.

Gaya penulisan konten kamu harus sesuai dengan target market kamu, bisa dikatakan jika gaya penulisan harus mengikuti selera target market. Jika target market kamu adalah para pebisnis maka kamu harus menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat dan jelas.

Sedangkan jika target market kamu adalah para anak muda, kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang tidak formal dan menyesuaikan selera anak muda. Gaya penulisan konten sangat penting, Karena menjadi tolak ukur bagaimana para pelanggan suka atau tidak dengan konten yang kita buat.

Semakin baik gaya penulisan kamu dan sesuai dengan target market, Maka kamu bisa lebih mudah mendapatkan trafik. Mulai sekarang cobalah berlatih untuk membuat gaya penulisan konten yang sesuai dengan produk dan target market kamu.

2. Struktur Penulisan Konten Marketing

Dalam Panduan Membuat Konten Marketing ber-SEO, Struktur penulisan konten marketing menjadi hal yang terpenting. Perlu diketahui jika struktur penulisan konten berbeda-beda, Maka kamu bisa menggunakan struktur penulisan yang sesuai dengan apa yang kamu mau. Namun, kamu bisa mencoba menggunakan tips menentukan struktur penulisan konten.

  • Judul, Gunakan judul yang sesuai dengan keyword kamu
  • Paragraf Introduction, Saat membuat paragraf introduction kamu harus menempatkan keyword kamu di antara 100 karakter pertama.
  • SubJudul, Kamu bisa menggunakan alternatif keyword pada sub judul atau sesuai dengan point yang akan kamu jelaskan
  • Paragraf Penjelas, Sebutkan beberapa long tail keyword pada paragraf
  • Kesimpulan, di paragraf terakhir konten kamu bisa memberikan kesimpulan atas konten yang dibuat, Dan tambahkan keyword konten kamu di dalam paragraf kesimpulan.

Struktur penulisan konten yang baik akan membuat konten kamu lebih mudah untuk dibaca, dan dimengerti oleh pembaca. 

3. Bagaimana Penulisan Content Marketing yang Baik?

Memilih topik dengan potensi volume pencarian yang tinggi dan melakukan beberapa SEO dasar pada halaman adalah penting. Namun konten marketing yang kamu buat akan sia-sia jika konten kamu tidak sampai dari awal terhadap pembaca karena kurang baik. Lalu bagaimana tips membuat konten marketing yang baik?

  1. Buat Intro yang Menarik, Intro menjadi kunci utama konten marketing kamu. Saat kamu gagal membuat intro yang menarik dan gagal meyakinkan pembaca bahwa halaman kamu menawarkan apa yang mereka inginkan dalam beberapa detik dan mereka akan menekan tombol kembali lebih cepat. Jadi, konten yang kamu buat jadi sia-sia. Intro yang baik harus memiliki 3 poin ini; 1) Beresonansi pada pembaca, 2) Membangun kepercayaan, 3) menjanjikan solusi untuk masalah customer. Dengan poin tersebut kamu bisa membuat intro yang bisa meyakinkan pembaca jika konten kamu menawarkan solusi masalah pembaca.
  2. Fokus pada Keterbacaan, Saat membuat konten fokus saja pada keterbacaan. Jangan berikan pembaca dengan intro yang panjang, Cukup dengan memberikan sedikit intro sesuai poin diatas dan berikan gambar pendukung. Hal tersebut juga berlaku pada paragraf penjelas, Kamu harus selalu memecah konten Anda dengan subjudul, gambar, kutipan, dll — apa pun yang akan membuat pembaca terpaku pada halaman.
  3. Gunakan Kalimat dan Paragraf Pendek, Kamu pasti tahu jika saat ini minat baca mulai menurun. Maka dari itu kamu harus menggunakan kalimat dan paragraf pendek. Hal tersebut berarti kamu tidak boleh menggunakan kalimat dan keterangan yang tidak perlu.
  4. Buat Konten Terbaik pada Topik, Jika kamu bertanya bagaimana membuat konten marketing yang baik, Jawabannya adalah E-AT. Apa itu E-AT? E-AT adalah singkatan dari Expertise / Authoritativeness / Trustworthiness. E-A-T termasuk Keahlian, otoritas, dan kepercayaan dari konten, pembuat konten dan situs web.

Panduan Teknis Membuat Content Marketing ber SEO

Bagaimana cara membuat content marketing? Untuk membuat konten marketing yang baik kamu bisa mengikuti beberapa cara tentang pandunga teknik untuk strategi konten pemasaran berikut ini.

1. Tentukan Konten yang akan dibuat

Untuk panduan membuat content marketing Ber-SEO yaitu kamu harus paham terlebih dahulu konten apa yang akan dibuat. Pastikan jika konten yang kamu buat sesuai dengan produk yang kamu jual.

Selain menentukan konten yang akan dibuat, Kamu harus membuat sebuah content strategi untuk setiap konten yang dibuat. Hal tersebut bertujuan agar konten yang dibuat dan konten yang akan dibuat bisa sukses untuk mendapatkan pelanggan.

2. Lakukan Research Keyword untuk Content Marketing kamu

Melakukan riset keyword sangat penting, Dengan melakukan riset keyword kamu tahu tentang apa yang dicari dan dibutuhkan oleh target audience kamu. Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh target audience kamu, Maka kamu bisa membuat konten yang berisi solusi tentang masalah mereka.

Dan jangan lupa pastikan jika kata kunci yang digunakan untuk Content Marketing  yang kamu buat relevan dengan target audience produk kamu. Walaupun tidak sepenuhnya relevan, setidaknya target dari konten yang kamu buat bisa menimbulkan awareness tentang produk kamu.

3. Mulailah buat Content Marketing dan Terapkan Copywriting di Dalamnya

Setelah kamu menentukan konten dan keyword yang akan kamu gunakan sebagai content marketing maka kamu sudah bisa membuat konten kamu. Pastikan jika konten yang kamu buat sesuai dengan kaidah SEO agar konten yang kamu buat mudah ditemukan di hasil pencarian.

Jangan lupa untuk menerapkan copywriting pada content marketing yang kamu buat, Hal tersebut akan memperbesar peluang awareness customer untuk membeli produk yang kamu jual. Jika kamu masih belum tahu tentang copywriting kamu bisa membaca artikel tentang Belajar Copywriting tersebut.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like