5+ Cara Memulai Bisnis Undangan Digital dengan Website

bisnis undangan digital

Bisnis undangan digital merupakan ide bisnis yang dapat kamu kembangkan di era perkembangan teknologi yang semakin maju. Berbanding terbalik dengan bisnis undangan manual, usaha ini jauh lebih menguntungkan.

Mengapa demikian? Pertama, kamu tidak perlu lagi memikirkan modal untuk membeli kertas hingga tinta. Untuk mendapatkan undangan daring yang cantik, kamu hanya perlu membuat template yang estetik.

Bahkan, kini ada begitu banyak situs web yang menyediakan template undangan digital baik yang free maupun berbayar.

Mengenal Bisnis Undangan Digital

Indonesia sejak dahulu hingga sekarang masih melestarikan kebudayaan pernikahan dengan cara mengundang banyak orang. Menikah di usia muda atau produktif menjadi salah satu hal lumrah yang terjadi di kalangan masyarakat.

Permasalahannya, seiring pertumbuhan zaman yang semakin maju, biaya menikah pun semakin mahal. Maka, untuk memangkas budget pernikahan dianjurkan untuk menggunakan undangan berbentuk digital.

Tidak sama seperti undangan manual yang fisiknya bisa kamu lihat dan pegang, undangan digital itu berbentuk daring. Yang mana, hanya bisa kamu lihat secara visual di gadget maupun perangkat digital lainnya.

Bentuk dari undangan digital, tidak kalah cantik dan modern dari undangan biasa. Teknologi desain memungkinkan kamu untuk menggambar desain undangan semenarik dan seunik yang kamu inginkan.

Di tanah air, bisnis undangan digital bisa jadi belum marak. Tapi, tidak mustahil jenis usaha ini akan terus berkembang bahkan bisa menggantikan bisnis pembuatan undangan fisik.

Contohnya seperti toko buku. Saat ini, jumlah toko buku di Indonesia semakin berkurang. Kebanyakan pembaca tidak lagi tertarik untuk membeli buku fisik.

Cek Konten Lainnya:
Jangan Ngaku Gamers Kalo Belum Pernah Main PUBG, Game Terlaris di Dunia!

Beberapa beralih pada elektronik book dan yang lainnya lebih suka membaca di situs online gratis.

Jadi, tidak menutup kemungkinan bisnis undangan fisik pun akan ditinggalkan. Kemudian, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan layanan undangan elektronik.

Cara Memulai Bisnis Undangan Berbentuk Digital

cara bisnis undangan digital

Kamu sudah tahu apa saja plus dan minus dari berbisnis undangan digital? Akan tetapi, masih tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak step by step memulai bisnis tersebut di bawah ini:

1. Buat Desain Template Undangan yang Atraktif

template website undangan

Setiap calon pengantin memiliki referensi yang berbeda tentang undangan pernikahan yang diinginkan. Beberapa pasangan cenderung lebih suka desain sederhana dan simpel, tapi ada juga yang ingin desain unik.

Karena produk utama yang sob jual adalah undangan digital, maka carilah referensi desain template undangan atraktif dari website undangan digital lainnya.

Ada banyak sekali website undangan elektronik yang bisa kamu temukan. Akan tetapi, pastikan untuk melakukan riset mendalam termasuk dengan menjelajahi situs-situs luar negeri.

Setelah mendapatkan inspirasi desain, mulailah untuk membuat desain template undangan kamu sendiri. Buat lebih dari satu contoh template desain website sehingga klien kamu bisa memilih.

Jika memungkinkan, alangkah baiknya jika kamu juga menyediakan layanan desain template undangan custom.

2. Perhatikan Target Pasar dan Lakukanlah Riset

Tentu saja target utama bisnis undangan website adalah calon pengantin. Tapi, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah pasangan seperti apa yang menjadi target pasarmu.

Apakah pasangan sederhana yang budgetnya kecil atau justru kamu ingin menjual desain undangan elektronik mewah. Apa pun target pasar pilihan kamu, wajib untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Riset pasar akan membantu kamu memahami karakter target marketing. Kamu juga menjadi lebih mudah dalam mempersiapkan kebutuhan calon klien karena memahami keinginan mereka.

3. Siapkan Domain Terbaik

Tidak hanya fokus pada hal teknis, ketika berencana untuk membuka bisnis undangan digital kamu juga harus mempersiapkan teknologinya. Teknologi pertama yang wajib direncanakan adalah domain berkualitas terbaik.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Definisi CRM, Manfaat, Metode & Strateginya

Pada dasarnya, kamu hanya perlu membeli satu domain saja. Nantinya, domain tersebut dapat kamu pecah menjadi subdomain yang selanjutnya akan dibagikan pada para klien.

Penggunaan subdomain dan subdirektori sangat dianjurkan jika kamu memiliki modal minim untuk memulai bisnis undangan elektronik ini.

domain

Kamu bisa dapatkan Domain Murah di Jagoan Hosting yang menyediakan ratusan ekstensi untuk kebutuhan website undangan digitalmu.

4. Pilih Penyedia Hosting Berkualitas

Teknologi selanjutnya yang harus kamu perhatikan untuk membangun bisnis ini dan menjadikannya sukses adalah hosting. Pilih penyedia hosting yang tidak hanya terpercaya tapi juga profesional dan berkualitas.

paket hosting murah

Jagoan Hosting adalah penyedia hosting dan domain yang telah terbukti amanah. Harga yang ditawarkannya terjangkau, sangat cocok untuk memenuhi keinginanmu memulai bisnis yang baru seperti bisnis website undangan.

Kamu bisa memilih paket yang paling murah di layanan Web Hosting Murah dari Jagoan Hosting.

5. Atur Strategi Marketing

Cara membuat undangan website sangatlah mudah apalagi jika kamu sudah memiliki ilmu desain grafis yang mumpuni. Namun, untuk bertahan pada bisnis ini kamu harus memiliki strategi marketing yang baik.

Tanpa promosi yang tepat, bisnis undangan online ini bisa terancam gulung tikar. Walaupun, template desain undangan yang kamu buat sudah bagus dan cantik.

Lakukan beberapa cara untuk mempromosikan bisnismu ini secara online. Pertama, kamu bisa mengandalkan sosial media. Manfaatkan juga berbagai platform video gratis untuk mempublikasikan kampanye bisnis kamu.

Langkah terakhir, kamu bisa menyebarkan konten SEO atau memasang iklan. Setelah mendapatkan cukup banyak klien, pertahankan kualitas desain undangan kamu agar klien yang senang dapat mempromosikan bisnis kamu secara sukarela.

6. Landing Page yang Unik dan Menjual

Langkah terakhir adalah dengan membuat landing page yang unik juga menjual. Landing page dapat kamu fungsikan sebagai etalase online yang nantinya akan memajang template desain undangan yang sudah kamu buat.

Buatlah landing page yang menonjolkan karakter bisnis kamu, yang membedakannya dari kompetitor. Semakin bagus landing page yang dibuat, otomatis semakin besar pula kemungkinan menarik perhatian pengunjung.

Cek Konten Lainnya:
Ingin Kerja Produktif? Kantormu Harus Siap Sediakan Fasilitas Keren Ini

Keunggulan dari Undangan Digital

Setelah membaca langkah-langkah memulai bisnis undangan secara digital, kamu mungkin sudah memiliki gambaran perihal keunggulan menjalankan bisnis ini. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak berikut ini:

1. Lebih Hemat

Biaya yang kamu habiskan untuk membuat undangan fisik dengan undangan berbentuk digital tentunya tidaklah sama. Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, dalam undangan digital kamu tidak lagi perlu membayar biaya kertas dan tinta.

2. Fleksibel dan Efisien

Sejauh apa pun lokasi penyedia bisnis undangan secara digital, klien dapat menjangkaunya dengan mudah dan cepat. Proses pemesanan juga lebih fleksibel karena klien bisa menghubungi penjual secara online.

3. Ramah Lingkungan

Undangan digital tanpa pemakaian kertas, secara tidak langsung sudah membantu pelestarian dunia. Sedangkan, untuk undangan berbentuk fisik membutuhkan kertas yang jumlahnya tidak sedikit.

4. Membantu Menghitung Jumlah Tamu

Pemesanan undangan secara digital terkadang membantu pasangan untuk menghitung jumlah tamu dengan lebih akurat. Sehingga, dalam proses pembuatan undangan klien dapat membuat undangan dalam jumlah yang pas.

buat website pakai jagoan hosting

Itulah hal menarik yang bisa kamu temukan jika tertarik untuk memulai usaha undangan digital. Demi pengalaman terbaik, hanya gunakan Jagoan Hosting sebagai penyedia domain juga hosting terpercaya. 

FAQ

Jelaskan beberapa hal apa saja yang disiapkan membuat undangan digital?

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat undangan secara digital. Bisnis undangan digital yang baik tidak hanya menyediakan template terbaik tapi juga domain, hosting hingga strategi marketing mumpuni.

Apa saja isi undangan digital?

Isi dari undangan secara digital sebenarnya hampir sama seperti undangan berbentuk fisik. Dalam undangan digital tertera nama tamu, informasi lengkap tentang mempelai, tanggal dan lokasi acara, foto-foto mempelai dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
email zimbra
Read More
Zimbra Mail Server: Fitur, Kelebihan dan Rekomendasinya
Kalau bicara tentang mail server, apakah kamu tahu apa itu aplikasi Zimbra? Zimbra adalah software open source yang…
project management vs software development
Read More
Ini Dia 5 Skill Utama Project Management Professional!
Bukan rahasia lagi kalau project management professional harus mengantongi berbagai skill yang ciamik! Nggak cuma hardskill seperti coding…