Mau Pembelajaran Daring Efektif? Terapkan 5 Tips Jitu Berikut Ini!

pembelajaran daring efektif
Photo by Ben Mullins on Unsplash

Pembelajaran Daring Efektif – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir lebih dari satu tahun sejak Maret 2020 memaksa semua orang untuk beradaptasi dengan segala aktivitas yang serba online.

Pertemuan secara langsung diminimalisir untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini, pemerintah pun akhirnya menganjurkan untuk melakukan pembelajaran secara daring hampir di semua wilayah di Indonesia. 

Dengan adanya penerapan kebijakan ini, pendidik maupun murid diharuskan untuk beradaptasi dalam kegiatan belajar mengajar secara daring. Terutama sebagai pendidik dituntut untuk menyesuaikan dengan teknologi untuk melakukan pembelajaran.

Lantas, apakah pembelajaran daring ini efektif? Jagoan Hosting sudah menyiapkan tips jitu yang bisa Anda lakukan agar proses pembelajaran daring tetap efektif, simak yuk apa saja tipsnya!

1. Jadikan pembelajaran daring efektif dengan membuat suasana yang interaktif 

Meskipun tidak harus bertatap muka Anda bisa membuat pembelajaran online interaktif dengan cara yang unik. Idealnya dalam pembelajaran siswa tidak hanya menyimak dan mendengarkan, namun juga ikut berpartisipasi aktif seperti bertanya dan menjawab.

Jagoan Hosting tidak menyarankan jika guru hanya memberikan tugas untuk membuat rangkuman. Hal tersebut justru akan membuat murid cepat bosan dan cenderung pasif.

Guru bisa membuat kelas lebih interaktif dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksplorasi dengan pembelajaran daring misalnya, dengan mempresentasikan hasil kerja secara daring sesuai dengan kreativitas murid.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu B2C? Jenis, Contoh, & Bedanya dengan B2B

2. Mencoba metode project based on learning

pembelajaran daring efektif
Photo by Sigmund on Unsplash

Anda bisa mencoba salah satu metode ini dengan cara memberikan tugas untuk kelompok-kelompok kecil dalam kelas.

Meskipun terlihat seperti metode yang biasa dilakukan di kelas tatap muka, namun dengan cara ini siswa diharapkan bisa meningkatkan rasa kerjasama dan empatinya walaupun terhalang oleh jarak. 

Dengan berdiskusi juga bisa meminimalisir rasa jenuh siswa yang biasanya hanya mendapatkan pembelajaran daring satu arah. 

3. Alokasikan waktu atau lakukan kunjungan untuk murid yang tertinggal

Tidak semua murid bisa langsung memahami pelajaran apalagi jika dilakukan secara daring.

Anda bisa mengetahui pemahaman murid dari hasil test yang bisa Anda lakukan seminggu sekali, dengan begitu Anda bisa mengetahui tingkat pemahaman setiap siswa. 

Anda bisa menjadwalkan tambahan kelas untuk murid yang tertinggal, atau bisa juga sesekali melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk memberikan kelas tambahan dengan catatan masih mematuhi protokol kesehatan ya Bapak dan Ibu Guru!

4. Memberikan kesempatan untuk umpan balik agar pembelajaran daring efektif

Tidak hanya guru yang memberikan penilaian terhadap proses belajar murid, Anda juga bisa memberikan kesempatan untuk murid memberikan umpan balik agar pembelajaran lebih efektif lagi. 

Jagoan Hosting memberikan saran dengan cara menyiapkan lembar evaluasi secara online yang bisa diisi oleh murid-murid tentang pendapat belajar daring, atau murid juga bisa menyampaikan pada lembar evaluasi tersebut materi apa saja yang kurang dipahami, sehingga Anda bisa memaksimalkan proses belajar mengajar pada materi tertentu dengan cara lebih efektif. 

5. Manfaatkan media pembelajaran yang berkualitas 

Jangan sampai karena media yang digunakan oleh Anda sebagai pengajar masih kurang mumpuni akhirnya berimbas pada pemahaman murid-murid. Mulai dari bosan belajar hingga bisa menurunkan motivasi murid untuk mengikuti pembelajaran secara daring. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Marketplace? Jenis, Contoh, Bedanya dari E-commerce

Untuk itu Anda perlu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memilih metode belajar, memaksimalkan fasilitas dan memanfaatkan media yang berkualitas.

Jagoan Hosting bisa menjadi solusi Anda dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berkualitas dengan Aplikasi Sekolah

Aplikasi Sekolah dari Jagoan Hosting ini didukung dengan hosting paling fleksibel yakni Hosting Mix & Match serta server terbaik saat ini, VPS X. Dengan Aplikasi Sekolah ini, Anda bisa mengelola sistem akademik dari ujian daring hingga mengumumkan kelulusan dengan mudah.

Jika Anda memiliki kebutuhan untuk kegiatan akademik lainnya Anda bisa langsung request disini, yuk jadikan sekolah Anda sebagai bagian dari digitalisasi pendidikan lebih mudah dengan Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
retention adalah
Read More
Apa Itu Customer Retention? Keuntungan & Strateginya
Untuk mempertahankan pelanggan setianya, ada banyak cara yang dilakukan perusahaan. Misalnya saja dengan menggunakan teknik retention. Nah, jadi…
Read More
Digital Nomad, Kini Bekerja Dari Mana Saja Menjadi Lebih Menyenangkan
Pada tahun 2014, Freelancer Union memperkirakan bahwa sekitar 34% dari para pekerja di Amerika, atau sekitar 53 juta…