Profesi project manager di suatu perusahaan adalah sebuah posisi yang sangat penting. Sebab tanpa adanya project manager, maka proyek yang ada tidak dapat berjalan dengan lancar.

Emangnya posisi project manager itu seperti apa ya, Sob? Untuk sederhananya saja profesi ini adalah seseorang yang bertugas untuk memimpin sebuah proyek penting dalam perusahaan.

Sehingga posisi project manager lah yang dapat berperan besar dalam menentukan kesuksesan pada sebuah proyek yang sedang dikerjakan. Lantas, apa aja skill dan challenge yang harus dimiliki dan dihadapi seorang project manager?

Setelah mengetahui definisi secara umum mengenai profesi project manager. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!

Punya profesi project manager harus kuasai skill ini!

Dalam kesehariannya, tugas utama project manager adalah memastikan agar setiap proyek berjalan lancar sesuai deadline yang ditentutkan. Untuk itu diperlukan skill khusus. Inilah beberapa skill yang paling penting untuk dikuasai dan dimiliki pada seorang project manager!

1. Komunikasi dan kepemimpinan

profesi project manager
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Komunikasi menjadi salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh project manager. Pasalanya, kamu akan sering berhubungan langsung dengan tim atau bahkan klien.

Menjadi project manager juga harus mengetahui bagaimana cara mengarahkan anggota timnya untuk menyelesaikan tugas dan memotivasinya agar selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Sehingga sifat kepemimpinan sangatlah penting.

2. Kemampuan negosiasi juga sangat diperlukan

Project manager akan sering berhubungan langsung dengan supplier, klien, dan stakeholder guna membahas proyek. Sehingga kemampuan bernegosiasi sangat bermanfaat.

3. Manajemen tim, waktu, dan risiko

`Manajemen tim, waktu, dan risiko menjadi sebuah poin skill penting untuk dapat membuat sebuah tim atau proyek yang dikerjakan dapat selesai dengan lancar dan hasil yang memuaskan.

4. Project manager dituntut untuk melek teknologi

Teknologi yang semakin canggih, tentunya dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas saat mengerjakan sebuah proyek. Sehingga sangat penting untuk mengetahui teknologi terkini yang bermanfaat untuk tim.

Kamu juga bisa menjadikan proyek-proyek tersebut sebagai portfolio, seperti portofolio dalam bentuk website. `Kamu dapat memulainya melalui Jagoan Hosting, karena Jagoan Hosting memberikan layanan cloud hosting terbaik untuk masalah kamu kali ini.

5. Riset dan penyelesaian masalah

Ahli melakukan riset menjadi skill yang penting dalam menyelesaikan sebuah masalah. Sehingga project manager dapat memberikan solusi bagi tim yang sedang kesusahan dalam mengerjakan proyek.

Seru sih, tapi profesi project manager harus siap atasi challenge ini

profesi project manager
Photo by Lala Azizli on Unsplash

Berprofesi sebagai project manager bukanlah yang mudah. Namun, selagi kamu memiliki kemampuan dan skill yang mumpuni maka akan terasa lebih mudah. Apa saja challenge yang akan dihadapi seorang project manager, Sob?

1. Kurangnya komunikasi dalam tim bisa mengacaukan proyek

Komunikasi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam mengerjakan proyek. Hal inilah menjadi tantangan terbesar bagi project manager. Yang mana berprofesi sebagai project manager dituntut untuk dapat membuat proyek berjalan dengan lancar.

Terlebih lagi sebagai IT project manager yang bekerja secara remote. Sehingga menimbulkan berbagai kendala dan dapat memicu pekerjaan menjadi tidak efektif. Untuk meminimalisir hal ini maka harus pintar mengatur segala aspek proyek dengan cepat tanggap.

2. Sulitnya beromunikasi dengan stakeholder

Menjalin komunikasi tak hanya penting dalam tim saja, sebab masih ada stakeholder lain yang perlu project manager perhatikan. Pada IT project manager diharap mampu berkomunikasi secara baik meskipun melakukan pekerjaannya dalam sistem remote.

Sebab hal ini dapat membantu dan mempermudah mereka saat akan melakukan transaksi dengan perusahaannya. Interaksi dengan stakeholder dapat berjalan sangat mudah jika mereka menjadi bagian pada proyek tersebut.

3. Perubahan proyek adalah tantangan sewaktu-waktu

Tak jarang pada pengerjaan long project, ada besar kemungkinan bahwa tim akan menghadapi perubahan teknologi. Yang mana menuntut mereka untuk dapat mengerjakannya ulang. Hal inilah yang membuat pekerjaan project manager menjadi lebih rumit.

Berprofesi menjadi project manager memang punya keseruan tersendiri, untuk itu dibutuhkan skill dan kemampuan interpersonal yang baik. Tertarik jadi project manager profesional? Tak perlu takut, sebab Jagoan Hosting memiliki banyak sekali tips yang dapat kamu pelajari!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like