Bukan rahasia lagi kalau project management professional harus mengantongi berbagai skill yang ciamik! Nggak cuma hardskill seperti coding atau designing, tapi juga softskill yang beragam! Nah di antara semuanya, mana skill utama yang harus dikuasai untuk berkarir di bidang project management professional?

Secara garis besar, skill project manager ini perlu banget untuk mencapai goal yang sudah ditentukan bersama. Tentunya sebagai project manager, kamu bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya agar bisa maksimal.

Nggak cuma sumber daya manusia, tapi juga finansial dan teknikal, ya!

Kalau kamu udah niat berkecimpung di dunia project management, tentunya kamu wajib untuk mengetahui skill-skill tersebut. Jagoan Hosting sebagai penyedia cloud hosting terbaik bakal siapin 5 skill utama sebagai project manager yang berkualitas! Check it out!

1. Time management jelas wajib dimiliki project management professional!

Talking about project management means talking about how you get the job done during a certain period. Nggak mungkin jadi project manager turs asal-asalan menyelesaikan tugas, kan Sob!

Inilah kenapa kamu wajib menguasai kemampuan time management. Secara garis besar, kamu harus bisa bikin timeline, pendelegasian tugas agar tepat waktu, sampai time management kehidupan kamu sendiri biar gak amburadul!

2. Team management menjadi skill selanjutnya yang harus diasah

Team management berbeda dengan sekadar nyuruh-nyuruh sebagai bos. Team management berarti kamu mengenali potensi dari masing-masing anggota tim dan sudah merencanakan delegasi tugas apa yang akan diberikan kepada mereka.

Tujuannya tentu saja agar tugas ditangani oleh spesialisnya, bukan?

Nah, kalau sudah begini, kamu juga harus belajar bekerja sebagai tim, ya! Konflik tim, bekerja sama, hingga memotivasi antar anggota tim harus bisa kamu tangani dengan baik.

3. Technical savvy juga, ya!

otomasi perkantoran
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Walaupun project management professional mungkin akan lebih banyak berkutat dengan timeline atau budgeting, bukan berarti kamu menyerahkan semuanya kepada tim software development saja.

Kamu juga harus bisa memahami konsep-konsep teknologi yang digunakan pada pengembangan. Tech savvy juga bisa membantu kamu menemukan aplikasi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas tim kamu!

Sebagai contoh, kamu harus tahu bahwa cloud hosting berkualitas akan menentukan kinerja website kamu. Jangan tanggung-tanggung, cobain cloud hosting terbaik dari Jagoan Hosting. Kami memiliki layanan Mix and Match terbaru agar bisa menyesuaikan budget dan sumber daya kamu, Sob!

4. Problem-solving harus sudah diasah mulai dari sekarang

Skill project management professional selanjutnya adalah problem-solving. Tentunya ini skill wajib, ya Sob!

Kenyataannya, seberapapun sempurna timeline yang sudah kita siapkan, ujung-ujungnya kendala selalu muncul!

Di sinilah skill kamu untuk mengatasi masalah diuji! Gimana caranya supaya project tetap berlangsung dan selesai tepat waktu meskipun terdapat hambatan yang menghalangi.

Selain itu, skill problem-solving juga bakal membantu kamu ketika terdapat request dari klien yang bermacam-macam namun budget tidak memadai. Putar-putar otak, Sob!

5. Tentu saja skill komunikasi harus dipegang kalau berkarier di project management professional

Sekeren apapun plan atau timeline kamu, nggak ada artinya kalau nggak dikomunikasikan dengan baik!

Sebagai project manager, tentulah delegasi tugas hingga penyampaian tujuan project harus dikemas agar semua orang dapat memahami. Kalau cuma membaca tabel saja, anak SD juga bisa Sob! Kamu harus menekankan pentingnya project berjalan tepat waktu ataupun manfaat dari aplikasi yang dikembangkan.

Nggak cuma sebagai seorang leader, kamu juga harus menekankan sifat followership alias menghargai pendapat orang lain. Leader yang baik bukan nyuruh-nyuruh, tapi memfasilitasi.

Dan ketika anggota tim kamu comes up with a new idea, kamu juga bisa mengikuti dan memberikan kesempatan kepada dia sebagai pemimpin.

Sudah siap menjadi project management professional dengan 5 skill di atas? Jangan lupa untuk mengelola sumber daya dengan baik dan tepat guna, Sob! Seperti Cloud Hosting Mix and Match yang spesifikasinya bisa disesuaikan kebutuhan kamu. Just pay with what you get, nggak perlu takut over budget karena fitur yang nggak kepakai!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like