Bagi seorang pebisnis, mempelajari cara membangun brand adalah langkah penting dalam menciptakan brand awareness.

Ya, dengan adanya brand awareness, sebuah brand akan lebih mudah dikenal dan memiliki pengaruh yang tak lekang waktu di mata pelanggannya.

Nah, untuk membantumu membuat reputasi brand yang baik, yuk simak langkah-langkah membangun brand di uraian berikut ini. Check it out!

Apa itu Brand?

Brand adalah gabungan dari simbol, tanda, dan rancangan produk atau jasa. Secara lebih lanjut, brand adalah identitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen.

Yup, identitas inilah yang menjadi pembeda antara satu brand dengan brand lainnya.

Definisi lain menyebutkan bahwa brand adalah ciri khas sekaligus karakteristik dari suatu produk atau jasa di antara kompetitornya.

Nah karena adanya kompetitor inilah, kamu perlu mempersiapkan cara membangun brand yang kuat untuk menciptakan bonding dengan konsumen.

Di sisi lain, menerapkan cara membangun brand yang kuat juga akan membuat produk atau jasamu lebih mudah diingat oleh konsumen sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

Bahkan menurut data Forbes, brand yang secara rutin dan konsisten memperkenalkan dirinya pada semua platform berpotensi meningkatkan penjualan hingga 23%.

Sampai di sini, sudah paham kan pentingnya membangun brand yang kuat, Sob?

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan & Punya Prospek!

Cara Membangun Brand yang Kuat

Untuk membangun kekuatan brand, tentu kamu perlu melakukan sejumlah hal yang tentunya bukan perkara mudah, apalagi untuk bisnis rintisan.

Namun tenang saja, berikut akan Jagoan Hosting jelaskan bagaimana cara membangun brand yang baik. Jadi tanpa perlu berlama-lama, check it out!

1. Tentukan Tujuan Bisnis

Pertama, cara membangun brand yang kuat dimulai dari menentukan tujuan bisnismu, Sob.

Nah, kamu bisa menemukan tujuan bisnis secara lebih mudah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Bisnis apa yang ingin kamu jalankan?
  • Produk atau jasa apa yang ingin kamu jual?
  • Siapa target konsumen produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Apakah konsumen membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Siapa kompetitor produk atau jasa yang kamu tawarkan?

2. Tentukan Target Pasar

Langkah berikutnya adalah menentukan target pasar yang potensial bagi bisnismu.

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools untuk mencari dan menganalisa pasar, salah satunya yaitu dengan menggunakan Google Analytics

Agar target pasar lebih maksimal dan tepat sasaran, kamu juga bisa melakukan survei tentang produk atau jasa saat menerapkan cara membangun brand ini.

3. Buat Nama Brand

Cara membangun brand yang kuat tentu tidak terlepas dari langkah krusial berikut. Yup, kamu harus bisa membuat nama brand yang tentunya catchy dan mudah diingat.

Namun perlu diingat, pastikan juga bahwa nama brand yang kamu buat tersebut selaras dengan tujuan dan lini bisnismu ya, Sob.

4. Desain Logo Brand

Nah setelah berhasil membuat nama, maka selanjutnya, kamu juga perlu menentukan desain logo brand.

Yup, membuat logo merupakan salah satu cara membangun brand yang mana dalam proses pembuatannya, kamu perlu menyesuaikannya dengan tujuan dan karakter bisnismu, Sob.

Di samping itu, usahakan juga untuk membuat logo yang unik dan memiliki filosofi khusus agar mudah dikenal serta diingat oleh calon konsumen.

5. Buat Slogan

Setelah membuat nama dan logo brand, hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membuat slogan.

Sebagai catatan, buatlah slogan yang singkat dan tidak terlalu panjang agar mudah diingat oleh konsumen.

Pastikan juga agar slogan tersebut dapat merepresentasikan bisnismu, Sob. Perlu diingat, keberadaan slogan ini merupakan salah satu cara membangun brand yang perlu kamu perhatikan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Headline yang Menarik dan Memancing Penasaran

6. Lakukan Branding ke Semua Media Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melakukan branding ke semua platform dapat memperbesar peluang untuk meningkatkan pendapatan.

Maka dari itu, hal ini termasuk ke dalam cara membangun brand yang juga perlu kamu lakukan, Sob.

Tampilkan brand-mu pada semua platform, mulai dari website, media sosial, foto produk, toko online, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, kamu bisa memperkuat posisi brandmu lebih dekat dengan calon konsumen.

7. Buat Konten yang Relevan dan Mengikuti Tren

Kemudian, di samping mempromosikan ke semua platform, cara membangun brand juga dapat dilakukan dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Usahakan agar kontenmu tidak hanya berisikan promosi, namun juga membahas seputar hal-hal menarik seperti tips dan trik yang dibutuhkan oleh konsumen.

8. Menjadi Unik dan Menarik

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membangun brand yang baik, maka jawaban singakatnya yaitu jadilah unik dan menarik di mata konsumen.

Yup, temukan apa yang kira-kira membuat brand milikmu unik dan tampilkanlah melalui media sosial maupun website agar konsumen tahu.

9. Konsisten

Last but not least, cara membangun brand yang kuat juga harus dilakukan secara konsisten, Sob.

Misalnya, jika menggunakan logo berwarna kuning, maka kamu harus menggunakannya terus-menerus. Sebab, warna tersebut merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh brand.

Usahakan juga untuk terus konsisten membuat konten-konten berkualitas dan original, Sob. 

Hal ini penting agar tidak kehilangan visitor dan kamu juga bisa menawarkan produk atau jasamu melalui konten tersebut.

Baca juga: 5 Cara Promosi Produk yang Efektif Bantu Tingkatkan Penjualan

Instrumen Penting dalam Membangun Brand Image

Setelah mengetahui bagaimana cara membangun brand yang baik, maka selanjutnya kamu perlu memahami apa saja instrumen penting di dalamnya.

Adapun beberapa instrumen penting dalam membangun brand image adalah sebagai berikut.

1. Konten

Di era yang serba digital ini, membuat konten telah menjadi salah satu instrumen penting dalam membangun brand image.

Nah seperti penjelasan sebelumnya, usahakan agar konten yang kamu buat tidak selalu berisi promosi, namun juga dapat menciptakan informasi, edukasi, bahkan hiburan untuk menarik calon pelanggan. 

Sebagai contoh, jika memiliki brand fashion, kamu bisa membuat konten seputar tips ataupun ide mix and match outfit yang tepat, informasi seputar tren busana terkini, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, audiens akan tertarik dan tergerak untuk melakukan pembelian, Sob.

2. Sosial Media

Sosial media kini memang menjadi salah satu instrumen brand image yang cukup efektif. Maka dari itu, cara membangun brand juga perlu dilakukan melalui social media marketing

Dengan menggunakan sosial media, kamu bisa berinteraksi dan membangun kedekatan dengan pelanggan secara langsung, sehingga brand image pun akan meningkat.

3. PR

Instrumen brand image yang terakhir adalah dengan PR (Public Relation). PR sendiri adalah divisi yang bertugas untuk memasarkan produk atau jasa melalui press release seperti blog online, media cetak, dan lain sebagainya. 

Tentunya dari banyak pemberitaan tersebut, konsumen bisa tahu lebih banyak informasi seputar bisnismu.

Itulah sebabnya, menggunakan PR merupakan salah satu cara membangun brand yang efektif untuk dicoba.

Nah, itulah penjelasan dan langkah-langkah dalam cara membangun brand yang kuat. 

Ternyata selain langkah-langkah tersebut, diperlukan juga beberapa instrumen pendukung seperti konten, sosial media dan public relation.

Terakhir, jika kamu ingin mendapat insight lebih lanjut seputar teknologi, silakan kunjungi artikel lain di blog Jagoan Hosting, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like