7 Rekomendasi Buku Untuk Programmer Biar Ngoding Kamu Makin Jago

Rekomendasi Buku Untuk Programmer

Sangat penting membaca buku, bahkan untuk programmer sekalipun masih membutuhkan sebuah buku untuk menambah ilmu terutama buat programmer pemula. Nah kali ini mimin akan membagikan rekomendasi buku untuk programmer yang membuat skills ngodingnya makin jago.

Mempelajari beberapa bahasa pemrograman dan Mengasah keahlian sebagai seorang programmer bukanlah tugas yang mudah. Terutama ketika kamu menemukan masalah atau case yang sulit untuk di pecahkan, Nah ketika kamu berada di posisi tersebut, Kamu bisa mencari solusi di beberapa buku, Berikut refrensi Buku Untuk Programmer yang bisa membantu kamu memecahkan masalah dan case sulit.

1. The Pragmatic Programmer

Buku Pemrograman The Pragmatic Programmer Book
Cover Buku The Pragmatic Programmer Book | image via : amazon.com

“The Pragmatic Programmer” By Andrew Hunt and Dave Thomas. Buku ini sangat cocok untuk semua programmer, baik yang masih pemula maupun sudah expert. Sesuai dengan judulnya, Buku Pemrograman ini akan mengubah pandangan dan kepribadianmu tentang pemrograman. Setelah membaca buku ini, Kamu akan menemukan banyak hal baru dan akan membuat kamu menjadi programmer yang lebih baik.

Yang sangat menarik dari buku ini yaitu pada isi bukunya, Buku ini tidak berfokus pada bahasa pemrograman tertentu, Melainkan membahas lebih luas tentang bahasa pemrograman. Walaupun tidak berfokus pada bahasa pemrograman tertentu, Isi dari buku ini sangat mudah dimengerti.

Didalam buku ini kamu akan menemukan hal-hal kritis yang dianggap serius oleh seorang programmer dan bagaimana menemukan solusi pada sebuah case. Kamu akan belajar melakukan eksplorasi pada pemrograman, Pemilihan alat, memisahkan model dari pandangan, manajemen tim, dan bagaimana meminimalkan duplikasi di antara banyak topik lainnya.

2. Introduction to Algorithms

Buku Untuk Programmer Introduction Algorithm
Cover Buku Introduction Algorithm | Images via : pinterest.com

“Introduction to Algorithms” By Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Ronald L. Rivest, and Clifford Stein. Buku ini sangat penting bagi setiap programmer yang serius tentang pengembangan karir mereka. Buku untuk programmer ini berisi mengenai struktur data dasar dan algortima yang menjadi kunci dalam pemrograman.

Cek Konten Lainnya:
Cara Cek Kecepatan Website dan 10 Tools Terbaiknya

Jika kamu memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer, kemungkinan besar tahu dan paham mengenai buku ini. Buku ini berisi tentang dasar dari pemrograman secara luas dan mendalam, Sehingga mudah dimengerti oleh pemula, Maka dari itu buku ini sering dijadikan sebagai standard para expert dan digunakan banyak universitas di seluruh dunia..

Buku ini berisi tentang bagaimana kamu bisa memecahkan masalah dengan study case dalam bentuk kodesemu yang mudah dimengerti. Sehingga buku ini sangat cocok buat kamu yang baru terjun kedunia pemrograman.

Buku ini memeiliki beberapa edisi, Edisi pertama berisi tentang pembahasan secara luas tentang struktur data dasar dan algorithma. Untuk edisi kedua berisi mengenai peran algoritma, analisis probabilistik dan algoritma acak, dan pemrograman linier. Sedangkan untuk edisi ketiga berisi tentang struktur van Emde Boas trees and algoritma multithreaded.

3. The Art of Computer Programming: Volume 1

“The Art of Computer Programming: Volume 1 Fundamental Algorithms” By Donald E. Knuth. Buku ini memiliki beberapa volume, Untuk Volume 1 atau yang pertama membahasa mengenai fundamental algoritma.

Yang menarik dari buku ini adalah adanya kumpulan masalah luar biasa yang sering dihadapi oleh programmer dan bagaimana memecahkan masalah tersebut.

Buku ini juga memberikan pemahaman konsep seputar topik masalah yang ada. Buku pemrograman ini bukan hanya berisi tentang case yang sulit, Melainkan memberikan latihan berbagai studycase masalah klasik. Sehingga kamu dapat belajar pemrograman dari studycase tersebut untuk meningkatkan skill coding kamu.

Didalam buku ini juga menawarkan landasan yang baik dalam berbagai alat matematika yang berguna: seperti teknik bukti, kombinatorik, dan teori bilangan dasar. Buku ini banyak sekali memberikan informasi yang sangat kamu butuhkan dalam mengembangkan skill koding kamu.

Cek Konten Lainnya:
Plan Poker: Bantu Mengestimasi Item Product backlog Saat Planning Meeting

4. Algorithms to Live By

“Algorithms to Live By: The Computer Science of Human Decisions” By Brian Christian and Tom. Buku untuk programmer ini sangat cocok yang belum paham betul mengenai Algoritma, Para penulis buku ini membuat hubungan yang sangat cemerlang antara psikologi manusia dan ilmu komputer, Bagaimana menghubungkan pemikiran di balik beberapa algoritma dengan masalah sehari-hari.

Dari sedikit penjelasan di atas bisa simpulkan jika wawasan dari algoritma komputer dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Dengan membaca buku ini dapat membantu kamu dalam memecahkan masalah pengambilan keputusan bersama dan menerangi cara kerja pikiran manusia.

Bagi kamu seorang programmer yang meragukan penerapan konsep yang kamu pelajari berada di luar penulisan kode pada komputer, Kamu bisa mempelajari dengan membaca buku ini tentang bagaiamana algoritma bisa mengatasi masalah sehari – hari.

Jadi dari buku ini algoritma dan struktur data bukan hanya berfungsi ketika kamu sedang melakukan coding untuk membuat program, Melainkan kamu dapat menggunakannya dalam konteks di luar editor teks.

5. Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software

“Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software” by Charles Petzold. Ketika membaca buku ini, Kamu akan paham bagaimana buku ini mengajari kita cara-cara cerdas untuk memanipulasi bahasa dan menemukan cara baru untuk berkomunikasi satu sama lain.

Isi buku ini sangat bagus, Karena isi dari buku tersebut diilustrasikan dengan cerdas dan sangat mudah dipahami. Saat membaca buku ini, Kamu akan menemukan dan memperoleh konteks nyata untuk memahami dunia PC, media digital, dan Internet saat ini.

Kamu juga akan tahu bagaimana kecerdikan dan dorongan manusiawi untuk terus berkomunikasi telah membuat dan mendorong inovasi teknologi selama dua abad terakhir. Dan buku ini akan membuat kamu terpesona bahkan kamu bisa menjadi seorang technophile.

Cek Konten Lainnya:
40+ Contoh Nama Domain untuk Bisnis dan Toko Online

6. Cracking the Coding Interview

“Cracking the Coding Interview” By Gayle Laakmann McDowell. Buku ini kurang cocok bagi pemula, Buku ini berfokus pada seseorang yang ingin berkembang. Buku ini berfokus pada struktur data dan agoritma, Sedangkan buku ini berfokus pada bahasa Pemrograman JAVA, dan terdapat beberapa chapter tentang bahasas C++. Namun buku ini bisa digunakan dan dimengerti secara universal.

Buku ini berisi tentang bagaimana kamu mempersiapan wawancara yang kamu butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan pengembang perangkat lunak. Buku ini berfokus pada Software Engginering Skills untuk mempercepat wawancara kamu dalam memdapatkan pekerjaan.

Itulah mengapa bisa disebut Buku untuk programmer, Karena memang buku ini diciptakan khusus untuk programmer yang ingin mengembangkan skillsnya. Didalam buku pemrogrman ini terdapat 150 Pertanyaan dan Solusi pemecahan Pemrograman yang bisa kamu pelajari untuk mengembangkan skill coding kamu.

7. The Mythical Man-Month

“The Mythical Man-Month” by Frederick P. Brooks Jr. buku ini mencakup topik-topik mengenai manajemen proyek, pengembangan perangkat lunak, kesalahan yang harus dihindari, kontrol kualitas, dan lainnya. Buku programmer ini sangat cocok buat kamu yang sedang membangun atau mengelola proyek.

Buku untuk programmer ini akan membuat kamu akan mengenal lebih luas tentang perspektif keberhasilan dan kegagalan saat kamu membuat sebuah tim untuk mengelola proyek. Di buku ini kamu akan belajar bagaimana menerapkan ilmu disiplin saat bekerja dalam tim.

Buku ini sangat bagus untuk dibaca dan kamu bisa merekomendasikan secara halus kepada manajer atau pimpinan kamu. Karena buku ini sangat cocok untuk diterapkan pada sebuah tim atau organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
blogspot
Read More
Apa itu Blogspot? Ini Fungsi & Cara Membuatnya
Rasanya, sudah banyak yang tahu bahwa blogspot adalah salah satu platform membuat website paling populer di kalangan orang-orang…
profesi back end developer
Read More
Backend Developer: Tugas, Gaji, dan Skill yang Dikuasai
Buat Sobat yang kepo dengan besar gaji backend developer di Indonesia, ayo merapat! Kali ini kita akan membahas…