14+ Aplikasi Pembuat Website Gratis Terbaik Tanpa Coding

aplikasi pembuat website

Kian hari, perkembangan teknologi tampaknya semakin mudah untuk dinikmati. Misalnya saja dalam hal pembuatan website. Jika dulu orang harus menguasai coding, kini ada banyak aplikasi website dengan berbagai fitur menarik yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Menarik, bukan?

Nah, jika kamu memang berencana untuk membuat website sendiri, berikut Jagoan Hosting merangkum beberapa rekomendasi aplikasi terbaiknya. Simak sampai habis dan catat baik-baik ya, Sob!

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Website

Seiring perkembangan internet saat ini membuat penggunaan website juga semakin populer dan banyak diminati oleh pemilik bisnis maupun pribadi. Perkembangan inilah yang membuat banyaknya pilihan software atau aplikasi untuk membuat website.

Jadi, apa itu aplikasi website? Umumnya aplikasi website adalah aplikasi yang mudah digunakan dan tanpa harus melakukan coding. Artinya siapapun bisa membuat website sendiri dengan menggunakan aplikasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Nah, buat kamu yang ingin mengembangkan website untuk keperluan bisnis maupun portofolio, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi rekomendasi Jagoan Hosting berikut.

1. Google Sites

Rekomendasi aplikasi website builder yang pertama adalah Google Site. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat website tanpa harus melakukan coding. Sehingga kamu tidak perlu memiliki skill seperti, HTML, CSS, PHP, atau JavaScript sekalipun, Sob.

Penggunaan aplikasi Google Site juga cukup mudah, lho! Dengan hanya drag and drop kamu bisa mengatur layout, melakukan desain website dan lain-lain sesuai kebutuhan websitemu.

Untuk menggunakan aplikasi website builder ini, kamu cukup memiliki akun Google Service, setelah itu akses ke sites.google.com untuk membuat halaman landing page website.

2. Adobe XD

Aplikasi website builder yang dikembangkan oleh Adobe memiliki fitur yang berguna untuk membuka dan mengedit file dari sketch. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan website, membuat prototipe dari aplikasi Android maupun iOS.

Kelebihan Adobe XD adalah memiliki fitur dengan desain multi platform seperti Android, iOS, dan website. Kemudian aplikasi berikut juga terkoneksi dengan Adobe Library. Buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop dan Illustrator kemungkinan kamu akan mudah mengoperasikan Adobe XD.

Baca juga: Developer Website Kumpul! Ini 3 Hal Penting Saat Membuat Website

3. WordPress

WordPress adalah salah satu aplikasi website paling populer dan banyak digunakan saat ini. Namun, sebenarnya WordPress ini tidak berbentuk seperti aplikasi, tetapi lebih berbentuk file dan merupakan layanan website instant.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat File ZIP di Windows, MAC, & Android

Untuk mengembangkan website dengan WordPress juga terbilang cukup mudah lho, Sob. Kamu hanya butuh mengkombinasikan plugin page builder seperti Divi dan Elementor.

4. Bluefish

Bluefish adalah salah satu aplikasi website builder yang memiliki panel editor super canggih. Panel ini biasanya digunakan para programmer dan developer web untuk mengembangkan basis antarmuka.

Aplikasi Bluefish lebih fokus pada bahasa pemrograman HTML, namun juga mendukung bahasa pemrograman lainnya seperti, Java, Javascript, SQL, XML dan juga CSS. Keunikan Bluefish adalah menjadi aplikasi website dengan ukuran terkecil, namun bisa dijalankan dengan multi platform.

5. Wix

Selain WordPress, Wix juga menjadi aplikasi website builder yang paling banyak digunakan saat ini. Hal tersebut dikarenakan pengoperasian Wix cukup mudah dari mulai mengatur tampilan atau desain, dan memiliki berbagai widget yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kelebihan dari Wix adalah memiliki banyak pilihan template yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Dengan Wix, kamu bisa membuat website company profile, portofolio maupun toko online dengan mudah.

6. Kompozer

Contoh aplikasi website builder berikutnya adalah Kompozer. Kompozer juga bisa mengembangkan website tanpa perlu melakukan coding. Ketika menggunakan Kompozer, kamu akan diberikan beberapa pilihan desain website, dan kamu bisa memilih sesuai dengan pilihan dan kebutuhanmu.

7. Adobe Dreamweaver

Sebagai aplikasi pembuat website, Adobe Dreamweaver menawarkan banyak fitur yang cukup bermanfaat untuk desainer dan programmer. Aplikasi website satu ini juga diciptakan untuk membantu siapa saja yang baru mengembangkan website.

Adobe Dreamweaver adalah contoh aplikasi yang banyak direkomendasikan untuk pengembangan website. Salah satu alasannya adalah karena Dreamweaver juga bisa menghemat waktu dalam merancang website untuk desktop, tablet dan juga mobile.

Baca juga: SEO WordPress, Biar Website Jadi Ramai Pengunjung

8. InVision Studio

InVision Studio menjadi salah satu aplikasi pembuat website yang saat ini sudah jarang digunakan. Meskipun begitu, beberapa pengembang website masih menggunakannya untuk mengkonversi website dengan gaya tradisional menjadi lebih modern dan kekinian.

Hal ini dikarenakan InVision Studio memiliki banyak fitur yang membantu kinerja pengembang website jauh lebih mudah. Selain itu tampilan dan pengoperasiannya juga lebih user friendly dibandingkan aplikasi lainnya.

9. Zyro

Zyro adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembangkan website dengan mudah tanpa harus melakukan coding secara manual. Zyro juga dilengkapi dengan 160 lebih template yang beragam dan siap digunakan sesuai dengan pilihanmu, Sob!

Cek Konten Lainnya:
Belajar Pemrograman Web? Ketahui Semua Hal Dasarnya di Sini

10. Squarespace

Squarespace juga menawarkan fitur untuk membuat website tanpa harus melakukan coding secara manual. Squarespace dapat dioperasikan melalui platform Android. Aplikasi website ini cukup responsif ketika dioperasikan.

Squarespace mendukung kemudahan untuk melakukan kustomisasi template, memiliki fitur SEO, dan fitur toko online yang bisa mendukung proses jual beli.

11. Bootstrap

Bootstrap adalah aplikasi website builder yang memiliki fitur container responsive untuk menentukan jumlah kolom pada breakpoint secara efektif dan efisien. Bootstrap juga memiliki fitur untuk sinkronisasi komponen-komponen Bootstrap lainnya. Informasi seputar Bootstrap bisa kamu baca melalui artikel Bootstrap Adalah: Pengertian, Cara Menggunakan, Plus Minusnya.

12. Weebly

Weebly adalah contoh aplikasi website builder yang tidak hanya menawarkan fitur untuk mengembangkan website, tetapi juga dilengkapi dengan Content Management System.

Selain itu Weebly dilengkapi beragam tema unik dan menarik. Weebly juga bersifat autosave sehingga kamu tidak perlu khawatir karena datamu tetap akan tersimpan saat jaringan internet terputus. Kamu bisa menggunakan aplikasi website builder Weebly untuk membuat website pribadi maupun bisnis.

13. Atom Text Editor

Contoh aplikasi satu ini juga disebut dengan open source yang bisa digunakan untuk mengembangkan, mendesain, dan juga memodifikasi website. Atom Text Editor juga cukup mudah digunakan, kamu hanya perlu drag and drop, Sob!

Meskipun cukup mudah, namun aplikasi ini membutuhkan modifikasi beberapa kode ketika melakukan desain website.

14. CoffeeCup HTML Editor

CoffeeCup HTML adalah contoh aplikasi yang bisa menjadi pilihan kamu dalam mengembangkan website untuk kebutuhan pribadi maupun profesional. Aplikasi website ini gratis dan bisa digunakan oleh semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa hingga karyawan, lho!

15. PageBreeze

PageBreeze adalah aplikasi website builder yang digunakan untuk mengedit HTML. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pilihan para programmer hingga mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi editor HTML terbaik.

PageBreeze berfokus pada kemudahaan bagi usernya. Fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh PageBreeze adalah Editor HTML visual, editor visual freeware yang memiliki beragam sumber warna, ratusan template web gratis, dan juga terintegrasi dengan basis data.

16. Sitemaya

Contoh aplikasi website rekomendasi Jagoan Hosting terakhir adalah Sitemaya. Sitemaya menawarkan beragam template premium yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan drag and drop tanpa harus melakukan coding manual. Selain itu, Sitemaya menjamin pengoperasiannya cepat, diakses tanpa batas ruang dan waktu, dan menawarkan gratis SSL.

Komponen untuk membuat website

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi website yang dirangkum oleh Jagoan Hosting. Sebelum membuat website, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu komponen penyusun website. Berikut adalah 2 komponen utama website yang perlu dimiliki agar berjalan dengan baik.

Cek Konten Lainnya:
5 Tips Meningkatkan Keamanan Data Pribadi di Cloud

1. Domain

Komponen website yang pertama adalah domain. Domain dianalogikan sebagai alamat rumah. Dengan memiliki domain, maka website bisa diakses dengan mudah serta tidak menyulitkan pengunjung jika dibandingkan dengan penggunaan alamat IP.

Komponen ini juga penting dimiliki oleh website karena berguna untuk memberikan kategori website, misalnya untuk sekolah bisa menggunakan sch.id, untuk komersial bisa menggunakan .COM, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Domain kamu bisa didapatkan di Jagoan Hosting, mulai Domain ID hingga TLD Domain Murah.

2. Hosting

Komponen website berikutnya adalah hosting. Hosting sendiri memiliki fungsi sebagai tempat berbagai data, seperti CMS, foto, artikel dan lain sebagainya. Komponen ini sangat penting bagi website karena memungkinkan website bisa online dan diakses dari jarak jauh.

Hosting bisa kamu dapatkan dengan cara menyewa pada penyedia layanan hosting. Usahakan kamu memilih penyedia layanan hosting terbaik karena kualitas hosting akan mempengaruhi berjalannya website yang dikembangkan.

Itulah 2 komponen utama untuk membuat website, ada domain dan hosting. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan 2 komponen tersebut di Jagoan Hosting. Dengan menggunakan domain murah dari Jagoan Hosting kamu bisa mendapatkan harga lebih murah, seperti .COM. Dan kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi domain yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Soal hosting jangan diragukan lagi, Jagoan Hosting jagonya! Dengan hosting murah kamu hanya perlu modal 9rb rupiah per bulan untuk berlangganan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan fitur DIVI Premium secara gratis. Menarik kan, Sob?

Alternatif Aplikasi Pembuat Website yang Instan

aplikasi pembuat website

Selain 15 rekomendasi aplikasi pembuat website di atas, Jagoan Hosting juga punya platform pembuatan website yang instan dan siap pakai. Platform website instan ini berbasis WordPress dan punya banyak fitur seperti AI Content Generator, Yoast SEO Premium, Ratusan Template Premium dan Garansi Load Time 5 detik.

Kamu bisa dapatkan platform website instan ini di produk Website Instan atau di Produk WordPress Hosting mulai dari 39rb/bulan.

Itu dia 15 rekomendasi aplikasi pembuat website yang bisa kamu manfaatkan. So, tak perlu jago coding kan untuk dapat membuat situs sendiri? Eits, tetap jangan lupakan komponen utama untuk membuat website ya!

Kalau masih bingung, langsung konsultasikan saja dengan tim Jagoan Hosting. Tersedia berbagai pilihan paket dengan harga terjangkau, cek sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
UI UX
Read More
Apa itu UI UX? Komponen, Contoh, & Tugasnya
UI UX adalah hal yang tak asing sekaligus sangat penting dalam pengembangan suatu website dan aplikasi. UI merupakan…
Read More
Tutorial SSL: Cara Menggunakan Certbot Standalone Mode Encrypt Sertifikat SSL
Tahukah Anda, Let’s Encrypt adalah layanan yang menawarkan SSL gratis melalui API otomatis yang akan membantu mengamankan Hosting…