Meningkatkan optimasi buat website caranya bisa banyak banget, Sob. Salah satunya dengan menulis blog. Eits, tapi bukan cuma asal tulis ya. Tulisannya harus pakai SEO Wordpres. Mimin bakal sharing soal SEO WordPress yang harus kamu ikuti kalau mau website ramai pengunjung!

Kenalan sama SEO

SEO WordPress
gambar dari unsplash

Sobat Jagoan Hosting pastinya sudah tau dong apa itu SEO? Iya, SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang dilakukan untuk mengoptimasi website supaya dapat peringkat teratas di mesin pencarian. Jadi pas orang lagi cari sesuatu, website kamu muncul di halaman pertama.

Tapi tentu apa yang dicari harus relevan dengan isi di website juga, ya. Biar website-mu bisa mendapatkan traffic yang lebih banyak. Jadi makin lebih dikenal deh!

Mesin pencari kayak Google, Bing, atau Yahoo ini pakai algoritma-algoritma tertentu. Bahkan algoritma-nya selalu update setiap hari. Makanya, pengaplikasian SEO WordPress tuh penting banget untuk sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Cara pakai SEO: lewat WordPress

WordPress adalah salah satu platform yang digunakan untuk membuat website dengan mudah. WordPress menawarkan CMS atau Content Management System yang bisa digunakan dalam pengoptimalan SEO.

Software yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little ini menjadi platform CMS paling populer di seluruh dunia. Terbukti karena sudah 30% website di seluruh dunia menggunakannya. Yang perlu di-highlight ternyata yang pakai perusahaan besar semua, Sob. Bahkan para penyanyi tersohor dunia juga pakai!

Selain bersifat open source, WordPress juga menyediakan plugin yang bisa digunakan user-nya untuk menambahkan fitur sesuai kebutuhan di website. In one click, kamu bisa pakai fitur-fitur tersebut! Kalau gitu, nggak heran deh, kenapa WordPress jadi pilihan utama. User friendly abis!

SEO WordPress Jadi Andalan Kita Semua

Karena dari awal tujuan Matt dan Mike membuat WordPress adalah menggantikan cafeblog, makanya WordPress juga dipakai untuk menyimpan konten seperti tulisan. Nah, oleh para pembuat website, hal ini digunakan untuk saling mengenalkan karya-karya terbaik.

Dengan menggunakan SEO WordPress, karya-karya-mu bakalan naik dan diketahui banyak orang. Nah, sekarang Mimin mau bagi-bagi tips gimana caranya biar website kamu ramai visitor ya, Sob!

Install Plugin SEO WordPress

Ternyata terdapat banyak plugin yang bisa digunakan untuk mengoptimasi website. Nggak perlu memaksa pakai yang berbayar ya, Sob, Pakai yang gratis juga tetap bisa. Asalkan plugin yang terpasang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya untuk optimasi SEO website, kamu pakai Yoast SEO. Untuk lebih lanjut, kamu bisa coba beberapa plugin yang pernah Jagoan Hosting bahas sebelumnya di sini!

Optimalkan “Printilan” Konten

Ternyata bikin konten itu bukan cuma sekedar bikin – revisi – jadi. Nggak, Sob. Musti detail banget nih printilan konten SEO WordPress. Sebelum menulis, riset keyword biar sesuai dengan SEO yang dituju. Jangan lupa buat aktifkan search engine visibility-nya!

Konten sudah jadi? Pastikan ada hyperlink dalam konten biar CTR ke link yang dituju juga bisa bertambah. Oh iya, boleh juga kamu buat post-nya terintegrasi dengan Google Analytics. Kamu jadi bisa pantau statistiknya deh!

Kenali SEO yang ingin kamu fokuskan

Ada dua jenis SEO: On Page dan Off Page. Kalau SEO On Page itu yang ada dari website sendiri. Jadi usahakan kualitas konten terjaga biar visitornya betah, Sob. Nah, kalau SEO Off Page itu link yang bertaut dari website lain ke website kita. Semakin banyak yang nge-link, Google menilainya makin bagus.

Usaha lain yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi website adalah dengan menggunakan hosting yang oke. Coba deh pakai layanan Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like