Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

11 Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Mendongkrak Pagerank Websitemu!

Memiliki website yang menempati pagerank di halaman terdepan pada search engine merupakan idaman setiap pemilik website. Agar dapat menjajaki pagerank nomer satu di search engine, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu hal yang tak boleh ketinggalan, tentu saja adalah SEO. Apabila kamu merupakan pengguna WordPress, maka ada beberapa plugin SEO WordPress yang dapat meningkatkan SEO dan mendongkrak pagerank websitemu di search engine. Kali ini, Jagoan Hosting akan membahas mengenai daftar plugin SEO WordPress yang bisa kamu pilih untuk website WordPress-mu. Check this out!

1. Yoast SEO (Gratis & Berbayar)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Interface plugin Yoast SEO – via wordpress.org

Plugin SEO WordPress rekomendasi Jagoan Hosting yang pertama adalah Yoast SEO. Dilansir dari situs resmi WordPress.org, Yoast menjadi salah satu plugin SEO WordPress terpopuler, lho. Hingga tulisan ini dirilis, Yoast SEO telah diinstall di lebih dari 5 juta website aktif di seluruh dunia.

Tak heran, banyak orang menjatuhkan pilihan pada plugin SEO WordPress satu ini, karena Yoast memiliki fitur powerfull dan user – friendly. Bahkan, bagi kamu yang masih pemula dalam optimasi SEO. Dengan interface yang mudah dipahami, Yoast SEO memungkinkanmu untuk menambahkan SEO Title, Slug URL, Meta Description & Meta pada setiap artikel maupun halaman yang akan kita publish. Hebatnya lagi, Yoast SEO juga memiliki fitur yang dapat menuntunmu untuk mengoptimasi keyword, SEO Title, Slug URL, Meta Description & Meta Description, seperti gambar diatas.

2. All in One SEO Pack (Gratis & Berbayar)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Interface plugin All in One SEO Pack – via wordpress.org

Plugin SEO WordPress yang tak kalah populer lainnya adalah All in One SEO Pack. Bagaimana tidak? hingga tulisan ini dirilis, berdasarkan situs resmi WordPress.org, All In One SEO Pack telah diinstall oleh lebih dari 3 juta website. Fitur yang ditawarkan plugin SEO WordPress satu ini juga tak kalah powerfull. All in One SEO Pack tak hanya dilengkapi dengan dukungan sitemap XML, optimasi SEO Title, Meta tag, dll. Plugin SEO WordPress satu ini, juga dapat memungkinkan website kita untuk terintegrasi dengan Google Analytics juga, lho. Sehingga, kita dapat memantau traffic website kita kapanpun.

3. SEO Ultimate (Gratis & Berbayar)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Interface plugin SEO Ultimate – via wordpress.org

Selanjutnya, SEO Ultimate menjadi rekomendasi plugin SEO WordPress dari kami. Dilansir dari situs resmi wordpress.org, walaupun penggunanya masih berkisar di angka ratusan ribu. Namun, tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba menggunakan plugin SEO Ultimate ini. Plugin SEO wordpress satu ini menawarkan beberapa fitur menarik, yang dikemas dalam bentuk modules. Modules tersebut diataranya adalah Rich Snippet Generator, 404 Monitor, Slug Optimizer, Link Mask creator, Permalink Tweaker dan Canonicalizer, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

4. FV Simpler SEO Pack (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Interface plugin FV Simpler SEO – via wordpress.org

Plugin SEO WordPress satu ini memang tak banyak dipakai seperti tiga plugin diatas. Dilansir, dari situs resmi Wordress.org, sampai artikel ini dirilis, website pengguna aktif plugin SEO WordPress besutan Foliovision ini hanya berkisar di angka ribuan saja. Namun, tak usah peduli dengan angka penggunanya. Pasalnya, seperti gambaran interfacenya di atas, FV Simpler SEO Pack ini menawarkan interface yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Cocok banget nih, buat kamu yang masih pemula dan ingin belajar SEO!

5. Scribe (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Interface plugin Scribe – via wordpress.org

Berbicara mengenai plugin SEO WordPress, rasanya tak lengkap jika tak menyebutkan Scribe. Ya, plugin SEO WordPress satu ini tak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, tak hanya menyuguhkan fitur optimasi, Scribe juga menyediakan fitur riset yang dapat membantu optimasi SEO – mu, lho. Seperti gambaran interface pluginnya diatas, Scribe dapat membantu kita untuk memilih keyword apa yang banyak dicari orang. Menarik, bukan?.Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

6. SEO Friendly Images (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Tampilan plugin SEO Friendly Image – via wordpress.org

Apakah kamu senang menulis artikel / listicle dengan banyak gambar?. Kemudian, apakah kamu merupakan salah seorang yang masih suka lupa untuk menambahkan Alt Image dan Title pada setiap gambar yang kamu upload?.

Jika iya, plugin SEO WordPress satu ini perlu kamu pertimbangkan. Karena, plugin SEO Friendly Images ini dapat membantu kita untuk mengoptimasi gambar yang kita upload pada website / blog kita, lho. Sesuai deskripsi yang yang tertera pada situs resmi WordPress.org, plugin satu ini dapat secara otomatis menambahkan ALT Image dan Title pada setiap gambar di website / blog, sesuai yang sudah kita tetapkan. Dengan memastikan semua gambar di website / blog kita memiliki Alt Image dan Title yang sesuai, tentu akan memperbesar peluang bagi gambar kita untuk masuk ke dalam halaman pertama pencarian di search engine.

7. Google XML Sitemap (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Tampilan plugin Google XML Sitemaps – via wordpress.org

Jika kamu menginginkan websitemu unggul di search engine, maka memastikan XML Sitemap websitemu merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Sitemap sendiri berfungsi untuk memudahkan search engine seperti Google, Yahoo dan Bing dalam mengecek struktur website kita. Sehingga, search engine tersebut dapat mengindeks website kita lebih baik lagi. Oleh karena itu, menginstall Google XML Sitemap ini bisa jadi salah satu solusi. Plugin SEO WordPress satu ini akan memudahkan proses pengindeksan website kita di search engine. Tak hanya itu, Google XML Sitemap juga akan memberikan info setiap kita membuat postingan baru pada search engine.

8. All in One Schema.org Rich Snippets (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Contoh tampilan snippet pada hasil pencarian di Google – via wordpress.org

Pernahkah kamu mencari sebuah informasi di search engine, khususnya Google, kemudian menemukan hasil pencarian berbentuk text snippet seperti gambar diatas?. Jika kamu ingin postingan blog / websitemu tampil dalam text snippet seperti gambar diatas, kamu bisa menginstall plugin SEO WordPress satu ini. Hal tersebut akan mendukung postinganmu lebih terdepan pada hasil pencarian di search engine.

9. SEO Internal Links (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Tampilan plugin SEO Onternal Links – via wordpress.org

Salah satu komponen dalam menaikkan pagerank SEO lainnya adalah dengan meningkatkan backlink di dalam maupun diluar website. Dengan menggunakan plugin SEO WordPress satu ini, akan memungkinkan kita untuk membuat backlink linternal untuk keyword tertentu agar menuju ke postingan, halaman atau tag di website kita secara otomatis. Jadi, kita tak perlu lagi membuat backlink internal secara manual lagi.

10. Greg’s High Performance SEO (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Tampilan plugin Greg’s High Performance SEO – via wordpress.org

Memang tak banyak yang tau mengenai plugin SEO WordPress satu ini. Hingga tulisan ini dirilis, berdasarkan situs resmi WordPress.org, Greg’s High Performance SEO hanya digunakan sebanyak 10.000 website aktif saja. Namun, sesuai dengan namanya, plugin SEO WordPress ini lebih menawarkan efektifitas kinerja yang tidak membebani server.

11. SEO Content Helper (Gratis)

Plugin SEO WordPress - Jagoanhosting.com
Tampilan plugin SEO Content Helper – via wordpress.org

Plugin SEO WordPress rekomendasi Jagoan Hosting yang terakhir adalah SEO COntent Helper. Plugin satu ini dapat membantu kita untuk menentukan focus keyword dalam menulis artikel dan menghitung presentasi jumlah focus keyword didalam artikel kita (keyword density). Sebenarnya, fitur tersebut dapat dijumpai pada plugin Yoast SEO, namun kelebihannya pada plugin ini kita dapat memantau 2 focus keyword sekaligus dalam satu artikel. Tentu menarik, bukan?. Berdasarkan rekomendadi dari situs resmi plugin ini di WordPress.org, SEO Content Helper cocok untuk digunakan sebagai pelengkap plugin SEO lain seperti All in One SEO Pack dan SEO Ultimate.Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

Nah, itu dia 11 plugin SEO WordPress yang dapat kamu jadikan pilihan untuk websitemu. Pastikan juga untuk menginstall plugin yang sesuai dengan kebutuhanmu saja, agar tidak memberatkan kinerja server hostingmu. Apabila kamu mengetahui plugin SEO WordPress lainnya yang menarik, komen di kolom komentar, ya!

2 comments

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +