Kiat Sukses Kelas Online – Menyiapkan kelas online tentulah bukan hal yang mudah! Apalagi jika sekolah Anda tidak pernah menggunakan fasilitas kelas online sebelumnya.

Transisi antara sekolah tatap muka menjadi kelas online tentunya memerlukan beragam sumber daya dan juga kepiawaian tenaga pendidikan agar bisa optimal.

Berikut adalah kiat sukses kelas online yang bisa Anda terapkan agar kelas bisa menyenangkan dan pembelajaran lancar!

1. Kiat sukses kelas online yang pertama adalah harus mampu memahami media yang digunakan

Anda sebaiknya mulai mencari tahu apa saja fitur dalam aplikasi-aplikasi mengajar online yang Anda gunakan.

Fitur seperti video call, grup chat diskusi perlu digunakan semaksimal mungkin agar batasan dalam berkomunikasi bisa menjadi lancar.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan juga metode belajar para siswa, agar belajar online yang Anda pilih bisa dan mudah diakses oleh siswa. Karena bagi beberapa siswa, terdapat beberapa kendala jika belajar online, entah kurang paham dengan cara pakai aplikasinya hingga kuota.

Anda tidak perlu lagi bingung mencari media berbasis online untuk sekolah Anda. Instant School Apps dari Jagoan Hosting merupakan aplikasi pembelajaran online siap pakai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah Anda. Mulai dari ujian sekolah online hingga forum diskusi, Anda bisa menggunakannya dengan segera. Coba intip di sini!

2. Memberikan tugas dan pembelajaran berbasis kerja kelompok

Belajar berbasis kerja kelompok diberikan dengan harapan agar bisa mengasah kemampuan siswa dalam bertanggung jawab pada tugas mereka dan pada hubungan antara siswa lain.

Selama pandemi, siswa jadi kurang berinteraksi dengan siswa lain. Dengan adanya tugas bentuk ini, diharapkan agar komunikasi dan kepercayaan siswa bisa terbentuk kembali walau hanya via online.

Dalam pembagiannya, Anda bisa membaginya dalam kelompok kecil-kecil saja, karena masih terbatasnya komunikasi jika pembelajaran jarak jauh. Dengan ini siswa mampu bekerja sama dan saling memberi motivasi kepada siswa lain

3. Memberikan kesempatan siswa melatih keterampilan berkomunikasi

kiat sukses kelas online
Photo by Anna Shvets from Pexels

Walaupun dalam pembelajaran jarak jauh, keterampilan dalam berkomunikasi perlu diasah juga. Maka dari itu Anda bisa memberikan siswa Anda kesempatan dalam terampil berbicara.

Keunggulan lain dari metode ini adalah agar siswa yang masih belum paham pun bisa mengkomunikasikannya.

Semakin siswa nyaman dalam berkomunikasi, siswa pun jadi tidak ragu dalam bertanya atau ingin mengetahui mengenai materi pelajaran, akhirnya siswa yang awalnya terhambat bisa mengikuti.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan metode berupa tugas presentasi. Melalui aplikasi meeting online, sekarang sudah bisa lebih mudah untuk presentasi secara daring.

4. Memberi alokasi waktu tambahan bagi siswa yang tertinggal

Selama pandemi ini siswa cukup susah dalam mengejar materi. Tidak menutup kemungkinan bahwa banyak siswa yang akan ketinggalan materi pelajaran.

Karena kemampuan bisa berkurang dengan hal tersebut, Anda mungkin bisa memberikan waktu tambahan bagi siswa yang ingin mengejar ketinggalan materinya.

Mungkin Anda bisa mengkonsultasikan kepada siswa yang bersangkutan agar dapat memberikan jadwal yang sesuai dengan kemampuan dua pihak.

5. Menyajikan materi secara menarik juga termasuk kiat sukses kelas online!

Dalam kondisi pembelajaran jarak jauh memang cenderung membuat para siswa bosan, karena situasi yang selalu dirumah.

Pada masa sekarang pembelajaran via online pun sudah bisa dibikin menarik, bisa dengan metode stream video, lagu, bahkan pemilihan aplikasi atau web yang seru untuk digunakan dalam proses belajar mengajar)

Adanya proses pembelajaran yang kreatif mengakibatkan siswa jadi senang dan antusias dalam mempelajari materi, agar siswa dapat mudah mengingat dan bisa menyerap materi secara lancar walaupun dengan sistem belajar online.

6. Pastikan Anda memiliki tim support IT yang terbaik

Kami memahami jika Anda mungkin membutuhkan tim IT yang tepat agar bisa memberikan pengalaman optimal. Resiko seperti server yang kurang cepat dan kebingungan mengikuti aplikasi yang tersedia tentunya menjadi penghambat dalam kesuksesan kelas online.

Jangan khawatir! Jika Anda menggunakan aplikasi Instant School Apps dari Jagoan Hosting, Anda sudah mendapatkan teknisi IT support yang siap membantu Anda! Tidak perlu bingung menyewa, Anda tinggal menghubungi kami dan masalah pun selesai!

School Partnership Program dari Jagoan Hosting menyediakan layanan transformasi digital di sekolah Anda dengan aplikasi instan siap pakai. Anda tidak perlu menunggu lama, cukup masukkan data diri dan aplikasi Anda siap digunakan. Anda ingin melihat demo? Silakan kunjungi kami di sini.

Bagaimana? Sudah tak sabar untuk menerapkan kiat sukses kelas online? Segera aplikasikan di ranah pendidikan Anda dan lihat perubahannya! Jangan lupa untuk mencoba Instant School Apps dari Jagoan Hosting sebagai bagian kesuksesan digitalisasi sekolah Anda!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like