Keuntungan data digital – Sob, kamu pasti tahu kan pentingnya data bagi sebuah bisnis? Apalagi jika data tersebut berkaitan dengan penjualan yang perlu dianalisis atau data digital yang berkaitan dengan website perusahaan.

Coba bayangkan deh kalau data-data tersebut harus kamu input secara manual, apa nggak pusing? Belum, kalau ada revisi sana revisi sini yang bisa bikin dokumen jadi numpuk. Nah, untung saja sekarang ada data digital ya, Sob.

Ya, meskipun beberapa data masih harus di-print out, tapi tetap saja data digital membawa banyak banyak manfaat loh. Lalu, apa saja ya keuntungan data digital yang bisa kamu dapatkan? Penasaran kan? Simak ulasannya berikut ini.

keuntungan data digital
gambar dari unsplash

1. Biaya Lebih Murah

Sob, sadar nggak kamu? Kalau kamu nggak menggunakan data digital, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar untuk mencetaknya. Harga kertas pun terbilang cukup mahal kan, belum lagi kalau kamu salah-salah cetak. Bisa jadi boros banget dan nggak ramah lingkungan. Pemeliharaan dokumen kertas juga lebih ekstra dan membutuhkan ruangan yang khusus untuk menyimpannya. Bisa kamu kira-kira sekarang kan? Betapa banyak biaya yang harus kamu perhitungkan!

2. Akses Data Lebih Fleksibel

Data digital bisa diakses dari manapun dan kapanpun, tanpa terbatas oleh media. Cuma perlu akses ke internet, kamu bisa simpan, edit dan membagikan data dengan mudah. Kalau ada data yang lagi dicari, kamu tinggal ketik saja nama file di kolom search. Nggak usah ngubek-ngubek tumpukkan berkas lagi yang bikin nggak hemat waktu. Belum kalau dokumennya ternyata hilang, aduh pusing banget kan, Sob.

3. Laporan Jadi Lebih Real Time

Nggak seperti dokumen kertas yang bisa butuh waktu lebih lama karena perlu dikumpulkan dulu baru bisa dibuat laporannya, platform digital memungkinkan kamu mengakses data langsung loh setelah dikirim dan diunggah. Bahkan kamu tinggal tarik aja datanya dan tinggal dirapihin. Bakalan lebih cepat dan mudah kan.

4. Data Lebih Akurat

Sob, pengumpulan data digital itu lebih akurat dan lengkap daripada data yang dikumpulkan secara manual melalui kertas lho. Soalnya, ketika kamu coba input data di sistem saja, ada proses validasi data yang dimana kamu nggak bisa memasukkan nilai yang nggak valid. Tentu, ini bakal bantu kamu banget untuk mengurangi kesalahan input. Terus, data digital juga memperkecil risiko kehilangan dan kerusakan data. Jadi, data kamu akan jauh lebih akurat.

5. Analisis Data Lebih Gampang

Keuntungan data digital selanjutnya adalah data kamu bisa dibuat grafik dan analisisnya secara otomatis loh. Nggak perlu lagi tuh hitung manual lalu memasukannya ke dalam spreadsheet. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir lagi ada data yang terlewat atau belum. Tinggal tarik data rekapannya, kamu bisa cek ulang. Hari-hari kamu akan terasa lebih damai karena bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan tepat.

Gimana, Sob? Banyak banget kan keuntungan data digital yang bisa kamu dapatkan? Ini saatnya, kamu tinggalkan cara-cara lama yang nggak praktis dan beralihlah ke penyimpanan digital. Apalagi kalau kamu punya website, data di dalamnya perlu disimpan di hosting yang aman. Nah, kamu bisa simpan data website di cloud hosting terbaik punyanya Jagoan Hosting. Terus kalau kamu butuh hosting yang bisa atur sendiri resource-nya sesuai budget, kamu bisa pake Hosting Mix&Match. Cobain deh keuntungannya, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like