Cari ide bukan perkara gampang! Apalagi kalau kamu dituntut untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dan harus hits! Apalagi sebagai programmer game. Yang namanya game tuh sudah ada sejak zaman Mesir Kuno! Mau bikin apalagi coba yang bener-bener baru? Tentunya ini jadi tantangan besar buat kamu yang berprofesi sebagai programmer game!

Jangan khawatir! Cari ide game ternyata bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mungkin nggak terpikir oleh kamu sebelumnya! Jadi biar nggak mati gaya, cobain deh 7 tips cari ide untuk programmer game ala Jagoan hosting di bawah ini!

Tips cari ide buat programmer game pertama adalah lihat genre game kesukaanmu!

Biasanya, semangat programmer game muncul jika diminta untuk mengerjakan genre game yang disukai!

Nah kamu bisa coba introspeksi, kamu suka game apa nih? Sebagai programmer game yang baik, sudah saatnya kamu mulai melihat game kesukaan kamu dari sisi seorang pengembang game!

Siapa tahu, kamu jadi melihat mekanisme yang seru dan bisa diaplikasikan di game kamu selanjutnya!

Tentukan pangsa pasar yang mau kamu tuju

Selain menentukan game yang mau kamu buat, kamu juga harus tentukan siapa penggemar game kamu di masa depan. Satu game akan sangat cocok dengan satu kalangan, tapi mungkin nggak bakal laku di kalangan lain!

Jika kamu sudah memilih pangsa pasar yang dituju, maka kamu harus konsisten, Sob! Jangan sampai kamu menyesal dengan keputusan pangsa pasar yang sudah kamu tuju karena semakin kamu fokus, kamu akan maksimal dalam mengembangkan game kamu!

Kenali bagaimana cara memasarkan game di kalangan mereka, termasuk jenis konsol yang akan digunakan.

Sebagai programmer game, coba deh tanyakan game apa yang disukai kebanyakan orang

Nggak ada yang mengetahui kebutuhan game terbaik selain pemain game itu sendiri! Cobalah menanyakan game kesukaan dari pangsa pasar yang kamu tuju. Setelah itu, kamu bisa menanyakan apa yang perlu dikembangkan.

Kalau sudah begini, kamu bisa menciptakan game yang sudah pasti disukai mereka tetapi membuatnya lebih baik!

Mungkin terdengar aneh, tapi cobalah untuk membaca koran atau berita

programmer game
Photo by cottonbro from Pexels

Kenapa kok programmer game malah harus membaca koran atau berita? Seringkali ide-ide menarik muncul dari cerita atau pengalaman di tempat yang tidak terbayangkan sebelumnya?

Salah satu game yang terkenal di angkatan kita, GTA San Andreas, diciptakan sebagai bentuk representasi kekerasan polisi dan gangster kulit hitam. Jadi bisa dibilang GTA San Andreas adalah kisah nyata, Sob!

Sekelebat berita saja bisa menciptakan ide yang luar biasa, bukan? Jangan males baca, ya! Karena bagaimanapun ide-ide menarik bisa muncul dari mana saja!

Tanyakan apa yang mereka TIDAK mau mainkan!

Eits, nggak cuma yang disukai aja ya. Tapi kamu bisa coba menanyakan apa yang tidak mau mereka mainkan. Sudah pasti dengan begini kamu bisa mencegah kesalahan yang dilakukan programmer game sebelumnya!

Programmer game dan penulis adalah sahabat baik!

Kalau kamu bingung dengan ide, kisah, atau pun storyline dari game kamu, nggak ada salahnya bertanya dengan teman penulis kamu. Adakah ide-ide cerita yang bisa kamu adaptasi untuk menjadi sebuah game? Bagaimana dengan karakteristik tokoh-tokohnya?

Teman penulis kamu pasti akan bahagia jika cerita-ceritanya diwujudkan dalam sebuah game!

Tentunya, kamu harus menuliskan ide-ide itu di kertas

Semuanya nggak bakal berhasil jika kamu tidak menuliskan ide-ide brilian itu di kertas. Cobalah untuk brainstorming dengan sesama programmer game dengan menuliskan ide-ide di kertas-kertas kecil. Lalu coba pasang di sebuah papan atau sebarkan di meja agar bisa tampak ide-ide apa saja yang bisa dikombinasikan. Asik!

Itulah 7 tips mencari ide game bagi kamu programmer game! Jangan lupa, jika sudah menelurkan berbagai karya game, kumpulkan menjadi portfolio, dalam bentuk Website ya! Gunakan cloud hosting terbaik dari Jagoan Hosting untuk membangun website portfolio yang menakjubkan untuk klien kamu! Anti lemot, siap pakai, kunjungi pilihan hosting dengan harga terjangkau di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like