PENTING! Ini 8 Hukum Sosial Media untuk Bisnis Online

Hukum Sosial Media untuk Bisnis Online
Hukum Sosial Media untuk Bisnis Online

Memanfaatkan kekuatan sosial media untuk menjalankan bisnis merupakan solusi yang sangat hebat. Sosial media akan memudahkan kita meningkatkan jumlah audiens bahkan penjualan produk di bisnis kita. Tentu saja dengan memahami peraturan yang ada di sosial media. Ini akan lebih memudahkan kita dalam melakukan posting konten dan melakukan pemasaran di sosial media. Lalu apa saja sebenarnya hokum yang akan berlaku saat kita melakukan aktivitas marketing di sosial media? Ini dia jawabannya:

  1. Selalu mendengarkan

Salah satu rahasia pebisnis online sukses berbisnis di sosial media adalah mereka mau dan mampu mendengarkan audiens dengan baik. Audiens membutuhkan kita untuk mendengarkan bukannya banyak bicara. Anda bisa mulai melihat aktivitas dari target audiens Anda. Mengetahui apa saja yang sering mereka bahas, apa yang membuat mereka tertarik dan apa yang membuat mereka mau melakukan sesuatu untuk mendapatkannya. Setelah itu baru Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan mereka. Memberikan konten yang sesuai akan memudahkan kita untuk menggaet customer yang lebih luas lagi.

  1. Fokus membangun brand

Untuk memiliki sebuah brand yang kuat di sosial media, kita tentunya harus fokus dalam membangun brand produk kita. Konten yang terfokus pada kebutuhan audiens dan produk yang kita jual akan menguatkan brand yang kita miliki. Setiap audiens akan mudah dalam mengingat brand kita saat mengakses sosial media.

  1. Berikan mutu terbaik

Selain meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah meningkatkan mutu atau kualitas dari produk tersebut. Saat pebisnis sudah melakukan pemasaran via media digital atau sosial media, mereka tidak akan melihat produk kita. Namun saat mereka menerima, disitulah penilaian mereka akan mulai berlaku. Mutu produk akan mempertaruhkan apakah produk kita dapat diterima oleh pasar luas atau tidak.

  1. Belajar bersabar

Meksi memiliki kesempatan yang cukup besar, namun sosial media bukanlah media yang dapat memberikan hasil berupa penjualan sekarang juga. Sosial media memang memberikan kita kemudahan, namun tetap saja kita pun harus bersabar menantikan hasilnya. Komitmen mendapatkan hasil yang diinginkan sangatlah dibutuhkan.

  1. Gunakan lebih dari 1 sosial media

Jika Anda fokus berjualan di sosial media, tentu saja media yang Anda gunakan tidak dapat 1 jenis saja. Anda perlu banyak menggunakan sosial media. Semakin banyak, semakin sering Anda muncul di sosial media audiens Anda, maka kemungkinan Anda dekat dengan customer dan mendapatkan banyak pelanggan akan lebih besar. Begitupun dengan Google, yang akan mudah melacak bisnis Anda dengan kata kunci yang tersebar di sosial media.

  1. Temukan influencer terbaik produk Anda

Sosial media adalah tempat dimana seorang influencer dapat memberikan pengaruh bagi banyak audiens. Anda bisa mencari dan menemukan influencer yang sesuai dengan bisnis dan target market bisnis Anda. Bukan hanya mendapatkan media promosi secara gratis atau lebih murah, dengan influencer Anda akan lebih mudah menambah audiens bisnis Anda.

  1. Berikan nilai tambah pada bisnis Anda

Jika kita langsung mempromosikan produk di sosial media, audiens akan menolaknya. Namun saat kita memberikan nilai lebih pada aktivitas kita di sosial media, seperti menambahkan percakapan atau menciptakan konten yang memang dibutuhkan oleh audiens Anda, maka ini akan memberikan nilai lebih pada bisnis Anda.

  1. Jangan mengabaikan audiens

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis di dunia online adalah mengabaikan audiens. Mereka akan lebih fokus pada konten yang diposting, tapi tanpa sengaja mengabaikan audiens. Inilah yang harus segera diperbaiki. Audiens merupakan kunci dari keberhasilan kampanye di sosial media. Tanggapi komentar atau pertanyaan audiens, buat mereka merasa bahwa mereka bukan berbicara dengan sebuah robot, namun dengan manusia.

Kalau sudah begini, apakah masih mau diabaikan? Sosial media memang memberikan banyak kemudahan untuk kita dalam menjalankan bisnis. Tapi jika tidak dijalankan dengan serius juga tidak akan memberikan hasil yang kita inginkan. Beberapa aturan sampai hukum yang harus dilakukan pun diberikan untuk sosial media.

 

Cek Konten Lainnya:
Inilah Yang Sering Dicari Orang Indonesia Di Google Sepanjang Tahun 2015
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Jika Anda Memiliki Alasan Ini, Maka Ini Saatnya untuk Memulai Bisnis
Tak banyak orang yang membangun bisnis karena memiliki tujuan, banyak dari mereka dan bahkan juga Anda membangun bisnis…
Tren Konten Marketing 2016
Read More
Tren Konten Marketing 2016 Yang Menarik Lebih Banyak Pelanggan
Pada artikel ini kita akan membahas mengapa Anda perlu mempelajari dan menguasai strategi tren konten marketing secepatnya. Konten marketing telah…