Beda Programmer dan Developer – Perusahaan-perusahaan di zaman modern seperti saat ini pastinya membutuhkan pekerja yang mempunyai keahlian di bidang IT dan bekerja sebagai staff teknis. Biasanya, orang-orang tersebut menduduki posisi sebagai programmer dan developer.

Walaupun sekilas terlihat sama, akan tetapi programmer dan developer sebenarnya mempunyai perbedaan dari segi ruang lingkup kerjanya, loh. Lantas, apa saja ya perbedaan job desc di antara dua pekerjaan ini? Mari disimak, yuk!

Tugas Utama Seorang Programmer

Programmer merupakan bidang pekerjaan yang berfokus pada proses coding dengan menuliskan rangkaian instruksi ke dalam bahasa pemrograman. Saat melakukan proses pembuatan program, seorang programmer akan memperhatikan alur pembuatan mengikuti instruksi yang telah ditentukan.

Seorang programmer juga harus melalui beberapa alur pekerjaan hingga program tersebut dapat digunakan. Berikut ini tahapan-tahapan pekerjaannya.

Merancang dan Menulis Program

Seorang programmer dituntut untuk mampu menampilkan tampilan program yang baik dengan pembuatan sketsa terlebih dahulu dan menghasilkan sebuah gambar grafis. Proses selanjutnya adalah memindahkan gambar grafis tersebut dan mengubahnya menjadi bahasa program.

Melakukan Perancangan Tampilan  dan Pengecekan Program

beda programmer dan developer

Memenuhi keinginan klien terkait aplikasi yang sedang dirancang adalah tugas utama seorang programmer. Hal tersebut meliputi kebutuhan apa saja yang akan disematkan pada program hingga tools yang digunakan untuk proses pembuatannya.

Pengujian Program

Sebuah program akan melalui proses akhir sebelum digunakan secara publik.  Misalnya saja seperti melakukan Debug Program, yakni melakukan pengecekan apakah program tersebut mengalami permasalahan saat dioperasikan.

Selain itu, programmer akan melakukan uji coba secara berkali-kali untuk memastikan jika program tersebut nyaman dan memberikan manfaat kepada para pengguna nantinya.

Tugas Developer yang Membuat Beda Programmer dan Developer

Menggeluti bidang pekerjaan sebagai developer, berarti kamu mempunyai lingkup kerja lebih luas dalam mengaplikasikan sebuah pemrograman.

Jika seorang programmer lebih terfokus dengan penulisan program, berbeda halnya dengan developer yang melakukan pengembangan (develop) terhadap software yang diciptakan.

Tugas seorang developer juga melakukan penelitian lebih dalam terkait program yang akan diciptakan. Menimbang berbagai macam aspek, seperti fungsi, proses pengoperasian, hingga impact yang akan dirasakan pengguna saat mengoperasikan program tersebut.

Bidang pekerjaan yang terkait dengan developer seperti back-end developer, front-end developer, dan full stack-developer. Pekerjaan ini mengharuskan para developer untuk memantau skalabilitas, kinerja saat dioperasikan, keamanan, hingga penerapan desain pada program tersebut.

Gimana nih, Sob? Sekarang sudah tahu ya perbedaan antara programmer dan developer? Intinya, dua pekerjaan tersebut lebih terfokus pada pengembangan program yang membutuhkan kemampuan coding dan ketelitian yang tinggi. Ruang lingkupnya bisa aplikasi hingga website.

Untuk kebutuhan dalam proses pengembangan sebuah website, Jagoan Hosting menyediakan layanan Mix & Match sebagai rekomendasi cloud hosting Indonesia dan memberikan kebebasan dalam memaksimalkan resource sesuai kebutuhan kamu, Sob!

Kamu hanya perlu membayar seperlunya tanpa terbatas oleh provider hosting. Mulai dari Rp90.000-an, kamu udah bisa mendapatkan free domain dan layanan unlimited lainnya seperti inodes, bandwidth, database, hingga premium SLL.

Selain itu, layanan cloud hosting terbaik  Mix & Match dari Jagoan Hosting ini juga disematkan  faster performance & advance security yang disempurnakan dengan hardware premium dan berfungsi meningkatkan kinerja mencapai 20% serta sudah dilengkapi dengan bitninja, sehingga website kamu aman dari serangan malware. Nikmati layanan Mix & Match dari Jagoan Hosting  sekarang juga dan dapatkan informasi detailnya di sini, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like