3P Project Management – Di dunia industri teknologi, project manager mungkin bukan istilah yang asing, ya! Sering kali tampak sebagai ‘mandor’ di sebuah project pengembangan aplikasi, tapi sejatinya  memegang peranan penting lebih dari itu, Sob!

Bukan cuma sekadar memastikan project berjalan lancar dari awal hingga akhir, tetapi juga memberdayakan sumber daya yang ada agar maksimal dan sesuai budget. Project manager juga harus lihai dalam menghadapi masalah-masalah yang ada!

3P Project Management

Rahasia suksesnya project management yang baik tentu nggak lepas dengan pengelolaan faktor-faktor penting yang ada. Ini disebut dengan 3P Project Management. 3P ini harus bener-bener dikuasai dan dimaksimalkan dengan baik agar hasil keluaran yang diinginkan tercapai!

Emangnya apa sih 3P Project Management itu? Buat kamu yang ingin meningkatkan jenjang karir menjadi project manager, Jagoan Hosting bakal kasih tips dan bocoran soal 3P yang bikin project kamu oke!

 1. People Management

First and foremost yang namanya project tentu membutuhkan sumber daya manusia yang ciamik, ya! Nah mengelola manusia adalah salah satu tugas berat namun paling utama dari seorang project manager.

Sumber daya manusia yang hebat nggak bakal berjalan baik kalau kamu nggak bisa memimpin mereka untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana cara mereka bisa bekerja sama dengan baik? Cara diskusi seperti apa yang bisa merekatkan mereka? Dan nggak boleh ketinggalan: gimana caranya mereka bisa menghadapi konflik dan kembali bersatu?

Ada pepatah yang bilang mengelola mesin lebih mudah karena tinggal on-off, sedangkan manusia lebih sulit karena beragam!

Inilah mengapa 3P Project Management yang pertama ini menjadi sangat utama untuk dikuasai.

2. Process Management

3p project management
Photo by Ron Lach from Pexels

With a great outcome comes a great process. Nggak bisa santai-santai tiba-tiba hasilnya ciamik, dong! Inilah kenapa 3P Project Management selanjutnya menekankan pada process management.

Apakah cara yang dilakukan saat ini efektif untuk mendapatkan hasil sesuai target? Apakah cara ini memiliki banyak keuntungan dibanding kerugian? Jika jawabannya tidak, maka project manager harus berani beralih mencari cara alternatif yang lebih efisien.

Gimana kalau ternyata project yang kamu pimpin jadi chaos? Di sinilah kemampuan process management diuji: sejauh mana kamu bisa menganalisis sumber masalah dan menemukan solusinya?

Contohnya ketika penggunaan server aplikasi yang sedang dikembangkan tidak cocok sehingga menyebabkan aplikasi tidak dapat diakses. Kamu sebagai project manager harus segera menemukan server VPS terbaik dengan harga yang paling sesuai seperti di Jagoan Hosting. VPS X-Pro memiliki fleksibilitas kustomisasi layaknya komputer pribadi dan pilihan hardware yang bisa menyesuaikan kebutuhan aplikasi kamu. Sigap menyelesaikan masalah, deh!

3. Komponen Ketiga 3P Project Management adalah Performance Management

3P Project Management terakhir adalah performance management. Apa bedanya dengan kedua lainnya?

Performance management lebih menggambarkan cara kamu mengelola project secara keseluruhan. Ada 3 konteks utama yang perlu dikuasai yaitu “Apakah sesuai budget?”, “Apakah sesuai deadline?”, dan “Apakah memenuhi target dari project?”.

Jadi jika ada klien yang bertanya “Gimana nih projectnya?” kamu bisa langsung menjawab “Berjalan sesuai rencana”, “Akan selesai sebelum tenggat waktu”, “Hemat karena menggunakan VPS X-Pro dari Jagoan Hosting”, dan banyak lagi.

Dari 3P Project Management di atas, tampak ya jika pekerjaan seorang project manager sangat penting! Tidak hanya memastikan project selesai, tetapi tepat guna dalam budget yang sesuai!
Ada banyak pekerjaan project management yang ada di perusahaan maupun berkarir secara freelance. Apapun pilihannya, pastikan Jagoan Hosting menjadi referensi utama penyedia best price performance server untuk project kamu dengan VPS Indonesia, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like