Di masa pesatnya teknologi dan segala aktivitas yang serba online, belajar digital marketing adalah salah satu langkah awal kamu untuk mendongkrak karir. Apalagi, jika kamu sedang merintis bisnis. Digital marketing sangat berguna dalam memperkenalkan produk kamu kepada khalayak.

Kenapa harus belajar digital marketing? Selain menjadi salah satu langkah efektif yang mendukung bisnis, strategi ini bisa menghemat biaya pemasaran. Tenang saja Sob, kamu tidak belajar sendiri kok! Melainkan sudah ada beberapa tempat agar kamu bisa belajar digital marketing sampai mahir. Dimana saja? Yuk simak!

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu strategi dimana kamu memanfaatkan internet untuk mempromosikan atau memperkenalkan bisnis kamu, baik itu berupa produk ataupun perusahaan jasa.

Strategi digital marketing tidak lepas dari peran media sosial. Sebut saja, Instagram, YouTube hingga Facebook. Semua platform tersebut banyak dimanfaatkan oleh marketer untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat.

Nah, jika kamu tertarik pada media sosial, tidak ada salahnya kamu mulai belajar digital marketing agar bisa memanfaatkannya menjadi lebih baik. Berbicara mengenai itu, ada berbagai manfaat belajar digital marketing bagi bisnis kamu lho! Berikut diantaranya:

  • Fleksibel dan bisa diterapkan dalam semua jenis bisnis.
  • Tersedia dalam berbagai platform, bahkan ada yang gratis.
  • Bisa menjangkau konsumen secara lebih dekat melalui strategi digital marketing.
  • Kamu bisa mengukur keberhasilan strategi dengan lebih mudah, menggunakan berbagai tools dan fitur yang disediakan oleh platform tersebut. Misalnya, Insight Instagram.
  • Dapat memaksimalkan tingkat konversi bisnis.

8 Tempat Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Menguasai bidang digital marketing tentunya juga bukan suatu hal yang mudah. Kamu bisa belajar digital marketing secara gratis melalui YouTube atau seminar. Namun jika ingin lebih handal, kamu bisa mengunjungi tempat kursus digital marketing secara online maupun offline.

Bahkan ada pula platform e-learning yang menyediakan pelatihan digital marketing mulai dari berbayar hingga gratis. Biar kamu tidak bingung, Jagoan Hosting sudah merangkum 8 tempat digital marketing yang bisa menjadi salah satu pilihanmu!

1. Baba Studio

Telah berdiri sejak 2003, Baba Studio memberikan pelatihan dari seputar step by step digital marketing, tips SEO, riset market online menggunakan Google Keyword Planner dan Google Analytic, serta mengetahui tentang Facebook Ads dan Google Ads.

Sejak berdiri hingga, Baba Studio telah dipercaya oleh berbagai orang dari seluruh penjuru dunia untuk belajar digital marketing sampai mahir. Hingga saat ini, tercatat 6000 peserta yang telah mengikuti pelatihan di Baba Studio.

Baca juga: Ingin Menjadi Digital Marketing Handal? 7 Tools Dasar Ini Wajib Kamu Tau!

2. Dumet School

Salah satu tempat cara belajar digital marketing untuk pemula yang terletak di Kota Jakarta dan Depok ini awalnya adalah kursus IT. Selain digital marketing, 

Dumet School juga memberikan pelatihan seperti, web design, web programming, mobile app, flash animation, graphic design, dan video editing.

Dumet School juga memiliki mobile apps yang memungkinkan setiap peserta training bisa mengakses materi kapan dan dimana saja. 

3. Kharisma Academy

Berlokasi di Malang Jawa Timur, Kharisma Academy sudah memberikan pelatihan lebih dari 5.000 peserta. Kharisma Academy juga memiliki latar belakang kursus IT dan melakukan pengembangan ke digital marketing.

Saat ini Kharisma Academy melengkapi pelatihannya tidak hanya bidang IT namun juga digital marketing seperti, bidang profesi website, multimedia, mobile app, desain grafis, CAD, rancang bangun sipil-arsitektur, hingga pengembangan teknologi e-learning.

4. Asian Brain

Asian Brain memberikan materi tentang pemasaran online (online marketing) dengan metode e-learning melalui video training yang langsung dibimbing oleh Anne Ahira sebagai pendirinya dan beberapa professional lain.

Kelebihan dari Asian Brain ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, karena setiap bulan kamu cukup membayar Rp250.000. Kamu bisa mendapat diskon-diskon lainnya jika telah menjadi member tetap.

5. Pakar

Materi yang diberikan oleh Pakar ini seputar digital marketing seperti, pengenalan Google Adwords, Google Display Network, Email Marketing, Facebook & Instagram Ads sampai mempelajari cara riset secara lengkap pada pasar dan kompetitor bisnis.

Namun, kekurangan dari tempat training ini adalah workshop hanya diadakan selama sebulan sekali dan pelatihan hanya berlangsung 2 hari. Tempat ini mungkin akan cocok bagi kamu yang ingin belajar dasar digital marketing.

6. Faberhost

Faberhost adalah tempat belajar digital marketing yang juga didukung penuh oleh para profesional di dunia digital serta dirancang khusus untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis melalui internet.

Kelas kursus digital marketing yang dibuka antara lain Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) dan Social Media Marketing (SMM). Tarif untuk mengikuti pelatihan ini dikenakan biaya mulai dari Rp1 juta – Rp2.5 juta.

Baca juga: Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Kelebihan

7. Webhozz

Webhozz yang juga awalnya adalah pelatihan training IT seperti, Web & Mobile Application Development, Game Development, kini juga menambah pelatihan digital marketing. Pada program Digital marketing terdapat 3 kelas yang dapat dipilih oleh peserta yaitu SEO, Google Adwords, Facebook & Instagram Ads.

8. Argia Academy

Last but not least, adalah tempat pelatihan digital marketing Argia Academy yang menyediakan program kursus singkat digital marketing hingga program kuliah digital marketing D1 dan D3 jurusan bisnis digital.

Di Argia Academy kamu akan mendapatkan materi digital marketing secara menyeluruh dan lengkap, mulai dari dasar pemasaran, desain grafis, fotografi, videografi, konten marketing, social media marketing, facebook ads, google ads, search engine marketing, SEO, tiktok ads, pembuatan website, marketplace, hingga email marketing.

Tidak hanya itu, di Argia Academy selain mendapatkan sertifikasi kompetensi BNSP kamu juga akan mendapatkan jaminan kerja sehingga kamu tidak lagi harus susah payah mencari pekerjaan yang sesuai dengan passionmu di dunia digital.

Nah, itu dia referensi 8 tempat belajar digital marketing untuk pemula dari Jagoan Hosting. Di era digital seperti sekarang, belajar dan menambah pengetahuan memang menjadi salah satu kebutuhan primer agar tidak ketinggalan. Apalagi selama masa pandemi seperti ini kamu juga bisa lebih produktif dengan mengikuti training digital marketing secara online.

Bagi kamu yang ingin memulai karir di digital marketing kamu bisa mengikuti pelatihan dari 8 tempat pelatihan di atas. Sebelum itu, kamu juga harus riset dan menyesuaikan kebutuhan serta budget-mu ya. Jika sudah mantap, tunggu apalagi langsung daftar dan jadi digital marketer handal!

25 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like