10+ Cara Mendapatkan Uang dari Website di 2024

mendapatkan uang dari website

Cara mendapatkan uang dari website yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan monetisasi pada berbagai bidang. Menghasilkan uang dari internet sekarang ini tidak sulit, karena adanya berbagai peluang yang memungkinkan untuk berbisnis.

Salah satu contohnya adalah website yang memiliki banyak kemungkinan untuk kamu bisa menghasilkan uang dengan mudah. Website dan blog memang terlihat sama, akan tetapi sebenarnya memiliki perbedaan.

Website biasanya kebutuhannya adalah untuk mempromosikan suatu produk dan langsung menghasilkan pendapatan. Misalnya saja, kamu mempunyai satu produk perawatan wajah, maka bisa membuat sebuah website untuk memperkenalkan produknya.

Sedangkan untuk blog, merupakan satu halaman online yang juga bisa menghasilkan uang. Akan tetapi, fungsinya lebih kepada memberikan informasi kepada pembaca. Misalnya tips kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Cara Membuat Blog Atau Website 

Sebelum kamu berpikir lebih lanjut untuk mempelajari cara mendapatkan uang dari website, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui cara membuat website dengan baik. Untuk itu, simak artikel berikut ini ya Sob!

1. Memilih Niche Website

Niche adalah topik, fokus, atau pembahasan utama yang akan menjadi headline dari web yang kamu buat. Ada baiknya memilih niche yang memang kamu sukai dan juga kuasai.

Contohnya kamu tertarik dengan permasalahan seputar kecantikan, maka kamu bisa membuat blog tentang tips perawatan wajah. Atau bahkan jika kamu memiliki produk kecantikan sendiri bisa membuat website jualan produk.

2. Memilih Platform 

Langkah selanjutnya cara menghasilkan uang dari website adalah dengan memilih platform website. Ada beberapa platform yang terkenal misalnya saja Blogspot, WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Berbagai platform tersebut ada yang berbayar dan juga tidak. Kamu bisa menyesuaikan dengan blog ataupun web yang akan kamu bangun. Misalnya apabila seorang pemula bisa mulai menggunakan WordPress atau Blogspot.

3. Memilih Nama Domain dan Hosting

pilih domain dan website

Selanjutnya kamu harus bisa memilih nama domain dan juga hosting yang menarik untuk blog nantinya. Domain adalah nama blog misalnya kecantikanwajah.co.id atau nama lainnya. 

Sedangkan untuk hosting merupakan program yang bisa menjalankan dan memunculkan domain tersebut pada world wide web. Hal ini juga bisa kamu beli di produk cloud hosting murah di Jagoan Hosting.

4. Membuat Konten yang Menarik

Selanjutnya tentu kamu harus mengisi berbagai platform yang telah ada tersebut dengan berbagai konten menarik. kamu bisa menyelesaikannya dengan niche yang sudah terpilih pada awal pembuatan.

Pembuatan konten sebaiknya mengikuti kaidah penulisan yang baik. Misalnya saja menulis dengan jelas, singkat, dan juga padat. Selain itu yang tak kalah penting adalah manajemen SEO untuk bisa mendapatkan trafik pembaca.

Cek Konten Lainnya:
10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik
ai content generator

Untuk memudahkanmu buat konten di website, Jagoan Hosting juga punya solusi untuk bikin artikel di web atau blogmu dengan AI. Content Generator ini kamu bisa dapatkan di Website Instan atau di WordPress Hosting dengan Paket Pro AI.

5. Mulai Melakukan Monetisasi

Selanjutnya adalah melakukan monetisasi atau menghasilkan uang dari blog ataupun website tersebut. Sebenarnya tersedia berbagai cara mendapatkan uang dari website. Mulai dari iklan, adsense, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mendapatkan penjelasan lebih detail tentang hal ini sehingga bisa semakin memahami dan memilih yang cocok untuk blog kamu. 

Intinya, bagaimana mendapatkan trafik, pembaca, atau menggaet konsumen untuk melakukan pembelian produk dari blog tersebut.

Cara Mendapatkan Uang Dari Website

Setelah kamu mengetahui cara membuat blog dengan benar, maka kamu bisa melakukan monetisasi atau menghasilkan uang dari sana. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dan juga pertimbangkan nih Sob. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Google Adsense

Google Adsense merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Google, untuk memuat konten iklan dalam blog. Kamu sebagai pemilik blog bisa mendaftarkan web tersebut masuk ke Google Adsense.

Ada beberapa langkah dan persyaratan yang harus kamu lakukan. Meski begitu, hal ini sangat mudah sehingga semua orang bisa membuat adsense dengan baik. Cara kerjanya adalah pemilik website menyediakan space untuk beriklan.

Sedangkan pengiklan bisa memilih space yang mereka inginkan. Algoritma Google Ads cukup rumit, yaitu seorang pengiklan dapat menampilkan iklannya pada blog yang sesuai dengan topik. 

Misalnya iklan produk kecantikan akan tampil pada blog yang sama. Setiap klik pembaca yang masuk ke iklan tersebut, blogmu akan mendapatkan bayaran mulai dari 0.1-5 dollar per sekali klik nya.

2. Memuat Konten Dengan Sponsor

Cara mendapatkan uang dari website lainnya adalah dengan memuat konten yang sudah memiliki kerjasama dengan brand tertentu. Hal ini bisa kamu lakukan setelah memiliki blog atau web yang terkenal dengan pengunjung yang melimpah.

Cara kerjanya adalah pemilik website menyediakan berbagai penawaran iklan yang menarik. Misalnya saja membuat konten video, infografis, iklan, dan lain sebagainya. Hal ini akan termuat pada blog tersebut dan terpublikasi dengan baik.

Kamu sebagai pemilik blog bisa membuat standar biaya yang tinggi apabila telah memiliki pengaruh secara online, nilai brand blog atau web yang sudah baik, memiliki pengunjung tetap.

Konten dengan sponsor ini akan membantu perkembangan web atau blog lebih baik untuk mendapatkan branding lainnya. Sehingga, nantinya kamu bisa mendapatkan uang lebih banyak dari sini.

3. Membuat Afiliasi Marketing

Teknik ini sangat mirip dengan konten bersponsor yang barusan dibahas. Akan tetapi, perbedaannya adalah apabila konten bersponsor melakukan perjanjian pembayaran pada awal proses pembuatan iklan..

Sedangkan untuk affiliate marketing, sang pemilik bisa mendapatkan uang sesuai dengan jumlah klik yang masuk ke dalam website. Jadi, kamu sebagai pemilik website tetap membuat konten untuk pengiklan. 

Cek Konten Lainnya:
Fitur Baru Instagram: Memungkinkan Kamu Membatasi Komentar

Hal ini biasanya dapat memberikan penghasilan tambahan lebih kepada pemilik web yang belum terlalu terkenal. Sehingga, pengiklan juga tidak rugi membayar karena menyesuaikan dengan klik yang masuk.

Ada beberapa program afiliasi yang populer seperti eBay, Shopify Affiliate Program, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat konten yang baik, lalu mengarahkan pembaca untuk mengklik link tersebut.

4. Donasi dengan Monetisasi

Cara menghasilkan uang dari website selanjutnya adalah dengan donasi. beberapa blog mungkin seringkali mengkampanyekan berbagai isu menarik misalnya saja tentang lingkungan, isu sosial, HAM, dan lainnya.

Hal ini bisa kamu lakukan sekaligus sebagai penggalangan dana atau donasi untuk yang membutuhkan. Blogmu bisa mendapatkan donasi atau dana dari pembaca yang simpati atau memang ingin berdonasi.

Akan tetapi, kamu memang memiliki tanggung jawab moral yang lebih untuk metode seperti ini. Sebaiknya tidak mengambil keuntungan secara berlebihan dengan melakukan ekspose terhadap sesuatu yang sifatnya mengundang simpati.

5. Memuat Endorse

Bahasa endorse seringkali kamu dengan pada kalangan artis ataupun influencer. mereka yang sudah memiliki brand atau nama seringkali menerima berbagai endorsement produk.

Pemilik website juga bisa melakukan endorse yaitu dengan melakukan promosi produk pada halaman website. Kamu bisa melakukan review, deskripsi produk, bahkan juga bisa menggunakan video unboxing.

Biasanya perusahaan dan juga blog bekerjasama untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Cara mendapatkan dari website dan pembayarannya pun juga beragam. 

Bisa dengan biaya per klik, uang tunai bahkan juga produk gratis yang bisa kamu jual kembali. Maka dari itu keuntungan penggunaan endorsement ini memang cukup menarik karena seringkali menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

Baca juga: Pengertian Paid Promote dan Bedanya dengan Endorse

6. Membuat Pelatihan atau Kursus Online

Sebagian besar orang membutuhkan pelatihan atau kursus untuk menambah skill mereka. Sebelum adanya sistem online, orang tersebut akan mencari cara konvensional dengan menemui guru secara langsung.

tidak dengan saat ini, cara tersebut sudah sangat kuno. Kamu bisa langsung mengunjungi website yang menyediakan berbagai layanan kursus. Ada yang gratis hingga berbayar. 

Sebagai pemilik website, tentu harus membangun portofolio kursus yang mumpuni untuk bisa mendapatkan peserta kursus. Kamu bisa membuat website kursus dengan berbagai topik.

7. Menjual Produk Sendiri

Kamu adalah seorang wirausaha dengan produk sendiri? Mungkin bisa mulai membuat website untuk bisa menjual produk tersebut secara online. Bahkan saat ini, cara menghasilkan uang dari hp juga menjadi salah satu trik yang mumpuni.

Pertama, untuk berwirausaha kamu harus memiliki passion yang baik tentang produk jualan kamu. Misalnya saja, jika kamu gemar memasak, mungkin bisa menjual produk makanan. Begitu juga dengan hal lainnya.

Setelah memiliki produk, kamu pastinya akan menjual dan memasarkan produk tersebut sebanyak-banyaknya. Pentingnya website atau media jualan secara online juga akan membantu untuk mengembangkan produk dan mendapatkan pembeli.

8. Membuat Media Berita Online

Jika kamu tertarik dengan bisnis media, maka bisa mulai membuatnya dengan menemukan platform yang tepat. Sekarang ini tersedia banyak media online yang bahkan lebih populer daripada media cetak.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Roundcube, Kelebihan, dan Cara Menginstalnya

Beberapa situs berita online populer jumlah kliknya mencapai jutaan pengguna perharinya. Cara menghasilkan uang dari website berita adalah dengan membuat medianya terlebih dahulu dan mencari penulis berita andal untuk mengisi konten.

Sebaiknya menggunakan berita dengan topik hangat, dan tentunya menulis dengan kaidah SEO sehingga muncul pada halaman pertama mesin pencari. Kamu bisa mulai melakukan afiliasi marketing, sponsorship, iklan, sumber pendapatan lainnya.

Lengakpnya baca juga: Cara Membuat Website Berita, Ini Panduan Lengkap & Contohnya!

9. Membership Website

Hal ini juga dapat kamu lakukan setelah memiliki website dengan pengunjung yang cukup banyak dan terkenal. Misalnya saja kamu memiliki sebuah konten travel blog yang menarik. 

Untuk mendapatkan akses premium harus menjadi member atau berlangganan terlebih dahulu. Cara mendapatkan uang dari website ini sangat efektif akan tetapi, blog yang kamu bangun harus memiliki portofolio yang baik.

Setiap blog yang kamu miliki bisa menggunakan konten berlangganan bulanan atau tahunan untuk mengakses konten khusus. Kamu juga bisa membuatnya dalam program pelatihan atau tutor online. 

10. Iklan Podcast

Cara mendapatkan uang dari website yang satu ini bukan dengan cara menulis akan tetapi bisa dengan mengupload suara ataupun video. Medianya adalah dengan menggunakan podcast atau konten menarik yang bisa kamu bahas.

Biasanya orang-orang akan mendengarkan podcast saat berkendara, waktu santai, atau berbagai hal lainnya. kamu bisa membuat portofolio dalam podcast yang sesuai dengan topik tertentu dan banyak pendengarnya.

Dari sana kamu bisa mendapatkan uang dengan menyisipkan iklan. Misalnya saja ada perusahaan yang ingin memuat konten bisnisnya bisa juga kamu jajaki dengan menggunakan website podcast.

11. Freelance Writer

Cara ini juga sangat ampuh untuk orang yang sudah memiliki portofolio content writer atau menulis sebelumnya. beberapa perusahaan mungkin akan memberikan kepercayaan nya kepada kamu untuk membuat tulisan pada blog mereka. 

Kamu bisa mulai dengan mengumpulkan sampel tulisan terbaik. Buatlah portofolio dengan menggunakan blog dan mulai memasarkannya kepada beberapa perusahaan yang membutuhkan. 

Penutup

Cara mendapatkan uang dari website sebenarnya cukup sederhana. Hanya saja kamu harus menguasai teknik dan juga mengetahui beberapa platform website.

Segera Luncurkan Websitemu di Jagoan Hosting

Dengan layanan Web Hosting dan Beli Domain dari Jagoan Hosting, kamu dapat memulai langkah pertama menuju kesuksesan online. Dengan kecepatan, kehandalan, dan dukungan teknis terbaik, kami siap membantu websitemu berkembang menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan

Bayangkan memiliki website yang tidak hanya menarik, tetapi juga efektif dalam menghasilkan uang. Dengan Jagoan Hosting, kamu dapat mengoptimalkan potensi bisnis onlinemu dan mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat.

Segera miliki paket Hosting dan Domain dari Jagoan Hosting hari ini juga! Mulailah perjalanan menuju kesuksesan online dan jadikan website sebagai alat yang menghasilkan pendapatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara mendapatkan uang dari blog
Read More
10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2024
Apakah blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini sering muncul karena tak sedikit orang yang mengaku sukses lewat dunia…
utm link
Read More
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya
Menjadi seorang blogger atau pemilik website, tentu kamu ingin melakukan analisa mendalam terkait trafik konten. Salah satunya dengan…