Google AdSense: Cara Daftar & Syarat agar Diterima

daftar google adsense

Memasuki era digitalisasi, memperoleh penghasilan tambahan dari internet menjadi hal yang lumrah dan banyak sekali caranya. Salah satu caranya adalah menggunakan Google AdSense. Namun sebelumnya tentu kamu harus daftar Google AdSense lebih dahulu.

Banyak yang mengatakan jika daftar Google AdSense itu sangat mudah, namun tentunya tak serta merta seperti itu bagi para pemula. Dibutuhkan panduan langkah pendaftaran yang tepat dan benar agar prosesnya dapat berjalan sebagaimana harapan.

Nah bagi yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara daftar Google AdSense yang terperinci dan lengkap, silahkan simak artikel ini. Akan ada penjelasan detail mengenai pengertian, manfaat, tips pendaftaran serta cara pendaftarannya.

Apa itu Google AdSense?

google adsense adalah

Istilah Google AdSense adalah mengacu pada program periklanan yang ada di Google, dimana user dapat menjadi partnernya. Artinya semua pengguna Google boleh bergabung dengan jenis layanan jika telah memiliki website atau blog.

Cara kerja Google AdSense adalah nantinya para pemilik website atau blog yang bergabung dengan layanan ini akan memperoleh penghasilan dari Google. Penghasilan tersebut adalah sebagai bayarannya. 

Hal tersebut akan dapat terjadi ketika suatu iklan yang dipasang oleh Google pada web/blog pengunjung. 

Ciri umum bagi web/blog yang ikut adsense adalah terdapat iklan di dalam web/blog tersebut. Contoh iklan Google AdSense itu bisa terletak di sidebars atau pada bagian tengah artikel. Semua itu akan tergantung pada bagaimana pemilik web/blog akan mengaturnya.

Manfaat Daftar & Bergabung di Google AdSense

manfaat google adsense

Berikut beberapa manfaat daftar Google AdSense:

1. Tambahan Penghasilan

Manfaat utama untuk gabung dan daftar Google AdSense adalah mendapatkan tambahan penghasilan. Nantinya pemilik website atau blog yang memenuhi syarat tertentu sehingga dianggap layak untuk dipasangi iklan oleh Google, akan mendapatkan bayaran.

Tentu saja jumlah bayaran antara satu website atau blog dengan web/blog lainnya tidak akan sama. Hal tersebut sangat tergantung pada tingkat popularitas serta jenis kata kunci yang masuk ke dalam target.

Baca juga: 10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2023

2. Bisa Menyesuaikan Tema Iklan dengan Isi Konten Website

Keuntungan lain dengan melakukan daftar Google AdSense adalah pemilik web/blog akan mendapatkan iklan yang tayang sesuai dengan kontennya. Hal ini tentu sangat menguntungkan pemilik web/blog karena iklan tak akan merusak tampilan web/blog miliknya.

Cek Konten Lainnya:
15+ Website Buat Logo Online yang Gratis di 2024

Maklum saja, di dunia web/blog tampilan adalah salah satu faktor penting yang menunjang ketertarikan pengguna internet untuk berkunjung. Jadi ada banyak kemungkinan pengunjung tak jadi mengunjungi sebuah web/blog jika tampilannya tak menarik meski kontennya bagus.

3. Bentuk Iklan Bisa Disesuaikan

Karena tampilan serta keunikan sebuah website atau blog adalah hal penting bagi pengunjungnya, maka Google memberi kemudahan navigasi. Artinya pemilik web/blog akan dapat mengatur secara mandiri atas tayangan iklan Google AdSense di tempatnya.

Pengaturan tersebut meliputi bentuk, ukuran, border iklan hingga latar belakangnya. Dengan kemudahan ini, maka pemilik web/blog tak perlu risau lagi jika iklan Google akan merusak tampilan web/blog miliknya.

4. Banyak Referensi

Karena AdSense adalah sebuah layanan periklanan yang populer maka saat pemilik web/blog akan melakukan daftar Google AdSense, ada banyak referensinya. Yaitu referensi yang berkaitan dengan cara berikut tips atau trik untuk melakukan daftar Google AdSense.

Tentunya ragam referensi yang lengkap tersebut akan sangat bermanfaat untuk para pemula yang ingin bergabung dalam program AdSense. Ketika langkah pendaftarannya mengalami kendala maka dapat mencari solusinya dengan Google Search. 

5. Tersedia Statistik Lengkap

Daftar Google AdSense dan join ke dalam layanan AdSense berarti akan mendapatkan data statistik sekaligus analisa lengkap dari pihak Google. Data dan analisa tersebut meliputi data pengunjung sekaligus penghasilan web/blog. 

Selain itu tersedia juga data berkaitan dengan jumlah klik, bayaran pada setiap klik hingga total penghasilan. Terdapat juga data tentang popularitas web/blog berikut nilai popularitas dari halaman web/blog berdasarkan iklan yang ditampilkan.

Syarat agar Dapat Diterima di Google AdSense

syarat agar adsense diterima

Meski langkah untuk daftar Google AdSense ini mudah namun pada kenyataannya ada juga web/blog yang tertolak. Agar hal serupa tak kamu alami, berikut beberapa tips atau syarat agar langkah daftar Google AdSense dapat berhasil, yaitu:

1. Navigasi Web/Blog Mudah & Jelas

Tips pertama agar langkah pendaftaran pada layanan Google AdSense berhasil adalah, pastikan jika navigasi pada web/blog jelas dan mudah. Mengapa? Karena navigasi akan menjadi faktor utama dari kenyamanan pengunjung. 

Navigasi web/blog yang gampang dan jelas akan menghasilkan pengalaman berselancar yang menyenangkan bagi pengunjungnya. Dengan begitu ada interaksi yang efektif yang terjalin antara pengunjung dengan web/blog tersebut.

Hal utama yang berkaitan dengan masalah navigasi antara lain adalah penata, keterbacaan, serta fungsi. Misalnya pada sebuah web/blog bertema wisata, maka layout navigasi yang baik adalah Berkamu -Tujuan – Galery – Ulasan – Tentang Kami.

Baca juga: 13 Halaman Website yang Penting dan Wajib Ada di Situs Kamu

2. Memiliki Konten Menarik & Unik

Tips berikutnya, web atau blog yang akan daftar Google AdSense memiliki konten yang menggugah minat pengunjung. Jadi tak selayaknya pemilik web/blog hanya mematut tampilannya saja namun tak memperhatikan isi kontennya.

Cek Konten Lainnya:
20+ Tools Project Management untuk Kelola Kerjaanmu

Dengan isi konten yang menarik, maka sudah pasti akan banyak pengguna internet yang tertarik untuk mampir. Semakin menarik isi konten, maka akan semakin banyak kunjungan yang ada sehingga trafik akan ikut meningkat.

Baca juga: 11+ Niche Blog yang Ramai Visitor di 2023

3. Pastikan Hanya Join Layanan Google AdSense Saja

Selain Google Adsense, sebenarnya ada juga beberapa penyedia jasa layanan iklan lainnya. Namun jika ingin langkah daftar Google AdSense lancar maka pastikan kamu tak menggunakan jasa layanan lainnya dulu sebelum AdSense aktif.

Artinya pihak Google baru akan mempercayai sebuah web/blog bagi tempat layanan iklannya jika web/blog tersebut tak menggunakan layanan lainnya.

4. Punya 10-15 Artikel Aktif

Tips lainnya agar langkah daftar Google AdSense berhasil adalah milikilah paling tidak 10 hingga 15 buah artikel aktif sebagai konten. Artikel ini nantinya akan menjadi acuan bagi pihak Google dalam menggolongkan jenis artikel yang dapat tayang di dalamnya.

Selain itu semua, artikel yang aktif akan menjadi indikator utama bagi Google untuk menilai apakah sebuah web/blog berkualitas atau tidak.

5. Memiliki Jumlah Pengunjung Minimal

Selanjutnya pastikan juga jika web/blog milik kamu memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap harinya. Dari banyak referensi jumlah minimal pengunjung yang harus kamu miliki adalah minimal 100 pengunjung setiap harinya.

Baca juga: Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya

Cara Daftar AdSense Google bagi Pemula

Berikut ini uraian langkah dari cara daftarkan blog ke google adsense yang dapat menjadi acuan bagi para pemula.

1. Pembuatan Akun AdSense

Cara daftar google adsense yang pertama adalah pembuatan akun AdSense. Silahkan ikuti langkah tutorialnya sebagai berikut:

  • Masuklah ke laman Sign-Up AdSense di Google.
  • Tekan menu “Daftar Sekarang”. 
  • Lakukan pengisian form registrasi dengan nama dan alamat website atau blog sekaligus email yang akan kamu daftarkan.
  • Gulir ke arah bawah kemudian tekan tombol “Save & Continue”. 
  • Lakukan verifikasi ulang lantas lanjutkan menekan tombol “Create Account” yang ada di bagian bawah.
  • Jika semua langkah sudah selesai dilakukan maka ini artinya akun kamu sudah terbuat. Untuk dapat menggunakannya maka lakukanlah pengaktifan akun dengan langkah di bawah ini.

2. Pengaktifan Akun AdSense

Setelah proses pendaftaran akun telah selesai, maka langkah berikutnya adalah melakukan pengaktifan akun dengan langkah berikut:

  • Masuklah ke bagian dashboard di Google AdSense untuk mengisi beberapa permintaan informasi.
  • Jika telah selesai maka tekanlah tombol “Submit”.
  • Selanjutnya akan ada permintaan untuk menyalin baris kode untuk kamu masukkan ke dalam website. Kode tersebut adalah kode identitas AdSense pada website. 
  • Jika telah selesai maka lakukan centang pada kolom bertuliskan I have pasted the code into my site. 
  • Lanjutkan langkah dengan menekan tombol “Done” guna mendapatkan pemberitahuan dari pihak Google. Proses ini biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama 3 hari.
  • Jika pengajuan daftar Google AdSense kamu diterima maka akan ada email berisi pemberitahuan jika langkah pengaktifan AdSense berhasil. Sebaliknya jika ditolak maka email akan berisi berita tentang penolakan tersebut.
Cek Konten Lainnya:
Tips Mudah Membuat Website Marketing Bagi Pebisnis

3. Pembuatan Iklan AdSense

Setelah langkah daftar Google AdSense berhasil dan Google menyetujuinya, maka langkah selanjutnya adalah membuat serta memasukkan iklan ke dalam web/blog. Untuk itu ada 3 hal yang harus kamu lakukan agar iklan yang tampil sesuai dengan tema web/blog, yaitu:

a. Pembuatan Unit Iklan 

Langkah sederhana untuk pembuatan unit iklan adalah sebagai berikut:

  • Lakukan login ke akun AdSense lalu tekan tombol “My Ads” di bagian dashboard
  • Selanjutnya tekan tombol “Add units” yang terletak pada bagian “Content”. 
  • Selanjutnya tekan tombol “+ New ad unit” untuk membuat iklan baru.

b. Pemilihan Tipe Iklan

Berikutnya kamu juga harus memilih tipe iklan yang akan tampil pada web/blog. Google AdSense sendiri menyediakan beberapa tipe ukuran iklan, antara lain Leaderboard, Responsive, Large Mobile Banner dan Rectangle atau Large Skyscraper.

Selain ukuran ada juga tipe iklan yang harus kamu pilih yaitu:

  • Iklan model teks dan gambar.
  • Iklan model matched the content.
  • Iklan model in-feed.
  • Iklan berbentuk in-article.

c. Pemilihan Bentuk Teks Ads

Jika telah selesai, maka ikuti arahan langkah berikut ini:

  • Langkah berikutnya lakukan penyesuaian tampilan iklan sesuai dengan pilihan gaya yang cocok. Pilihan tersebut meliputi pemilihan warna batas, warna judul, teks, URL dan latar belakangnya.
  • Jika semua telah beres maka tekan tombol Save untuk mendapatkan kode dari Google.
  • Setelah kamu memperoleh kiriman baris kode, maka salinlah baris kode tersebut untuk kamu tambahkan ke tempat yang tersedia di web/blog.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “Close” untuk menyimpan pembuatan unit iklan tadi.

4. Menambahkan Iklan AdSense ke Website 

Langkah terakhir pada cara daftar adalah menambahkan iklan Google AdSense pada web/blog. Untuk melakukannya dapat memilih menggunakan cara manual dengan penggunaan editor code atau bisa juga dengan memakai plugin.

FAQ Seputar Google AdSense

1. Kapan uang AdSense cair?

Pembayaran uang AdSense biasanya akan cair pada tanggal 21 hingga 26 pada bulan berjalan pada saat itu.

2. Jelaskan langkah agar akun AdSense bisa disetujui pihak Google?

Beberapa langkah jitu agar AdSense gol adalah membuat layout navigasi yang mudah bagi pengunjung dan memiliki konten yang menarik. Pastikan jumlah konten minimal 10 buah serta web/blog memiliki traffic yang bagus.

3. Apa syarat agar blog diterima AdSense?

Syarat utamanya adalah AdSense merupakan layanan satu-satunya pada sebuah web/blog pada saat melakukan pendaftaran. Selain itu juga memiliki popularitas yang cukup sehingga traffic pengunjungnya tinggi.

4. Kenapa akun AdSense ditolak?

Penyebab umum AdSense ditolak adalah akun yang mendaftar merupakan akun duplikat dari akun lain yang sudah ada.Bagaimana masih ragu untuk daftar Google AdSense? Yuk segera dicoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
blockchain vs cryptocurrency
Read More
Blockchain vs Cryptocurrency: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
Blockchain vs Cryptocurrency – Beberapa tahun terakhir ini, teknologi blockchain telah memperoleh pengakuan yang signifikan karena munculnya cryptocurrency…
strategi bisnis era digital
Read More
Tips Menyusun Strategi Bisnis di Era Digital dengan Website
Dalam era percepatan teknologi, pelaku usaha wajib memiliki strategi bisnis di era digital. Ini menjadi hal yang krusial…