Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Desain Kemasan Berperan Penting dalam Tingkatkan Volume Penjualan UMKM

Desain kemasan memegang pengaruh penting dalam upaya meningkatkan penjualan suatu produk, khususnya milik Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Menurut hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur berjudul How packaging is Influencing the Marketing Strategy, kemasan dapat menarik perhatian konsumen terhadap merek tertentu, meningkatkan citra, dan merangsang persepsi konsumen tentang produk.

Menurut owner Ailani Food, Akhmad Sya’ban Nasution, UMKM saat ini harus mulai memperhatikan kemasan untuk menambah nilai jual. Akhmad yang juga merupakan anggota paguyuban UKM Malang bercerita tentang rekan-rekannya di sentra keripik tempe sanan yang kini sudah mulai berbenah dengan kemasan. Sudah mulai muncul kemasan keripik tempe premium dengan desain menarik dan berbeda dengan kebanyakan keripik tempe lainnya. Pasar keripik tempe bukan hanya lagi di toko oleh-oleh, sekarang juga sudah masuk pasar modern.

“Saat ini produk yang ada dipasaran semakin banyak jumlah dan jenisnya. membutuhkan pembeda antara satu produk dengan produk lainnya apalagi produk sejenis. Salah satu pembeda di sini adalah kemasan dan desainnya,” papar Akhmad.

Desain produk harus disesuaikan dengan pasar yang akan dibidik. Setiap kelas konsumen memiliki karakteristik sendiri dari bentuk, warna, grafis, merk, ilustrasi, huruf dan tata letak desain akan berbeda di setiap kelas konsumen. Di sini desain harus menyesuaikan. Desain kemasan yang baik dari sebuah produk dapat tersampaikan dan dimengerti konsumen hanya melalui visual desain tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan menentukan desain kemasan. Pertama adalah menali dulu produk sendiri baik kelebihan dan kekurangannya. Kedua, kenali konsumennya. Ketiga, desain dengan sederhana, fungsional dan dapat memberikan emosional positif bagi visual,” Akhmad melanjutkan.

Setelah proses penentuan kemasan, hal yang perlu dilakukan juga adalah masalah perizinan agar produk yang dijual dapat dijual ke publik.

“Perizinan itu paling penting. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempatenkan produk kita. Dalam memperoleh perizinan, bisa melalui HKI, PIRT/BPOM, LPPOM Halal MUI, Barcode, dan Nutrition Fact. Barcode sebenarnya tidak mengarah ke perizinan, namun lebih ke arah distribusi. Namun barcode juga dapat membantu untuk menemukan produk tiruan sebagai bentuk perlindungan,” tambahnya lagi.

Ailani Food sendiri dikenal dengan bisnis jualan abon jamur. Mereka mulai dikenal publik setelah membuat website murah dan Akhmad juga aktif sebagai pembicara, salah satunya dalam program #PahlawanDigital yang diinisiasi oleh hosting terbaik, Jagoan Hosting dan didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya, bagaimana jika bisnis saya bergerak di bidang jasa? Apa yang bisa saya packaging? Produk saya bukan produk nyata yang bisa disentuh?

Tenang saja, packaging bukan sekedar kemasan produk yang nyata. Anda bisa memanfaatkan media iklan atau promosi untuk didesain ulang sesuai dengan konsep bisnis online Anda, termasuk untuk bisnis Anda di bidang jasa. Anda bisa membangun website instan yang disesuaikan dari segi warga, penempatan logo dan penataan navigasi di website. Sehingga orang yang mencari website Anda jauh lebih nyaman dan mudah mengingat website bisnis online Anda.

Selain itu, penting bagi Anda memilih provider yang mendukung website bisnis Anda yang akan menampung banyak pengunjung ini. Hosting Terbaik Indonesia akan menjadi tempat Anda untuk sukses membangun bisnis di dunia digital. Jika Anda bingung, mungkin Anda perlu membaca beberapa hal penting terkait website di artikel berikut ini.

 

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +