13 Halaman Website yang Penting dan Wajib Ada di Situs Kamu

Halaman website

Halaman website berguna untuk memisahkan konten-konten sekaligus memudahkan pengunjung saat melakukan penelusuran.

Sehingga ketika membuat website, maka wajib bagi kamu untuk mengetahui halaman apa saja yang harus ada di dalamnya. 

Nah, pada artikel ini akan dibahas berbagai contoh halaman website apa saja yang penting untuk ditambahkan pada website kamu. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Pentingnya Menambahkan Halaman Website

Secara umum, keberadaan halaman website dimaksudkan untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan menjelajah situs web milikmu. 

Pada dasarnya, WordPress memiliki dua tipe konten yaitu, posts dan pages. Posts berisi tentang artikel blog, sedangkan pages akan memuat konten yang tidak termasuk dalam artikel blog dan tidak diposting secara berkala. 

Biasanya, halaman website adalah laman yang digunakan untuk menampilkan konten yang bersifat statis dan tidak sering berubah.

Dalam hal ini, kamu bisa menyusun halaman, menambahkan menu navigasi dengan menggunakan page builder untuk menyusun layout sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Contoh Halaman Website yang Wajib Ada di Website Kamu

Sampai di sini, mungkin kamu penasaran halaman penting apa saja yang perlu dimiliki oleh sebuah website?

Nah agar tidak bingung, berikut beberapa contoh halaman website yang penting dan harus dimiliki oleh website.

1. About Us (Tentang Kami)

Pertama, contoh halaman website adalah halaman tentang kami yang biasanya akan memuat informasi berupa kontak, profil perusahaan, visi, misi, dan apa yang bisa pengunjung dapatkan saat mengakses website ini.

Halaman tentang kami juga berfungsi untuk membangun kepercayaan pengunjung website karena dengan ini, mereka dapat mengetahui siapa pengelola website. 

Selain tentang kami, kamu juga bisa membuat halaman ini dengan nama About Us. Hal ini tentunya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap website yang kamu kembangkan. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Product Manager? Tugas, Kemampuan, dan Gajinya

Berikut adalah contoh halaman website tentang kami yang dimiliki oleh Jagoan Hosting.

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

2. Frequently Asked Question (FAQ)

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Question, yaitu salah satu contoh halaman website penting yang penting dimiliki setiap website.

Halaman ini biasanya memuat pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar layanan atau produk yang kamu tawarkan. 

Pada halaman ini, pengunjung website diharapkan bisa menemukan jawaban atau solusi atas informasi yang dicarinya.

Berikut contoh halaman FAQ di website Jagoan Hosting: 

3. Term of Service (Ketentuan Pengguna)

Jika kamu memiliki website yang menawarkan layanan, maka halaman Term of Service (TOS) adalah salah satu laman yang penting untuk ditambahkan.

Halaman Term of Service berisi mengenai dokumen legal yang bisa dijadikan sebagai alat hukum jika terjadi suatu permasalahan. 

Kamu dapat membuat isinya sesuai dengan peraturan yang berlaku pada perusahaan dan layanan yang kamu tawarkan, atau bisa juga menggunakan template dokumen legal. 

Dengan menambahkan halaman ini, kamu bisa mengantisipasi permasalahan serta membatasi tanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan informasi dan layanan yang kamu tawarkan pada situs web.

Di halaman ini, kamu juga bisa menambahkan hak cipta ataupun merk dagang dari layanan yang kamu tawarkan.

Agar lebih memahami halaman Term of Service, berikut contoh halaman website TOS yang dimiliki oleh Jagoan Hosting. 

4. Privacy Policy (Kebijakan Privasi)

Contoh halaman website yang harus kamu miliki berikutnya adalah halaman privacy policy yang biasanya memuat penjelasan tentang bagaimana mengelola informasi dan data pengunjung.

Selain itu, halaman ini juga digunakan sebagai pernyataan bahwa kamu tidak akan mengumpulkan atau menggunakan data pengunjung. 

Untuk membuat halaman ini, kamu bisa menggunakan privacy policy generator di privacypolicies.com atau freeprivacypolicy.com.

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

5. Disclaimer

Halaman disclaimer merupakan contoh halaman website yang juga penting untuk dimiliki setiap website, terutama jika website yang kamu miliki menghasilkan uang

Cek Konten Lainnya:
cURL Command: Definisi, Penggunaan dan Metode Instalasinya

Halaman ini biasanya memuat informasi mengenai bagaimana caranya mendapatkan uang dari website seperti dengan menunjukkan iklan, menggunakan produk atau menggunakan afiliasi.

Disclaimer juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung karena informasi seputar pengelola dan pengembang website tampak lebih terbuka.

6. Layanan/Produk

Halaman produk/layanan adalah contoh halaman website berikutnya yang juga harus ada. Kamu bisa menggunakan halaman ini untuk menawarkan produk/layanan.

Caranya, tambahkan deskripsi atau ringkasan produk/layanan yang dimiliki, kemudian berikan keterangan berupa keuntungan dan kelebihan jika menggunakannya. 

Kamu juga bisa menambahkan tautan pada masing-masing produk, agar pembeli bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi. 

Sebagai contohnya, kamu bisa melihat contoh halaman produk yang dimiliki oleh Jagoan Hosting berikut ini.

7. Support (Bantuan Pelanggan)

Untuk mengantisipasi permasalahan yang terkait dengan produk atau layanan, kamu bisa menambahkan halaman support.

Di sisi lain, keberadaan halaman support juga dimaksudkan untuk membantu pelanggan terhubung dengan pemilik produk/layanan.

Dengan begitu, pelanggan bisa menyampaikan masalah terkait produk/layanan dengan mudah. 

Halaman support ini bisa berbentuk formulir, live chat, atau forum komunitas, di mana pengunjung website bisa menuliskan pertanyaan atau permasalahan yang sedang dihadapinya. 

Agar tidak bingung, berikut adalah contoh halaman support yang dimiliki oleh Jagoan Hosting.

8. Contact Us (Hubungi Kami)

Selanjutnya, jangan lupa mudahkan pengunjung untuk menghubungimu melalui halaman Contact Us (Hubungi Kami).

Pada halaman ini, kamu bisa memberikan informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, alamat perusahaan, sosial media, dan lain sebagainya. 

Dengan informasi ini, kamu bisa memudahkan pengunjung untuk menghubungimu sekaligus meningkatkan kepercayaan mereka pada konten maupun produk yang ditawarkan. 

Baca juga: 12+ Contoh Footer Website, Inspirasi Desain Unik dan Menarik

9. Blog

Memiliki blog sangat disarankan untuk mendukung strategi marketing sekaligus melakukan optimasi SEO website yang kamu miliki. 

Nah biasanya, contoh halaman website blog akan memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan tren maupun produk atau layanan yang ditawarkan.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat artikel yang berhubungan dengan layanan atau produk yang ditawarkan, kemudian tambahkan CTA untuk meningkatkan conversion atau lead.

Sebagai contoh, berikut adalah salah satu konten dari halaman blog yang dimiliki oleh Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Cara Mudah Membuat Website yang Profesional (7 Langkah)

10. Kustom “404-Page not Found”

404 page not found adalah contoh halaman website yang digunakan untuk memberikan peringatan ketika pengunjung website mengakses link yang tidak valid dari website. 

Halaman ini digunakan untuk mengarahkan kembali pada halaman Home. Namun biasanya, mengarahkan kembali pada Home justru memperburuk pengalaman pengunjung.

Pasalnya, pengunjung akan merasa bahwa tautan tersebut tidak jelas dan tidak relevan dengan keinginan mereka. 

Dalam hal ini, kamu bisa membuat halaman 404 Page Not Found dengan cara kustom, agar pengunjung mengetahui bahwa tautan atau link yang mereka tuju sudah tidak valid.

11. Archive Page

Jika website berbasis WordPress, maka secara otomatis, halaman Archive akan terbuat dengan tanggal, kategori, dan tag. 

Halaman Archive ini bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan post paling favorit atau populer berdasarkan kategori dan tag. 

Baca juga: 25 Contoh Website Pribadi yang Bisa Menjadi Inspirasimu!

12. Testimoni 

Sesuai namanya, halaman testimonial adalah halaman yang berisi testimoni dari pengguna atau pembeli yang sudah menggunakan produk maupun layanan yang ditawarkan oleh website. 

Keberadaan halaman ini tentu bisa menarik pengunjung untuk lebih percaya dan memilih menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan pada website tersebut. 

Berikut adalah contoh halaman testimoni yang dimiliki oleh Jagoan Hosting: 

13. Promosi/Iklan

Halaman promosi/iklan adalah contoh halaman website penting berikutnya. Sesuai namanya, di halaman ini, isilah informasi berisikan penawaran produk atau layanan yang kamu miliki. 

Di samping itu, manfaatkan juga halaman promosi/iklan ini guna meyakinkan calon pengiklan untuk menggunakan spot iklan yang kamu tawarkan. 

Itulah halaman website apa saja yang perlu ada untuk mempermudah pengunjung saat melakukan penelusuran.

Agar lebih efektif, kamu bisa menyesuaikan halaman-halaman tersebut berdasarkan tujuan dan kebutuhan dari website yang dibangun. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek kecepatan website
Read More
Cara Cek Kecepatan Website dan 10 Tools Terbaiknya
Pemilik website harus rutin mengecek apakah website dapat dibuka dan akses cepat. Bahkan harus tahu pula cara mengecek…
Apa itu Composer
Read More
Apa itu Composer? Manfaat dan Mengapa Developer harus Menggunakan Composer
Apa itu Composer? Mungkin dari kalian yang merupakan seorang programmer pemula masih belum paham tentang komposer, apa saja…