Mengenal Apa Itu FAQ, Tujuan, serta Cara Membuatnya

faq (Frequently Asked Questions)

Dalam suatu website, FAQ adalah hal yang perlu disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi secara mudah. Penempatannya pada wireframe juga harus diperhatikan agar mudah ditemukan oleh user.

Kepanjangan FAQ adalah Frequently Asked Questions sehingga isi halamannya merupakan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan. Lantas, apa yang harus diketahui sebelum membuat FAQ? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu FAQ?

Tahukah kamu apa itu FAQ? Sedikit mengulang, kepanjangan FAQ adalah Frequently Asked Questions yang mempunyai arti pertanyaan yang sering diajukan. Dengan kata lain, FAQ adalah sebuah halaman daftar pertanyaan umum dan jawaban tentang topik tertentu.

Halaman yang baik dari FAQ adalah daftar pertanyaan dan jawaban yang dapat meyakinkan pelanggan baru, menutup penjualan, dan menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang sifatnya berulang.

Selain itu FAQ, adalah suatu hal yang harus memudahkan untuk dinavigasi, menyajikan informasi detail dan ringkas, dan mudah diakses agar efektif bagi pengguna.

Dalam penyebutannya, FAQ sering dibaca sebagai huruf terpisah, yaitu “eff-ay-cue”. Biasanya, kamu dapat menemukan FAQ dalam situs web, aplikasi dan sebuah email campaign.

Di beberapa situs yang memuat FAQ, mungkin memiliki topik pertanyaan dan jawaban yang sangat kompleks dan memerlukan pengaturan berdasarkan sub-topik dan juga dibagi menjadi beberapa kategori. 

FAQ dapat memuat pertanyaan sekaligus jawaban mengenai segala hal yang berkaitan dengan produk, layanan, serta tentang kegunaan platform/aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tak hanya itu, FAQ adalah salah satu elemen penting dan tidak terpisahkan dari sebuah halaman website bisnis. 

Cek Konten Lainnya:
Serba-Serbi Keamanan Data e-Commerce

Ketika ingin memutuskan pertanyaan apa saja yang akan dicantumkan dalam FAQ adalah penting untuk melihat data apapun dari penelusuran situs dan interaksi pelanggan untuk dipertimbangkan mengenai informasi apa yang kemungkinan besar akan tetap konstan dari waktu ke waktu. Maka idealnya, halaman FAQ tidak perlu diperbarui terlalu sering.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page yang Menarik & Mudah untuk Pemula!

Tujuan dari FAQ

Setelah mengetahui apa itu FAQ, berikutnya kamu juga harus memahami beberapa tujuan dibuatnya. Perlu diketahui, tujuan dari FAQ adalah untuk mempermudah pelanggan mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.

Dalam praktiknya, tujuan dari FAQ bisa berupa beberapa pilihan solusi jika salah satu jawaban terasa belum cukup untuk menjawab pertanyaan.

Misal, kamu bisa menyuruh pelanggan mengunjungi salah satu link informatif agar mendapatkan jawaban yang lebih lengkap. Seperti link menuju artikel terkait, sosial media, maupun link video YouTube. 

Melalui halaman FAQ, kamu dapat menghemat waktumu untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang generic. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi FAQ adalah solusi nyata untuk banyaknya waktu yang terbuang dan bisa dialokasikan pada hal lain.

Maka dari itu, ketika kamu memiliki situs web tanpa FAQ adalah hal yang dirasa kurang. Pasalnya, halaman FAQ adalah sebuah informasi yang dapat memberikan banyak keuntungan pada website bisnis kamu. 

Seperti kepanjangan FAQ yaitu Frequently Asked Questions, maka tujuannya adalah sebagai sebuah media pembantu bagi pelanggan untuk dapat mengenal produkmu dengan lebih mudah.

Oleh karena itu, FAQ harus dibuat untuk dapat memberikan informasi sejelas mungkin kepada pelanggan. Selain itu, halaman FAQ yang ditulis dengan baik juga akan menunjukkan pengalaman dan profesionalisme bagi pelanggan kamu.

Jangan salah, FAQ ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan profesionalisme di situs web kamu Sob!

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Pribadi, Mudah!

Frequently dalam kepanjangan FAQ yang berarti sering, jadi sebaiknya, tampilkanlah teks dalam format tanya jawab yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Bahkan jika kamu memiliki jawaban yang bagus untuk pertanyaannya, maka kemungkinan besar akan ditampilkan di salah satu kotak jawaban atau cuplikan fitur Google, dan ini akan memberi peningkatan traffic yang besar.

Dengan begitu, menampilkan FAQ adalah salah satu cara untuk meningkatkan peringkat SEO website di search engine. Kemudian pada kenyataannya, FAQ juga bisa memuat konten berkualitas yang dilengkapi dengan kata kunci utama terkait bisnis Sob!

Cara Membuat FAQ

Setelah mengetahui pengertian dan tujuannya, tentu kamu juga harus memahami cara membuat FAQ untuk bisa menerapkannya. Adapun cara membuat FAQ adalah sebagai berikut.

1. Memastikan Halaman FAQ Mudah Ditemukan

Meskipun FAQ adalah istilah yang umum digunakan dan sudah banyak yang mengetahuinya, kamu tetap harus menempatkan halamannya secara tepat agar mudah untuk ditemukan.

Kamu bisa membuat halaman FAQ tersendiri dan meletakkannya tepat di menu navigasi situs web atau footer situs web sehingga mudah ditemukan.

2. Menulis Pertanyaan

Berpegang pada kepanjangan FAQ adalah Frequently Asked Questions yang berarti pertanyaan yang sering diajukan, tentu kamu perlu menulis pertanyaan menggunakan sudut pandang dari pelanggan.

3. Memberikan Jawaban

Setelah membuat sebuah pertanyaan-pertanyaan, cara membuat FAQ berikutnya tentu dengan memberikan jawaban dengan jelas. Selain itu, kamu juga perlu menghindari penautan jawaban ke halaman lain dan juga detail yang tidak relevan.

Perlu diingat, tujuan dari FAQ adalah agar pelanggan bisa menemukan solusi atas masalah mereka. Selain itu, susunlah jawaban FAQ yang jelas, ringkas, mudah dicerna, akurat, dan komprehensif.

4. Pantau dan Perbarui Halaman

Cara membuat FAQ yang terakhir adalah dengan melakukan evaluasi. Hal ini dilakukan setelah halaman FAQ ditayangkan, ada baiknya untuk menganalisis kegunaannya secara teratur guna mengetahui apakah kamu perlu memperbaikinya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu IT Support? Job Desc & Skill Wajibnya

Bila perlu, kamu bisa membuat analisis berbasis data untuk menentukan apakah halaman FAQ perlu menambahkan beberapa pertanyaan baru, atau mungkin menempatkan ulang bagian FAQ tersebut di tempat yang lebih mudah diakses bagi pelanggan.

Contoh FAQ

Seperti kita ketahui, setiap perusahaan pasti mempunyai beberapa pertanyaan khusus tentang merek, produk, layanan, harga, dan juga pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bisnis mereka bukan?

Perusahaan-perusahaan besar misalnya seperti Twitter, Facebook, dan YouTube pasti memiliki halaman FAQ yang dinilai efektif dan juga mudah untuk dipahami untuk diakses pelanggannya.

Beberapa contoh pertanyaan standar yang bisa kamu jadikan referensi untuk FAQ adalah sebagai berikut.

  • Bagaimana kebijakan pengembang atau Bagaimana kebijakan pengembalian?
  • Bagaimana cara mengubah pesanan yang sudah saya lakukan?
  • Kapan saya akan menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak pernah menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesanan yang rusak?
  • Bagaimana cara menghubungi perusahaan jika pertanyaan saya tidak terjawab di sini? 

Perlu diingat, pertanyaan dalam halaman FAQ adalah hal-hal yang harus disesuaikan dengan lini bisnis. Itulah sebabnya, penting untuk melihat data apapun dari penelusuran situs dan interaksi pelanggan untuk dipertimbangkan mengenai pertanyaan dan jawaban yang solutif.

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu FAQ, tujuan, serta cara membuatnya. Pastikan menerapkan cara membuat FAQ dengan benar dan menempatkannya di area yang mudah ditemukan pengunjung.

Untuk tetap up-to-date dengan informasi terkini dan menarik seputar blog lainnya, yuk cek blog Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bug adalah
Read More
Apa Itu Bug? Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya
Dalam sebuah website atau software, bug adalah suatu hal yang sangat menjengkelkan bagi hampir setiap orang. Mengapa demikian?…
tips memilih ssl
Read More
10+ Tips Memilih SSL yang Tepat untuk Website
Keamanan menjadi prioritas utama bagi setiap pemilik website, terutama dalam era digital ini yang penuh dengan risiko keamanan…