Mencari cara membuat Instagram Shopping menjadi lebih menarik sejak fiturnya dirilis dan animo masyarakat untuk belanja online meningkat pesat. Namun sebelumnya, untuk mengaplikasikanya, pastikan kamu sudah membuat instagram bisnis dan menggunakannya ya.

Bagi pebisnis, platform berbasis foto serta video tersebut sangat menguntungkan karena jumlah penggunanya sangat tinggi. Alhasil, mengaktifkan fitur Instagram ini juga merupakan salah satu upaya yang apik guna meningkatkan ketertarikan pelanggan Sob. Yuk simak caranya di sini!

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah salah satu fitur yang terdapat dalam platform Instagram. Fitur ini dikatakan mampu menciptakan kemudahan dalam berbelanja dalam media sosial, sama seperti berbelanja di e–commerce.

Instagram Shopping adalah salah satu fitur yang dapat diakses melalui halaman Explore, sehingga calon konsumen tidak perlu meninggalkan aplikasi untuk bisa berbelanja.

Instagram Shopping adalah salah satu fitur yang sangat berguna bagi pemilik akun bisnis karena pemilik nantinya dapat membuat katalog dari produk mereka. Ada juga fitur post dan story yang secara khusus dapat menambahkan tag ke dalam produk dagangan mereka.

Manfaat Instagram Shopping

Adapun beberapa manfaat Instagram Shopping yaitu:

1. Produk Lebih Mudah Ditemukan oleh Konsumen

Umumnya, pemilik bisnis tidak hanya mengirimkan konten mengenai produk yang mereka jual namun juga yang bermanfaat untuk para konsumen. Hal tersebut dilakukan agar ER (engagement rate) akun bisnisnya dapat meningkat. 

Manfaat Instagram Shopping di sini sangatlah besar. Lewat penggunaan Instagram Shopping, bisnis yang kamu miliki akan menggunakan katalog atau etalase produk sehingga konsumen dapat mengaksesnya dengan mudah lewat profil bisnismu.

Baca juga: Engagement Rate: Pengertian, Cara Cek dan Tips Meningkatkan

2. Memudahkan Penyampaian Informasi Terkait Produk ke Konsumen 

Saat produk telah dilihat oleh calon konsumen dan mereka tertarik, maka terkait dengan detail barang seperti harga, kualitas, ataupun bahan pembuatan akan mereka cari tahu lebih lanjut detail lengkap terkait produk tersebut. 

Apabila tidak menggunakan Instagram Shopping, maka pemilik akun bisnis biasanya harus menjelaskan detail produk secara lengkap di dalam caption.

Namun, beberapa pemilik akun bisnis memilih untuk meletakkan semua informasi terkait produk mereka di website atau situs toko yang mereka miliki.

Nantinya, banyak calon konsumen yang keluar dari aplikasi hanya karena informasi terkait dengan detail produk yang belum tentu akan mereka beli. Tentunya bagi calon konsumen yang tidak mau ribet, mereka merasa prosesnya panjang dan mengurungkan niat untuk membeli. 

Namun, lewat Instagram Shopping, kamu dapat menyebarkan informasi terkait detail produk kepada calon konsumen dengan jelas tanpa calon konsumen harus meninggalkan Instagram.

Dalam Instagram Shopping terdapat fitur katalog, yang memungkinkan kamu untuk dapat memberikan rincian terkait deskripsi produk beserta dengan harga produk secara lengkap.

3. Memperluas Jangkauan bagi Konsumen

Pengguna Instagram Shopping hanya cukup mengklik ikon berbentuk tas yang terdapat di sebelah fitur Reels. Beberapa barang atau produk dari toko online nantinya akan muncul. Bagi pengguna, menu tersebut disebut “Shop”.

Hal tersebut membuat kamu sebagai pemilik bisnis memperoleh kesempatan agar bisa menjangkau calon konsumen yang lebih banyak lewat fitur ini.

Sebab, banyak produk kamu yang termuat dalam katalog di Instagram Shopping muncul pada calon konsumen di bagian Shop bahkan sebelum calon konsumen mengikuti akun bisnis yang kamu miliki.

Algoritma dari fitur ini bekerja tidak diberitahukan oleh pihak Instagram. Namun kamu bisa mengecek di bagian Shop bahwa produk yang biasanya muncul adalah produk yang kamu sukai ataupun kamu ikuti dari aktivitas di Instagram. 

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Instagram Ternyata Mudah, Lho! Begini Caranya

4.  Closing Rate akan Meningkat Apabila Menjalin Kerjasama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu cara efektif mempromosikan produk dagangan milikmu. Bagaimana caranya? Tentunya dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping for Creators. Fitur tersebut dapat berisi tag yang langsung mengarah ke produk dagangan milikmu.

Nantinya, calon konsumen yang tertarik mendapatkan informasi dari influencer yang bekerjasama dengan kamu hanya cukup mengklik tombol tag dan langsung mendapatkan informasi lengkap terkait produk.

Tentunya, hal tersebut dapat meningkatkan jumlah closing rate karena adanya kemudahan yang diberikan bagi calon konsumen untuk dapat berbelanja.

Selain itu, orang yang memiliki akun bisnis juga bisa memperoleh insight dari konten yang berisi iklan tersebut. Sehingga kamu dapat menganalisis apakah iklan yang kamu sebarkan melalui influencer tersebut berhasil atau tidak.

Fitur tersebut hanya dapat digunakan oleh para influencer yang memiliki akun khusus bisnis ataupun creator.

5. Memperluas dan Meningkatkan Produk Baru yang Ingin Dijual

Apabila seorang pemilik bisnis menggunakan fitur Instagram Shopping, maka ia bisa memberitahukan apabila ada produk baru yang akan keluar kepada pengikut di akun Instagram bisnis mereka. 

Setiap pengikut dari Instagram bisnis yang mereka ikuti bisa memasang dan menggunakan pengingat agar mendapatkan notifikasi apabila waktu dari peluncuran produk semakin dekat.

Jadi apabila mereka tidak sedang membuka aplikasi Instagram, mereka akan mendapatkan notifikasi  terkait peluncuran produkmu.

Manfaat Instagram Shopping lewat fitur ini adalah untuk meningkatkan jumlah pendapatan lewat penjualan saat produk baru diluncurkan.

Baca juga: Jangan Takut Mahal, Ini Biaya Iklan di Instagram!

6. Terdapat Fitur Menyimpan Produk bagi Calon Konsumen 

Beberapa orang yang membuka aplikasi Instagram karena memiliki waktu luang ataupun hanya untuk sekadar melepas kejenuhan dari aktivitas atau rutinitas yang sedang dijalani. Dengan kata lain.

Beberapa orang tersebut tidak memiliki banyak waktu untuk melihat dan mencari produk incaran mereka dan melanjutkan proses transaksi. Beruntungnya, salah satu manfaat Instagram Shopping adalah menyimpan produk dapat digunakan.

7. Beragam dan Mudahnya Promosi Produk

Selaku pemilik akun bisnis, kamu dapat menggunakan semua fitur yang ada di Instagram untuk membuat dan menyebarkan promosi yang cukup menarik melalui banyak cara dengan format foto, teks, maupun video.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat iklan dari produk bisnis kamu lewat fitur Shopping Ads.

Syarat Instagram Shopping

Dalam memulai suatu program ataupun suatu aplikasi, pastinya terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu patuhi. Syarat instagram shopping haruslah dipenuhi apabila ingin mengaktifkan akun Instagram Shopping milik kamu.

Adapun persyaratan yang perlu dipatuhi dalam cara membuat Instagram Shopping, yaitu:

  1. Lokasi atau area bisnis yang kamu jalankan haruslah disupport dan diberikan akses oleh Instagram Shopping. 
  2. Produk atau barang dagangan yang nantinya akan dijual kepada konsumen haruslah yang telah memenuhi syarat Instagram Shopping.
  3. Kebijakan berjualan dan berdagang lewat Instagram haruslah dipatuhi oleh bisnis yang kamu kembangkan dengan memenuhi dan menyanggupi segala perjanjian antar pelapak yang berdagang.
  4. Diperlukan adanya website yang dianggap penting dan sangat diperlukan bagi bisnis yang akan kamu kembangkan untuk berjualan.

Baca juga: Ketahui 5 Tools Instagram Marketing yang Bisa Meningkatkan Bisnis Kamu!

Cara Daftar Instagram Shopping

Sebelum menggunakan fitur-fitur di dalamnya, ada beberapa cara daftar Instagram Shopping dan cara daftar Instagram Shopping yang harus diketahui terlebih dahulu, yaitu:

1. Mengaktifkan akun bisnis di Instagram

Apabila ingin mengubah akun Instagram menjadi akun Instagram Bisnis maupun kreator, coba lakukan angkah-langkah berikut.

  • Melakukan login atau masuk ke dalam akun Instagram
  • Membuka pengaturan
  • Memilih ‘Account’
  • Memilih ‘Switch to a Professional Account’
  • Menekan ‘Continue’
  • Mengatur kategori bisnis
  • Memilih ‘Done’

2. Membuat Website

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah website. Selain untuk meningkatkan dan memperluas kredibilitas brand atau toko, membuat sebuah website juga akan mempermudah cara membuat Instagram Shopping nantinya.

3. Membuat Halaman Facebook dan Menambahkan Katalog Produk

Pada tahap ini, kamu memerlukan pembuatan halaman di Facebook untuk menempatkan beberapa katalog produk daganganmu.  

  • <p”> Membuat akun dari pengelola halaman yang ada di Facebook seperti Pengelola Bisnis Facebook lalu login dan masuk menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.
  • Mengisi informasi atau data yang diminta dalam pembuatan akun bisnis yang baru.
  • Memilih pengaturan bisnis.
  • Memilih sumber data kemudian mengklik menu Katalog dan menambahkan katalog baru.
  • Membuat nama beserta jenis produk ke dalam katalog, lalu memilih buat katalog baru.
  • Menentukan siapa saja yang bisa mengakses baik secara standar ataupun mengakses sebagai admin terhadap katalog produk ini, jika memang belum ada, kamu dapat memilih diri sendiri. Pastikan bahwa orang yang akan mengelola bisnis setidaknya harus memiliki akun Facebook. Apabila sudah memiliki, pilih Tetapkan.
  • Pada tahapan ini, katalog produk milikmu masih kosong. Apabila ingin menautkan ke akun Instagram bisnis dan ingin mengaktifkan fitur Instagram Shopping, isilah katalog produk dengan memilih “Buka di Pengelola Katalog”.
  • Memilih “Saluran” yang ada dalam menu di sebelah kiri, lalu memilih “Tambahkan Produk”.
  • Memilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali apabila sudah menambahkan akun Facebook Pixel ke dalam website milikmu, maka pilihlah “Gunakan Pixel”, kemudian klik Selanjutnya.
  • Mengisi informasi yang diperlukan untuk produk yang ingin dijual. Apabila belum memiliki tautan untuk dimasukkan ke dalam kolom “Tautan situs web”. Di sinilah fungsi dari website itu bekerja, sehingga lebih mudah jika ingin menambahkan produk ke dalam katalog melalui Facebook Pixel atau membuat secara manual. Apabila sudah, pilih Tambahkan Produk.
  • Sukses! Katalog produk milikmu sudah selesai dan bisa langsung dihubungkan ke dalam  akun bisnis Instagram.

Baca juga: 10 Tools Instagram Analytics Gratis dan Berbayar Terbaik

4. Menghubungkan ke Katalog yang Ada di Facebook

Apabila katalog produk milikmu sudah selesai masuk ke halaman yang ada di Facebook dan website, selanjutnya aktifkan Instagram Shopping lewat aplikasi Instagram. Cara buat Instagram Shopping cukup mudah karena bisa diakses lewat gadget.

  • Pilih Business di pengaturan Instagram.
  • Klik Sign Up for Shopping
  • Mengikuti tahapan yang diperintahkan, semisal menautkan akun bisnis ke Facebook hingga menyambukan akun Instagram dengan katalog produk yang ada di Facebook yang sudah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, klik Facebook Catalog Manager, lalu pilih “Check for Catalog”.

5. Menunggu Akun Ditinjau

Apabila tahapan pendaftaran telah selesai, kamu hanya perlu menunggu akun ditinjau oleh pihak Instagram.

Jika tidak terdapat masalah, seharusnya Instagram bisnis milikmu sudah berada dalam jangkauan pihak Instagram.

6. Mengaktifkan Fitur Shopping

Apabila akun Instagram Shopping sudah disetujui oleh pihak Instagram, kamu bisa mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Apabila fitur tersebut belum muncul di menu pengaturan, berarti akun milikmu masih diproses dan ditinjau oleh pihak Instagram.

7. Menambahkan Label di Produk

Apabila akun milikmu telah disetujui oleh pihak Instagram, maka selanjutnya kamu bisa membuat dan menambahkan konten dengan cara tap pada konten produk agar konsumen bisa melihat-lihat katalog produk yang terdapat di dalamnya. Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Sesudah klik foto yang hendak diunggah, pilih “Tag Products”.
  • Klik sekali katalog produk yang hendak kamu tandai, kemudian klik produk dari katalog milikmu. Supaya tidak berlebihan bahkan dianggap menjadi spam, saat ini pihak Instagram memberi batasan tag hingga lima produk.
  • Mengaktifkan Facebook apabila kamu hendak mengunggah konten sekaligus di dua platform. Selanjutnya, pilih Bagikan atau Share.
  • Jangan lupa untuk terus melakukan promosi.

Nah, itu dia penjelasan dan langkah-langkah dari cara membuat Instagram shopping. Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk simak terus blog Jagoan Hosting dan dapatkan informasi menarik serta pengetahuan bermanfaat seputar dunia teknologi dan bisnis.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like