9 Plugin Page Builder WordPress Terbaik Untuk Websitemu!

Page Builder Wordpress - jagoanhosting.com

Tahukah kamu jika sekarang telah hadir cara membuat website yang mudah dan praktis? Yup, dengan bantuan plugin page builder WordPress, kamu bisa mengembangkan website tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Beberapa contoh website yang dapat dibangun lewat plugin page builder WordPress antara lain yaitu company profile, blog, portfolio, online store ataupun website non aplikasi lainnya. Cukup banyak, bukan?

Jadi, bisa dibilang plugin tersebut merupakan solusi terbaik untuk kamu yang sedang berencana membangun website namun masih pemula di dunia perkodingan.

Oleh karenanya, kali ini Jagoan Hosting akan memberikan daftar rekomendasi plugin page builder WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan. Beberapa di antaranya ada yang gratis lho, Sob! Yuk simak ulasannya sampai habis!

Apa itu Plugin Page Builder WordPress?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya apabila kamu mengetahui apa itu plugin page builder WordPress terlebih dahulu.

Plugin page builder WordPress adalah komponen yang bisa berfungsi untuk membantu para blogger dan web developer untuk merancang sebuah tampilan website dengan cara instan. 

Pada dasarnya, plugin page builder WordPress adalah komponen yang cukup mudah, kamu tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk bisa membuat dan mendapatkan beragam desain layout, untuk memenuhi kebutuhan website.

Kebutuhan website yang dimaksud di sini adalah landing page, web company profile, blog, atau pembuatan toko online. 

Selain itu, plugin page builder WordPress adalah komponen yang memungkinkanmu untuk mengedit dan melakukan kustomisasi website hanya dengan drag and drop. Jadi, ini adalah salah satu komponen yang memudahkan bagi pemula sampai profesional. 

Dengan memiliki page builder website, kamu bisa melakukan kustomisasi template yang berbeda pada tiap halaman.

Misalnya, untuk menambahkan daftar harga produk, menampilkan portofolio, update event, bahkan membuat website sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan ini bisa kamu lakukan hanya dengan cara drag and drop

Baca juga: Apa itu WordPress? Kelebihan, Kekurangan dan Cara Buat

Manfaat Plugin Page Builder WordPress

Selain bisa membuat website dengan instan, manfaat plugin page builder WordPress yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Waktu Lebih Efisien dalam Pembuatan Website

Manfaat plugin page builder WordPress yang pertama adalah waktu lebih efisien. Kamu tidak perlu membuang waktu untuk mendesain dan merancang konsep website.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Plugin? Jenis dan Fungsi Lengkapnya

Kamu bisa menggunakan fitur website WordPress builder dengan editor, dan bisa disesuaikan dengan cepat. 

2. Lebih Mudah untuk Melakukan Upgrade Konten Website

Website yang memiliki plugin page builder WordPress bisa kamu modifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Apabila nanti akan melakukan perubahan pada website atau elemen tertentu, bisa ditambahkan melalui editor dengan cara drag and drop builder

3. Cocok untuk Pemula, Instan Tanpa Coding

Manfaat plugin page builder WordPress berikutnya adalah kamu tidak perlu memiliki skill coding. Hanya dengan drag and drop kamu sudah bisa menggunakannya.

Dengan fiturnya, kamu juga bisa menambahkan event baru di halaman baru, dan melakukannya tanpa menggunakan editor CSS/HTML. 

Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

4. Kustomisasi Mudah dengan Layout dan Desain 

Dengan plugin page builder WordPress, kamu juga bisa bebas berekspresi dengan leluasa untuk menentukan desain website.

Bahkan kamu bisa merancang dari segi warna dan elemen-elemen yang di dalamnya secara instan. Misalnya, kamu ingin menambahkan header atau melakukan kustomisasi agar terlihat lebih menarik dan menawan. 

Daftar Plugin Page Builder WordPress Terbaik

Nah, setelah memahami apa itu plugin page builder WordPress beserta manfaatnya, sekarang saatnya kamu mengetahui beberapa plugin page builder WordPress gratis dan berbayar terbaik yang bisa kamu gunakan untuk pembuatan website. 

1. Visual Composer

Visual Composer

Rekomendasi plugin page builder WordPress terbaik yang pertama adalah Visual Composer. Plugin satu ini diklaim sebagai salah satu page builder WordPress terpopuler.

Terjual lebih dari 300.000 plugin dengan rating hampir five-star, menjadikan Visual Composer sebagai page builder WordPress terlaris di Envato Market. 

Dengan Visual Composer, kita akan mendapat 2 panel bagian website yang dapat kita edit sekaligus, yaitu di bagian Front – End Editor (untuk mengedit tampilan interface) dan Back – End (untuk mengedit sistem website).

Sebagai plugin page builder WordPress terbaik, Visual Composer sudah sangat populer di kalangan blogger maupun web developer. Hal tersebut karena kelebihan plugin page builder WordPress ini memiliki tampilan yang lengkap dan fleksibel. 

Kamu pasti bertanya-tanya, apakah Visual Composer adalah plugin page builder WordPress gratis? Sayangnya, hal ini adalah kekurangan Visual Composer.

Plugin ini tidak tersedia secara gratis. Kamu harus membayar biaya langganan untuk menikmati fasilitas di dalamnya, jika sudah berlangganan kamu bisa menggunakan template premium seperti, Soledad – Multipurpose theme atau Rehub. 

Meskipun demikian, visual composer masih direkomendasikan untuk para blogger dan web developer sebagai plugin page builder WordPress terbaik. 

2. Elementor

Elementor

Elementor menjadi rekomendasi plugin page builder WordPress terbaik selanjutnya yang tak kalah powerful dan user friendly. Sama seperti Visual Composer, Elementor juga memungkinkan kita untuk membuat website hanya dengan drag and drop.

Terlebih, kita dapat merancang website langsung di satu halaman saja, yang dilengkapi pula dengan fitur preview untuk melihat hasil rancangan website yang kita buat.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Elementor vs Elementor Pro, Cek Selengkapnya!

Kelebihan elementor adalah menjadi plugin page builder WordPress gratis. Selain gratis, kinerja elementor juga tidak kalah powerful jika dibandingkan dengan visual composer. Dengan menggunakan plugin ini, kamu cukup drag and drop sesuai halaman yang kamu inginkan.  

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, Elementor memiliki kekurangan di antaranya yaitu tidak memiliki opsi white label sehingga harus menggunakan nama website sendiri, kecepatan akan berkurang jika menggunakan memory di server, tidak ada fitur yang berkaitan dengan SEO, dukungan teknis hanya diberikan untuk pengguna yang sudah pro. 

3. Divi Builder

Divi Builder

Page builder WordPress selanjutnya yang tak kalah apik adalah Divi Builder. Dikembangkan oleh Elegant Themes, Divi Builder dirancang untuk dapat kompatibel dengan segala tema WordPress yang kita gunakan serta dapat membuat layout dengan berbagai ukuran dan bentuk. 

Kelebihan dari Divi Builder adalah responsif, dan memiliki layout yang apik ketika diakses dengan perangkat mobile.  Divi Builder juga lebih SEO Friendly.

Hasil kustom desain yang menggunakan Divi Builder juga bisa diekspor sebagai langkah antisipasi saat dibutuhkan untuk instal di website lain maupun disimpan sebagai arsip design.

Adapun kekurangan dari Divi Builder adalah tidak memilih bantuan atau support dari developer melalui email, kemudian karena kebebasan eksplorasi dari Divi Page Builder terkadang membuat penggunanya membuat banyak pelanggaran. 

4. Site Origin

Site Origin

Dengan page builder WordPress terbaik satu ini, akan memungkinkan kita untuk membuat website tanpa coding sekalipun. Site Origin juga dibekali dengan berbagai widget menarik yang hanya bisa ditemui pada page builder WordPress berbayar.

Kelebihan dari Site Origin adalah bebas menggunakan widget WordPress yang tersedia, responsif, dan mobile friendly.

Compatible dengan berbagai tema WordPress, kamu juga bisa melanjutkan pembuatan website dengan halaman post yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu, kelebihan dari Site Origin adalah menjadi plugin page builder WordPress gratis.  

5. Themify

Themify

Selanjutnya, Themify menjadi page builder WordPress selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan tampilan yang tak kalah user friendly, Themify juga memungkinkan kita untuk menambahkan berbagai elemen website dasar seperti widget, button, icon dan page dengan fitur preview.

Menariknya, kita bisa memilih hendak menggunakan versi page builder-nya yang gratis ataukah yang berbayar.

Kelebihan Themify adalah termasuk salah satu plugin page builder WordPress gratis. Namun, jika kamu menginginkan fitur yang lebih lengkap kamu juga bisa membayar biaya langganan, dan mengatur budget sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, kelebihan page builder ini bisa memberikan akses kustomisasi mulai dari hal kecil seperti, membuat tombol icon, hingga layout seluruh halaman yang sesuai. 

6. MotoPress Content Editor

MotoPress Content Editor

Sama seperti Divi, MotoPress juga plugin page builder WordPress gratis yang kompatibel dengan segala tema WordPress premium yang kita pakai.

Cek Konten Lainnya:
30 Template WordPress Gratis yang Recommended dan Terbaik

MotoPress juga menggunakan fitur drag and drop untuk memudahkan kita merancang sebuah website dalam hitungan menit. MotoPress tersedia dalam 3 lisensi berbayar yaitu, untuk penggunaan Personal, Bisnis, dan Developer yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

MotoPress memiliki kelebihan untuk memudahkanmu dalam membuat dan mendesain halaman website dengan berbagai macam layout sesuai dengan keinginan.

Plugin ini juga bekerja dengan mengubah editor WordPress default menjadi editor visual composer dengan fitur yang lengkap pada sisi front-end

7. Unyson

Unyson

Page builder WordPress dengan lisensi gratis lainnya adalah Unyson. Selain penggunaannya yang mudah, page builder WordPress gratis satu ini dilengkapi berbagai fitur yang tak kalah lengkap.

Tak ketinggalan, Unyson yang mendapatkan rating hampir five-stars ini bahkan dilengkapi dengan pengaturan optimasi SEO.

Selain menjadi plugin page builder gratis, Unyson juga memiliki keunggulan dengan fitur slider yang bisa membuat website-mu lebih menarik, memiliki mega menu yang memberikan kemudahan untuk pembuatan website yang lebih user friendly.

Kemudian, kelebihan yang paling penting dari Unyson adalah tersedia fitur Backup dan Restore

8. WooRockets Page Builder

WooRockets Page Builder

WooRocket merupakan page builder WordPress gratis lainnya yang bisa kamu coba. Sama seperti page builder WordPress lainnya, WooRockets juga menawarkan fitur drag and drop yang dapat mengkostumisasi konten dengan mudah dengan fitur live preview.

Selain itu, elemen website lainnya yang tak kalah penting untuk bisnismu seperti Price Tables, Content List, Promotion Box juga tersedia pada WooRockets Page Builder.

9. Aqua Page Builder

Aqua Page Builder

Page builder WordPress gratis yang menawarkan kemudahan lainnya jatuh pada Aqua Page Builder. Tampilan editor websitenya yang sederhana, serta memuat fitur modifikasi dan duplikasi akan memungkinkan kita untuk membuat website dalam waktu singkat.

Bahkan, Aqua Page Builder juga telah menyediakan layout dasar utama yang dapat kita jadikan sebagai patokan untuk membuat website.

Kelebihan menggunakan page builder Aqua Page adalah simpel dan mudah digunakan untuk pemula hingga profesional, tanpa perlu memiliki skill coding kamu bisa membuat website hanya dengan drag and drop, kemudian page builder ini juga memiliki interfase sesuai tampilan pada WordPress.

Nah, itu dia informasi seputar plugin page builder WordPress terbaik yang bisa kamu pilih untuk websitemu.

Sekarang, tak perlu lagi menyentuh coding atau bergelut dengan pengaturan template yang runyam untuk membuat website idaman. Cukup gunakan page builder WordPress di atas, semua kesulitan pun bisa terselesaikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
plugin backup wordpress
Read More
8+ Plugin Backup WordPress Terbaik di 2024
Plugin backup WordPress menjadi salah satu cara yang banyak blogger pilih untuk melindungi situsnya. Namun, pastinya banyak sekali…
pasang maps di website
Read More
Cara Membuat Google Map di Website & Blog Paling Mudah
Selain menunjukkan lokasi tertentu, Google Map punya manfaat yang besar, salah satunya untuk website. Tidak heran kalau kemudian…