Apa itu Divi Builder? Kelebihan, Fitur & Cara Menggunakan

divi builder

Proses pembuatan situs sekarang menjadi lebih praktis dengan hadirnya berbagai plugin. Sebut saja Divi Builder yang merupakan plugin untuk membangun tema dan halaman website di WordPress.

Apakah kamu sudah cukup familiar dengan plugin tersebut, Sob? Jika belum, jangan khawatir! Sebab artikel ini akan membahas seputar apa itu Divi Builder lengkap dengan fitur-fitur, kelebihan, hingga harga yang ditawarkan. Jadi, yuk baca sampai selesai!

Apa itu Divi Builder?

Apa itu Divi Builder? Divi Theme Builder dari Elegant Themes adalah sebuah Visual Builder atau alat pembangunan visual yang memungkinkan kamu untuk membuat sebuah halaman website dan membangun website landing page lebih cepat.

Dengan menggunakan salah satu plugin WordPress ini, kamu bisa mengerjakan sebuah website landing page 1 – 3 halaman dalam estimasi sekitar 1 –  3 jam saja. 

Selain itu Divi Theme Builder juga memiliki keunggulan di antara yaitu SEO Friendly dan Mobile Responsive Design. Builder Divi pun dapat digunakan untuk memasukkan, menghapus, dan mengedit blok konten.

Bahkan Divi Theme Builder memungkinkan kamu untuk memodifikasi tidak hanya konten website, tetapi juga desain website itu sendiri, tanpa harus mengubah tema.

Builder Divi menawarkan kemungkinan tata letak yang tidak terbatas, dan area konten yang mengalir sempurna untuk pendekatan desain yang responsif.

Divi Theme Builder dibuat untuk memudahkan proses desain, yang memungkinkan kamu untuk dapat membuat situs yang elegan.

Cukup dengan menggunakan Divi Theme Builder, kamu dapat membuat tata letak dan halaman situs web profesional. Tak perlu pengalaman lebih membuat website yang profesional. Itulah mengapa, begitu banyak pemilik situs web menggunakan plugin WordPress ini, Sob.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Landing Page? Ini Cara Membuat & Bedanya dengan Website

Fitur-Fitur Divi Builder

Setelah mengetahui apa itu Divi Builder, selanjutnya kita akan membahas mengenai fitur-fitur yang tersedia di dalamnya, Sob. Adapun beberapa fitur Divi Theme Builder adalah sebagai berikut:

1. Real Time Design

Dengan menggunakan Builder Divi, ketika kamu akan membuat perubahan desain pada suatu halaman, maka desain akan berubah secara instan pada saat itu juga.

2. Klik dan Ketik

Dengan menggunakan Builder Divi, kamu tidak perlu lagi membuka panel untuk menambahkan content. Kamu dapat dengan mudah melakukan klik dan memulai mengerik isi halaman.

Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

3. Customize Everything

Dengan menggunakan Divi Theme Builder, setiap elemen dapat di-custom mulai dengan font, warna, ukuran, spacing dan juga custom CSS.

Cloud VPS

4. Responsive Editing

Dengan menggunakan Builder Divi, terdapat fitur responsive editing, di mana fitur ini akan menampilkan live responsive preview.

5. Pengaturan yang Mudah

Dengan menggunakan Divi Theme Builder, kamu dapat memanfaatkan pengaturan yang mudah dengan kemudahan menambah baris dan kolom.

6. Global Elemen

Dengan menggunakan Builder Divi, sinkronisasi item yang bersifat global pada banyak halaman. 

7. 46 Content element

Dengan menggunakan Divi Theme Builder, pada waktu artikel ini ditulis, salah satu plugin WordPress ini memiliki 46 content element.

8. Import dan Export

Dengan menggunakan Builder Divi, kamu dapat menyimpan layout ke dalam library untuk digunakan di kemudian hari.

9. Sedikit atau Tanpa Loading

Divi Theme Builder memiliki proses bekerja cepat, sehingga sedikit atau tanpa loading.

10. Premade Layouts

Builder Divi menyediakan lebih dari 20 layout yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Website Builder Terbaik untuk Situs Web!

Kelebihan dari Divi Builder

Setelah mengetahui apa itu Divi Builder dan fitur-fitur di dalamnya, berikutnya kita akan membahas mengenai kelebihannya, Sob! Setidaknya, terdapat 6 kelebihan dari Divi Theme Builder yang dapat kamu manfaatkan, yaitu:

Cek Konten Lainnya:
Apa itu jQuery? Kenali Fungsi, Cara Menggunakan dan Contoh

1. Mudah Digunakan

Pertama, kelebihan Divi Theme Builder adalah mudah digunakan. Di mana salah satu plugin dari WordPress ini memiliki semua elemen terdiri dari Wadah, setiap wadah berisi Baris, setiap baris berisi Kolom dan setiap kolom berisi Modul. Dengan begitu, cara menggunakan Divi Builder tentu akan sangat mudah, Sob!

2. Banyak Modul

Kelebihan Builder Divi yang kedua adalah tersedianya modul seperti teks, gambar, slider, contact form, tombol Call-to-Action, toggle, accordion, dan lainnya.

Modul-modul tersebut sangat mendukung cara menggunakan Divi Builder dalam pembuatan sebuah halaman website yang modern dan responsif.

3. Animasi

Kelebihan Divi Theme Builder yang ketiga adalah setiap baris, kolom dan modul bisa tampil dengan animasi seperti zoom, bounce, fade, slide in, dan sebagainya. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman yang baik ketika para pengunjung mengunjungi website.

4. Mobile Friendly

Kelebihan keempat pada Divi Theme Builder adalah tersedianya tampilan mobile yang sangat friendly sehingga bermanfaat jika sudah selesai mengerjakan versi desktop, kamu dapat dengan mudah beralih ke tampilan layar ponsel untuk menyesuaikan apa yang perlu disesuaikan, sehingga tampilan pada layar ponsel dapat rapi dan tidak ada tampilan yang overlap atau kacau.

5. Dapat Membuat Tema

Kelebihan Divi Theme Builder yang kelima adalah dapat membuat tema. Cara menggunakan Divi Builder ini sangat berguna untuk membuat tampilan website yang konsisten.

Kamu dapat membuat Header, Body, dan Footer untuk beberapa halaman, semua halaman, atau halaman tertentu saja. Tentu ini dapat mempercepat proses pembuatan sebuah halaman atau postingan.

6. Ringan

Kelebihan Builder Divi yang terakhir adalah ringan. Divi Theme Builder adalah alat pembangunan visual cukup ringan, tidak terlalu banyak memakan proses komputasi perangkatmu, sehingga websitemu dapat selalu cepat diakses.

Apalagi jika kamu tambahkan autoptimize dan cache, website-mu akan dapat di-load lebih cepat dengan sekitar 2 – 3 detik saja lho, Sob!

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

Harga Divi Builder

Kamu dapat menerapkan cara menggunakan Divi Builder pada project-mu secara pribadi ataupun corporate. Dengan mengetahui cara menggunakan Divi Builder, semakin lama, ketergantunganmu pada developer website akan dapat dihilangkan. 

Cek Konten Lainnya:
10+ Manfaat SSL untuk Keamanan Website

Divi Theme Builder ini merupakan alat pembangunan visual yang berbayar dengan harga terjangkau. Kamu dapat membayar dengan license unlimited dan lifetime. Harga plugin WordPress ini sekitar USD89 atau sekitar Rp1,2 juta per tahun, memang agak mahal sih, tetapi kegunaan alat pembangunan visual ini sangat powerful.

Cara Install Divi Builder

Setelah kamu menyelesaikan pembayaran lisensinya, selanjutnya kamu dapat men-download builder divi dan salah satu theme dari Elegant Themes. Kemudian kamu bisa langsung meneruskan tahapannya dengan melakukan uji coba dengan instalasi.

Adapun cara install Divi Builder yang bisa kamu ikuti adalah seperti berikut ini

  • Cara install Divi Builder yang pertama, lakukan Install WordPress seperti biasanya
  • Berikutnya cara install Divi Builder adalah dengan meng-upload plugin Builder Divi dan mengaktifkannya
  • Cara install Divi Builder yang terakhir kamu dapat mengupload salah satu theme dari Elegant Themes dan aktifkan.

Bagaimana, Sob? Sampai di sini tentunya kamu jadi lebih mengenal Divi Builder bukan? Jadi, apabila kamu memiliki situs web berbasis WordPress, jangan ragu untuk memanfaatkan plugin ini dalam membangun halaman-halaman di dalamnya, ya! Semoga informasi di atas bermanfaat!

Cara Menggunakan Divi Builder

Berikutnya kamu bisa cek tutorial – tutorial berikut ini untuk menggunakan divi builder :

  1. Cara klaim Tema atau Theme Divi di JagoanHosting
  2. Cara Install Tema atau Theme Divi di WordPress 
  3. Penjelasan Lengkap Opsi Tema atau Theme Options Divi
  4. Penjelasan Penyesuai Tema atau Theme Customizer Divi 
  5. Cara menggunakan Template Website atau Premade Layouts Divi
  6. Membuat website blog mirip medium menggunakan Divi

Yuk baca artikel menarik lainnya seputar pengembangan website di blog Jagoan Hosting!

2 comments
  1. bermanfaat sekali gan, bertambah ilmu dan pengetahuan untuk membuat website atau blog lebih menarik (interest) – agar pengunjung semakin betah dan berlama-lama di blog atau website yang dibangun.sukses selalu dan semoga bisa terus berbagi.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Design sprint startup
Read More
Mengulas Design Sprint Lebih Dalam, Benarkah Ini Skripsi Versi Singkat?
Halo, Sobat Jagoan Hosting! Kamu pernah dengar tentang design sprint nggak, Sob? Ini adalah istilah yang sudah tidak…
optimasi website
Read More
Optimasi Website: 15+ Cara yang Wajib Dilakukan
Untuk menaklukkan persaingan pasar digital, optimasi website termasuk langkah yang krusial. Pasalnya, website berperan sebagai kehadiran bisnis dalam…