Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Cara Cepat Belajar SEO

7 Cara Cepat Belajar SEO untuk Pemula

Mau Belajar SEO? Tapi masih belum tahu bagaimana cara cepat untuk memahami Teknik SEO Pemula? Tenang! Disini kamu akan belajar bagaimana cara cepat untuk menguasai Teknik Optimasi Search Enggine.

Disini kamu akan menemukan bagaimana kamu bisa cepat memahami dan belajar tentang search engine optimization. Kamu akan mempelajari tentang dasar – dasar SEO untuk pemula, yang akan kamu kembangkan lagi setelah membaca artikel dasar dasar SEO untuk pemula ini, Lantas apa saja Cara cepat belajar SEO untuk  pemula?

1. Memahami Fundamental SEO

Belajar Memahami Fundamental SEO

Cara pertama untuk belajar memahami SEO yaitu dengan mengetahui fundamental SEO atau dasar dasar SEO. Dengan memahami dasar-dasar SEO kamu lebih mudah memahami mengenai search enggine optimization. Nah sebaiknya ketahui tentang Dasar SEO, Apa saja fundamental SEO?

a. Konsep Dasar SEO

Inti dari SEO adalah bagaimana sebuah menjadi yang terbaik untuk kata kunci yang kamu inginkan. Bagaimana menjadi yang terbaik dari website lainnya?

Tentunya kamu saat mencari informasi di internet akan mencari website yang relevan dengan informasi yang kamu cari, Nah dari sini kamu bisa berpikir tentang apa yang dicari user saat mengunjungi website kamu.

Artikel yang kamu tulis harus relevan atau sesuai dengan kata kunci yang kamu inginkan, Lantas apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat website kita menjadi yang terbaik?

Dari sedikit pejelasan diatas, Konsep dasar SEO mencakup :

  1. Konten yang disajikan, Disini konten menjadi dasar dan inti dalam SEO. Artikel harus relevan dan sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Dan tentunya konten yang disajikan berkualitas bagi user yang membaca.
  2. Struktur dan Navigasi, Struktur dan navigasi website harus jelas, karena hal ini menjadi bagian utama atau konsep dasar seo yang harus diterapkan. Struktur dan navigasi yang jelas akan memudahkan Crawling  google kepada website kamu.
  3. Kepuasan Pengguna, Kepuasan pengguna menjadi salahsatu hal yang bisa menilai website kamu itu berkualitas atau tidak. Maka dari itu kepuasan pelanggan dan user experience harus diperhatikan.
  4. Popularitas, Untuk populeritas tidak perlu dijelaskan lebih detail, karena mimin yakin pasti kamu sudah paham mengenai makna dari popularitas website.

b. SEO On-Page

Belajar SEO Onpage

Buat kamu yang ingin belajar SEO Pemula kamu harus paham mengenai SEO On-page. Seo OnPage adalah Optimasi search engine yang berada di dalam website / blog yang dikerjakan pada sisi dalam, Bisa diartikan jika Onpage SEO merupakan cara optimasi website yang berhubungan langsung dengan website yang dioptimasi.

SEO Onpage sendiri Meliputi :

  1. Server, Server atau hosting menjadi salahsatu hal yang harus diperhatikan, Karena menjadi hal utama dalam SEO Onpage. Kamu tak perlu khawatir dan pusing mencari hosting terbaik. Kamu bisa menggunakan Corporate Hosting dari Jagoan Hosting yang sudah tidak diragukan lagi baik dari sisi performa untuk meningkatkan SEO Onpage website kamu.
  2. Platform cms, Pemilihan platform CMS juga menjadi salahsatu hal yang harus diperhatikan. Rekomendasi buat kamu, sebaiknya gunakan CMS WordPress, Karena untuk Belajar SEO WordPress lebih mudah dan CMS ini lebih mudah untuk dioptimasi. Kamu juga bisa menggunakan wordpress sebagai CMS Ecommerce Terbaik.
  3. Konten, Konten juga termasuk dasar SEO, Konten juga menjadi Inti dari kualitas dan SEO Website kamu. Sebaiknya untuk memahami teknik SEO kamu harus paham dulu tentang cara membuat artikel berkualitas.
  4. Navigasi & Struktur situs, Sama halnya dengan Konten, Navigasi atau  menjadi dasar Seo. Kamu bisa menganalisa struktur website kamu pada tools check struktur data website milik google untuk menilai struktur situs milik kamu.
  5. Speed loading,.Kecepatan website menjadi salah satu Optimasi OnPage SEO. Kamu tak perlu khawatir jika kamu menggunakan Epic Hosting dari jagoan Hosting karena sudah ada fitur speed up yang ada Paket Epic Hosting Speed Up. Tapi kamu juga harus memperhatikan penggunaan gambar dan script pada website kamu, Untuk bisa meningkatkan performa speed website kamu. Kamu bisa melakukan test load speed milik google.

c. Seo Off-Page

Optimasi Link Building Website
Optimasi Link Building Website

SEO off-page adalah optimasi pada faktor luar yang tidak berhubungan langsung dengan website. Jadi Seo Off page merupakan kebalikan SEO On Page yang merupakan optimasi dari sisi dalam website.

Dari sini kamu pasti paham mengenai perbedaan antara Sisi SEO On Page dan SEO Off Page, Lantas apa saja SEO OffPage itu?

  1. link building, Link building adalah Teknik SEO yang cukup populer, Teknik optimasi website dengan cara membuat link eksternal dari website lain menuju blog kamu. Link building juga biasa disebut dengan Backlink.
  2. Sosial signal, Social signal atau social sharing adalah optimasi website dengan cara melakukan share pada sosial media untuk mendatangkan visitor. Cara ini mudah untuk diterapkan bagi kamu yang masih Belajar SEO untuk Pemula. Karena kamu tak perlu ribet untuk melakukan optimasi webste kamu secara luas.
  3. Branding, Mimin yakin jika kalian sudah paham mengenai Branding, Nah cara yang mudah untuk Belajar teknik SEO ini dengan bagaimana kamu bisa menciptakan Brand Awarenes pada layanan atau produk yang kamu sediakan. Dari situlah kamu mudah dalam meningkatkan branding website kamu.

d. Riset Keyword

Riset keyword merupakan hal yang harus dipahami dan wajib belajar SEO pemula, Riset keyword menjadi kunci utama kamu untuk bisa mendapatkan trafik pada website kamu.

Riset Keyword adalah cara untuk mengetahui sebuah kata kunci tersebut memiliki banyak pencarian atau tidak dan mengetahui bagaimana kompetisi pencarian keyword tersebut, apakah berkompetisi renda atau tinggi.

Semakin tinggi kompetisi keyword maka akan sulit untuk bisa ditaklukan untuk berada di page one, Maka dari itu kamu bisa tahu kata kunc mana yang harus dipakai ketika membuat sebuah artikel.

Nah jika kamu tanpa memikirkan riset keyword maka kamu bisa saja membuat artikel dengan topik yang tidak ada pencarinya atau volume pencarian rendah. Pasti kamu heran, padahal artikel yang kamu tulis berada di peringkat 1 namun dari hasilnya idak mendapatkan traffic. Pasti kamu bertanya kenapa? Itulah mengapa Riset Keyword sangat penting.

Untuk Riset Keyword, Kamu bisa menggunakan tools gratis dari Neil Patel yang powerfull dan tentunya gratis. Kamu bisa menggunjuni situs Ubbersuggest milik neil patel. Kamu bisa melihat Riset keyword untuk kata kunci “Belajar SEO” pada ubbersuggest.

Riset Keyword Belajar SEO
Riset Keyword Belajar SEO

Dari gambar diatas bisa didapatkan untuk keyword Belajar SEO didapatkan data yaitu volume pencarian 1900/bulan, SEO Difficulty 24 (Easy), Paid Difficulty 19 (Easy), dan CPC Rp. 4.487.82

Keyword Ideas Belajar SEO
Keyword Ideas Belajar SEO

Kamu juga bisa menemukan Keyword Ideas pada tools riset keyword tersebut, Kamu bisa menuju laman keyword ideas melalui menu. Disitu kamu akan menemukan beberapa ide keyword yang bisa kamu gunakan.

e. Content Marketing

Content marketing adalah usaha pemasaran yang bertujuan untuk memberikan manfaat pada user yang memiliki tujuan meningkatkan brand awarenes atau membuat user lebih mengenal bisnis kamu.

Content marketing tidak jauh berbeda dengan SEO, Sehingga kamu bisa belajar Penerapan SEO dan Content Marketing.

Untuk bisa menguasai Content Marketing kamu harus paham mengenai cara membuat konten yang berkualitas bagi para pengguna, Hal tersebut menjadi inti dari content marketing.

Nah apa saja yang menjadi Bagian Content Marketing :

  1. Utamakan Kualitas Konten, Kamu wajib mengutamakan kualitas konten, Kualitas konten ini termasuk relevansi judul dan isi, Informasi yang disediakan, dll. Nah kamu bisa membuat konten yang disukai oleh para user.
  2. Kuantitas konten tidak terlalu penting, Pasti kamu merasa antara Kuantitas dan kualitas konten berbanding terbalik. Maka dari itu lebih utamakan kualitas dan kuantitas konten. Banyak sekali pembuat content yang memfokuskan pada kuantitas sehingga kualitas menurun.
  3. Fokus pada konten yang kamu buat, Fokuslah pada konten yang kamu buat dengan begitu kamu bisa lebih mudah menciptakan konten yang berkualitas. Tetap fokus pada tujuan kamu membuat konten.

2. Ketahui Peraturan Belajar SEO

Peraturan belajar SEO yaitu 80% Praktik & 20% Belajar. Peraturan tersebut mengharuskan kamu lebih banyak praktik daripada belajar SEO.

Kok harus begitu? Pasti kamu akan bertanya kenapa kamu harus lebih banyak praktik daripada belajar.

Ketika kamu lebih banyak melakukan praktik, kamu akan lebih tahu bagaimana cara atau teknik SEO mudah kamu pahami. Atau kamu bisa lebih tahu tentang bagaimana penerapan SEO dan Bagaiamana Cara Belajar SEO yang mudah.

Lebih banyak melakukan praktik akan menciptakan sebuah Feel yang bisa membantu kamu untul lebih mudah memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Dengan begitu kamu bisa lebih cepat mengerti tentang SEO, Ketika kamu sudah mulai paham SEO melalui praktik kamu tinggal belajar ilmu SEO baru lagi, dan masih tetap kamu harus lebih banyak Praktik daripada Teori.

3. Belajar SEO pada Ahlinya

Belajar SEO pada Ahlinya
Belajar SEO pada Ahlinya

Untuk bisa Cepat Belajar SEO maka kamu harus belajar pada ahilinya, Dengan belajar pada ahli kamu bisa lebih mudah mengerti karena kamu akan di bimbing dan diberitahu cara dan teknik optimasi search engine. Itulah yang menjadi alasan kenapa kamu harus belajar pada ahlinya.

Untuk kamu bisa melalui kursus seo, Namun tentunya untuk mengikuti kursus SEO biayanya cukup mahal, Namun kamu bisa mengikuti Kursus SEO gratis di link tersebut.

Kamu juga bisa belajar pada ahli SEO gratis dengan cara melakukan Internship pada perusahaan yang bisa menerima kamu untuk belajar, Salahsatunya Internship SEO di Jagoan Hosting.

Kamu bisa apply untuk magang di jagoan hosting, Di sini kamu bisa belajar seo pada ahlinya sehingga kamu bisa lebih paham mengenai Teknik SEO.

Bukan hanya perihal SEO, kamu bebas bertanya dan mencari ilmu apa yang kamu butuhkan seperti data analystic, web design, graphic design, dll.

4. Perbaiki Proses Belajar SEO

Memperbaiki proses belajar tanpa harus mencari pintasan metodologi, Dari sini kamu harus tahu proses belajar SEO mana yang kurang pada kamu, Jangan lakukan metodelogi atau mencari kebenaran proses belajar kamu yang salah.

Jangan sampai kamu fokus pada satu teknik SEO saja, hingga lupa jika masih banyak teknik yang harus dipelajari. Misalnya kau belajar SEO Offpage mengenai link building, Jika kamu fokus pada satu teknik yang memang membutuhkan waktu yang lama tersebut maka proses belajar kamu lebih lama. Maka dari itu kamu harus pintar melakukan identifikasi.

Tentunya kamu harus paham dan melakukan identifikasi tentang proses belajar yang kamu gunakan, Mana yang seharusnya diganti atau mana yang seharus diganti.

Ketika kamu bisa menerapkan hal ini kamu akan bisa lebih mudah memahami SEO untuk pemula. Karena teknik SEO itu luas, maka dari itu perbaiki proses untuk bisa memangkas Proses mempelajari SEO.

5. Fokus pada Teknik SEO yang Kamu Kerjakan

Focus Belajar Seo
Focus Belajar Teknik Seo

Saat ini banyak bertebaran cara kerja seo yang berbeda – beda, Antara pakar seo A dan pakar seo B memiliki cara belajar SEO yang berbeda. Nah dari sini kamu harus bisa fokus pada teknik SEO yang kamu kerjakan.

Ingat jika teknik SEO itu sangat luas, Maka dari itu Pilihlah teknik SEO yang menurut kamu mudah di implementasi dan dipahami.

Jangan sampai saat kamu sudah sampai setengah jalan dalam memahami SEO kamu malah ganti teknik SEO karena mempelajari teknik SEO Lainnya. Hal tersebut akan membuat kamu lebih bingung nantinya saat memahami seo.

Setelah kamu menemukan teknik SEO yang menurut kamu baik, Tinggal Fokus Belajar SEO untuk Pemula yang menurut kamu terbaik. Dari sini kamu bisa lebih cepat paham mengenai SEO.

Tekun Belajar dan Praktik SEO

Agar kamu Cepat Belajar SEO kamu bisa lebih tekun Belajar dan Praktik SEO, Dengan begitu kamu bisa lebih cepat memahami SEO.

Buat kamu yang ingin memahami lebih cepat tentang SEO Pemula kamu bisa dengan lebih tekun belajar dan melakukan praktik SEO. Tentunya sesuai dengan peraturan Belajar SEO diatas tadi yaitu 80% Praktik dan 20% Belajar.

Jangan sampai saat kamu mulai merasa kurang memahami SEO kamu menyerah, Tetap tekun untuk memahami dan praktik teknik SEO.

Ketahui jika SEO butuh Kesabaran

Proses Belajar SEO
Proses Belajar SEO

Ingat! SEO itu tidak bisa instant maka dari itu untuk belajar SEO harus memiliki kesabaran. Tidak semua yang kita praktikan akan langusng muncul hasilnya melainkan membutuhkan proses.

Misalnya mengenai link building, Link building tentunya cukup membutuhkan banyak waktu untuk memunculkan hasilnya. Sama halnya website, Website kamu berkembang terlebih dahulu sebelum website kamu memiliki banyak trafik.

Jangan sampai kamu merasa apa yang kamu kerjakan itu gagal karena tidak memperoleh hasil atas semua yang kamu pelajar, Ingat SEO itu butuh proses.

Selagi menunggu proses SEO tersebut berdampak pada website, Kamu lakukan identifikasi baik identifikasi proses belajar atau identifikasi website milik kamu. Cobalah untuk menilai apakah ada yang kurang pada proses belajar SEO kamu atau website yang kamu kelola.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +