10+ Image Hosting Gratis Terbaik untuk Simpan Gambarmu

image hosting

Perlu menyimpan banyak file gambar tapi terbatas oleh disk space? Maka, hosting image bisa menjadi solusi tepat buatmu.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu hosting image, layanan ini memungkinkan kamu untuk mengunggah serta menampilkan gambar tanpa menyebabkan kapasitas penyimpanan pada server hosting banyak terpakai.

Dengan begitu, beban kerja server menjadi lebih ringan. Website yang kamu kelola juga bisa bekerja dengan lebih cepat, Sob. Menarik, bukan?

Image Hosting Terbaik

Perkembangan pesat dunia digital membuat hosting image sebagai salah satu tool wajib, terutama bagi blogger dan bisnis online. Nah, berikut ini daftar image hosting gratis terbaik yang akan membuat proses unggah dan sharing foto jauh lebih mudah:

1. Flickr

Flickr termasuk salah satu jaringan sosial untuk berbagi foto yang paling banyak dikenal. Selain menjadi opsi untuk hosting gambar secara gratis, Flickr juga memiliki tools untuk penyuntingan yang bisa bermanfaat untuk mempercantik foto kamu.

Bukan itu saja, Flickr juga memungkinkan pengguna untuk mengorganisir gambar dalam bentuk album. Tersedia juga opsi privasi untuk membagikan foto yang kamu simpan.

Kamu bisa mengunggah foto dari berbagai platform, mulai dari ponsel, email, web, maupun aplikasi foto lain.

Pengguna penyimpanan gratis pada Flickr tidak akan mendapatkan pembatasan ukuran file foto, tapi terdapat batasan jumlah yaitu sebanyak 1000 item.

2. Google Photos

Google menyediakan layanan hosting image gratis tanpa biaya sepeser pun. Terlebih lagi, Google Photos memiliki kapasitas ruang penyimpanan unlimited.

Namun, penyimpanan unlimited tersebut hanya berlaku untuk foto yang kamu ambil dengan smartphone dan point-and-shoot camera. Sedangkan untuk foto hasil jepretan kamera DSLR, terdapat pembatasan ruang penyimpanan.

Cek Konten Lainnya:
Web Hosting Terbaik di Indonesia 2024, Dapatkan Sekarang!

Google Photos memiliki keunggulan utama berupa fitur backup otomatis yang sangat bermanfaat. Selain itu, setup layanan ini juga mudah karena terhubung dengan akun Google.

 3. Imgur

Hosting image gratis yang satu ini memiliki tampilan yang humoris. Pasalnya, Imgur memiliki banyak kumpulan meme lucu dalam file berbentuk gambar/foto maupun GIF.

Menariknya, Imgur memungkinkan kamu untuk melakukan pengunggahan gambar dengan mudah tanpa perlu mendaftarkan akun.

Jika tertarik untuk berbagi dan saling komentar dengan komunitas Imgur, maka kamu bisa melakukan registrasi akun secara gratis. Imgur juga memudahkan untuk sharing ke berbagai media online.

Imgur memiliki batas size file gambar sebesar 20 MB. Sedangkan untuk gambar animasi, batas maksimalnya 200 MB.

4. 500px

500px merupakan jaringan sosial yang dirancang untuk fotografer. Banyak fotografer memilih layanan web hosting ini sebagai tempat untuk menunjukkan hasil jepretan. Bahkan ada pula yang menggunakannya untuk menjual karya.

Untuk menjadi pengguna 500px, kamu bisa melakukan registrasi akuns ecaara gratis. Tidak ada pembatasan pada ukuran file maupun kapasitas penyimpanan.

Pengguna hosting image gratis ini dapat mengunggah sebanyak 7 foto per minggu. Sedangkan pengguna premium mendapatkan unlimited upload.

5. InfinityFree

Sesuai namanya, InfinityFree termasuk salah satu situs image hosting gratis terbaik. Situs ini memiliki tampilan mengesankan serta deretan fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan.

Pengguna InfinityFree akan mendapatkan penyimpanan unlimited yang bisa menjadi solusi ideal untuk kamu yang menjalankan web.

Keunggulan lain dari InfinityFree ialah tersedianya keamanan SSL gratis dan situs yang bebas dari iklan.

6. Dropbox

Dropbox merupakan penyedia penyimpanan berbasis cloud. Kamu bisa menggunakan Dropbox secara gratis untuk menyimpan berbagai format file, termasuk foto.

Kapasitas penyimpanan gratis yang tersedia pada layanan hosting image ini mencapai 2G. Menariknya, pengguna memiliki kesempatan mendapatkan ruang penyimpanan gratis tambahan dengan mengundang orang lain menjadi pengguna Dropbox.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri, Mudah untuk Pemula!

Ada lagi, nih, Sob, kelebihan dari Dropbox, yaitu memudahkan kamu untuk membagikan foto dan memiliki fitur untuk melihat file secara offline.

7. Postimage

Postimage menyediakan penyimpanan foto secara gratis yang bisa kamu gunakan dengan maupun tanpa membuat akun.

Situs yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana. Meski begitu, fitur yang tersedia cukup lengkap.

Salah satu keistimewaan Postimage yaitu adanya opsi pengaturan gambar sebelum upload. Kamu juga bisa menentukan berapa lama foto tersebut tersimpan pada web. Selain itu, penggunaan fitur-fitur Postimage juga cukup mudah.

Untuk akun gratis, terdapat batasan ukuran file maksimal 24 MB dan 10K x 10K piksel. Sedangkan untuk akun premium, kamu bisa menyimpan gambar dengan ukuran maksimal 48 MB.

8. RackH

Paket cloud hosting dari RackH patut untuk kamu pertimbangkan. Hosting image dari RackH menawarkan penyimpanan hingga 500MB secara gratis. 

Untuk menjadi pengguna RackH, kamu disyaratkan memberikan backlink kemudian memasang banner RackH pada situs milikmu. Layanan hosting dari perusahaan IT besar di Indonesia ini ditujukan untuk freelancer, blogger, dan berbagai keperluan lain.

9. ImageShack

Situs ini memiliki tampilan menarik yang hampir serupa dengan Pinterest. Gambar yang tersimpan pada ImageShack ditampilkan dalam layout dengan gaya pinboard.

Terdapat dua jenis akun pada ImageShack, yaitu opsi akun gratis dan premium. Nah, untuk versi premium, kamu akan mendapatkan free trial selama 30 hari.

Kapasitas penyimpanan maksimal untuk pengguna gratis dan free trial mencapai 10 GB per bulan. Besar, bukan? Tidak heran jika ImageShack banyak digunakan untuk keperluan bisnis.

Web ini juga menyediakan opsi privasi jika kamu tidak ingin file terlihat oleh publik.

10. MitraHosting

Satu lagi penyedia image hosting Indonesia yang bisa kamu akses secara gratis, yaitu MitraHosting.

Layanan hosting image gratis dari web ini menyediakan penyimpanan dengan kapasitas maksimal hingga 512 MB. Apabila memerlukan kapasitas lebih kamu bisa menggunakan versi premium,

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Microsoft Edge? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Tenang, Sob. MitraHosting tidak mematok harga khusus untuk layanan premium. Sebaliknya, pengguna bisa membayar seikhlasnya saja.

11. imgbox

Situs yang satu ini cocok untuk kamu yang menginginkan penyimpanan foto dengan mudah dan cepat. Menariknya lagi, imgbox menawarkan penyimpanan dengan kapasitas unlimited secara gratis.

Situs ini juga akan menyediakan link dari foto yang tersimpan, sehingga kamu bisa membagikannya dengan mudah ke berbagai media sosial.

Untuk menggunakan layanan hosting dari imgbox, kamu tidak harus membuat akun. Dengan kata lain, kamu bisa langsung mengunggah foto yang ingin disimpan.

12. ImageVenue

Satu lagi web penyedia layanan hosting gambar yang bisa kamu gunakan dengan mudah tanpa membayar, ImageVenue. Kamu bisa mengunggah file foto/gambar sebanyak mungkin ke ImageVenue. Syaratnya, file memiliki ukuran kurang dari 10 MB.

ImageVenue menyediakan fitur untuk mengatur ukuran file saat proses upload. Uniknya, kualitas gambar dan rasio aspek tidak akan berubah setelah ukuran diatur ulang.

Gambar kamu akan tersimpan tanpa batasan waktu di ImageVenue. Namun, gambar akan terhapus secara permanen setelah satu tahun tidak diakses.

Penutup

Itulah beberapa hosting image terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Setiap hosting memiliki ketentuan dan batasan tersendiri, sehingga ada baiknya kamu mencermati terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Jika kamu lagi cari hosting untuk onlinekan aplikasi atau websitemu, bisa cek beberapa layanan dari Jagoan Hosting seperti Hosting Murah Unlimited dan Cloud Hosting.

Sehingga, kamu bisa menggunakan hosting gambar dengan baik dan maksimal tidak mengalami kekecewaan setelah menggunakannya. Pilih dengan cermat dan bijak, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
domain email perusahaan
Read More
Fungsi Email Perusahaan Dalam Mengembangkan Bisnis Anda!
Email perusahaan — Sebagai pemilik bisnis, kredibilitas tentunya menjadi yang kebutuhan utama dalam menggaet para pelanggan. Salah satu…
Otomatisasi perkantoran
Read More
Otomatisasi Perkantoran: Jenis, Tujuan & Perangkat Pendukung
Di era yang serba canggih seperti saat ini, setiap pekerjaan bisa lebih mudah dan cepat terselesaikan dengan bantuan…