Widget adalah fitur yang umumnya digunakan untuk memaksimalkan fungsi sebuah aplikasi di halaman awal handphone tanpa harus membuka aplikasi tersebut terlebih dulu. Tetapi, ada juga istilah widget dengan konteks yang berbeda pada WordPress. Nah, agar tidak salah memahaminya, yuk intip artikel Jagoan Hosting mengenai apa itu widget hingga contoh yang bisa kamu pelajari berikut ini. 

Apa itu widget?

Widget adalah sebuah aplikasi yang ada pada web, blog, atau bahkan sistem seperti Android. Bentuk widget sendiri cukup beragam, mulai berbentuk gambar, flash, dan video. 

Istilah widget juga bisa kamu temukan pada WordPress, Sob. Sebagai seorang programmer, widget pada wordpress pada praktiknya akan memudahkan kamu dalam menyusun sebuah website. 

Pada WordPress, widget adalah elemen untuk menambahkan konten dan struktur di sidebar atau footer. Sehingga dengan menambahkan widget pada websitemu yang memakai WordPress akan muncul postingan terbaru atau bahkan kalender.

Fungsi widget

widget adalah
Photo by Christina Morillo from Pexels

Widget memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah memberikan informasi kepada pengunjung mengenai website atau situs yang dikunjungi oleh pengunjung. Berikut ini adalah fungsi widget yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting

  1. Membuat web atau blog lebih menarik

Dengan menggunakan berbagai widget kita dapat mempercantik tampilan website agar bisa menarik visitor website dan betah saat berkunjung. Penambahan widget ini bisa berupa gambar, foto, video dan lain-lain.

  1. Memberikan informasi tentang web/blog

Memiliki website menjadi hal yang wajib, hal ini karena artikel dapat menarik pengunjung, menambah traffic dan juga meningkatkan page rank website. Maka dari itu, manfaat ini bisa dimaksimalkan dengan penggunaan widget, kamu bisa memberikan informasi tentang artikel populer hingga informasi tentang artikel baru.

  1. Menjadi sarana untuk beriklan

Dengan menggunakan widget kamu juga bisa menempatkan iklan sesuai kebutuhan, sehingga dengan widget iklan tersebut kamu menawarkan ke pengunjung tentang produk, maupun kampanye program yang sudah kamu jalankan.

  1. Menambah followers di platform lainnya

Selain traffic website yang didapatkan, dengan menggunakan widget kamu bisa mendapatkan followers yang bisa menjadi pelanggan di sosial media lainnya. Banyak pilihan widget yang bisa kamu install pada WordPress untuk menampilkan Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Widget ini biasanya bisa kamu letakkan di footer halaman web.

  1. Memudahkan pengunjung mencari informasi

Salah satu yang terpenting pada website adalah user experience, maka dari itu agar pengunjung memiliki pengalaman yang baik terhadap websitemu, kamu bisa menggunakan widget yang bisa mempermudah pengunjung mencari informasi. Salah satu widget yang bisa digunakan adalah widget search, yang memudahkan pengguna untuk mencari konten di website.

Jenis widget

Jika kamu memiliki website yang menggunakan WordPress, ada beberapa macam widget yang secara default ada pada WordPress. Tentunya, hal ini penting untuk kamu ketahui, langsung simak yuk di bawah ini:

  1. Archive

Widget ini digunakan untuk menampilkan postingan per bulan. Bisa diletakkan pada footer atau sidebar pada setiap halaman website.

  1. Audio

Memiliki fungsi untuk menambahkan audio sesuai dengan halaman yang kamu tuju. Untuk menambahkannya kamu cukup menggugah audio dengan format mp3, kemudian klik Add Audio.

  1. Calendar

Seperti namanya, widget calendar ini berfungsi untuk menampilkan tanggal, bulan dan tahun.

  1. Categories

Widget ini berfungsi untuk mengelompokkan topik artikel/postingan/blog dengan mudah. Caranya cukup dengan menampilkan daftar kategori pada setiap artikel atau postingan yang ada di websitemu.

  1. Gallery

Digunakan untuk menampilkan lebih dari satu grup yang ada pada website. Gambar-gambar ini juga bermanfaat untuk menambah kepercayaan dari pelanggan, dan juga kredibilitas perusahaan karena melihat dokumentasi-dokumentasi terpercaya yang diunggah di website.

  1. Meta

Fungsi meta adalah untuk menampilkan beberapa link. Link tersebut diantaranya adalah register/site admin, untuk mengarahkan ke dashboard WordPress, Log in/Log out untuk melakukan login dan logout pada halaman website panel admin.

  1. Videos

Sama halnya dengan widget image yang berfungsi untuk menampilkan gambar, widget video berfungsi untuk menampilkan video. Video ini bisa didapatkan dari URL YouTube atau video yang diunggah dahulu di website.

  1. Recent post

Ingin membuat pengunjung betah dan bisa mendapatkan updates terbaru? Kamu bisa memberikan informasi mengenai artikel terbaru kepada pengunjung dengan widget recent post.

  1. Navigation menu

Salah satu widget penting yang juga bisa memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Dengan navigasi menu akan membuat pengunjung tidak perlu repot untuk kembali ke atas website.

  1. Pages

Tentunya pengunjung akan memberikan pengalaman terbaiknya, jika websitemu memiliki widget-widget yang memudahkan. Yap! salah satunya adalah dengan menggunakan widget pages. Pada widget ini kamu bisa memudahkan pengunjung untuk bisa langsung mengakses halaman posting yang sedang dicari.

Contoh widget

Berikut ini adalah contoh-contoh widget terbaik yang sering digunakan oleh WordPress.

Recent Post Widget dengan Thumbnail

Widget ini berfungsi untuk menampilkan artikel atau postingan terbaru dengan tampilan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Dengan menggunakan widget ini, kamu juga bisa memodifikasi dengan menambahkan thumbnail yang merepresentasikan gambar atau foto agar terlihat lebih menarik. Cara untuk memasang thumbnail ini dengan featured image atau gambar pertama di artikel.

Popular post widget

Widget ini biasa digunakan untuk menampilkan artikel untuk postingan paling popular. Biasanya artikel ini dilihat dari banyaknya comment dan jumlah pembacanya.

Cara memasang widget 

Pemasangan widget pada Android dan wordpress tentu berbeda. Agar tidak bingung dalam pengaplikasiannya, intip tahapannya di bawah ini sesuai dengan konteks yang kamu butuhkan. 

Untuk memasang widget di WordPress cukup mudah, bahkan untuk pemula kamu tidak perlu mempelajari kode HTML untuk mengelolanya. Hanya dengan drag and drop halaman situs yang dituju. Misalnya, diletakkan pada sidebar atau footer.

Sedangkan untuk widget aplikasi, widget adalah salah satu aspek penting untuk menyesuaikan layar utama (home screen). Dengan widget pengguna smartphone seperti Android bisa menggunakan data dari fungsi widget tersebut. Pengguna juga dapat memindahkan widget ke panel layar utama, serta mengubah ukuran sesuai dengan keinginan pengguna.

Cara memasang widget di Android 

widget adalah
Photo by Nikita Khandelwal from Pexels

Untuk itu, penjelasan berikutnya adalah tentang memasang widget di Android. Cara menambahkan widget di Android ini bisa dilakukan dengan mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Dimulai dari ‘Home Screen’ lalu tekan menu aplikasi
  2. Tekan tab ‘Widget’
  3. Pilih widget tertentu tekan dan tahan.
  4. Kemudian akan muncul tampilan layar utama (home screen).
  5. Selanjutnya, geser ke tempat dimana kamu ingin menempatkan widget.
  6. Setelah menentukan tempat widget, lepaskan, dan widget akan otomatis tampil pada layar utama (home screen).

Lalu bagaimana jika ada widget yang sudah tidak digunakan lagi? Kamu bisa menghapusnya dengan cara sebagai berikut:

  1. Dari layar utama (home screen).
  2. Pilih widget yang ingin dihapus.
  3.  Tekan dan tarik ke kotak sampah hingga widget berwarna merah.
  4. Lepaskan, selanjutnya widget sudah tidak akan tampil pada layar.

Jika digunakan secara tepat, widget bisa membuat handphone menjadi lebih efektif untuk kegiatan Sob semua. 

Cara memasang widget di WordPress

Ada beberapa cara memasang widget di wordpress yang bisa kamu coba. 

  1. Login pada WordPress 

Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

  1. Pilih menu Appearance pada WordPress

Setelah masuk ke dashboard WordPress, silahkan pilih menu Appearance kemudian pilih Widgets. Maka halaman Widgets akan terbuka.

  1. Tambahkan widget sesuai dengan kebutuhan 

Kamu bisa menambahkan widget-widget sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, ingin menambahkan widget calendar kamu bisa menambahkan memilih widget Calendar pada WordPress. Setelah itu klik install dan jangan lupa klik save ya, Sob! 

  1. Widget sudah terpasang 

Sekarang widgetmu sudah berhasil terpasang, cukup mudah bukan? 

Jika kamu ingin melihat tutorial lengkap dengan gambar, cek artikel yang sudah Jagoan Hosting ulas tentang memasang Widget pada WordPress tersebut, ya.

Kesimpulan

Itu lah pembahasan mengenai widget. Dari fungsi di atas, sama pentingnya dengan widget pada website, sebelum membuat website jangan lupa bagian pentingnya untuk memilih hosting terbaik. Buat kamu yang ingin mengembangkan website, pastikan kamu memilih layanan Unlimited Hosting Terbaik atau VPS Indonesia dari Jagoan Hosting. 

Memilih unlimited hosting dari Jagoan Hosting kamu bisa mendapatkan harga termurah dari sebelah, fitur plugin premium untuk wordpress, dan juga pilihan paket yang bisa kamu sesuaikan dengan estimasi visitor kamu, mulai dari M1 hingga M4, plus tambahan gratis domain. Jika yang kamu cari VPS, tenang saja, Sob! VPS di Jagoan Hosting telah didukung spesifikasi maksimal dengan dukungan processor Intel hingga AMD Epyc. Kita kasih yang beneran buat kamu, no bokis. Dapatkan semua yang kamu mau, di Jagoan Hosting

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like