Learning Management System Terbaik – Membuat kelas belajar online bukan lagi hal yang sulit sebab saat ini telah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat materi pembelajaran daring yang menarik. Salah satunya adalah Moodle!

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum tahu soal Moodle, dan juga ada yang sudah pernah menggunakannya.

Sebenarnya apa sih Moodle? Artikel ini akan membantu menjawab pertanyaan Anda. Yuk disimak ulasannya!

Kenalan yuk dengan Moodle, Learning Management System terbaik saat ini!

learning management system terbaik
www.moodle.com

Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment), merupakan platform yang dibuat khusus sebagai sistem manajemen pembelajaran daring.  Nah, jika Anda ingin membuat e-learning agar pembelajaran lebih efektif, Moodle dijadikan pilihan. 

Moodle bersifat web-based, dimana seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan cara mengakses website menggunakan browser. 

Banyak sekali fitur pada Moodle yang dapat digunakan untuk membangun e-learning. Apa saja? Berikut fitur unggulannya!

1. Dashboard

Seperti CMS pada umumnya, Moodle memiliki dashboard.

Anda bisa memodifikasi dan melakukan pengelolaan platform e-learning dan mengatur hak akses ke dashboard. Jadi, selain administrator yang memiliki hak penuh, Anda juga bisa memberi hak aksesnya pada orang tertentu. 

2. File Management

Setiap pembelajaran bisa terdokumentasi dengan baik disini. Anda hanya perlu drag and drop untuk menambahkan materi.

3. Progress Tracking

Platform ini memiliki fitur progress tracking yang berguna mendokumentasikan setiap perkembangan pembelajaran. 

4. Multimedia Integration

Anda bisa menggunakan konten audio, gambar, hingga video dengan mudah, hanya dengan mengatur integrasinya di dashboard. Dengan begitu, pembelajaran tidak akan membosankan dan siswa bisa lebih mudah mengerti setiap materi yang diberikan. 

5. Peer Assessment

Peer assessment adalah suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menilai hasil kerja siswa lain. Ini bisa Anda terapkan untuk menilai tugas kelompok.

6. Inline Feedback

Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengajar untuk mengoreksi langsung di lembar kerja siswa. Jadi, Anda bisa memberi highlight atau komentar secara langsung di lembar kerja. 

Mudah kok! Ini cara instalasi Moodle, si Learning Management System terbaik

learning management system terbaik
www.moodle.com

Saat ini tersedia banyak pilihan hosting berbayar untuk instalasi Moodle.

Kelebihan menggunakan hosting sendiri adalah Anda dapat leluasa mengembangkan lingkungan belajar yang lebih luas cakupannya dengan fitur-fitur yang tersedia, seperti memasang plugin yang up to date.

Hosting Moodle saat ini banyak disediakan oleh penyedia hosting yang menjadi partner Moodle. Untuk alternatif hosting berbayar, ada pula hosting gratis yang bisa kamu gunakan untuk Moodle. Diantaranya, yaitu  MoodleCloud dan Gnomio. 

1. MoodleCloud untuk mendukung kegunaan Learning Management System

MoodleCloud adalah platform cloud-hosted untuk lingkungan belajar dengan Moodle.

Paket MoodleCloud dilengkapi dengan plugin dan alat tambahan untuk pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan interaktif pastinya. 

Langkah pertama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Ketika sudah berhasil, Anda bisa membuat pembelajaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. 

2. Gnomio

Mirip dengan MoodleCloud, Gnomio juga menyediakan hosting gratis untuk Moodle dengan berbagai syarat. Anda hanya perlu sign up dengan menggunakan email. Gnomio memberi fitur backup dan instalasi plugin.

Namun kekurangannya adalah, akan muncul iklan di situs Moodle Anda. Namun, sebenarnya tidak masalah dengan tampilan iklan jika dibanding dengan beragam fitur Moodle melalui hosting Gnomio.

Namun, untuk performa Moodle yang lebih sempurna, tidak ada salahnya memakai hosting yang berbayar untuk kepentingan yang lebih profesional. Anda bisa mulai berlangganan hosting di Jagoan Hosting! Disini Anda bisa memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan. Dengan harga minimal Anda bisa mendapatkan performa yang maksimal!

Kabar menariknya, Jagoan Hosting juga melayani instalasi server Moodle. Jadi, Anda sebagai pengajar atau orang IT bisa membuat Moodle instan tanpa perlu melakukan instalasi.

Selain itu server VPS dari Jagoan Hosting sudah dioptimalkan untuk Moodle juga. Jadi, Anda tinggal memilih server menyesuaikan dengan kebutuhan jumlah peserta yang akan memakai Moodle untuk mengikuti pembelajaran.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai Moodle, Learning Management System terbaik untuk pembelajaran daring. Anda bisa mencoba untuk memaksimalkan fitur-fiturnya untuk kemajuan pembelajaran kelas! Anda juga bisa mencoba penawaran trial dari kami disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like