Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp – Sudah 1 tahun lebih kita menghadapi pandemi Covid-19. Ini artinya sudah lebih dari setahun juga tenaga pendidikan melaksanakan pembelajaran daring.

Jika Anda adalah salah satu tenaga pengajar atau staf pendidikan di instansi sekolah, maka Anda pasti tidak asing dengan pembelajaran daring berbasis WhatsApp. Sistem pembelajaran ini sering digunakan sebagai alternatif penggunaan layanan daring tanpa aplikasi khusus atau laptop. Tentu saja karena hampir semua orang menggunakan WhatsApp.

Lantas apakah pembelajaran daring melalui aplikasi chat ini efektif? Jagoan Hosting sebagai penyedia solusi digitalisasi pendidikan akan menjabarkan manfaat belajar daring lewat WhatsApp dan apa yang bisa dikembangkan untuk sistem pembelajaran Anda. Simak, yuk!

1. Pembelajaran daring berbasis Whatsapp tidak mengharuskan murid instal aplikasi baru

Salah satu keunggulan pembelajaran daring berbasis WhatsApp adalah kemudahannya. Hampir semua orang menggunakan WhatsApp dan tidak perlu menginstall aplikasi baru lagi.

Ini sangat memudahkan bagi pelajar yang tidak tech savvy. Apalagi jika smartphone tidak mumpuni, tentu sangat mudah bukan?

2. Real time, murid tidak perlu takut nge-lag meski internet susah

Semakin berat aplikasi, maka akan semakin susah juga notifikasi muncul secara real time. Ini akan menyulitkan murid untuk mendapat informasi terkini terkait pembelajaran.

WhatsApp yang sangat ringan dan cepat bisa membantu murid untuk selalu terhubung. Bahkan internet yang diperlukan pun tidak harus advance.

3. Bisa video call hingga 50 orang

pembelajaran daring berbasis whatsapp
Photo by lucas law on Unsplash

Tahukah Anda jika WhatsApp sudah mendukung video call hingga 50 orang? Ini akan sangat membantu jika Anda harus menjelaskan secara verbal!

Banyak murid yang kesulitan memahami logika berpikir dari pembelajaran seperti matematika. Video call bisa membantu murid-murid tetap up to date dengan metode-metode tersebut.

4. Grup membuat pembelajaran daring berbasis Whatsapp jadi lebih mudah

Salah satu keunggulan dari pembelajaran daring berbasis WhatsApp adalah bisa membuat grup untuk koordinasi kelas. Anda bisa memberikan pengumuman bahkan mengontrol bahwa hanya admin yang dapat mengirim pesan di grup.

Anda juga bisa menulis pengumuman dan menetapkannya sebagai ‘pinned message’ di grup. Dengan begini tidak ada lagi alasan tidak bisa melihat pengumuman!

5. Pembelajaran daring berbasis WhatsApp harus menyesuaikan dengan materi

Tentunya, tidak semua materi dapat diberikan di WhatsApp. Anda bisa memberikan materi berupa PPT atau slide serta dapat melakukan tanya jawab.

Namun jika Anda hanya menyalin dari buku tentu akan membosankan. Anda bisa mencoba eksplorasi game atau pembelajaran lain untuk menunjang keseruan pelajar di WhatsApp.

6. Namun jika tidak dicermati, maka materi bisa tenggelam

pembelajaran daring berbasis whatsapp
Photo by Thomas Park on Unsplash

Jika murid bercengkrama di grup, informasi penting seperti materi bisa saja tenggelam dan sulit diakses. Inilah kenapa pembelajaran daring melalui situs pembelajaran atau e-learning bisa menjadi unggulan dibandingkan WhatsApp.

Jagoan Hosting memiliki Moodle yang sangat mudah untuk digunakan. Anda juga bisa menggunakan Moodle sebagai sarana ujian online bagi murid Anda. Gabungkan dengan WhatsApp sebagai tempat koordinasi untuk pembelajaran yang lebih maksimal.

Itulah 5 manfaat pembelajaran WhatsApp dan risikonya. Tentunya kreativitas Anda sebagai pengajar harus tetap membara agar meningkatkan antusiasme siswa-siswi dalam belajar.

Ternyata, aplikasi pembelajaran online sendiri juga tidak harus berat dan mahal. Anda bisa mencoba digitalisasi pendidikan lewat server terbaik dari Jagoan Hosting dengan software Moodle maupun Candy. Siap pakai, tidak perlu instal ini itu, Jagoan Hosting siap menjadikan sekolah Anda sebagai pendidikan modern terdepan! Kunjungi Jagoan Hosting sekarang di sini.

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like