Memiliki bisnis rumahan adalah salah satu cara mengisi waktu di rumah namun menghasilkan cuan. Hal ini tentu menjadi pilihan aktivitas yang cocok, terutama bagi ibu rumah tangga. Jenis aktivitas yang monoton dan cenderung bosan bisa diisi dengan mencoba peluang bisnis rumahan.

Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dicoba termasuk usaha online yang dinilai lebih efektif untuk pemasaran produk. Berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan yang menjanjikan di tahun 2022 dan bisa dimulai bahkan dengan modal kecil. Yuk langsung simak artikelnya!

9 ide bisnis rumahan yang menjanjikan

Pada dasarnya, ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan dari rumah. Berikut adalah 9 pilihannya yang menjanjikan dan berpeluang cuan mulai dari ide bisnis rumahan modal kecil sampai menengah.

Bisnis kue

Jika kamu suka dan bisa membuat kue, cobalah untuk mulai menjadikannya sebagai ladang bisnis. Baik jenis kue kering atau kue basah adalah salah satu jenis bisnis yang menjanjikan. Bahkan untuk memulai, kamu tidak membutuhkan modal besar, cukup kemampuan untuk membuat kue enak. 

Pemasaran produk juga bisa dilakukan dengan mudah melalui media online, baik marketplace atau media sosial. Dengan demikian, kamu tidak membutuhkan banyak biaya untuk memasarkan produk. Membuat kue bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang menguntungkan.

Ciptakan resep-resep baru dan mulailah berkreasi membuat kue dengan bentuk unik. Dengan demikian kue buatanmu memiliki perbedaan dengan kue lain yang sudah banyak beredar di pasaran.

Reseller atau dropshipper

Ingin memulai usaha tapi terkendala modal atau bingung produk yang akan dijual? Reseller atau dropshipper adalah solusi yang cocok untuk kamu. Bisnis ini bahkan bisa dimulai tanpa modal karena kamu cukup menjual produk milik orang dan menjadi perantara antara pembeli dengan penjual.

Bisnis rumahan online ini bisa dilakukan cukup dari rumah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas sehingga menghindari terjadinya keluhan pelanggan. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan dari penjual dan pembeli.

Bisnis catering

Selain bisnis kue, catering dapat menjadi opsi bisnis yang populer. Ide bisnis rumahan ini akan sangat cocok terutama jika kamu suka memasak dan berkreasi dengan beragam jenis resep. Peluang bisnis rumahan catering juga dapat memberikan keuntungan yang tidak kecil.

Ada beberapa jenis bisnis catering yang bisa kamu pilih, mulai dari bisnis catering kantoran sampai catering diet. Setiap jenis tentu akan memberikan peluang keuntungan dan kemampuan berbeda. Namun terlepas dari hal tersebut, peluang bisnis rumahan ini dinilai akan terus berkembang.

Baca juga: 10 Tools Bisnis Online yang WAJIB Kamu Gunakan

Franchise atau kedai kopi

Franchise adalah pilihan ide bisnis rumahan modal kecil. Tidak hanya itu, prosesnya juga tidak membutuhkan perencanaan kompleks karena kamu cukup mengikuti strategi pemasaran dari pihak pemilik produk. Peluang bisnis ini juga termasuk tinggi jika dibandingkan dengan kebutuhan modal yang relatif kecil.

Selain itu, kamu bisa membuka kedai kopi sendiri di halaman rumah. Bisnis kedai kopi mungkin memang terkesan lebih rumit daripada franchise, namun peluang keberhasilannya terbilang tinggi. Terlebih lagi, jika kamu mampu menciptakan suasana kedai kopi yang nyaman dan layanan optimal.

Membuka toko online

Toko online adalah bisnis rumahan yang paling populer dan banyak digemari. Tidak hanya praktis, keuntungan dari bisnis ini memang terbilang tinggi. Kamu bisa menjual berbagai jenis produk sesuai jenis toko yang dikembangkan, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan sekunder.

Membuka toko online juga lebih mudah karena bisa menggunakan platform marketplace yang tersedia. Dengan demikian, jangkauan pelanggan juga bisa lebih meluas. Penggunaan sosial media juga dinilai efektif sebagai platform pemasaran dan menjangkau calon pembeli.

Jasa kursus atau pelatihan online

Selain menjual produk berupa barang, kamu bisa menawarkan jasa secara online sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan. Hingga saat ini, pelatihan secara online semakin banyak dicari karena prosesnya yang praktis dan bisa dilakukan dimana saja. 

Selain itu, kamu tidak membutuhkan lokasi khusus sebagai tempat kursus. Peserta dapat mengikuti pelatihan secara online di lokasi masing-masing. Bahkan kamu bisa mengatur agar materi kursus dapat diakses kapan saja oleh peserta. Ide bisnis rumahan ini memiliki peluang keuntungan tinggi karena modal yang dibutuhkan juga kecil. 

Kamu hanya perlu kemampuan khusus untuk diajarkan kepada peserta. Beberapa pelatihan yang bisa diberikan, seperti kursus menjahit, merajut, atau kursus mata pelajaran sekolah.

Bisnis frozen food

Ketika semua orang semakin menyukai produk instan, maka industri rumahan juga mengikuti perkembangan tren ini. Membuka usaha frozen food adalah opsi bisnis yang tepat dengan peluang keuntungan cuan yang tinggi. Kamu tidak perlu membuat sendiri produknya karena ada banyak pabrik yang memproduksi frozen food. 

Kamu bisa memulai menjadi agen frozen food untuk bisnis rumahan yang menjanjikan. Tren frozen food semakin meningkat karena sifatnya yang praktis dan lebih awet dengan menyimpannya di kulkas. Bisnis frozen food bisa dijalankan dengan modal kecil dan bahkan mudah untuk dijalankan.

Baca juga: Hobi Anak Millennial yang Nyatanya Bisa Jadi Ladang Bisnis

Bisnis ikan hias 

Siapa bilang hobi memelihara ikan hias tidak bisa diubah menjadi bisnis yang membawa keuntungan jutaan rupiah? Faktanya peminat ikan hias semakin meningkat yang mengakibatkan nilai jualnya juga semakin tinggi. Ada beberapa jenis ikan dengan nilai jual tinggi. Bagi para pecinta ikan hias, besaran harga tentu bukan masalah besar.

Oleh karena itu, budidaya ikan hias menjadi bisnis dengan peluang keuntungan tinggi. Terlebih lagi jika kamu sudah memahami segala hal tentang ikan hias, hal ini akan membantu untuk proses perawatannya. 

Jasa laundry

Bisnis untuk rumahan berikutnya yang bisa kamu kembangkan adalah jasa laundry. Saat ini bisnis laundry cukup berkembang dan banyak dicari. Salah satu faktornya adalah tingginya jumlah orang atau perantau yang bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian mereka.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini terbilang menengah keatas, terutama jika kamu menggunakan mesin cuci. Namun, selebihnya keuntungan yang diperoleh juga besar jika sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan pelayanan optimal kepada setiap pelanggan.

Nah, itu dia beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dicoba untuk menghasilkan keuntungan cukup dari rumah saja. Memiliki bisnis rumahan tentu juga bermanfaat untuk menambah sumber penghasilan sekaligus mengisi waktu di rumah. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba bisnis rumahan yang mana?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like