Sertifikasi Profesi Programmer – Pada era digital seperti ini banyak startup yang membutuhkan pekerjaan di bidang teknologi loh. Salah satunya adalah profesi programmer, Sob! Buat yang belum tahu programmer itu apa, programmer adalah salah satu profesi atau pekerjaan yang mempunyai tujuan membuat sebuah sistem menggunakan bahasa yang sering disebut bahasa pemrograman.

Selain itu, seseorang yang memiliki skill menulis sebuah kode pemrograman atau biasa disebut syntax dan merancang sistem juga dapat disebut sebagai programmer.

Nah, kamu tahu nggak Sob kalau profesi yang satu ini juga ada sertifikasinya? Dan ini penting banget lho, apa lagi buat kamu yang memang berkarier sebagai programmer.

Hmm… sebenarnya ini tidak hanya berlaku untuk profesi programmer aja ya. Sertifikasi profesi memang sangat penting untuk menunjang karirmu, Sob. Apapun bidangnya!

Tujuan dari sertifikasi profesi sendiri adalah untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, ataupun pengalaman kerja. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa kompetensimu telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga.

Selain itu dalam beberapa profesi, sertifikat kerap menjadi persyaratan untuk suatu pekerjaan. Manfaat lain jika kamu menyandang sertifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Dibandingkan dengan kandidat tanpa sertifikat, kamu lebih memiliki keunggulan kompetitif.
  2. Mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.
  3. Memiliki potensi mendapatkan upah lebih tinggi.
  4. Menunjang karir yang lebih profesional.

Tidak hanya itu, bagi perusahaan atau industri pun juga memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Membantu HRD saat menyusun pengembangan karir para karyawan atau pegawainya.
  2. Mempercepat perusahaan atau industri menemukan kandidat yang tepat saat proses rekrutmen.
  3. Klien atau konsumen dapat yakin dengan produk yang perusahaanmu miliki karena dibuat oleh personil yang kompeten.

Nah, bagi kamu para programmer yang udah jago membuat website dan ingin mengikuti sertifikasi untuk menunjang karir, yuk berlangganan di Jagoan Hosting!

Kamu akan mendapatkan banyak layanan, mulai dari cloud hosting, domain, hingga server terbaik. Dengan server VPS terbaik dari Jagoan Hosting, pastinya kamu dapat memenuhi kebutuhan pengembangan website dan aplikasi dengan kehandalan layanan yang digunakan.

Sekarang ini, banyak sekali lembaga-lembaga yang menyelenggarakan sertifikasi untuk berbagai profesi, buat kamu seorang programmer, dapat mengikuti sertifikasi yang dikeluarkan khusus untuk programmer. Apa sajakah itu?

Yuk langsung saja, ini dia sertifikasi yang cocok bagi kamu para programmer!

1. Google, sudah pasti dong mengeluarkan sertifikasi profesi programmer

sertifikasi profesi programmer
Photo by Mitchell Luo on Unsplash

Siapa yang tidak mengenal perusahaan besar asal Amerika ini? Perusahaan satu ini juga mengeluarkan program sertifikasi loh, Sob!

Program sertifikasi yang dikeluarkan adalah Associate Android Developer, Mobile Web Specialist, Google Cloud Certified – Professional Cloud Architect, dan Google Cloud Certified – Professional Data Engineer.

2. Nggak mau kalah, Amazon juga punya sertifikasi profesi programmer

Perusahaan bernama Amazon ini memiliki web service yang menjadi solusi dalam pengembangan suatu aplikasi web.

Dikarenakan memiliki layanan yang luas, akhirnya Amazon ini mengeluarkan berbagai program sertifikasi khusus AWS seperti AWS Certified Developer, AWS Certified DevOps Engineer, dan AWS Certified SysOps Administrator.

3. Microsoft, yang ini sih pasti jadi incaran para programmer!

sertifikasi profesi programmer
Photo by Matthew Manuel on Unsplash

Perusahaan yang ketiga adalah Microsoft. Sertifikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft dipercaya sangat membantu karir kita dan merupakan salah satu sertifikat yang diakui.

Kategori sertifikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft terdiri dari Cloud, Mobility, Data, App Builder, Productivity, dan juga Business. Nah, buat kamu nih sob yang berprofesi sebagai programmer sertifikasi yang paling cocok adalah Cloud, Data, dan juga App Builder.

Teknologi yang ada di dalam kategori tersebut adalah C#, Visual Studio, .NET, HTML5, SQLite, ASP.NET MVC, CSS3, JavaScript, dan masih banyak lagi.

4. Laravel yang sudah tak asing bagi para programmer

Pasti para programmer sudah tidak asing lagi mendengar kata Laravel. Framework PHP yang bernama Laravel ini adalah salah satu framework yang paling populer di Github. Laravel memiliki program sertifikasi sendiri loh, Sob!

Program sertifikasi ini memerlukan biaya sekitar 4 juta maka akan diuji menggunakan Laravel 5.5 dan pengetahuan akan blade, route, service, templating, testing, dll.

5. Las but not least, Ruby juga menerbitkan sertifikasi profesi programmer

Program sertifikasi yang selanjutnya adalah Ruby. Selain Laravel, Ruby juga memiliki program sertifikasi sendiri loh. Sertifikasi ini bernama Certified Ruby Programmer yang dikeluarkan oleh Ruby Association.

Terdapat dua level yang dapat diambil dalam sertifikasi ini yaitu level versi Silver dan Gold. Perbedaannya adalah Silver akan menguji pemahaman dasar sedangkan Gold akan menguji kedalaman pemahaman bahasa Ruby.

Wah menarik banger ya, Mimin jadi bingung mau pilih yang mana. Kalau kamu mau ikut sertifikasi yang mana nih, Sob?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like