Wirausaha adalah salah satu jalan bisnis yang bisa dicoba bahkan dari usia muda seperti kamu. Meskipun terlihat sulit, namun banyak manfaat wirausaha yang menguntungkan bagi banyak orang. 

Nah jika kamu masih cukup awam dengan apa itu wirausaha dan berbagai penjelasan lengkapnya, kali ini Jagoanhosting akan membahas lengkap pada artikel berikut. Yuk langsung saja kita simak artikel kali ini. 

Pengertian wirausaha

wirausaha adalah
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Jadi, apa itu wirausaha? Wirausaha adalah aktivitas untuk berbisnis maupun usaha mandiri, Dalam kegiatan ini segala pemasukkan dan sumber daya ditanggung oleh pelaku yang melakukan wirausaha atau disebut dengan wirausahawan. 

Pada praktiknya ada beberapa penyebutan untuk kegiatan satu ini namun masih dengan konteks yang sama. Istilah lain dari wirausaha adalah kewirausahaan atau entrepreneur dalam Bahasa Inggris.

Kegiatan wirausaha adalah mulai dari mengenalkan produk baru, mengurus tahap produksi, mengatur keuangan, dan menyusun kegiatan operasionalnya. Pada akhirnya kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan produk atau jasa yang bernilai tinggi.

Pengertian wirausaha menurut ahli

Selain penjelasan secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian apa itu wirausaha dari para ahli.

1. Menurut Joseph Schumpeter, wirausaha adalah orang yang mendorong sistem ekonomi dengan cara memperkenalkan barang dan jasa yang baru, selain itu wirausaha juga menciptakan bentuk organisasi dan mengolah sumber daya baru. 

2. Sedangkan menurut Effendi, wirausaha adalah individu yang mewujudkan kesejahteraan atau nilai tambah pada produk dan jasa, dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Tujuan wirausaha

Sederhananya, tujuan wirausaha adalah menciptakan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selebihnya, berikut daftar tujuan berwirausaha yang bisa kamu pelajari. 

  1. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat

Tujuan wirausaha yang paling penting adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan menciptakan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka seorang wirausaha sudah melakukan tujuan utamanya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Selain itu, seorang wirausaha juga bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan cara membuka lapangan pekerjaan baru ketika usahanya mulai berkembang.

  1. Memperkenalkan tentang kegiatan wirausaha kepada masyarakat

Keberhasilan seorang wirausaha ini juga bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat hingga timbullah kesadaran untuk ikut berwirausaha. Sehingga, dengan terwujudnya tujuan wirausaha untuk memperkenalkan kegiatan wirausaha, maka masyarakat pun akan mengikuti, mencari tahu tips dan trik untuk sukses menjadi berwirausaha agar kebutuhannya tercukupi dan bisa meningkatkan perekonomian.

  1. Meningkatnya kualitas dan jumlah wirausaha

Setelah memperkenalkan tentang wirausaha, tujuan wirausaha berikutnya adalah meningkatkan kualitas dan jumlah wirausaha. Hal ini karena akan banyak masyarakat yang menjadi wirausaha. Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi lapangan pekerjaan, dan juga perekonomian nasional dengan adanya peningkatan jumlah dan serta kualitas wirausaha.

  1. Meningkatkan semangat dan selalu berinovasi

Meningkatnya jumlah wirausaha menjadi salah satu tujuan wirausaha untuk bisa menyebarkan semangat dan pola pikir untuk selalu berinovasi. Dengan adanya trend dari waktu ke waktu akan membuat wirausaha selalu berusaha untuk semangat berinovasi.

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta

Selain wirausaha apakah kamu sering mendengar kata wiraswasta? Lalu, apa perbedaan dari wirausaha dan wiraswasta?

Dua kata ini memang sering dikaitkan satu sama lain, namun bila dipahami dan dilihat lebih dalam sebenarnya dua kata ini memiliki arti yang berbeda.

Jika wirausaha sudah jelas merupakan kegiatan usaha mandiri dengan memperkerjakan dirinya, sedangkan wiraswasta adalah orang yang bekerja di bawah.

Dari dua perbedaan wirausaha dan wiraswasta tersebut, wirausaha maupun wiraswasta memiliki tujuan yang sama yaitu, meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi dengan menggunakan sumber daya yang ada. Sehingga pada banyak literatur biasanya dua kata ini sering dipakai dalam waktu yang sama.

Karakteristik wirausaha

Menjadi seorang wirausaha adalah hal yang mengasyikkan, loh Sob! Bahkan tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang lebih memilih berwirausaha dibandingkan pekerja kantoran. 

Tidak hanya perlu berfikir matang dan terencana, kamu perlu memiliki karakteristik wirausaha sukses agar nantinya siap dalam berbagai tantangan. 

Lalu, apa saja sih sifat dan ciri-ciri wirausaha yang perlu dimiliki?

  1. Pantang menyerah dan berkomitmen tinggi

Karakteristik wirausaha yang pertama adalah memiliki karakter pantang menyerah dan memiliki komitmen yang tinggi. Dalam menjalankan sebuah bisnis kamu perlu memiliki jiwa pantang menyerah dan berkomitmen tinggi. Dengan komitmen yang tinggi ini kamu akan tetap kuat menjalankan bisnis, meskipun ada masanya naik turun kegiatan bisnis. Dengan tindakan ini kamu juga bisa menghadapi semua masalah dalam berbisnis dengan lebih mudah.

  1. Jujur

Jujur merupakan karakteristik yang juga penting dalam berwirausaha. Memiliki sikap yang jujur ini juga bisa menularkan ke karyawan untuk lebih jujur, sehingga dengan begitu akan membuat usaha berkembang maju. Jadi, salah satu karakteristik wirausaha yang penting untuk menjadi seorang wirausaha adalah kejujuran. 

  1. Berpikir kreatif dan berinovasi

Wirausaha adalah salah satu profesi yang memerlukan inovasi. Untuk itu, tentu kamu perlu berpikir kreatif dan dapat mengikuti tren yang ada agar tidak kalah saing dengan kompetitor. Namun, pastikan juga kalau inovasi tersebut memiliki proyeksi pasar yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

  1. Berani mengambil resiko

Menjadi seorang wirausahawan adalah hal yang cukup “berani”. Kamu dituntut untuk berani dalam mengambil segala resiko atas keputusan yang dibuat. Mulai dalam menentukan strategi pemasaran, keputusan atas kerjasama dengan pihak lain, hingga resiko ketika mengalami kerugian perusahaan. 

Karakteristik wirausaha penting lainnya adalah dengan menjadi wirausaha yang berani mengambil resiko atas semua keputusan yang diambil. Hal tersebut karena dalam kegiatan berbisnis pasti memiliki resiko di setiap keputusan. Salah satu contohnya, adalah berani mengambil resiko jika nanti bisnis mengalami kerugian, tidak diminati dan lain sebagainya.

  1. Realistis dan penuh perencanaan

Wirausaha adalah orang yang penuh perencanaan dan realistis dalam bertindak. Sebagai wirausaha, kamu dituntut untuk memiliki perencanaan yang tepat, mulai dari perhitungan keuangan, sumber daya manusia, dan juga mengetahui kebutuhan operasional bisnis agar tetap bisa berjalan. 

Menjadi seorang wirausaha juga penting untuk bersikap realistis apalagi dalam hal pengambilan keputusan. Selain itu, seorang wirausaha juga perlu merencanakan untuk jangka panjang bisnis, agar dapat berkembang dengan pesat.

  1. Memiliki mimpi ke depan

Menjadi wirausaha adalah orang yang tidak takut bermimpi. Dengan mimpi kedepan akan membuatmu bersemangat untuk selalu mengevaluasi dan memperbaiki bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik. Memiliki mimpi yang besar juga akan mendorongmu untuk menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan memiliki banyak cara untuk mencapai visi dan mimpi itu. 

Karakteristik wirausaha penting untuk memiliki visi ke depan dan juga bagaimana usaha untuk mewujudkan mimpi dan visi tersebut.

Contoh wirausaha

wirausaha adalah
Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Setelah mengetahui karakteristik wirausaha dan ingin memulai berwirausaha. Tidak perlu khawatir, karena Jagoan Hosting sudah merangkum contoh wirausaha kecil yang cukup menjanjikan di antaranya:

  1. Laundry Cuci Sepatu

Contoh wirausaha pertama adalah laundry cuci sepatu Jika laundry baju kini sudah biasa, kamu bisa mencoba laundry cuci sepatu. Jika, kamu tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, dimana semua orang sibuk dengan pekerjaan. Maka, kamu bisa menawarkan untuk laundry cuci sepatu bagi siapapun yang tidak memiliki waktu untuk mencuci sepatu.

  1. Usaha katering sehat

Contoh wirausaha berikutnya adalah usaha katering sehat. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan untuk mencoba katering sehat yang tidak kalah menguntungkan. Biasanya usaha ini cocok bagi orang-orang kantor yang tidak sempat untuk memasak namun tetap ingin makan sehat untuk menjaga imunitasnya.

  1. Berjualan souvenir

Contoh wirausaha ketiga adalah dengan berjualan souvenir. Setiap bulan pasti ada orang yang akan melangsungkan pernikahan, Memiliki usaha dengan berjalan souvenir bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup menguntungkan. Kamu bisa membuat souvenir sekreatif mungkin untuk menarik minat pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Manfaat wirausaha

Dari penjelasan karakteristik wirausaha adalah yang terpenting dapat mempertimbangkan manfaat berwirausaha dan memiliki bisnis. Beberapa manfaat wirausaha adalah sebagai berikut:

  1. Membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  2. Mensejahterakan masyarakat di sekitarnya dan melakukan pembangunan sosial dengan hasil usahanya.
  3. Menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang memiliki karakter tekun dan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.
  4. Menjadi pemimpin bagi karyawan-karyawannya untuk menjadi orang yang disiplin dan jujur.
  5. Meningkatkan kesadaran tentang wirausaha, dan mendidik masyarakat agar berusaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan juga orang lain.

Faktor keberhasilan wirausaha

Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa faktor yang menjadi faktor keberhasilan wirausaha. Faktor-faktor ini berasal dari wirausaha. Maka dari itu, agar bisnis berkembangan dengan pesat, kamu perlu memiliki faktor keberhasilan sebagai berikut.

  1. Melakukan perancangan yang matang

Faktor keberhasilan wirausaha ditentukan dari perencanaan bisnis dapat dilakukan sejak kamu merintis usaha. Perencanaan itu meliputi usaha dan bisa menjadi pedoman untuk menjalankan usaha.

  1. Memanfaatkan potensi dan peluang dengan baik

Naik turun bisnis bisa menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh wirausaha. Namun, selain tantangan, faktor keberhasilan wirausaha juga ditentukan oleh berbagai peluang-peluang. Sehingga, penting untuk memanfaatkan peluang-peluang tersebut dengan berbagai pertimbangan.

  1. Memiliki networking yang luas

Menjalankan bisnis dengan networking yang luas akan mempercepat perkembangan bisnismu. Jadi, sebisa mungkin sebagai seorang wirausaha adalah memperbanyak relasi. Dengan banyaknya relasi ini juga bisa membantu bisnismu jika terjadi permasalahan.

  1. Strategi pemasaran yang efektif

Agar produk dan jasa dari bisnismu dapat dikenal oleh banyak orang, maka kamu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Banyak jenis promosi atau pemasaran yang bisa kamu gunakan mulai dari offline hingga pemasaran online.

Jika kamu ingin menjadi seorang wirausaha, pastikan kamu telah memahami penjelasan kali ini. Mulai dari pengertian apa itu wirausaha hingga faktor keberhasilan apa saja yang bisa digunakan sebagai inspirasi. 

Sebagai wirausaha tentunya kamu ingin jika produk dan jasamu dikenal oleh banyak orang, pada penjelasan di atas, kamu bisa melakukan strategi pemasaran yang efektif. Pemasaran ini bisa kamu lakukan salah satunya dengan memiliki Toko Online

Pastikan kamu memakai layanan Toko Online dari Jagoan Hosting untuk mendongkrak bisnismu. Kelebihan dari layanan toko online ini kamu bisa mendapatkan fitur lengkap, mulai dari keranjang belanja, pilihan pembayaran dan ekspedisi, hingga GRATIS Divi Website Builder. Jadi, bersiaplah auto-cuan dengan Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like