Apa itu Flowchart? Fungsi, Simbol & Jenisnya

apa itu flowchart

Apa itu flowchart? Flowchart adalah istilah yang umum didengar, khususnya bagi para developer. Nah, dalam artikel Jagoan Hosting kali ini, Mimin akan membahas tentang flowchart. So, buat kamu yang kepo dengan apa itu flowchart dan bagaimana penerapannya, simak artikel ini sampai habis!

Pengertian flowchart

apa itu flowchart
gambar dari unsplash

Secara harfiah, terjemahan flowchart adalah diagram alir. Yup, dalam Bahasa Indonesia flowchart disebut dengan diagram alir. Namun, dalam penggunaannya kita lebih akrab dengan sebutan flowchart. Para developer pasti udah nggak asing lagi dengan penggunaan istilah flowchart ini.

Flowchart adalah diagram yang berisi alur atau langkah-langkah sebuah proses. Proses apa yang dimaksud? Proses yang ada di dalam flowchart adalah proses dari proyek yang sedang dikerjakan. Sama seperti jenis lainnya, flowchart adalah diagram dengan berbagai susunan simbol. Flowchart berisi simbol-simbol grafis dan dihubungkan dengan panah.

Flowchart adalah petunjuk alur proyek. Diagram ini juga digunakan sebagai ilustrasi atau gambaran proyek tersebut, termasuk gambaran penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Kamu bisa melihat gambaran besar dari proyek yang akan ditangani.

Selain itu, flowchart adalah pedoman penting saat kamu ingin mengembangkan perangkat, aplikasi, atau bahkan website. Dalam flowchart ini juga kamu akan tahu kebutuhan-kebutuhan yang akan digunakan serta siapa penanggung jawabnya.

Misalnya server dan hosting apa yang akan digunakan, Kamu juga bisa mencantumkan siapa yang meng-handle kebutuhan itu di dalam flowchart.

Simbol-simbol dalam flowchart

Tadi telah disebutkan jika flowchart adalah diagram yang tersusun dari simbol. Namun, simbol yang digunakan dalam flowchart bukan sembarang simbol, Sob! Setiap simbol yang digunakan punya makna tersendiri. Coba lihat gambar di bawah ini buat tau makna masing-masing simbolnya ya, Sob!

Cek Konten Lainnya:
Lebih Dekat dengan Digitalisasi Perbankan dan Manfaatnya Bagi Kita
simbol flowchart

Simbol-simbol inilah yang biasanya digunakan dalam flowchart. Gambar pertama berisi panah yang menjadi petunjuk arah serta penghubung dari satu tahapan ke tahapan yang lain. Kalau kamu berencana berkarier di bidang pengembangan teknologi, ada baiknya untuk memahami macam-macam simbol flowchart ini.

Jenis-jenis flowchart

Diagram alir ini dibagi menjadi lima jenis. Jenis-jenis dari flowchart adalah flowchart sistem, flowchart dokumen, flowchart skematik, flowchart program, dan flowchart proses. Kita bahas satu per satu ya, Sob.

1. Flowchart sistem

Ini adalah jenis flowchart yang memberikan gambaran paling besar terkait suatu proyek pengembangan yang sedang dikerjakan. Jenis diagram ini berisi alur keseluruhan proyek. Dalam diagram alir jenis ini, kamu bisa melihat alur dari setiap prosesnya. Kamu juga bisa melihat proses-proses apa saja yang akan dilakukan.

2. Flowchart dokumen

Jenis berikutnya adalah diagram alir untuk dokumentasi. Seperti namanya, diagram ini dibuat sebagai alur pendokumentasian proyek yang sedang dikerjakan. Diagram ini berisi alur laporan dan sebagai prosedur administratif lainnya. Meskipun nggak disusun untuk keperluan teknis, tapi flowchart ini tetap dibutuhkan untuk keperluan dokumentasi. Simbol yang digunakan pun sama dengan jenis lainnya.

3. Flowchart skematik

Jenis skematik terlihat mirip dengan flowchart sistem. Lalu, apa yang membuat kedua jenis ini berbeda? Pertama, simbol yang digunakan. Jenis skematik juga mencantumkan gambar perangkat seperti komputer di dalam diagramnya. Kedua, detail yang ada di dalam diagram. Dengan penggunaan simbol dan gambar yang lebih kompleks, jenis skematik menjadi jenis diagram yang lebih detail. Beberapa proyek membutuhkan flowchart jenis ini.

4. Flowchart program

Diagram jenis ini terdiri dari dua diagram. Pertama, program logic flowchart. Kedua, detailed computer program flowchart. Sama seperti jenis skematik, jenis program juga berisi alur yang mendetail.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Affiliate Marketing? Ini Tips Sukses Menjalankannya!

5. Flowchart proses

Jenis yang terakhir adalah flowchart proses. Diagram ini berisi gambaran analisis langkah-langkah dari proses selanjutnya. Diagram ini biasanya digunakan untuk pelaporan dan pengembangan lebih lanjut dari proyek tersebut.

Dari penjelasan Mimin di atas, kamu jadi lebih paham kan tentang apa itu flowchart dan bagaimana sih penerapannya? Nah, buat kamu para Sobat Jagoan Hosting yang tertarik dengan topik-topik semacam ini, bisa terus pantengin blog Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
project manager di indonesia
Read More
Ssst, Ternyata Ini Alasan Project Manager di Indonesia Gajinya Selangit!
“Gaji untuk project manager di Indonesia berapa, sih?” Apakah kamu juga salah satu yang pernah bertanya-tanya soal hal…
Kesalahan Fatal
Read More
Melakukan Migrasi Menuju Cloud hosting? Hindari 10 Kesalahan Fatal Ini
Kalau kamu adalah seorang pebisnis yang baru saja mulai ingin bermigrasi untuk memindahkan website kamu ke awan, alias…