14+ Ide Usaha yang Tak Pernah Sepi & Laris Tiap Hari

ide usaha yang tak pernah sepi laris tiap hari

Ide usaha yang tidak pernah sepi pasti akan terus dicari banyak orang, apalagi di masa yang katanya resesi seperti saat ini.

Sebelum memilih usaha apa yang akan dibuka, alangkah lebih baik mencari terlebih dahulu idenya dengan melakukan riset terkait lokasi di mana akan dibukanya usaha tersebut atau usaha jenis apa yang belum banyak diketahui orang. 

Usaha apapun jika dipersiapkan dengan matang tidak sekedar ikut-ikutan pasti memiliki kemungkinan bertahan lebih lama dibanding menjalankan usaha yang sedang tren semata, dan untuk mendapati usaha yang bertahan lama membutuhkan effort yang tidak biasa pula, dong.

Sebenarnya ada berbagai usaha di sekitar yang dapat bertahan lama kok, apalagi jika usaha tersebut memanglah satu-satunya ditambah lagi kualitas serta ketersediaan barang yang selalu baru, semakin menambah daya tarik tersendiri untuk usaha tersebut.

Namun biar kamu lebih terbayang, yuk baca dulu artikel ini sampai selesai!

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Sebuah Usaha

Dalam perjalanan mendapatkan sebuah ide usaha yang tidak pernah sepi pembeli, kamu harus melakukan beberapa hal berikut ini sebelum menentukan usaha apa yang akan kamu jalankan nantinya. Apa saja? 

Survey Lokasi Usaha

Penting bagi pelaku usaha untuk melakukan survey terlebih dahulu sebelum menjalankan usahanya, mengapa demikian? Kita perlu tahu apa saja usaha yang belum tersedia tetapi sangat dibutuhkan di wilayah tersebut.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui kebiasaan serta kegemaran masyarakat setempat, misalnya kita akan membuka sebuah grosir dengan konsep seperti minimarket ternama, kita harus tahu apakah masyarakat sekitar senang berbelanja di ritel seperti itu atau tidak, kalau nyatanya masyarakat setempat lebih condong berbelanja di warung-warung tradisional milik tetangga, sudah dapat dipastikan jika usaha yang akan kita buka tidak akan bertahan lama. 

Mencari lokasi yang strategis lengkap dengan fasilitas parkir yang luar juga mesti dipertimbangkan karena saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia telah menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat mobilitas mereka kesana-kemari.

Bayangkan saja jika kalian memiliki tempat usaha yang dekat sekali dengan pinggiran jalan raya, tentu akan mengganggu pengendara lain dan membuat toko kalian sepi pembeli karena mereka malas untuk singgah ke toko yang tidak aman untuk diri dan kendaraan pribadi mereka. 

Cari Supplier Murah dan Berkualitas

Jika kamu berkeinginan untuk membuka usaha pakaian, sepatu, atau bahan makanan kering. Sudah seharusnya kamu mencari supplier termurah agar barang yang kamu jual kembali tidak melambung tinggi.

Tentunya cara ini berlaku untuk semua jenis usaha yang mengandalkan barang mentah dari sumber lain. Memilih supplier yang menjual harga murah akan berdampak pada harga barang yang akan dijual, dong.

Dan semua pembeli pasti menginginkan adanya toko yang menjual barang lebih murah dibanding yang lain. 

Tentukan Konsep atau Manajemen Usaha 

Yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menentukan konsep serta manajemen seperti apa yang akan dipraktekkan pada usaha kalian nantinya.

Jangan sampai kesalahan manajemen membuat usaha kalian yang sudah memiliki kualitas bagus serta pelanggan yang royal harus kandas dan berujung tutup toko hanya karena manajemen yang diterapkan tidak baik.

Perlu adanya kesepakatan antara penjual, supplier dan pembeli. Apakah pembeli diperbolehkan untuk kas bon atau tidak sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah usaha. 

Terus Lakukan Inovasi dan Tingkatkan Kreativitas

Usaha yang tidak mau berbenah apalagi berubah mengikuti keinginan pasar perlahan-perlahan akan meredup. Contohnya saja beberapa warung makanan di sekitar tempat kita.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Metode Scrum? Pengertian, Peran, Manfaat & Tahapan

Jika mereka tidak terus berinovasi dengan meningkatkan kreativitas pada menu makanan, pelayanan maupun dekorasi, perlahan-perlahan usaha tersebut pasti akan meredup. 

Posisikan Diri Sebagai Seorang Pembeli

Poin kelima ini jarang sekali diperhitungkan oleh banyak pelaku usaha, seringkali pelaku usaha membuka usaha hanya karena ingin menuntaskan hasrat mereka atau sekadar ikut-ikut tren belaka.

Padahal jika semua pelaku usaha mau memposisikan diri sebagai seorang pembeli maka pastilah sudah banyak toko ataupun usaha yang terus berjaya hingga bertahun-tahun lamanya. 

Apa yang dimaksud memposisikan diri sebagai seorang pembeli? Begini, ketika seorang pelaku usaha ingin dihormati, diberi sajian yang berkualitas, diberi harga yang affordable saat mengunjungi sebuah usaha lainnya, maka seperti itu jugalah keinginan pelanggan kamu saat mengunjungi usaha yang sedang kamu rintis.

Maka perlakukanlah pasanganmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Dijamin usaha kamu akan memiliki tempat khusus di hati pembeli dan mereka akan kembali lagi.

Lantas, ketika melakukan ke-5 poin di atas, ternyata lokasi yang diinginkan tak kunjung ketemu. Apakah boleh membuka usaha hanya dari rumah? 

Pertanyaan baru kemudian muncul dan jawabannya tentulah sah-sah saja jika kalian memilih untuk membuka usaha dari rumah atau di rumah saja. Semua bergantung pada kenyamanan serta budget yang kalian miliki. Untuk seorang ibu rumah tangga tentulah memilih membuka usaha di rumah merupakan pilihan utama mengingat tugasnya lebih banyak dihabiskan di rumah, kan? 

Apalagi setelah pandemi kemarin, semakin banyak pelaku usaha yang melakukan kegiatan jual-beli hanya dari rumah, lho!

Dan fine-fine aja tuh nggak ada yang merasa kesulitan juga. Karena sejatinya ketika memilih untuk menjadi seorang pelaku usaha, utamakan kenyamanan, kemampuan serta kesukaan kita terhadap apa yang akan kita jual.

Nggak akan nyambung dong kalau kita menyukai segala hal yang berkaitan dengan kosmetik eh malah membuka usaha toko buku, hehe ….

15 Ide Usaha Sederhana yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Menjalankan usaha dari sebuah hal yang kita sukai bahkan lebih menyenangkan, bukan?  Berikut 15 ide usaha yang tidak pernah sepi pembeli dan laris tiap hari, sayang banget kalau dilewatkan. Simak yuk sampai habis!

Warung Kelontong

Kalian pernah berpikir ga berapa keuntungan per hari pelaku usaha kelontong meski hanya menjual gula, minyak, jajanan anak-anak, dan lain-lain?

Jika di sekitar tempat tinggalmu terdapat sebuah warung atau kedai kelontong kecil-kecilan namun selang beberapa bulan atau tahun berubah menjadi warung kelontong yang semakin besar, itu tandanya usaha yang kita anggap kecil seperti ini memiliki keuntungan dan peluang yang besar. 

Tidak peduli dimana kalian tinggal, toko atau warung kelontong akan terus mendapatkan pembelinya.

Bayangkan saja, jika malam-malam kalian kehabisan gas atau minyak makan untuk memasak, kemana kalian akan pergi? di mana semua itu akan kalian cari kalau tidak di toko kelontong di dekat rumah, kan? 

Rumah Makan / Warteg 

Jika di pulau Jawa dikenal dengan istilah warteg, lain halnya dengan wilayah Sumatera dimana kalian akan sering menemui rumah makan padang di mana mana, tidak menutup kemungkinan jarak antara rumah makan yang satu dengan yang lainnya bahkan tidaklah jauh tetapi tetap saja memiliki pelanggan tersendiri.

Mengapa bisa demikian? Jawabannya adalah karena manusia masih membutuhkan makanan untuk memenuhi asupan di dalam tubuhnya.

Manusia masih membutuhkan makan maka rumah makan apapun bahkan restoran, cafe sekalipun tetap dicari pembeli. Namun, tetap harus diingat, meski rumah makan, restoran, cafe atau warteg tidak pernah sepi pembeli.

Pelaku usaha tersebut mestilah memiliki identitas atau ciri khas agar lebih diingat oleh pelanggan dan membuat pelanggan datang lagi dan lagi. 

Laundry 

usaha laundry

Ide usaha yang satu ini terus menampakkan eksistensinya. Di awal tahun 2000, usaha laundry masih minim sekali bahkan acapkali mendapatkan berbagai cibiran karena usaha yang dianggap membuat seseorang malas. Namun, kenyataan serta kebutuhan zaman terus berubah.

Saat ini bisa dihitung berapa banyak usaha laundry yang bertebaran di mana-mana? Banyak sekali, bukan? Bak jamur yang tumbuh di musim hujan. 

Cek Konten Lainnya:
Ingin Merintis Bisnis Financial Technology? Kenali Dulu Prospek Fintech di Indonesia Ini

Usaha laundry tidak hanya memberikan fasilitas cuci pakaian saja, saat ini banyak usaha laundry yang juga memberi fasilitas untuk mencuci karpet, sepatu, stroller bayi dan lain-lain.

Usaha laundry juga sering memberikan penawaran menarik baik paket-paket maupun diskon yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, apalagi parfum laundry yang wanginya semerbak membuat para pelanggan senang dan puas untuk terus menggunakan jasa laundry. 

Alat Tulis Kantor, Fotocopy dan Print

Usaha seperti ini sangat cocok berada di seputaran kantor ataupun kampus. Dulu saat masih kuliah, tidak terhitung berapa banyak usaha seperti ini berjejer rapi bahkan terletak samping-sampingan antara toko satu dengan toko lainnya.

Apakah sepi pembeli? Tidak. Malah selalu ramai. Lagi-lagi kemampuan survey sangat dibutuhkan disini. 

Toko Pakaian

usaha toko pakaian

Sering melintas di depan toko pakaian? Pasti sering ya. Apa yang dapat kalian simpulkan? Kelihatannya toko tersebut sepi eh tapi jangan salah dengan adanya teknologi seperti sekarang di mana penjual bebas menjajakan dagangannya lewat marketplace yang tersedia, toko pakaian yang terlihat tidak banyak pengunjung ternyata memiliki omset yang nggak main-main. 

Bayangkan saja jika dalam satu hari terjual 100 pcs pakaian dalam sehari dengan harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 80.000, bisa dihitung sendiri keuntungan per harinya dan berapa total perbulannya kan?

Banyak banget. Toko pakaian memiliki peluang yang sama seperti toko makanan. Manusia selain membutuhkan makanan mereka juga memerlukan sandang kan? 

Toko Obat / Apotek

Usaha yang satu ini tidak akan pernah sepi pembeli. Siapapun pasti akan mencarinya. Baik di masa pandemi seperti 3 tahun lalu ataupun tidak, apotek selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Maka jika dalam suatu wilayah atau daerah hanya memiliki 1 toko obat, tidak ada salahnya kamu membukanya juga. 

Toko Kosmetik 

usaha toko kosmetik

Membuka toko kosmetik harus bersiap-siap kedatangan pelanggan yang didominasi remaja wanita. Pasalnya wanita senang banget datang ke toko kosmetik yang lengkap, murah dan pelayannya ramah, based on true story, nih!

Jadi, nggak salahnya juga jika kamu adalah seorang wanita yang hobby dengan kosmetik dan skincare untuk membuka usaha ini.

Membuka usaha kosmetik dan skincare nggak harus offline dan punya toko yang permanen kok, coba aja dulu promosikan ke teman-teman kamu lewat jalur online. Siap-siap kebanjiran order, ya..

Toko Makanan Kucing / Pet Shop

usaha petshop

Senang dengan hewan lucu seperti anjing dan kucing? Nggak salah jika kamu mencoba untuk membuka pet shop atau toko makanan kucing yang menjual segala keperluan kucing seperti kandangnya, tempat makannya, obat kutunya dan makanannya dari berbagai merk, rasa dan harga.

Sudah jadi rahasia umum juga kana para pecinta anabul rela banget merogoh kocek yang tidak sedikit untuk hewan kesayangannya,

apalagi di tahun 2023 digadang-gadang akan menjadi ladang basah untuk para pemilik usaha toko makanan kucing karena semakin bertambahnya kebutuhan akan pakan kucing yang terjangkau dan berkualitas. 

Toko Perlengkapan Bayi

Hayo siapa di antara kalian yang suka kebingungan mencari kado yang cocok saat mengunjungi kerabat atau teman yang baru saja melahirkan?

Atau bisa jadi banyak teman-teman kamu yang merasakan hal serupa, sering kebingungan mencari toko yang memiliki perlengkapan bayi yang lengkap dan beragam. Jika iya, sudah saatnya kalian membuka usaha toko perlengkapan bayi deh, karena dijamin akan kebanjiran pembeli. 

Toko Kue atau Camilan 

usaha toko kue

Hobi ngemil dan bisa masak? Nggak salah deh kalau kamu membuka toko kue atau camilan. Apalagi di momen-momen tertentu seperti ramadan. Sudah dapat dipastikan jika toko kue milikmu akan kebanjiran pelanggan. 

Enaknya lagi, toko kue atau camilan tidak pernah sepi pembeli, lho! Akan selalu ada orang -orang yang hobinya ngemil dan makan apalagi jika camilan dan kue yang kamu posting setiap hari berbeda. Siap-siap kewalahan karena orderan menumpuk. 

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan di 2023

Toko Aksesoris Hp

Menjual berbagai casing hp, voucher pulsa, voucher internet bahkan menjual segala pernak – pernik hp adalah usaha simple yang tidak bisa diremehkan. Setiap hari pasti akan ada saja pembeli yang membeli charger hp, casing hp, anti gores hp atau bahkan voucher pulsa.

Cek Konten Lainnya:
Produktivitas Bisnis Melejit Ala Rework

Usaha ini juga bisa kalian lakukan dari rumah saja, kok. Dengan bermodalkan satu rak kaca transparan, beberapa casing terbaru, voucher pulsa dan kartu perdana, kalian sudah membuka usaha sederhana dengan omset tak biasa hanya dari rumah.

Rental / Jasa Sewa Mobil 

Mendekati momen liburan atau perayaan keagamaan seperti hari raya, natal dan tahun baru, banyak masyarakat yang akan mencari usaha jasa penyewaan mobil. Usaha ini kelihatannya membutuhkan modal besar, ya, tapi kenyataannya nggak, lho.

Kalian hanya cukup menampung mobil dari rekan atau kerabat yang kebetulan tidak terpakai untuk kemudian disewakan. Metode penyewaannya juga dapat disesuaikan dengan kemauan pelanggan. Mau satu hari atau seminggu, mau lepas kunci atau tidak semuanya bisa dibicarakan.

Usaha Oleh -Oleh 

Tinggal di tempat wisata yang selalu ramai pengunjung? Sudah waktunya kalian ikut meramaikan pertumbuhan ekonomi setempat dengan membuka usaha oleh-oleh makanan ataupun souvenir khas tempat wisata tersebut.

Keuntungannya juga tidak main-main karena umumnya para pelaku usaha oleh – oleh mematok harga yang lumayan untuk sebuah oleh  – oleh maupun souvenir, dan pelanggan atau pengunjung tetap akan berbelanja karena itulah kekhasannya. 

Agen Frozen Food 

Di era serba cepat, tidak sedikit dari kita dituntut untuk melakukan serta menyiapkan hal-hal dengan serba cepat dan instan. Sama halnya seperti seorang ibu pekerja yang setiap hari harus memikirkan sajian apa untuk keluarga.

Berangkat dari problem seperti itulah muncul berbagai grosir atau agen yang menjual aneka makanan beku cepat saji yang dapat membantu para ibu rumah tangga maupun ibu pekerja dalam menyajikan makanan enak dan sehat bagi anggota keluarga. Ide usaha yang satu ini wajib dicoba, ya, modalnya juga cuman stok makanan beku dan lemari pendingin, kok. 

Usaha Jasa Fotografi 

Ide usaha yang tidak akan pernah sepi meski tidak memiliki toko permanen lainnya adalah jasa fotografi. Siapa yang tidak kenal atau belum pernah memakai jasa yang satu ini? Siapapun yang memiliki acara atau hajatan penting pasti akan mencari seorang fotografer mumpuni untuk melengkapi acara sekaligus mengabadikan momen-momen penting.

Ide usaha yang satu ini terbilang sangat sederhana karena tidak memerlukan bangunan toko permanen maupun dekorasi yang cantik nan estetik untuk menarik minat pelanggan karena yang dibutuhkan adalah hasil jepretan yang bagus.

Mudah, murah, simple, tapi keuntungannya gede. Misal dalam satu minggu ada 2 acara yang menggunakan jasa kamu sebagai fotografer. Untuk satu acara dibayar dengan nominal 700 ribu hingga jutaan rupiah, kalau dua kali acara berapa? itu baru hitungan satu minggu loh ya, belum satu bulan. Menarik sekali bukan? 

Gimana? tertarik membuka usaha dari salah satu ide yang sudah tertulis di atas? Perlu untuk digaris bawahi sebelum memulai usaha ialah pastikan usaha yang akan kalian jalani adalah usaha yang kalian lakukan sepenuh hati sesuai dengan keinginan hati kalian.

Jangan sampai ide usahanya oke, modalnya cukup, semua keperluannya tercukupi eh harus gugur karena tidak dijalankan sepenuh hati. Selamat membuka usaha baru di tahun yang baru ini, ya. Semoga bermanfaat.

Onlinekan Usahamu dengan Website di Jagoan Hosting

Kamu punya ide bisnis yang brilian? Saatnya onlinekan dan wujudkan impianmu!

Dengan Jagoan Hosting, kamu bisa membangun website profesional dengan mudah dan cepat.

Nikmati berbagai keuntungan yang kami tawarkan:

  • Kecepatan Tinggi: Server super cepat yang memastikan website kamu selalu responsif.
  • Keamanan Terjamin: Perlindungan data maksimal dengan teknologi keamanan terkini.
  • Support 24/7: Tim dukungan kami siap membantu kamu kapan saja.

Jangan tunggu lagi! Onlinekan ide usahamu sekarang dengan Jagoan Hosting dan raih suksesmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
4 Cara Efektif Bangun Bisnis Ramah Lingkungan untuk Tingkatkan Profit
Bisnis Ramah Lingkungan – Perubahan zaman telah memengaruhi kesadaran konsumen pasar global. Terutama di negara maju, masyarakatnya lebih…
cara memperpendek link
Read More
5 Cara Memperpendek Link Website, Google Form & Spotify
Pernahkah kamu menyalin sebuah link website tapi ternyata tidak terlihat “cantik” karena terlihat terlalu panjang? Jika iya, kamu…