Berbicara tentang email gratis, pasti banyak yang memikirkan Gmail dan Yahoo Mail. Tidak bisa dipungkiri bahwa kedua nama ini memang mendominasi pasar untuk sebuah layanan email gratis. Sebagai penyedia email gratis terpopuler, per Mei 2021 Gmail menguasai 18% dari pangsa pasar layanan email di dunia.

Namun, pada faktanya masih ada banyak platform lain sebagai fasilitas penyedia fasilitas email gratis, mulai dari Outlook sampai ProtonMail. Daripada penasaran langsung simak daftar email gratis berikut ini ya, Sob:

Daftar layanan email gratis

Berikut adalah 10 rekomendasi penyedia akun email gratis untuk kamu pilih, Sob! Simak daftar email gratis berikut ini ya, Sob:

Gmail

Layanan email dari Google ini memang tidak diragukan sebagai pemegang pangsa pasar email secara global. Gmail memang diciptakan setelah Yahoo Mail namun reputasi Gmail menjadi yang paling tinggi dengan banyaknya pengguna yang memilih layanan email gratis ini.

Pada umumnya, Gmail telah terhubung dengan banyak layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Calendar, YouTube, Sheets, Docs, dan lainnya. Hal inilah yang menjadi faktor utama besarnya pengguna Gmail karena semakin praktis dan mudah diintegrasikan dengan akun lainnya.

Yahoo Mail

Meskipun perlahan namanya semakin jarang didengar, pasti beberapa dari kamu masih ada yang menggunakan fasilitas email gratis dari Yahoo ini. Pengguna baru pada Yahoo Mail akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 1 TB. 

Fitur yang tersedia pada penyedia email gratis ini memang kurang lengkap jika dibandingkan dengan Gmail. Namun, Yahoo Mail masih tetap aktif dan memberikan beberapa fitur baru pada penggunanya, seperti desain yang lebih user-friendly, layanan manajemen email, dan lainnya.

Outlook

Outlook adalah penyedia email gratis yang dikeluarkan oleh Microsoft. Oleh karena itu, kamu akan menjumpai jenis email ini ketika menggunakan produk Microsoft, seperti produk Microsoft Office mereka. Salah satu hal menarik dari email ini adalah fitur untuk melakukan sortir email sehingga email baru dapat diatur agar berpindah ke folder tertentu secara otomatis.

Seperti email lainnya, akun Outlook juga dapat diintegrasikan ke beberapa layanan lainnya, seperti Outlook Calendar. Kamu juga bisa menggunakannya untuk akun Skype dan Facebook.

Baca juga: Apa itu Blogging, Blog, dan Blogger? Ini Pengertian Lengkapnya

Yandex Mail

Yandex Mail adalah email yang menjadi bagian dari mesin telusur Yandex dan dikembangkan oleh perusahaan Rusia. Oleh karena itu, Yandex Mail menjadi yang utama dalam menguasai pangsa pasar di Rusia. Sama seperti Gmail dari Google, Yandex Mail juga terintegrasi dengan berbagai layanan Yandex lainnya. 

Fitur yang disediakan oleh salah satu platform email ini juga menarik. Kamu bisa mengatur tampilan atau tema untuk mempermudah pemilahan email yang masuk. Pengguna akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 10GB. Selain itu, Yandex Main juga memungkinkan penggunanya untuk membuat email dengan domain website gratis. 

Mail.com

Kebebasan untuk memilih domain adalah salah satu fitur unggulan dari email Mail.com ini. Ada sejumlah 200 pilihan domain tersedia untuk kamu pilih. Beberapa di antaranya, seperti @email.com, @engineer.com, @consultant.com, @asia.com, @catlovers.com, dan lainnya. Pilihan tersebut bisa kamu sesuaikan berdasarkan profesi, lokasi, ataupun kesukaan. Layanan email gratis ini diciptakan sejak tahun 1995 dan telah beroperasi sebelum Yahoo muncul. 

10 Minute Mail

Apa yang kamu pikirkan saat melihat nama email ini? Yup, sesuai namanya, layanan email gratis ini hanya bersifat sementara, yaitu 10 menit. Setelah melewati durasi tersebut, email akan terhapus secara otomatis. Mengapa demikian?

Penyedia email gratis ini mengutamakan privasi dan keamanan pengguna saat menggunakan alamat email ke suatu situs. 10 Minute Mail akan bermanfaat jika kamu perlu melakukan verifikasi website di suatu situs yang masih meragukan. Fasilitas email gratis ini juga akan memberikan alamat dan password secara acak. Jadi, kamu tidak perlu memikirkan hal tersebut.

Lycos Mail

Lycos adalah salah satu penyedia email gratis tertua yang dikembangkan pada tahun 1990-an. Oleh karena itu, fitur yang disediakan juga masih terbatas. Pengguna baru hanya akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 500 MB. Pada mulanya, Lycos adalah sebuah mesin pencari dan website portal. Tapi jangan khawatir karena hingga saat ini kamu masih bisa menggunakan email dari mereka.

iCloud Mail

Email dari iCloud Mail adalah layanan yang didesain untuk pengguna iOS. Sehingga, iCloud pun hanya bisa digunakan di produk Apple, seperti iPad, iPhone, dan Mac. Sifatnya yang eksklusif ini membuat iCloud sangat mudah untuk melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat Apple. 

Beberapa fitur unggulan lainnya dari email iCloud, seperti layanan backup untuk setiap perangkat Apple, Pengguna juga dapat secara otomatis mengunggah foto galeri mereka ke iCloud Photo Library. 

Zoho Mail

Zoho Mail adalah salah satu email gratis yang paling banyak direkomendasikan terutama untuk keperluan profesional atau bisnis. Tidak heran jika fitur dan tampilannya pun disesuaikan untuk kebutuhan tersebut. Zoho memiliki desain minimalis yang simple dan elegan.

Terkait keamanan, Zoho telah memastikan bahwa setiap komunikasi telah melalui proses enkripsi dan adanya fitur anti spam email. Pihak Zoho juga memberikan garansi untuk memastikan jaminan keamanan penggunaannya. Email ini bisa kamu coba dengan mengunjungi zoho(dot)com.

ProtonMail

Selain email dari Zoho, kamu juga bisa menggunakan ProtonMail untuk jaminan keamanan tinggi. Setiap email yang dikirimkan dan diterima sudah dipastikan terenkripsi dengan aman dimana hanya pengirim dan penerima yang memiliki akses terhadap isinya. Bahkan ProtonMail memastikan bahwa pihak mereka juga tidak memiliki akses terhadap email pengguna.

Selain itu, email dari ProtonMail juga memberikan fitur expired pada email. Dengan demikian, email dapat terhapus secara otomatis setelah dibuka oleh penerima. Pengguna juga mendapatkan fitur Link Confirmation untuk mencegah adanya virus atau malware yang turut dikirimkan dalam email.

Nah, itu dia layanan email gratis berkualitas dan terpercaya yang bisa kamu gunakan selain Gmail dan Yahoo Mail, Sob! Nyatanya memang ada banyak platform lain yang menyediakan email gratis untuk digunakan dengan beragam fiturnya masing-masing. 

Namun, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan email untuk keperluan bisnis, menggunakan email bisnis pastinya akan lebih efektif jika dibandingkan email-email di atas. Dengan kapasitas storage yang lebih besar dan fitur-fitur lengkap, aktivitas bisnis mu pun bisa berjalan semakin lancar dan produktif tanpa hambatan. Yuk tentukan kebutuhan email mu sekarang juga!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like