Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Tips Meningkatkan Performa Pengiriman Email Bisnismu

Salah satu kebutuhan yang paling penting dari bisnis online adalah komunikasi via email. Tapi banyak orang yang tidak tahu meningkatkan performa pengiriman email bisnis. Banyak masalah yang biasanya dihadapi tapi tidak segera diselesaikan. Akibatnya, FATAL. Banyak aktivitas bisnis online yang dijalankan melalui email seperti promosi dan lainnya tidak bisa diterima pelanggan tepat waktu. 

Nah, salah satu masalah yang paling umum terjadi pada email bisnis juga dihadapi penyedia hosting di Indonesia. Yaitu masalah email pengguna yang tidak terkirim ke server email lainnya.

Lalu bagaimana caranya agar email bisnis ini bisa tetap bekerja dengan baik dan mampu meningkatkan penjualan? Berikut akan kami beri tutorial setting email hosting 10 Tips Meningkatkan Pengiriman Email.

1. Apakah emailmu terlihat seperti spammer?

Pertama-tama, jika kamu mengirimkan email dalam jumlah banyak besar, pastikan kamu sudah mengetahui itu spam atau tak, dengan cara bertanya kepada penerima emailmu. Dari daftar 100.000 orang, pasti ada beberapa yang lapor kepada penyedia email bisnis bahwa email yang kamu kirim termasuk spam, terutama email-email itu bersifat spammy.

2. Berlatih etiket mailing yang benar

Seiring berkembangnya email, kadang kamu akan memiliki alamat email yang tidak valid, atau pengguna yang tidak lagi ingin menerima emailmu. Jangan berpikir bahwa dengan menyembunyikan link opt-out kamu, kamu akan menyimpan pelanggan. Penerima lebih cenderung menandai email sebagai spam daripada mencari-cari cara untuk menghapus alamat email mereka dari daftar, jadi buat lebih mudah dengan meletakkan tautan penyisih di bagian atas dengan mengingatkan mengapa kamu mengirim email.

Sebagai contoh, Kamu menerima buletin ini karena membeli produk di mywebsite.com dan meminta untuk menerima pemberitahuan.

3. Batasi email keluar

Jika kamu adalah menjalankan bisnis penyedia hosting dan tidak secara khusus melayani pengguna yang melakukan pengiriman massal, kamu mungkin ingin membatasi jumlah email yang dapat dikirim oleh masing-asing pengguna, dan menyarankan pengguna dengan mailing besar untuk menggunakan layanan seperti kontak konstan.

Tweaking server surat untuk secara efektif mengirim sejumlah besar email tanpa masalah bisa sangat sulit, dan bukan sesuatu yang akan saya rekomendasikan bahkan untuk platform shared hosting. Dalam lingkungan bersama dimana tindakan satu pengguna dapat memengaruhi banyak, email keluar harus dibatasi dan kemudian diizinkan berdasarkan per kasus. Ada dua cara sederhana untuk melakukan ini:

  • Di WHM> Tweak Settings, set the outgoing mail limit. Anda dapat secara khusus mengizinkan domain mengirim lebih banyak dengan menambahkannya ke / var / cpanel / maxemails pada versi 11.26 dan yang lebih rendah, atau menambahkan opsi MAX_EMAIL_PER_HOUR ke / var / cpanel / users / $ user untuk cpanel 11.28 dan yang lebih tinggi.
  • Di konfig exim settinglah seperti ini :
recipients_max_reject = true
recipients_max = 50

4. Kencangkan server emailmu

Setiap kali naskah PHP menggunakan fungsi mail () untuk mengirim email, itu akan dilakukan sebagai pengguna “tidak ada”. Karena pengguna “nobody” adalah pengguna sistem, ia akan melewati batasan pengiriman yang mungkin telah kamu siapkan melalui cPanel atau exim.conf. Ini berarti bahwa naskah surat nakal di servermu dapat mengirimkan email dalam jumlah tidak terbatas dan menyebabkan servermu masuk daftar hitam. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan ini di WHM> Tweak Settings dalam tutorial setting hosting.

Kamu juga ingin memastikan bahwa SMTP Tweak diaktifkan:

/ scripts / smtpmailgidonly on

5. Selalu gunakan SMTP

Perangkat lunak milis harus dikonfigurasi untuk menggunakan SMTP dengan alamat email, username, dan password yang valid. Jangan mengandalkan sendmail atau php / perl mail function – kamu perlu mengirim sebagai pengguna otentik yang valid. Sebagian besar perangkat lunak mailing mendukung penggunaan SMTP, dan menggunakan PHP atau perl sangat mudah untuk menggabungkan otentikasi SMTP.

6. Gunakan data DomainKeys dan SPF

Kamu ingin server email lain mengetahui bahwa ketika mereka mendapatkan email dari kamu, itu sebenarnya dari server kamu dan tidak dipalsukan. Pertimbangkan untuk menggunakan data DKIM dan SPF untuk mengizinkan server email jarak jauh mengotentikasi emailmu.

7. Berlangganan feedback loops

Ini sangat penting bagi administrator email dan hosting yang menyediakan untuk berlangganan feedback loops. Banyak penyedia layanan surat dan blacklist jarak jauh menawarkannya, dan alat ini bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk mengidentifikasi kemungkinan spammer di jaringanmu, dan juga menyelesaikan masalah dengan secara preemptive. AOL, Hotmail, Yahoo, dan Spamcop adalah situs yang sangat baik untuk digunakan. Kamu juga penting agar alamat [email protected] kamu disetel sehingga orang dapat menghubungi jika mereka ingin melaporkan spam dari server atau jaringanmu.

8. Pantau IP 

Semudah untuk mendapatkan blacklisted di berbagai RBL di luar sana, kamu akan ingin memeriksa apakah IP kamu mungkin terdaftar dan karena itu menyebabkan email kamu terpental. RBLmon.com adalah cara yang baik untuk memulai, atau kamu dapat menerapkan pemeriksaan blacklist ke solusi pemantauan yang ada. Tujuannya adalah untuk mengetahui kapan IP kamu masuk blcklist sesegera mungkin.

9. Gunakan IP yang berbeda untuk email

Secara default, saat kamu mengirim email maka akan keluar pada IP utama server. Untuk situs yang mengirim email dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk menempatkannya di IP terpisah sehingga tidak mempengaruhi pengiriman email pengguna lain di server, atau jaringan pada umumnya.

10. Set up DNS dengan benar

Ini harus pergi tanpa mengatakan bahwa apapun IP yang kamu gunakan untuk mengirim email harus memiliki catatan reverse DNS yang tepat, dan DNS forward dari PTR itu harus sesuai. Misalnya, jika server email kamu diberi nama mail.mydomain.com dan mengarah ke 5.6.7.8, maka PTR untuk 5.6.7.8 juga harus berupa mail.mydomain.com.

Idealnya catatan ini harus sesuai dengan nama EHLO/HELO yang diberikan oleh MTA (Exim) Anda. Nama ini bisa diubah di /etc/mailhelo jika Anda memiliki opsi ini check in WHM> Exim Configuration Editor.

Diatas adalah 10 Tips Meningkatkan Performa Pengiriman Email dari Hosting Terbaik Indonesia. Jadi, pastikan email bisnis yang kamu miliki sudah menggunakan layanan yang mendukung bisnis onlinemu berjalan dengan lancar. Mulai dari kecepatan sampai dengan keamanan data yang kamu miliki. 

TERMURAH! Mulai 175 Ribuan saja! Dapet Hosting 1GB domain .COM 1 Tahun!!

Ambil Sekarang!

+ +