Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Plugin Security Wordpress - jagoanhosting.com

11 Plugin Keamanan WordPress Gratis Untuk Websitemu

Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah website. Terutama, apabila website kita menggunakan CMS berbasis WordPress. Untuk itu, penting bagi kita untuk menginstall plugin kemanan wordpress (security). Kali ini, Jagoan Hosting akan membahas mengenai 11 plugin keamanan wordpress (security) yang bisa kamu jadikan pilihan untuk websitemu.

1. Wordfence

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin Wordfence – via wordpress.org

Rekomendasi plugin keamanan WordPress pertama datang dari Wordfence. Bahkan, Wordfence diklaim sebagai plugin kemanan WordPress terbaik dan paling populer. Dilansir dari situs website resmi WordPress, plugin kemanan WordPress satu ini telah didownload lebih dari 2 juta website aktif hingga tulisan ini dirilis. Terdapat 2 versi plugin Wordfence, yaitu versi gratis dan berbayar.

[Simak, Tutorial Setting Autoscan dan Informasi via Email di Wordfence untuk Websitemu DISINI]

2. All In One WP Security & Firewall

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin All In One SEO Pack – via wpmayor-wpengine.netdna-ssl.com

Memang plugin kemanan WordPress dengan rating terbaik sebelumnya adalah Wordfence. Sayangnya, beberapa fitur tidak aktif pada versi gratisnya. Untuk itu, agar website WordPress kita semakin aman, tak ada salahnya untuk menginstall plugin “All In One WP Security and Firewall bersamaan dengan plugin Wordfence.

Kelebihan dari fitur plugin kemanan WordPress satu ini tidak menggunakan database, sehingga tidak memberatkan website. All In One WP Security & Firewall ini mengklaim selalu mengimplementasikan standar keamanan terbaru dari sistem wordpress. Hebatnya lagi, anda dapat menggunakan beberapa kategori standar keamanan, antara lain Basic, Intermediate, dan Advance. Sehingga kita dapat mengatur sendiri rule kemanan pada bagian apa yang lebih progresif dan yang lebih longgar.

[Selengkapnya, simak review lengkap plugin All In One WP Security & Firewall DISINI]

3. iThemes Security

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin iThemes Security – via wordpress.org

Plugin kemanan WordPress ketiga adalah iThemes Security yang sebelumnya bernama Better WP Security. iThemes Security juga merupakan plugin keamanan WordPress tak kalah populer. Dilansir dari situs resmi WordPress, plugin satu ini telah didownload sebanyak 800.000 lebih website aktif hingga tulisan ini dirilis. Plugin kemanan WordPress satu ini juga dibekali beberapa fitur yang kalah powerfull.

4. Acunetix WP Security

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Fitur plugin Acunetix WP Security – via wordpress.org

Acunetix WP Security scan menjanjikan pengamanan website WordPressmu selama 24 jam nonstop. Plugin keamanan WordPress satu ini juga akan memberi kita informasi mengenai hal – hal yang harus kita improve di dalam website kita.Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

5. Sucuri Security

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin Sucuri – via wordpress.org

Apabila kamu adalah seorang developer yang handal dalam memahami coding dan file system, tak ada salahnya mencoba plugin keamanan WordPress satu ini. Sucuri Security dapat memantau aktifitas mencurigakan yang membahayakan website WordPress kita. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya fitur scanning malware, blacklist protection dan tindakan keamanan preventif setelah websitemu pernah di hack.

6. WP Antivirus Site Protection

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin WP Antivirus Site Protection – via wordpress.org

WP Antivirus Site Protection merupakan sebuah plugin keamanan WOrdpress yang memiliki interface apik, serta performa yang tak kalah powerfull. Setiap harinya plugin ini akan otomatis melakukan update pada database antivirus kita, serta menginformasikan deteksi membahayakan yang menyerang website kita di halaman admin WordPress kita. Tak hanya itu, plugin keamanan WordPress satu ini juga dapat mengirim seluruh informasi yang berkenaan dengan website kita melalui email.

7. Keyy Two Factor Authentication

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Cara kerja plugin Keyy Two Factor Authentication – via wordpress.org

Apakah kamu pernah lupa saat hendak login menuju halaman admin WordPressmu?. Jika iya, maka plugin keamanan WordPress satu ini bisa jadi solusinya. Keyy Two Factor Authentication dapat memberikan 2 – factor authentification saat login halaman admin WordPress agar lebih aman. Seperti yang dilakukan plugin pendahulunya yang bernama Clef Two-Factor Authentication.

8. Google Authenticator

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Cara kerja plugin WP Google Authenticator – via wordpress.org

Google Authenticator juga bisa kamu pilih sebagai plugin keamanan WordPress terkait fitur autenfikasi saat hendak login. Selain login menggunakan username dan password, kita juga bisa login menggunakan metode lain seperti teks, panggilan telepon atau aplikasi mobile.

9. Brute Force Login Protection

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin Brute Force Login Protection – via wordpress.org

Sesuai namanya, plugin keamanan WordPress ini memamng diperuntukkan untuk melindungi website kita dari serangan brute-force melalui .htaccess. Tak hanya itu, Brute Force Login Protection juga akan memblokir IP apabila 3 kali mengalami kesalahan password saat login.

10. Bulletproof Security

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Interface plugin Bulletproof Security – via wordpress.org

Terdapat 3 fitur perlindungan utama dalam plugin keamanan WordPress satu ini, yaitu pada firewall, login, dan database. Plugin keamanan WordPress satu ini juga diklaim sebagai plugin yang cukup ringan dan tidak membebani resource hosting, bahkan untuk hosting dengan resource terbatas sekalipun. Tak ketinggalan, Bulletproof Security juga dikbekali dengan fitur optimasi database yang dapat membantu meningkatkan kecepatan website kita, lho!

11. WordPress File monitor

Plugin Security WordPress - jagoanhosting.com
Notifikasi perubahan file yang dikirim WordPress File Monitor via email – via wordpress.org

Rekomendasi plugin keamanan WordPress yang terakhir adalah WordPress File Monitor. Plugin ini akan melindungi website kita dari serangan spammer. Tak hanya itu, plugin keamanan WordPress ini juga bekerja untuk memantau setiap aktifitas hacker / spammer yang dilakukan pada website kita.Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

Nah, itu tadi rekomendasi 11 Plugin Keamanan WordPress Gratis Untuk Websitemu. Apabila kamu memiliki rekomendasi plugin lainnya, silakan tulis di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat 🙂

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +